alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Artis Indonesia ini bikin Heboh!
4.36 stars - based on 14 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b919a75925233774b8b4567/artis-indonesia-ini-bikin-heboh

Artis Indonesia ini bikin Heboh!

Sayangnya heboh plagiat.

Kasusnya terangkat ketika Miranti Minggar Triliani (IG : mirantiminggar) menjiplak hasil fotografi dari Lillian Liu (IG : lillianliuphotography), dengan perbedaan hanya dari sisi medianya saja (Miranti melukis sedangkan Lillian memphoto) dan dipajang di Edwin Gallery (IG : edwinsgalleryjkt).

Lillian Liu langsung memposting hasil "karya" Miranti di Facebook dan membuat perbandingan antara karya lukis milik Miranti dan hasil photography miliknya.

Artis Indonesia ini bikin Heboh!


Kemiripan keduanya terlalu signifikan untuk menjadi kebetulan saja. Ketika post Lillian menjadi viral, Edwin Galleri Jakarta pun memposting pernyataan meminta maaf mengenai kasus ini.

Artis Indonesia ini bikin Heboh!


Setelahnya Miranti memposting permintaan maaf pada akun instagramnya. Namun nasi sudah menjadi bubur. Walaupun sudah memposting permintaan maaf pada akun instagramnya, Miranti banyak mendapat cercaan dari netizen.

Artis Indonesia ini bikin Heboh!


Imbasnya ya galeri Edwin terkena getahnya, reputasi buruk karena memajang karya plagiat. Dan nama Indonesia cukup tercemar karena hal ini.
Artis Indonesia ini bikin Heboh!


Plagiat, Referensi dan Inspirasi


Mungkin agan agak bingung mana yang termasuk dengan plagiarism, tindakan plagiat atau pencurian hasil karya orang lain. Memang batasan ini agak "kabur", karena adanya istilah lain yang mirip yaitu "referensi".

Referensi menghargai karya orang lain, dengan menggunakan karya tersebut DAN mencantumkan sumbernya. Misalnya copy paste tulisan milik orang lain, tanpa merubahnya sama sekali, kemudian dicantumkan sumbernya sebagai catatan kaki (footnote) atau bibliografi.

Dalam kasus ini, Miranti Minggar tidak mencantumkan darimana dia mendapatkan referensi dari karyanya. Jadi tidak dapat dikatakan sebagai "referensi". Meskipun tidak menggunakan artworknya langsung (mungkin yang bersangkutan melakukan tracing).

Ada istilah lain pula, yaitu "inspirasi". Inspirasi biasanya datang secara tiba-tiba dan tidak terduga, dipicu oleh suatu event atau kejadian tertentu. Biasanya inspirasi juga bisa datang dari karya orang lain, namun tidak menggunakannya secara langsung dan tentunya ada perbedaan yang sangat jelas.

Artis Indonesia ini bikin Heboh!
Karya Miranti dan Lillian Liu terlalu dekat untuk dapat dikatakan sebagai inspirasi, bahkan ke detail yang terkecil.

Setelah kasus ini terangkat, netizen online... ehm... maksud ane warganet daring pun menginvestigasi karya milik Miranti yang lainnya.

Artis Indonesia ini bikin Heboh!
Sisanya bisa dilihat pada komentar-komentar warganet daring di post milik Lillian Liu ini.

Kasus ini pun terangkat dalam berita TV di Canada :

https://bc.ctvnews.ca/vancouver-fash...tion-1.4078521

Artis Indonesia ini bikin Heboh!


Sampai mana batasan plagiarism?


Masalah copyright infringement dan plagiarism memang cukup rancu. Tapi ane bisa jelasin sejauh sepemahaman ane, karena ane berprofesi di bidang art.

Artist selalu menggunakan "referensi" dan "inspirasi". Singkatnya research/penelitian. Misalnya agan nonton franchise Jurassic Park dan Jurassic World, tentunya mereka kalo nebak-nebak bentuk dinosaurus seperti apa, maka dinosaurusnya ga akan terlihat real seperti sekarang ini. Karena dinosaurus sekarang cuma tersisa fosilnya aja, dan ga ada yang tau seperti apa bentuk dinosaurus aslinya, atau gimana kelakuan (behavior) mereka semasa dinosaurus hidup.

Artis Indonesia ini bikin Heboh!


Para artist mempelajari seluk beluk dinosaurus dengan mendalam, dari kerangka sampai ke otot-ototnya, dan menggunakan ilustrasi dari berbagai sumber untuk dipadukan menjadi model spesial efek 3D yang digunakan pada film tersebut. Namun tidak ada bagian dari spesial efek tersebut yang menggunakan secara langsung ilustrasi atau model 3D lain.

Mungkin mereka mengumpulkan banyak gambar-gambar dan video untuk digunakan sebagai acuan mereka untuk menghidupkan dinosaurus yang ada di film tersebut.

Untuk gerakan dinosaurusnya, para artist (animator dalam kasus ini) mempelajari gerakan binatang lain yang mempunyai anatomy yang mirip dengan dinosaurus (mungkin bangsa burung seperti burung onta atau kasuari dan sejenisnya).

Atau kalo agan nonton franchise film Alien, yang mana artworknya didesign oleh HR Giger. Giger sendiri memiliki artwork/karya seni yang sangat khas sekali. Bila agan sekali melihat artwork milik Giger, maka lain waktu bila melihat artwork lainnya agan bisa nebak bahwa itu ciptaan Giger.

Artis Indonesia ini bikin Heboh!


Agan masih boleh meniru "style" Giger, tapi jelas orang akan mengetahui secara langsung darimana agan mendapatkan inspirasi style agan. Sejauh ini, sepertinya masih diperbolehkan, dan masih diapresiasi. Beda halnya apabila agan mencomot artwork milik Giger kemudian agan mengatakan agan yang menggambarnya sendiri.

Artis Indonesia ini bikin Heboh!


Plagiarism juga berlaku dalam bidang tulisan. Apabila agan mengcopy dan paste langsung tanpa mencantumkan sumbernya, maka itu bisa dikategorikan sebagai plagiarisme. Melakukan copy dan paste dan mengubah sebagian dari kata-kata yang ada didalam tulisan tersebut juga masih termasuk dalam kategori plagiat (mirip yang dilakukan Miranti).

Salah satu kasus plagiarism lainnya yang cukup heboh di dunia jurnalistik (untungnya tidak menimpa orang Indonesia), yaitu kasus yang menimpa IGN (website jurnalistik videogame yang cukup besar namanya).

Spoiler for Plagiarism di bidang jurnalistik:


Penulis script/reviewer asli membandingkan keduanya dari segi struktur dan pembawaan (delivery), dan memang sangat terlihat jelas editor IGN tersebut hanya mengubah kata-kata minor saja dan mengklaim review tersebut adalah miliknya 100%.

Ini ibarat agan menggunakan artwork giger diatas, kemudian agan mengeditnya di photoshop, mengubah-ubahnya sedikit lalu mengklaim hasilnya adalah karya agan 100%.

Beda halnya dengan, katakanlah JRR Tolkien dengan seri Lord of the Rings. Inspirasi dan pengaruh sumbernya banyak, namun dia menciptakan sebuah dunia baru. Dan yang jelas dia tidak mengkopi kata demi kata dari karya tulis lain.

Artis Indonesia ini bikin Heboh!


Copyright Infringement/Pelanggaran Hak Cipta


Seperti yang dituliskan diatas, copyright bukan masalah yang sederhana. Karena pabrikan "bootleg" seringkali memanfaatkan momentum yang sedang hot-hotnya saat itu. Misalnya film yang sangat populer pada masa itu, atau karakter yang sangat terkenal. Apabila mereka merubah satu atau dua elemen saja, maka mereka bebas dari pelanggaran hak cipta.

Misalnya Mario dari Nintendo, agan menggunakan karakter yang sama tanpa kumis dan berbaju kuning, dan agan namakan dengan Lario. Biasanya "bootleg" ini menargetkan orang tua dengan anak-anak yang masih sangat kecil karena mereka tidak dapat terlalu melihat perbedaan dengan aslinya.

Contoh bootleg lainnya bisa dilihat dibawah.

Spoiler for Bootleg Ngakak:


Ingat jaman Flappy Bird booming? Ratusan atau malah ribuan game yang mirip tidak dapat dibendung, karena masing-masing menggunakan artworknya sendiri. Sampai sekarang masih banyak clone-clone dari game Flappy Bird. Atau game mobile terpopuler sepanjang masa, Angry Birds. Bisa dicari clone-clonenya yang bebas berkeliaran di appstore baik milik Apple maupun Google.

Kenapa mereka tidak melakukan pelanggaran hak cipta? Karena mereka tidak "mencuri" aset dari Flappy Bird dan Angry Bird.

Hal lain yang masih dalam area abu-abu adalah kategori fan art. Contohnya AM2R, sebuah game buatan dari fan Metroid franchise yang ditutup oleh Nintendo.

Artis Indonesia ini bikin Heboh!


"Fair Use"


Ini lebih ke masalah copyright di US. Agan diperbolehkan menggunakan gambar, foto atau artwork lainnya sejauh sebagai ilustrasi atau penjelasan. Singkatnya contoh "fair use" adalah gambar-gambar yang ane gunakan di post ane ini.

Entah apakah "fair use" ini berlaku juga di Indonesia atau tidak.

Untuk kasus Miranti sendiri, ya udahlah ga usah dibully lagi, ane yakin yang bersangkutan udah kapok. Semoga bisa metik pelajaran dari kasus ini. Kayaknya yang bersangkutan juga cukup berbesar hati, karena biasanya kalo udah kena kasus seperti ini biasanya akun sosmed biasanya mendadak hilang/tidak bisa diakses.

Nah kalo menurut ane, di jaman globalisasi yang serba online ini, harus udah melek masalah copyright infringement dan plagiarism. Ga jarang plagiat langsung ketangkep walaupun ngambil dari sumber yang "kecil" (contohnya plagiat IGN diatas). Atau merasa aman karena nyomot dari negeri antah berantah (Lillian Liu berasal dari Canada). Pasti ketangkep gan. Apalagi kalo diupload online. Maaf... maksudnya diunggah daring emoticon-Big Grin

Mungkin ada ahli hukum yang bisa jelasin masalah copyright, plagiarism dan fair use lebih detail?

Spoiler for Jangan lupa:


Diubah oleh exorio
Halaman 1 dari 5
Komeng kaskuser

Quote:


Diubah oleh exorio
Sebenarnya sih gak masalah ya mengekspresikan 1 bentuk visual dalam 2 ruang yang berbeda.

Tapi masalahnya sejak awal adalah niat. Niatnya apa? Soalnya ide dan kreativitas itu emang mahal.

Saat kita menggambar 1 tokoh animasi dengan posisi yang sama aja udah dibilang pelanggaran.

Kita majang gambar orang tanpa menyebut nama yang gambar aja udah pelanggaran.

Bikin kaos dari foto sebuah group tanpa ijin udah pelanggaran.

emoticon-Cape d... (S)

Btw itu bisa mirip banget ya antara foto dengan gambar.
klo menurut ane itu gambar yg kartu jatohnya ke referensi sih.
yg bahaya si emang gk nyantumin sumurnya emoticon-Ngacir
Balasan post i.am.legend.
Quote:


Nah itu si Lillian kagak hepi

Masih ada satu lagi nih :

Artis Indonesia ini bikin Heboh!
Artis Indonesia ini bikin Heboh!

Oke, sumbernya dua digabungin jadi satu. Tapi liat domba sama bayinya, terus liat mahkotanya.

Sama persis. Kalo ane tebak sih doi tracing langsung, tapi entahlah emoticon-Bingung

Kenapa posisi pernik-pernik dari mahkotanya bisa sama? Masa iya bisa sampe sedetail gitu miripnya?

Tapi diluar kasus ini banyak juga yang lolos ternyata, dan termasuk nama-nama gede lho :

http://arcadesushi.com/stolen-images...n-video-games/

Biasanya kalo udah ketangkep ga ada ampun. Itu editor IGN dibongkar terus, semua artikelnya dia dihapus sama IGN. Aibnya dikupas sama netizen, ternyata merembet kemana-mana sampe profile LinkedInnya dia juga ketauan copas tanpa edit sama sekali emoticon-Leh Uga
Diubah oleh exorio
Oh iya yang ini

Spoiler for Jeng jeng:


Juga sempat heboh beberapa waktu yang lalu emoticon-Leh Uga

Mungkin masih bisa dikategorikan "bootleg" dan engga melanggar hak cipta tapi ya kan masyarakat luas udah tau.
Diubah oleh exorio
Aduh boosss....ane merasakan banget feeling ini emoticon-Sorry
Tp suka dilema juga memang antara inspirasi, referensi, plagiat, dsb.

Cuman ada jg neh artist terkenal yg malah bodo amat karya diambil ato dijiplak, dia malah ga pikirin sama skali....
yg ada dia ttp bikin karya terrruuussss
Soal ntr dijiplak ato gmn, itu jadi hukum sosial aja....alias org2 yg ngenal karyanya pas liat diambil org lain, lgsg dihujat abis2an

Ya ane sih blm seberani si artis itu hehe


Skalian mampir ke trit ane ya emoticon-Cendol Gan

Artis Indonesia ini bikin Heboh!
| ++UPDATE | DESAIN GRAFIS EXPERIMENTAL |
terisnpirasi sama plagiat jelas beda bray
kalo plagiat bagian2 yg sama persis mungkin mancapai 70% atau lebih
dan ya itu tadi, nggak mencantumkan referensi dan diklaim karya sendiri

emoticon-Cool
padahal gambarnya bagus lohemoticon-Matabelo
Aku lali arep komen opo emoticon-Mewek
Balasan post kruingputih3
Quote:


komen : ini komentar ini komentar ini komentar dst
Balasan post cctvkamarmandi
Quote:


Ya jelaslah jeplakannya juga bagus emoticon-Leh Uga

Masa sampe lipetan bajunya juga mirip emoticon-Leh Uga

Baca-baca komentar di IGnya doi, ternyata doi udah sering majang karya di galeri seni elit kayak gini dari 2004

Kalo alasannya engga tau mah bokis banget emoticon-Hammer2
Diubah oleh exorio
all right reservedemoticon-Big Grin
Parah ya gan emoticon-Najis
Malu maluin ajha
coba deh cek ig @favelapunkemoticon-Tepuk Tangan
bagus juga gambarannya, tp sayang karya orang.. emoticon-Hammer (S)
keren sih
poto orang digambar diutak atik sitik
Sering plagiat bener itu di ignya. Pas udh ketahuan langsung bnyk yg dihapusin postingannya. Padahal udh lumayan prestasinya.
Plagiat kalau mau nyontek jujur aja sertakan sumber gambarnya darimana,jgn ngaku-ngaku karya sendiri
Kalo kata Babang ijik:Artis Indonesia ini bikin Heboh!Artis Indonesia ini bikin Heboh!
Diubah oleh rafatharhero
Mirip banget emoticon-Malu (S)
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di