alexa-tracking

9 Resep Makanan Tertua Dari Sejarah yang Masih Dipakai Sampai Sekarang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b948028582b2ecf198b4568/9-resep-makanan-tertua-dari-sejarah-yang-masih-dipakai-sampai-sekarang
icon-hot-thread
9 Resep Makanan Tertua Dari Sejarah yang Masih Dipakai Sampai Sekarang
Assalamualaikum

Agan/sista Mimin/momod yang baik sekali

semoga selalu di beri kesehatan dan keselamatan

Aamiin



Weekend nih gan, siapa disini yang suka wisata kuliner pada akhir pekan barsama keluarga atau mungkin sama doi ter cintah.. emoticon-Wowcantik

kalo ane sih gan biasanya di kostan aja lah masak2 sama temen, seadanya, di karenakan skill tidak mempuni dan yang penting kenyang emoticon-Big Grin

soal makanan nih gan, ane mau share 9 makanan yang resep nya udah ada dari jaman sebelum masehi tapi sampai sekarang masih banyak di luar sana pada bikin.


Selamat Membaca 



9 Resep Makanan Tertua Dari Sejarah yang Masih Dipakai Sampai Sekarang




1. Stew,  6000 SM 


9 Resep Makanan Tertua Dari Sejarah yang Masih Dipakai Sampai Sekarang


  Sama seperti kari, supnya sayuran, daging, unggas, dan segudang bahan lainnya, dimasak perlahan di atas api sedang. Ramuan makanan yang dihasilkan adalah warna, rasa, dan aroma yang jauh lebih canggih daripada sup biasa. Meskipun airnya adalah rebusan yang paling umum digunakan. beberapa resep stew ini kadang menggunakan anggur atau bir, berbeda dengan kari yang lebih fokus pada rempah-rempah. 

resep rebusanya biasanya sederhana dan hanya mengandalkan bumbu dasar. Temuan arkeologi menunjukkan bahwa banyak suku Amazon menggunakan kulit luar yang keras dari moluska besar sebagai peralatan untuk membuat rebusan. Untuk menyiapkan hidangan Scythian yang serupa (sekitar abad ke-8 hingga ke-4 SM), tulis filsuf Yunani kuno Herodotus.



2. Tamales,  5000 SM


9 Resep Makanan Tertua Dari Sejarah yang Masih Dipakai Sampai Sekarang


  

  Hidangan lunak yang terbuat dari bahan (sejenis adonan) dan diisi dengan buah-buahan, daging, sayuran dan lain-lain, tamales adalah hidangan Mesoamerika populer yang memiliki sejarah panjang dan abadi. Pertama disiapkan di suatu tempat antara sekitar 8.000 dan 5.000 SM - sehingga membual warisan mereka sebagai salah satu makanan tertua, tamale kemudian banyak dikonsumsi oleh Olmecs, Toltecs, Aztecs dan kemudian Mayas. 

Kukus dengan lembut di dalam kulit jagung atau daun pisang, makanan ini biasanya digunakan sebagai bahan edible portabel oleh wisatawan dan tentara pada saat keadaan tidak memungkinkan untuk memasak. 

Secara historis, makanan berbasis adonan disajikan di festival dan pesta, dan biasanya berisi berbagai tambahan, termasuk kelinci cincang, kalkun, katak, ikan, flamingo, telur, buah-buahan, kacang-kacangan dan sebagainya.Hari ini, tamale dimakan di seluruh Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Karibia, Amerika Serikat dan bahkan Filipina.



3.Pancakes,  3300 SM


9 Resep Makanan Tertua Dari Sejarah yang Masih Dipakai Sampai Sekarang


 


   Di seluruh dunia, pancake adalah makanan klasik, sering dikonsumsi dengan buah-buahan, coklat, sirup dan berbagai topping lainnya. Ini mengacu pada setiap kue tipis dan tipis yang terbuat dari adonan tepung dan dimasak dalam wajan. Tergantung pada tempat asalnya, pancake bisa sangat tipis dan mirip crêpe (seperti di Prancis, Afrika Selatan, Belgia), terbuat dari pisang atau pisang raja (seperti kabalagala di Uganda) dan bahkan beras yang difermentasi (seperti dosa di South India). Menilik sejarah pancake, bagaimanapun, membawa kita kembali ke Otzi Iceman, yang masih hidup selama sekitar 3.300 SM. Mayatnya yang dimuminisasi secara alami, yang tertua di seluruh Eropa, ditemukan pada tahun 1991 di pegunungan Alpen Italia.

Analisis tubuh, menurut sejarawan, telah menemukan banyak informasi tentang diet Neolitik. Pada pertemuan ke-7 World Congress on Mummy Studies, para peneliti mengungkapkan bahwa makanan terakhir Otzi kemungkinan terdiri dari alpine ibex dan daging rusa merah, bersama dengan panekuk gandum einkorn. Mereka berpendapat bahwa jejak arang yang ditemukan di perut pria berusia 5.300 tahun itu, menunjukkan bahwa makanan itu dimasak di atas api terbuka. Intinya, pancake yang tampaknya di mana-mana adalah salah satu makanan tertua yang kita kenal.

Pancake dikonsumsi secara luas oleh orang Yunani kuno, yang menyebut mereka tagenias atau teganit yang berasal dari tagenon (yang berarti 'penggorengan'). Makanan itu dimasak di tanah liat di atas api terbuka. Dalam karya penyair abad ke-5 SM, Magnes and Cratinus, sama hal nya dengan Pancakes yang dibuat menggunakan tepung terigu dan minyak zaitun dan disajikan dengan susu atau madu yang mengental. Sama seperti versi modern, tagenites umumnya dimakan untuk sarapan.



4. Curry / kari,  2600 - 2200 SM



  9 Resep Makanan Tertua Dari Sejarah yang Masih Dipakai Sampai Sekarang


  

  Berasal dari India, makanan beraroma ini adalah gabungan warna, bumbu, dan rempah-rempah. Rempah-rempah yang biasa digunakan dalam kari termasuk jinten, kunyit, lada, ketumbar, garam masala dan sebagainya. Menariknya, bubuk kari adalah produk dari Barat, pertama kali disiapkan pada abad ke-18 bagi para pejabat pemerintah kolonial Inggris di India. Mereka bisa menjadi vegetarian (menggunakan lentil, nasi atau sayuran) atau ikan, unggas, atau daging. Sejak resep itu dibawa ke Inggris sekitar 200 tahun yang lalu, kari telah menjadi salah satu ikon budaya Inggris yang paling dikenal. Menurut National Curry Week, seperti popularitas hidangan ini yang dikonsumsi secara teratur oleh lebih dari 23 juta orang di seluruh dunia.
"Curry" aslinya berasal dari ( kari ), kata dalam bahasa Tamil yang berarti saus. Sejarah ini kembali lebih dari 4.000 tahun ke peradaban Lembah Indus, di mana orang sering menggunakan lesung dan alu batu untuk menggiling halus rempah-rempah, mustard, jinten dan lain-lain. Bahkan, penggalian di Harappa dan Mohenjodaro telah menemukan fragmen tembikar dengan jejak kunyit dan jahe, milik periode antara 2600 - 2200 SM, sehingga membuat kari (atau setidaknya pendahulunya kari) salah satu makanan tertua di dunia. . Seperti yang ditunjukkan oleh sejarawan, kari sering dimakan dengan nasi, yang sudah dibudidayakan di daerah tersebut.


5.  Cheesecake / Kue Keju,  2000 SM

9 Resep Makanan Tertua Dari Sejarah yang Masih Dipakai Sampai Sekarang


  Pecinta Kuliner pasti doyan nih,  Resep makanan yang lembut dan lezat ini biasanya memiliki lapisan keju manis yang tebal dan lezat serta biskuit atau kerak mentega. Sementara versi Amerika yang terkenal membutuhkan krim keju, yang baru ditemukan pada tahun 1872 oleh peremajaan William Lawrence, cheesecake awalnya merupakan gagasan orang Yunani kuno, yang menggunakan campuran sederhana dari madu, tepung, dan keju lunak, Kue ini sering disajikan di pesta pernikahan dan perayaan lainnya.
Penggalian arkeologi pada abad terakhir telah menemukan pecahan-pecahan cetakan keju yang rusak sejak tahun 2000 SM, sehingga membuat cheesecake menjadi salah satu resep makanan tertua. Beberapa sejarawan percaya bahwa “cheesecake” pertama mungkin telah disiapkan di Samos, sebuah pulau di Yunani yang telah dihuni secara terus menerus selama lebih dari 5.000 tahun. Bahkan, makanan penutup itu ditawarkan kepada para atlet yang berpartisipasi dalam pertandingan Olimpiade pertama tahun 776 SM. Penyebutan tertulis paling awal resep ini dapat ditemukan dalam buku 230 AD oleh penulis Yunani kuno Athenaeus.

6. Pilaf, 1000 - 500 SM

9 Resep Makanan Tertua Dari Sejarah yang Masih Dipakai Sampai Sekarang


  Meskipun roti adalah salah satu makanan tertua yang disiapkan manusia, yaitu hampir 30.000 tahun yang lalu, makanan yang lebih rumit dari roti atau kue mulai bermunculan. Sebagai perbandingan, beras memiliki sejarah panjang dengan ciri khas aroma dan penyajian yang lebih rumit. Pilaf, misalnya, adalah resep makanan kuno yang dibuat dengan memasak nasi, sayuran, dan daging dalam kaldu yang dibumbui dengan sejumlah rempah-rempah yang berbeda-beda. Bahan-bahan umum termasuk ayam, babi, domba, ikan, makanan laut, wortel dan sebagainya. Dipanggil dengan nama yang berbeda, tergantung pada negara asalnya, pilaf dikonsumsi secara luas di Timur Tengah, Asia Tengah dan Selatan, subbenua India, Afrika Timur, Balkan, dan sebagainya.
 "pilaf" berasal dari Persia, sedangkan istilah pulao (versi India) berawal dari kata Sanskerta pulaka (yang berarti "bola nasi"). Sementara beras pertama kali didomestikasi di Cina lebih dari 13.000 tahun yang lalu dan kemudian di India, orang-orang Persia kuno mulai membudidayakannya sebagai tanaman antara 1.000 dan 500 SM. Ini membuka jalan untuk resep pilaf pertama, yang segera menyebar ke bagian lain di Timur Tengah serta Asia Tengah. Pada 328 SM, ketika Alexander Agung menaklukkan kota Sogdian Samarkand (sekarang di Uzbekistan dan Tajikistan), dia benar-benar berpesta pora. Segera, resep itu dibawa ke Makedonia dan kemudian ke berbagai belahan Eropa.


7. Kheer, 400 SM


9 Resep Makanan Tertua Dari Sejarah yang Masih Dipakai Sampai Sekarang

  

  Bagi yang belum tahu, kheer adalah makanan penutup berbahan dasar susu yang sangat kaya dan krim yang lembut dimana termasuk dalam masakan India. Sering disajikan di festival, upacara pernikahan dan bahkan kuil, diyakini sebagai pendahulu puding beras Eropa. Di anak benua India, ini dikenal dengan banyak nama, termasuk payasam, bayaran, phirni, dan fereni. Padahal, payasam sebenarnya berasal dari payasa yang berarti susu. Demikian pula, kata "kheer" adalah bentuk modifikasi dari kata Sanskerta ksheer untuk susu atau kshirika (yang berarti hidangan yang disiapkan dengan susu). 
kheer disiapkan dengan memasak nasi, sohun atau gandum dalam susu manis yang diperkaya dengan ghee dan rempah-rempah aromatik seperti kapulaga bahkan saffron. Untuk acara-acara khusus, kadang-kadang hiasi dengan kacang mete, almond, dan pistachio.
Beberapa sejarawan percaya bahwa kheer adalah salah satu makanan tertua di dunia, dan mungkin salah satu resep ramuan Ayurveda kuno. Sebutan paling awal dari resep makanan ini sekitar 400 SM dalam teks-teks epik Ramayana dan Mahabharata. Firni (atau fereni) adalah varian dekat dari kheer yang di buat oleh orang-orang Persia kuno. Tidak seperti kheer, firni terbuat dari beras kasar, yang kemudian direbus dalam susu sampai benar-benar lembek. Disajikan dingin, 
hidangan ini biasanya diresapi dengan kapulaga, saffron, dan air mawar. Sesungguhnya, orang Persia adalah yang pertama yang menambahkan air mawar ke dalam puding beras; yang kemudian diadopsi oleh orang India. Dalam buku 1999, Oxford Companion to Food


8. Garum,  4 SM

9 Resep Makanan Tertua Dari Sejarah yang Masih Dipakai Sampai Sekarang


  
  Saus ikan adalah ciri khas yang identik dengan masakan Asia Timur dan Tenggara, terutama tempat-tempat seperti Thailand, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, Korea dan bahkan Jepang. Seperti namanya, kecap ikan disiapkan dengan memfermentasi ikan segar atau kering dengan garam laut dalam jumlah besar. Ikan teri adalah salah satu jenis ikan yang paling umum digunakan untuk membuat saus ikan Asia. Ada banyak varietas daerah, masing-masing menampilkan set bahan yang berbeda serta selera yang khas-unik. Selain digunakan sebagai bumbu, saus ikan sering dicampur dengan bumbu dan rempah-rempah dan berubah menjadi saus celup. Bahkan, catatan tertulis menegaskan bahwa saus yang dibuat dari ikan yang difermentasi telah digunakan di beberapa bagian di Cina selama 2.000 tahun terakhir bahkan lebih.
Satu hal yang telah lama diketahui sejarawan adalah bahwa asal-usul kecap ikan tidak berakar di Asia, tetapi sebenarnya di Eropa. Antara abad ke-3 dan ke-4 SM, orang Yunani kuno mulai membuat saus ikan yang dikenal sebagai garum, yang kemudian diadopsi oleh Romawi dan bahkan Bizantium. bumbu ini dibuat dengan menggabungkan jeroan ikan dan darah dengan garam dan membiarkannya memfermentasi sampai menghasilkan cairan berbau tajam. Seperti kecap modern atau saus tomat.


9. Isicia Omentata, 4 M

9 Resep Makanan Tertua Dari Sejarah yang Masih Dipakai Sampai Sekarang


 

   Burger adalah simbol dari fenomena makanan cepat saji modern. Terjepit di antara dua irisan lembut roti dan dihiasi dengan keju, bacon, selada, tomat, bawang, mayones dan bahkan acar, patty daging mewah ini dicintai dengan suara bulat di seluruh dunia, sejak diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1900-an. dan secara luas dipopulerkan oleh pedagang di pinggir jalan, itu merupakan salah satu makanan cepat saji Amerika pertama. Meskipun asal-usul resep ikonik ini tetap keruh sampai hari ini, beberapa sejarawan percaya bahwa itu dapat ditelusuri kembali ke isicia omentata, persiapan daging sapi Romawi kuno yang berasal dari sekitar awal abad ke-4 Masehi - sehingga berpotensi menjadi salah satu makanan tertua di dunia.
  
Isicia Omentata adalah Resep makanan berusia 1.500 tahun, yang masih bertahan di buku masak Romawi kuno, Apicius: De Re Coquinaria, yaitu campuran daging cincang, bumbu, kacang pinus, anggur putih, dan saus ikan Garum yang terkenal, dan cara memasaknya di tambahkan roti.


Nah gimana gan, laper ?? yah buruan langsung bikin dah cari resep nya emoticon-Big Grin

ok sekian dulu gan. terimakasih sudah mau berkunjung di Thread ane yang banyak kekuranganya ini.
sekian , 
Wassalam emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Indonesia (S)



yang nyimpen resep jago
image-url-apps
Ikan bakar... sejak kapan ya ditemukan
KASKUS Ads
hee iya gan menjaga banget
Quote:


kalo ngga salah itu awalnya bakar2an gitu dari daging rusa di abad ke 15 , Namun karena rusa sangat susah ditemukan,diganti dengan daging sapi, kerbau, kambing, babi, sama ikan pada abad ke-18
Quote:


image-url-apps
mie ga ada bray, kayaknya udah ada jama kerajaan china ntah taun brpemoticon-Bingung (S)
turun temurun dan rasa tidak pernah berubah emoticon-Cendol Gan


Skalian mampir ke trit ane ya emoticon-Cendol Gan

9 Resep Makanan Tertua Dari Sejarah yang Masih Dipakai Sampai Sekarang
| ++UPDATE | DESAIN GRAFIS EXPERIMENTAL |
image-url-apps
Masakan stew yang di film the hateful eight harus dicoba, gan.

Entah kenapa masakan tersebut jadi bikin ngiler.

emoticon-Ngakak
image-url-apps
Singkong rebus, ikan bakar, ayam bakar gak ada. Padahal mungkin dari jaman prasejarah emoticon-Ngacir
image-url-apps
Tamales pertama liat di film animasi Coco Gan..

9 Resep Makanan Tertua Dari Sejarah yang Masih Dipakai Sampai Sekarang
maaf ngga ketulis gan hehe , ia Mie dari cina pada saat periode Dinasti han sekitar 206 SM - 220 M
waduhh udah pernah nyoba gan ? iya enak bgt kaya nya emoticon-Belo
Quote:


mungkin kalo di bakar doang sih bisa jadi gan dari jaman batu haha, tapi kalo sudah menjadi resep mungkin sekitar abad ke 15 - 18 , yummmy...
woahh.. liat animasi nya aja ngiler ya gan.. perlu nih di coba bikin, selama ini yang bisa cuma bkin
pancakes sama kari doang ane emoticon-Big Grin
Quote:


ane salah satu emoticon-thumbsup korban holder 99 design gan.. terima kasih pencerahanya hahaha, keren thread nya
Quote:


emoticon-thumbsup
image-url-apps
Pokoknya masakan yang banyak cabai nya ane paling doyan.
seger ya bre apalagi ada kuah nya emoticon-Belo
Quote:


emoticon-thumbsup
image-url-apps
daging bakar dari jaman peradaban manusia mulai udah ada tuh
image-url-apps
Kare, emoticon-Leh Uga
Udah makan tapi laper lagi, emoticon-Leh Uga
emoticon-Wow Apapun makanannya minumnya ............ AIR breh emoticon-Ngakak emoticon-Wakaka
×