alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Buku /
#AslinyaLo First Explorers : Sea Creatures, Buku Yang Merangsang Syaraf Motorik Anak
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b97198ddcd7700d208b4568/aslinyalo-first-explorers--sea-creatures-buku-yang-merangsang-syaraf-motorik-anak

#AslinyaLo First Explorers : Sea Creatures, Buku Yang Merangsang Syaraf Motorik Anak

#AslinyaLo First Explorers : Sea Creatures, Buku Yang Merangsang Syaraf Motorik Anak
 
Assalamu’alaikum, selamat pagi, siang, sore, maupun malam, para Kaskuser dimana pun berada!
Ketemu lagi dengan ane, “solehikhsanudin”.
Kali ini dalam rangka turut meramaikan event COC di Forum Buku Kaskus bertema “review buku”.
 
Sebelum ane masuk ke materi review bukunya, ane sedikit nostalgia ke masa sekolah di kampung dulu gan. Intinya, salah satu hobi utama ane di sekolah dulu yaitu membaca buku, terutama yang bergenre fiksi, baik itu dibaca di perpustakaan maupun dipinjam dan dibawa ke rumah. Hobi ane membaca buku ini sejatinya tidak muncul begitu saja, tetapi awalnya karena faktor orang tua ane yang berasal dari level ekonomi menengah ke bawah. So, mereka tidak memiliki uang yang relatif banyak untuk memberi uang saku/jajan ke ane. Walhasil, alhamdulillah faktor keterbatasan ini justru memicu timbulnya hobi yang lumanyan positip bagi ane di sekolah. Ialah hobi membaca buku, yang secara langsung maupun tidak langsung turut membantu dalam akselerasi peningkatan pengetahuan ane tentang dunia maupun ilmu pendidikan di sekolah.
 
Setelah beranjak dewasa dan hidup di kawasan ibukota kemudian berkeluarga, ane tetap mencoba menurunkan hobi semasa sekolah dulu ke pribadi anak-anak ane gan/sis. Secara, hobi/kegemaran membaca tentunya harus ditanamkan sejak dini untuk memacu tumbuhnya insting keingintahuan akan ilmu yang super-duper luas di dunia ini, yang ke depannya diharapkan akan menumbuhkan pribadi yang sedang tumbuh-kembang ke arah remaja yang tidak saja cerdas namun juga memiliki sikap-mental yang tangguh dalam meniti kehidupan.
 
Masuk ke ranah review bukunya, yup..., buku ini merupakan buku completely built up (CBU) dari overseas (luar negeri). Sebagaimana kebiasaan ane juga semenjak memiliki anak, setiap kali ada kesempatan untuk mengenyam pendidikan dan/atau menjalani pekerjaan di overseas, selalu ane usahakan untuk belanja oleh-oleh buku untuk anak-anak ane di home country,Indonesia tercinta. Nah, untuk buku ini, merupakan pemberian dari temansekaligus tetangga ane sepulangnya dari menjalani perjalanan dinas ke Moskow, Rusia.
 
Judul : First Explorers : Sea Creatures
Penulis : Pan Macmillan
Penerbit : Campbell Books
ISBN : 978-1-5098-3261-3
Tebal : 8 halaman
Rilis : 2007
Harga : UK £ 4.99
 
#AslinyaLo First Explorers : Sea Creatures, Buku Yang Merangsang Syaraf Motorik Anak
 
Secara umum, buku ini merupakan buku untuk kalangan umur anak-anak (balita) yang menceritakan tentang kehidupan di dasar laut. Genre fiksinya mungkin bisa digambarkan dari penceritaan tokoh-tokoh flora dan fauna di dalamnya, yang secara umum menggambarkan perilaku asli/natural namun dengan penggambaran imajinatif (fiksi) yang disesuaikan dengan dunia anak-anak. Dunia fiksinya kembali terasa melalui penggambaran lingkungan komunitas flora dan fauna yang serba-friendly, sehingga mampu menumbuhkan kesan persahabatan yang kental di kalangan anak di bawah umur, khususnya dengan memadukan komposisi pola hubungan yang interaktif nan menarik dari tokoh-tokoh flora dan fauna yang menghuni dunia perairan.
 
Yup, pada intinya bentuk buku ini lebih mengarah ke konsep pembangunan daya imajinasi dan pembangkitan syaraf motorik dalam proses penumbuh-kembangan rasa ingin tahu akan ilmu pengetahuan bagi anak-anak. Buku yang super tipis ini (hanya 8 halaman) dikemas dalam cetakan tebal sekaligus hard, mengingat ceruk konsumsi di kalangan balita yang membutuhkan sisi ketangguhan buku agar tidak cepat mengalami kerusakan. Dan, lebih dari itu, lay out maupun penampilan buku ini dilengkapi dengan fitur push and pull slide sehingga merangsang pergerakan tangan si anak terkait pengembangan daya motorik sebagaimana yang teklah disinggung di atas.
 
Secara materi, buku ini mampu menampilkan kehidupan flora dan fauna perairan (permukaan maupun bawah laut) yang simpel namun sarat akan dasar pengetahuan bagi kalangan anak untuk mengenal dunia menarik yang ada di luar lingkungannya. Suatu hasil karya yang rasanya belum banyak ditiru oleh penulis maupun penerbit di dalam negeri, sehingga acapkali dijadikan sebagai buah tangan yang menggembirakan khususnya bagi orang tua dan anak-anaknya. Tidak hanya sekedar menampilkan karakter-karakter kelautan seperti ikan hiu, sotong, gurita, ataupun kiwi, namun juga mampu diselingi oleh metoda push and pull slide yang merangsang motorik anak, sehingga otak dan indera penglihatan berpadu dengan rangsangan gerakan fisik (tangan) untuk menambah pengetahuan akan fenomena apa saja yang secara riil berlangsung di alam lautan.
 
Finally, buku fiksi imajinatif semacam ini sangat direkomendasikan bagi anak-anak kecil yang tengah dilanda oleh rasa pencarian yang super-besar terhadap fenomena alam dan ilmu pengetahuan yang ada di luar sana, terutama mengenai alam perairan yang secara khusus ditampilkan oleh buku ini. Dari sisi penampilan dan prestige, buku ini juga begitu cocok dihadiahkan sebagai buah tangan seperti untuk kado ulang tahun anak maupun momen-momen spesial lainnya, selain tentu akan memberikan kesan penghargaan menyangkut perlunya penanaman hobi membaca buku yang sarat akan ilmu pengetahuan secara komprehensif sejak dini. Terkait konsep buku serupa yang rasanya belum banyak ditemui di Indo, teriring harapan semoga ke depannya semakin banyak karya lokal dari para putra bangsa yang bisa menghasilkan karya-karya buku inovatif semacam itu dan bahkan mampu menyainginya.
 
Demikian Aslinya Ane dalam memiliki hobi membaca buku fiksi semenjak duduk di bangku sekolah dulu, dan kemudian berlanjut menjadi kebiasaan mencari buku-buku fiksi berkualitas untuk anak-anak di rumah ketika sedang bepergian overseas.
Semoga sedikit review yang bisa ane sampaikan melalui trit ini dapat menambah wawasan para Kaskuser sekalian!
Wassalam!!!
 
Sumber :
Teks : narasi pribadi.
Ilustrasi : foto pribadi.



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di