alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kaskuser Yang Mau Berkarir di Bidang Data Science, Ini 4 Pilar Utama Wajib Dikuasai
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b8e7933947868e43f8b4567/kaskuser-yang-mau-berkarir-di-bidang-data-science-ini-4-pilar-utama-wajib-dikuasai

Kaskuser Yang Mau Berkarir di Bidang Data Science, Ini 4 Pilar Utama Wajib Dikuasai

Kaskuser Yang Mau Berkarir di Bidang Data Science, Ini 4 Pilar Utama Wajib Dikuasai

Sejalan dengan makin canggihnya dunia informasi teknologi, saat ini Data sciencejadi salah satu bidang yang lagi hot-hotnya nih gan, apalagi kalau sebuah perusahaan udah move on dari konvensional ke dunia digital. Kalo sebuah perusahaan terapkan data science, ini artinya si perusahaan udah jadi perusahaan yang berbasis data. Semuanya wajib hukumnya by data, ga bisa analisa sembarangan ataupun mengkira-kira emoticon-Big Grin. Berbarengan dengan terapkan divisi data science, maka pastinya perusahaan juga kudu berani gelontorin duit yang ga sedikit gan, termasuk buat bayar ilmuwan data yang di Indonesia sendiri bisa dibilang masih langka! Nah, agan tertarik untuk berkecimpung dalam bidang data, gajinya bikin geleng-geleng lohhh..?!
Saat ini, udah banyak banget deh gan perusahaan yang menerapkan data science, misalnya perusahaan online transportasi, telekomunikasi, ataupun dunia perbankan. Hidup di era digital membuat aktivitas manusia sebagai pengguna juga setiap harinya adalah data, yang apabila diolah bakalan kasih informasi penting dan bermanfaat. Gara-gara di Indonesia squad data scientist masih langka, ga heran deh kalo menjadikan profesi sebagai data scientist menjadi seksi. Tapi untuk bisa terjun di bidang yang satu ini ga bisa sembarangan loh gan, wajib hukumnya untuk menguasai berbagai skil berikut ini. Apa aja yah, simak langsung deh gan skil wajib dimiliki oleh data scientist.
Kaskuser Yang Mau Berkarir di Bidang Data Science, Ini 4 Pilar Utama Wajib Dikuasai

Ilmu Ekonomi
Ini jadi salah satu kemampuan yang diwajibkan dikuasai oleh seorang ilmuwan data. Pada prakteknya, seorang data scientist itu juda kudu punya skil tentang kemampuan bisnis dan pemasaran. Nah, tentu skill tersebut memang secara jenjang pendidikan biasa diajarkan pada fakultas ekonomi yang ada di kampus-kampus. Sebagai contoh biar agan kebayang nih gan, sebuah divisi pemasaran menerapkan data science, maka ilmuwan data akan menyajikan data olahan bersumber dari histori yang telah terhimpun, data scientist akan bekerja untuk menghasilkan analisis prediktif mengidentifikasi strategi apa saja yang dirasa efektif untuk dijalankan demi mendukung pemasaran dan penjualan.

Ilmu Statistik & Matematika
Waduhhh... biar ga tegang sruput dulu kopinya Gan.. emoticon-nyantai. Kemampuan olah data dan matematika begitu penting sehingga jadi salah satu pilar utama yang wajib dikuasai oleh data scientist. Sesuai faktanya, data biasanya bisa berupa angka dan butuh skil analisa yang ajib dalam mengolah data. Secara nih gan, sebenarnya penerapan big data dengan data science itu gabungan dari beberapa displin, yaitu statistik, matematika, ilmu komputer, dan beberapa ilmu penunjang lainnya. Kemampuan statistik dan matematika menjadi salah satu skil yang berperan penting dalam proses menghimpun, menganalisa, dan mengolah data sehingga bisa hasilkan informasi yang berguna.

Ilmu Pemrograman (Programming)
Yes, ini jadi salah satu skil berikutnya yang harus dipunya oleh agan sista yang mau berkarir di bidang data, utamanya yang mau data scientist atau ilmuwan data. Prakteknya, pengetahuan programming languageakan berperan dalam pekerjaan data scientist untuk membuat data modelling yang bisa mengolah dan menganalisa dari berbagai data yang diperoleh. Untuk bahasa pemgrograman yang digunakan bermacam-macam gan, mulai dari Java, C++, JavaScript, Scala, sampe yang mungkin saat ini lagi tenar, adalah Phyton.
Selain 3 pilar pengetahuan yang penting di atas, tentu ga bisa lepas juga bahwa agan sista masih butuh ilmu pendukung lain, misalkan Komunikasi. Komunikasi menjadi penting, karena data yang diolah dan dihasilkan tersebut, tentu butuh peran kemampuan komunikasi untuk bisa menterjemahkan agar informasi yang dihasilkan pun orang lain bisa paham.

Apakah Ane Kudu Kuliah Itu Semua, Gan?
Mungkin ini pertanyaan dari agan sista semua, apakah kudu kuliah semua disiplin di atas? Jawabannya tentu menurut versi gue sih ga yah gan, karena dalam data science itu bisa berupa tim yang nantinya terdiri dari beberapa disiplin ilmu di atas tadi. Tapi tidak menutup kemungkinan, kalau agan yang jago matematika juga jago dalam hal segi pemrograman. Makanya terkadang data scientist banyak loh yang bergelar doktor emoticon-Wow.  Kalau sudah punya tim nih gan, salah satunya bisa ikutan event yang memungkinkan agan bisa eksplor dalam bidang data, sebuah ajang sebagai bentuk komitmen BCA untuk memajukan dunia pengolahan data di tanah air, khususnya di sektor perbankan, BCA akan menyelenggarakan Finhacks 2018 #DataChallenge.

Kaskuser Yang Mau Berkarir di Bidang Data Science, Ini 4 Pilar Utama Wajib Dikuasai
Pada Finhacks 2018 #DataChallenge terdapat tiga kategori yang harus dilalui oleh peserta, yaitu Credit Scoring, Fraud Detection, dan ATM Cash Optimization. Kompetisi ini nantinya terbagi dalam empat fase, yaitu Registration, Assessment Test, Data Challenge, dan Demo Day. Bagi yang ngaku jago dalam urusan data, bisa mendaftarkan diri (1 team terdiri dari 1-3 orang) melalui https://finhacks.id, pendaftaran sudah dibuka dari 8 Agustus sampai dengan 8 Oktober 2018. 

Finhacks 2018 #DataChallenge nantinya juga bakalan ngadain Workshop & Roadshow sebagai ajang untuk kumpul-kumpul bareng komunitas Data Science yang akan dilakukan di 3 kota, yaitu Jakarta, Yogyakarta, dan  Bandung. Masih bingung tentang mekanisme dalam kompetisi ini, mendingan cek aja langsung di https://finhacks.id/ untuk bisa nemuin informasi lebih lengkapnya. 
Itulah beberapa pilar kemampuan yang wajib dimiliki oleh agan sista yang ingin bekerja di bidang data sebagai data scientis, gimana gan? tertarik untuk berkecimpung? Mau share atau komeng di thread ini juga boleh gan, biar agan yang masih belajar data jadi makin semangat untuk lebih belajar lagi ilmu pengetahuan lainnya.
 
Silahkan di Komeng & Sampai Jumpa di Thread Selanjutnya
emoticon-Shakehand2
Sumber Thread :
DailySocial | Finhacks.id

Diubah oleh whitehats
Urutan Terlama
Keduax emoticon-Coblos
ane hobi dlm menganal lisa emoticon-Big Grin
Susah ini kerjanya, mesti kudu jadi ahlinya emoticon-Cool
wah nice info gan
minyak
ga sesuai dengan kriteria ane emoticon-Wakaka
Bahasa pemrograman yang lagi tenar phytonemoticon-Confused, python om bukan phyton. emoticon-Takut, udah dari dulu itu mah python, Java, C, .net (ntar kebalik lagi jadi net. Stasiun tivi) emoticon-Ngakak

ekstensi filenya .py bukan peyek atau piye yak emoticon-Ngakak

Satu lagi Bahasa R. Ngeri2 sedap.emoticon-Ngacir2
Diubah oleh wy2312
otak gak mampu gan, mungkin kebnyajkan colay
Ilmu bahasa makin menurun krn sudah ada google translate. Sainstek n math yg lg naik daun.
berarti bowo alpenliebel ga bisa msk
dia taunya cuma tik tok
Jadi yutuber aja... gak pake pusing
ada kategori fraud detection ya, menarik
emoticon-coffee
iya jadi yutuber aja tinggal main rekam upload emoticon-Cool
lebih suka perl & lua daripada python emoticon-Ngacir
Menarik juga, thanks infonya gan
hobi anelia kalo ane gan, lebih ke programmer keknya
Mantap nih thread-nya... Informatif banget...

Cuman, agak disayangkan, ane nggak ngerti...

Tapi informatif... cendol deh gan...

emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di