AboeyyAvatar border
TS
Aboeyy
Inovasi Skuter Klasik nan Elegan, Vespa Primavera 150



Jika sebelumnya Ane telah membahas tentang reborn-nya Honda Bebek C70, kali ini Ane akan mengulas tentang kelahiran kembali skuter klasik yang sangat legendaris, Vespa.



Ya, seolah tak mau kalah dengan Honda, pabrikan motor asal Italia, Piaggio, juga mereborn motor Vespa 946, menjadi motor futuristik, dengan memadukan konsep Klasik-Modern, yang mereka beri nama Vespa Primavera 150 I-Get.

Seperti apa sih spesifikasi, fitur-fitur dan penampakan Vespa Primavera itu? Berikut ulasannya:


1. Desain dan Penampilan

Sebagai motor reborn, tentu saja tampilan dan desain Vespa Primavera ini secara umum tidak jauh dari Vespa Klasik 946. Namun ada beberapa bagian yang diubah untuk menyesuaikan dengan desain baru yang lebih elegan, tanpa mengesampingkan aspek klasiknya.

Sebut saja dari segi bodi yang terlihat lebih ramping di atas, tapi agak gendut di bagian bawah, serta bobot yang lebih berat karena menggunakan kerangka baja yang tidak mudah keropos dimakan karat.



Dengan gaya retro berpadu garis-garis modern dan ergonomic, membuat tampilannya semakin elegan. Bodi depan dirancang layaknya Vespa 60an. Headlamp dipasang menyatu dengan dashboard, namun semua lampu sudah menggunakan LED.

Pada bagian tengah bodi depan, terpasang sepasang lampu sein yang tampak lebih futuristik. Sedangkan pada sektor bodi samping, diberi sedikit lekukan garis, sehingga mampu menampilkan kesan yang lebih elegan.

Jika pada Vespa Klasik, jok dibuat terpisah antara pengemudi dan pembonceng, maka pada Vespa Primavera ini, jok dibuat menyatu, dengan footstep seperti pada Honda Beat lama, sehingga pembonceng harus mengunjurkan kaki ke depan untuk berpijak.



Pada bagian belakang, Stoplamp terpasang secara simetris, sehingga semakin memperkuat aura modernnya. Overall, tampilan Vespa Primavera I-Get 150 ini tetap menggunakan konsep desain sederhana yang memadukan gaya klasik yang futuristik.


2. Mesin dan Transmisi

Urusan daya pacu, Vespa Primavera tetap menggunakan mesin berkapasitas 150 cc, tepatnya 154,8 cc, untuk menghasilkan tenaga yang tidak ngos-ngosan ketika beradu kecepatan.



Mesin telah dilengkapi teknologi I-Get, dengan Single Cylinder (SOHC), 4 Tak, 3 Katup, sehingga mampu menghasilkan tenaga yang maksimal, namun tetap ramah lingkungan dan lebih efisien. I-Get adalah semacam teknologi Blue Corepada Yamaha.

Menggunakan sistem Electronic Injection sebagai pengganti karburator, membuat motor ini mampu menghemat pemakaian bahan bakar hingga 64 km/liter pada kecepatan konstan 50 km/jam. Ditambah lagi dengan kapasitas tangki BBM yang cukup besar, yaitu 8,5 liter, membuat pengendara tak perlu lagi khawatir kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan.

Jika GanSis pernah mengendarai Vespa Klasik, tentu sudah tahu apa yang ada pada bagian stang sebelah kiri, yaitu tuas kopling, yang sekaligus berfungsi sebagai transmisi. Nah, pada Vespa Primavera ini, di sana tak ada lagi tuas kopling. Yang ada hanyalah tuas rem roda belakang, sebagaimana umumnya motor matic sekarang. Yup, ini disebabkan Vespa Primavera sudah menggunakan Automatic CVT, sehingga tak perlu repot lagi untuk menarik tuas kopling dan memindah transmisi percepatan.


3. Speedometer, Suspensi, Roda dan Rem

Speedometer terletak di atas stang, menyatu dengan Headlamp. Didesain berbentuk kipas dengan layar berwarna biru.



Memadukan desain analog-modern, dashboard memuat jarum penunjuk kecepatan pada sisi atas (analog), dan pada bagian bawah berisi berbagai indikator lainnya dengan sistem digital. Konsep ini hampir sama dengan Honda Super Cub 125.

Jika GanSis pernah mengendarai Vespa Klasik, tentu tahu bagaimana getaran mesin dapat terasa hingga stang (tangan) dan dudukan (jok). Namun hal itu tidak akan GanSis rasakan lagi pada Vespa Primavera ini, sebab motor ini sudah mengadopsi sistem suspensi yang modern, yang dapat meredam getaran sampai sekecil-kecilnya.



Pada roda depan, sistem suspensi masih mirip yang lama, namun suspensi depan yang mengusung Single Arm telah menggunakan Pegas Helical dan Double Hydraulic Shock Absorber, yang mampu memberikan keamanan dan kenyamanan berkendara dengan stabil, meski motor dipacu dengan kecepatan tinggi.



Adapun suspensi belakang, menggunakan Shock Absorber Adjustable Preload dengan 4 pengaturan untuk mengurasi getaran, sehingga akan membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman ketika bermanuver atau saat menanjak di medan yang cukup terjal. Tampilan suspensi belakang sangat mirip dengan motor matic.

Dan untuk mengendalikan laju motor, roda depan telah dilengkapi rem cakram sistem ABS, sedangkan roda belakang masih menggunakan tromol.

Vespa Primavera ini memakai ban jenis Tubeless, dengan ukuran ban depan 110/70-11, dan ban belakang 120/70-11, sehingga motor ini sangat stabil saat dikendarai.

Nah, gimana GanSis, tertarik untuk memiliki motor ini? Tentang harganya sekitar 40-45 juta rupiah. Tentu harga ini lebih murah ketimbang Honda Super Cub 125 yang dibanderol 55 juta, padahal Vespa ini punya kapasitas mesin yang lebih besar.(*)
***
Sumber:
1. Vespa, 2. Wikipedia, 3. SemiSena

Quote:
Diubah oleh Aboeyy 17-04-2020 14:09
0
11.2K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan