alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Merusak Benda ini Agan bisa diganjar denda 1 milyar!
4.55 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b8a87d814088d376c8b4567/merusak-benda-ini-agan-bisa-diganjar-denda-1-milyar

Merusak Benda ini Agan bisa diganjar denda 1 milyar!

Tepatnya 1 milyar + penjara minimal 5 tahun!


Merusak Benda ini Agan bisa diganjar denda 1 milyar!


Benda apakah itu? Uang gan. Baik uang kertas maupun logam. Tapi khususnya apabila agan melakukannya dengan SENGAJA, tidak peduli berapa nominal yang tercantum pada uang agan. Kenapa?

Mata uang adalah simbol kedaulatan Negara


Merusak Benda ini Agan bisa diganjar denda 1 milyar!


Ini yang paling utama gan : uang itu salah satu simbol negara, sama seperti bendera negara. Namun khususnya sebagai simbol kedaulatan negara. Agan merusak uang, itu artinya agan menghina dan tidak mengakui kedaulatan negara. Dan untuk menggantinya, negara harus mengeluarkan biaya. Uang memerlukan biaya untuk diproduksi.

Bukan cuma Indonesia aja, ganjaran hukuman merusak uang ini berlaku di berbagai negara di dunia, walaupun ganjaran yang diberikan kepada pelaku berbeda-beda pada tiap negara, dan seharusnya menjadi pengetahuan umum untuk semua warga negara yang bersangkutan.

Sisanya, ya jelas, dibandingkan dengan dirusak, agan bisa gunakan uang tersebut untuk hal-hal yang lebih berguna kan?

Kategori Merusak


Merusak Benda ini Agan bisa diganjar denda 1 milyar!


Salah satu tindakan merusak uang yang masih dimaklumi oleh BI, yaitu menstapler uang, namun ini dikategorikan sebagai ketidak tahuan masyarakat dan dianggap ketidak sengajaan.

Agan bisa mengganti uang yang rusak karena pemakaian wajar atau musibah (misalnya terbakar karena kebakaran), asal keaslian uang tersebut masih bisa dipastikan.

Lain cerita apabila ada tanda merusak uang dengan sengaja, diantaranya tanda-tanda perusakan uang dengan benda tajam.

Spoiler for Merusak dengan sengaja lalu dipost di sosmed:



Dapat ditukar dengan uang baru


Uang kertas yang rusak masih bisa ditukarkan dengan uang baru yang layak edar. Dengan syarat utama, tidak ada tanda-tanda perusakan dengan sengaja.

Kriterianya sebagai berikut :

- Fisik Uang Kertas > 2/3 (lebih besar dari dua pertiga) ukuran aslinya dan ciri uang dapat dikenali keasliannya.

- Uang Rusak masih merupakan suatu kesatuan dengan atau tanpa nomor seri yang lengkap dan
> 2/3 (lebih besar dari dua pertiga) ukuran aslinya serta ciri uang dapat dikenali keasliannya.

- Uang Rusak tidak merupakan satu kesatuan, tetapi terbagi menjadi paling banyak 2 (dua) bagian
terpisah dan kedua nomor seri pada Uang Rusak tersebut lengkap dan sama serta > 2/3 (lebih besar
dari dua pertiga) ukuran aslinya dan ciri uang dapat dikenal keasliannya.

Lengkapnya bisa dibaca di buku ini :
Panduan penukaran uang tidak layak edar

Keuntungan/kerugian


Merusak Benda ini Agan bisa diganjar denda 1 milyar!


Nah makanya, agan perlu berpikir panjang. Cuma karena bisa, bukan berarti agan harus melakukannya. Misalnya kayak contoh gambar diatas, sekedar membakar uang untuk menyalakan cerutu yang biasanya digambarkan tokoh orang kaya di film-film. Just because you can doesn't mean you have to. Coba dipikir keuntungan dan konsekuensinya. Intinya jangan ditiru gan.

Kalo emang agan udah kebanyakan uang, dan mau ngebuang sebagiannya, apa ga sebaiknya didonasikan atau diinvestasikan, walau cuma 100 ribu aja? emoticon-Bingung

Dengan begitu tidak ada yang dirugikan dan agan juga bisa mendapatkan manfaatnya emoticon-Toast

Spoiler for BONUS:
Diubah oleh exorio
Halaman 1 dari 6
seru tuh, tangkap aja orangnya emoticon-Wowcantik
Merusak Benda ini Agan bisa diganjar denda 1 milyar!

Yang ini gambarnya maksudnya apa gan?
Lagi baca resep-resep, mau tahu responnya Hadi Utama.
Diubah oleh rausanvikri
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 08
Balasan post rausanvikri
Quote:


Either dihapus sama yang bersangkutan

Atau akunnya dihapus/set private jadi ga bisa dibuka lagi sama orang lain emoticon-Leh Uga
Quote:

ujung2nya dia kicep gr2 kebodohannya sendiri yaa gan emoticon-Ngakak

mayan loh hiburan
Balasan post 3770372
Quote:


Langsung keringet dingin doi pastinya emoticon-Leh Uga

Mana ini udah jadi viral. Buktinya udah ada, tinggal dicyduq ajah

Ntar mewek play victim katanya rezim ini otoriter hahaha emoticon-Leh Uga

Dagelan emang emoticon-Leh Uga
Quote:


jaman now banyak mendadak religius emoticon-Big Grin

blajar 1-2 kali langsung mau nyebarin pemahamannya emoticon-Ngacir

pesan buat org seperti itu,, dan ane sih skalian: pelajaran itu mahal emoticon-Ngakak (S)
Balasan post rausanvikri
Tuh orangnya panik setelah baca artikel yg dikasih sama ibu2 itu, langsung deh doi hapus postingannya. Takut dicyiduk.. emoticon-Ngakak
Merusak Benda ini Agan bisa diganjar denda 1 milyar!

Merusak Benda ini Agan bisa diganjar denda 1 milyar!
Di facebook emang banyak org mabok agama bree, lieur kabeh emoticon-Leh Uga
Itu yang mabok agama, tapi masih betah nyari makan di mari. Ironis.
wagu nian nasipmu nakemoticon-Stick Out Tongue
Nah mari suruh si Hadi Utama bayar denda pake dinar senilai 1 milyar Rupiah
emoticon-Traveller
Balasan post exorio
Quote:


miris ane bacanya emoticon-Leh Uga
Balasan post sagutumbuk
Quote:


Abis menggebu-gebu pas disodorin artikel detik

t1t1tnya langsung mengkeret emoticon-Leh Uga

preeetttt
hukumannya bikin bulu kuduk merinding emoticon-Takut:

Merusak Benda ini Agan bisa diganjar denda 1 milyar!
Balasan post kruingputih3
Boleh gila, yg penting tidak mengganggu.. emoticon-Embarrassment
Balasan post odolon
Quote:


kriteria dan batasan yg dimaksud mengganggu itu bijimana menurut opini agan ? emoticon-Big Grin
Balasan post kruingputih3
Dari mulus yg agan kasih, ane prihatin sm pohonnya yg terganggu kenyamanan hidupnya.. blun berbuah, udah terancam kotor n ternodai hidupnya tuh pohon emoticon-Ngakak (S)
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di