
Kalo udah ngebahas tentang game jadul, yang paling khas itu suaranya.
Beep-beep-beep-boop-bapmerupakan ciri khas
Progammable Sound Generator, dan
suara beep tersebut merupakan terjemahan telinga manusia dalam mendengar bentuk gelombang/timbre atau instrumen
Square Wave.
Umumnya Square Wave pada konsol game jadul beresolusi rendah.
Apa itu Programmable Sound Generator?
Programmable Sound Generator (
PSG) atau sering disebut sebagai
sound-chip merupakan sound cip yang menghasilkan gelombang suara dengan meniru berbagai gelombang sederhana,
Selain menghasilkan gelombang berirama, beberap soundchip PSG juga menyediakan
generator derau suara. Semua penghasil/generator suara tersebut dikendalikan dengan data tertulis dalam register terdedikasi dalam soundchip, itulah kenapa soundchip ini dinamakan
Programmable Sound Generator karena semua suara yang ada adalah hasil pemograman seorang programmer atau komposer,
Suara yang dibuat ini kemudian digabungkan menjadi bentuk gelombang yang kompleks. Beberapa soundchip juga dapat melakukan
Amplitude Envelope yang membentuk bentuk gelombang baru menggunakan teknik Attack, Decay, Sustain, dan Release (ADSR), sehingga gelombang tersebut
menghasilkan suara nyata seperti yang diinginkan. Contoh penggunaan ADSR dalam PSG adalah
soundchip MOS 6581/8580 dan AY-3-8910 yang akan dibahas nanti.
Skema Attack, Decay, Sustain, dan Release envelope.
Programmable Sound Generator sering dipakai dalam mesin dingdong, konsol game rumahan, dan komputer rumahan pada tahun 1980an.
Berikut ini adalah contoh-contoh Programmable Sound Generator paling terkenal
pada masa itu:
Quote:
Quote:
2A03
Quote:
Ricoh 2A07
Quote:
Tahun Produksi: 1982-1995
Pembuat: Ricoh, Nintendo
Jumlah Channel:
- 5 Channel
- 2 Channel yang mampu menghasilkan gelombang pulsa dengan 4 kelebaran berbeda (12.5%, 25%, 50%) dan 75% dan volume bervariasi. Oktaf berkisar dari Oktaf 1 hingga 6.
- 1 Channel yang mampu menghasilkan gelombang segitiga dengan volume dan kelebaran konstan
- 1 Channel yang mampu menghasilkan white noise dan periodic noise dengan pitch/nada terbatas.
- 1 Channel Delta Pulse-code Modulation (DPCM) yang bisa memutar sampel berformat DMC
dengan opsi pengulangan.
Ricoh 2A03atau 2A07 ini sebenarnya bukan soundchip, melainkan sebuah
mikroprosser 8-bit yang digunakan pada konsol game Nintendo Entertainment System, yang bisa
juga digunakan sebagai soundchip dengan kemampuan terbatas namun
cukup untuk kebutuhan pembuata game biasa. Dalam
chip 2A03 ini ada core MOS Technology 6502, yan merupakan microprocessor yang
sering dipakai oleh komputer-komputer dan konsol game 8-bit seperti Apple II, Atari 800, dan Commodore 64.
2A03 ini clockspeed nya1.79 MHz untuk versi NTSC dan 1.66 MHz untuk versi PAL.
Quote:
Quote:
Texas Instruments SN76489 "Made in Malaysia".
Quote:
Tahun Produksi: 1979-aekarang
Pembuat: Texas Instruments
Jumlah Channel:
- 4 Channel
- 3 Channel Square wave dengan 16 level volume berbeda, frequency maximal 4 MHz dan kelebaran konstan.
- 1 Channel Noise yang mampu menghasilkan berbagai macam jenis drum, derau, dan efek suara.
Juga bisa digunakan sebagai channel bass dengan memanfaatkan periodic noise yang mempunyai pitch/nada terbatas dengan 16 level volume berbeda.
SN76489Digital Complex Sound Generator (DCSG) merupakan sebuah chip programmable sound generator yang dibuat oleh Texas Instruments dan kompatibel
daengan papan logik TTL.
Transistor-Transistor Logic (TTL)
SN76489 aslinya didesain untuk digunakan untuk komputer TI-99/4 buatan Texas Instruments, dimana
aslinya chip ini dinamakan TMS9919. Setelah dijual diluar bungkus
TI-99/4, chip ini dinamakan SN76489.
Sega Master System
Pada tahun 80an kebanyakan komputer, mesin dingdong, dan konsol game rumahan
menggunakan chip ini untuk memotong biaya produksi.
Salah satu contoh yang paling menonjol adalah konsol game
Sega pertama dan kedua yaitu SG-1000, dan Master System.
BBC Micro
Berikut ini adalah daftar penuh komputer dan konsol yang menggunakan chip ini:
- Komputer:
- BBC Micro
- Coleco Adam
- IBM PCjr
- Memotech MTX
- Mega-Tech
- Sharp MZ-800
- Sord M5
- Tandy 1000
- Texas Instruments TI-99/4A
- Tomy Tutor
- Konsol Game:
- ColecoVision
- CreatiVision
- Geneve 9640
- Neo Geo Pocket
- Neo Geo Pocket Color
- Sega Game Gear
- Sega Genesis (Sekunder)
- Sega Master System
- Sega Pico
- Sega SG-1000
Quote:
Quote:
Pot Keyboard Integrated Circuit
Quote:
Tahun Produksi: 1979-1994
Pembuat: Atari (Doug Neubauer)
Jumlah Channel:
- 4 Channel yang mampu menghasilkan square wave dengan distorsi, filter, dan efek-efek berbeda.
Juga bisa meniru teknik Pulse-width modulation dengan menggunakan High-pass filter.
16 variasi volume juga tersedia di chip ini.
Atari 8-Bit
Pot Keyboard Integrated Circuit(
POKEY) ini merupakan chip Input dan Output
digital untuk komputer Atari 8-Bit yang diproduksi dari tahun 1979 hingga 1994.
POKEY menggabungkan fungsi potentiometer, input output keyboard, dan juga
penghasilkan suara. Selain digunakan dalam komputer Atari, POKEY ini juga dignakan
dalam berbagai mesin dingdong yag dikeluarkan oleh Atari seperti
Centipede, Missile Command, Asteroids Deluxe, dan
Gauntlet.
Quote:
Quote:
AY-3-8910 dengan DIP 40.
Quote:
Tahun Produksi: 1978-2004
Pembuat: General Instruments, Yamaha
Jumlah Channel:
- 3 Channel yang mampu menghasilkan square wave dengan jangkauan frekuensi yang luas, dan
white noise dengan frekuensi terbatas. Dalam beberapa uji coba dan trik, juga ditemukan
kalau AY-3-8910 bisa menghasilkan sample suara asli dalam bentuk PCM namun terbatas.
Pulse-width modulation juga bisa dilakukan di chip ini, namun dalam tempo terbatas.
Sinclair ZX Spectrum 128K
AY-3-8910merupakan programmable sound generator yang didesain oleh General Instruement pada tahun 1978, yang awalnya digunakan bersamaan dengan
prosesor 16-Bit CP1610 mereka. Sedangkan YM2419 merupakan varian dari AY-3-8910 yang dikembangkan oleh Yamaha untuk komputer Atari St produksi tahun 1986 hingga 1994.
Atari ST (640)
Chip AY-3-8910 dan variannya merupakan salah satu chip
yang paling banyak digunakan baik mesin dingdong, komputer, ataupun konsol game
pada tahun 80an pertengahan.
Berikut inilah daftar komputer/konsol yang menggunakan chip ini:
- Atari ST
- Amstrad CPC
- Colour Genie
- Elektor TV Games Computer
- MSX
- Mattel Intellivison
- Vectrex
- Sinclair ZX Spectrum 128/+2/+3
dan lain-lainnya...
Quote:
Quote:
Kiri: MOS Technology SID 8580, Kanan: 6581
Tahun Produksi: 1983-1997
Pembuat: MOS Technology, Commodore
Jumlah Channel:
- 3 Channel Pulse, Sawtooth, Triangle, dan Noise dengan beberapa efek:
- Pulse-width modulation: Merupakan teknik modulasi untuk mengencode sebuah pesan hingga
sebuah sinyal pulsa. SIDmempunyai 128 lebar pulsa berbeda dengan suara
khasnya masing-masing.
- Ring modulation: Merupakan fungsi pemrosesan signal yang dilakukan dengan cara menggabungkan
dua waveform/bentuk gelombang berbeda seperti menggabungkan sawtooh wave dan square wave sebagai contoh. Teknik ini digunakan dalam chiptune atau komposisi musik di komputer Commodore 64 untuk menghasilkan waveform yang unik, dan mampu meniru suara di dunia nyata seperti senar gitar, piano,
ketukan drum, dan sebagainya.
- Pulse-code modulation: Merupakan metode untuk menyampel sinyal analog dalam bentuk digital.
Walaupun SID awalnya tidak didesain untuk melakukan sampling PCM, namun berkat otak-otak
cerdas komposer Commodore seperti Martin Galway, Rob Hubbard, dan Jeroen Tel ternyata
menyadari kalau ada bug dalam SID 6581 yaitu kehadiran Channel keempat yang bisa
digunakan untuk sampling PCM. Untuk 8580, bug Channel keempat ini diperbaiki oleh Commodore.
- Attack Decay Sustain Release (ADSR) envelope: Attack Decay Sustain Release envelope juga
bisa dilakukan di MOS 6581 dan 8580.
Commodore 64.
MOS Technolgy SID 6581/8580 SID(
Sound Interface Device) merupakan Programmable Sound Generator yang didesain untuk komputer-komputerrumahan buatan Commodore, yaitu CBM-II, Commodore 64, Commodore 128, dan Commodore MAX Machine.
Diantara PSG-PSG yang ada pada generasi 80an ini, SID lah yang paling canggih.
SID merupakan soundchip paling revolusioner, dan satu-satunya PSG yang dibuat
untuk konsumen rumahan yang mampu menghasil sawtooth wave dengan efek-efek dan distorsi
berbeda.
Suara yang dihasilkan Commodore 64 sangat khas dibanding PSG lainnya,
dimana Sawtooh Wave menghasilkan efek suara terompet, Pulse Wave menghasilkan efek suara e-piano, Triangle Wave menghasilkan menghasilkan efek suara peluit dan Noise menghasilkan efek suara drum.
Diantara soundchip-soundchip tadi, mana menurut agan atau sista yang paling ngangenin?
Kalau ane sih kangen sama chip Nintendo 2A03, suara tirangle wavenya ituloh, khas banget.
Ternyata eh ternyata tuh triangle wave resolusinya rendah kalo diliat di Audacity bisa keliatan ada 16 tangga

Sekian dari thread ane yang panjang ini, mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan.
Terima Kasih sudah membaca.
Quote:
Quote:
Quote:
- Karen Collins, "Loops and bloops". Music of the Commodore 64 games, soundscapes, volume 8, Feb 2006
- http://sid.kubarth.com
- "Chapter 7: Sound". De Re Atari. Atari, Inc. 1982.
- "I. Theory of Operation". Atari Home Computer Field Service Manual - 400/800. Atari, Inc. hal. 1–11.
- http://www.nesdev.com/2A03%20technical%20reference.txt
- https://archive.org/details/Speech-Sound_Cartridge_Service_Manual_19xx_Tandy