alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Siswa akselerasi atau aktif ekstrakulikuler?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6edecade2cf2cc188b4578/siswa-akselerasi-atau-aktif-ekstrakulikuler

Siswa akselerasi atau aktif ekstrakulikuler?

Siswa Akselerasi VS Aktif Ekstrakulikuler, Who would win?


Di masa SMA, ada berbagai macam tipe siswa dari yang cerdas, tukang tidur di kelas, bolos pelajaran dan berbagai macam tipe lainnya. Nah tapi pada kesempatan kali ini ane akan bahas 2 tipe di SMA : Anak Akselerasi Vs Aktif Ekskul.
Walau 2 tipe ini sama sama baik, tapi mana yang lebih baik mana menurut agan-sista. Tanpa basa basi lagi ane akan menjelaskan point pointnya.
Siswa aktif ekstrakulikuler
1. Mengasah soft skill
Siswa akselerasi atau aktif ekstrakulikuler?
Soft skill adalah suatu kemampuan manajemen diri. Nah semakin sering melatih soft skill berarti semakin bekerja dalam tim / kelompok dari berbagai macam latar belakang
2. Lancar berbicara di hadapan orang banyak
Siswa akselerasi atau aktif ekstrakulikuler?
Karena sering berbicara di depan orang banyak misalnya OSIS, maka terbiasa untuk berbicara di muka umum tidak gugup bahkan keringet dingin emoticon-Ngakak (S)
3. Memperluas jaringan
Siswa akselerasi atau aktif ekstrakulikuler?
Gambar diatas adalah kegiatan Perkemahan Pramuka Al-Azhar 2018 atau disingkat PPA 2018 yang diikuti oleh seluruh SMP & SMA Al-Azhar Se-Indonesia yang ane ikuti pada tanggal 19-21 April 2018 di Buperta, Cibubur. Pada kegiatan satu ini diperkenalkan berbagai macam tentang pramuka, dari mulai pengenalan SAKA, survive di hutan, daun yang aman / tidak aman dimakan oleh manusia dan berbagai macam lainnya. Karena kegiatan ini juga ane jadi kenal orang-orang dari berbagai kota, bahkan pulau di indonesia.
Siswa Akselerasi
1. Mudah Masuk kuliah tanpa tes
Siswa akselerasi atau aktif ekstrakulikuler?
Karena murid murid akselerasi sangat sangat sangat giat belajar maka nilai nilai di raport minimal adalah 90. Jadi banyak universitas mengundang sang siswa untuk masuk kesana tanpa tes
2. Gigih dalam belajar
Siswa akselerasi atau aktif ekstrakulikuler?
Sesuai point pertama diatas, murid murid akselerasi itu sangat sangat sangat rajin belajar, setiap pulang sekolah langsung pulang terus belajar belajar belajar karena nilai KKM anak akselerasi minimal 85, jika kurang akan kembali ke kelas reguler
3. Selamat dari Semester Pendek
Siswa akselerasi atau aktif ekstrakulikuler?
Ada beberapa SMA di indonesia yang menggunakan sistem SKS seperti kuliah, contohnya sekolah ane, yang berarti ada yang namanya SP atau semester pendek. Nah murid murid akselerasi gaakan merasakan yang namanya SP, gimana mau SP? KKM rapot aja harus 90 emoticon-Add Friend (S)

Point-Point menurut ane
Masuk PTN : mungkin untuk anak akselerasi & yang aktif ekskul sama-sama ada kesempatan untuk masuk PTN yang diinginkan walau berbeda cara, anak akselerasi melalui jalur undangan, sedangkan anak yang aktif ekskul melalui jalur prestasi dengan sertifikat-sertifikat yang di dapat karena mengikuti suatu kegiatan.
Keuntungan murid yang aktif ekskul : 1. karena ikut berbagai kegiatan maka nilai rapot KKM+ karena mungkin apresiasi sekolah terhadap murid
2. Banyak koneksi. Contoh : salah satu temen ane ikut kegiatan Forum Anak Nasional 2018 atau disingkat FAN 2018 kemarin yang diadakan di surabaya, ia mendapat sangat banyak teman baru bahkan dari papua.
3. Karena ane ikut banyak ikut kegiatan ane jadi dapat banyak sertifikat seperti PPA 2018 (tingkat nasional) & JKTC ( (mungkin) tingkat internasional karena ada peserta dari singapura)
4. Anti SP. Berkat kegiatan-kegiatan itu ane jadi terbebas dari yang namanya ‘SP’ emoticon-Big Grin
Kekurangannya : 1. karena terlalu sering ikut kegiatan sekolah dan izin beberapa hari ane jadi ketinggalan pelajaran dan saat masuk ane banyak remed dan pusing ngejarnya ( walau ane akan dapet nilai+ di rapot nanti) emoticon-Malu (S)
2. Nah karena point diatas banyak temen-temen ane yang iri karena ane ga sp dan bilang “dasar panjat nilai” emoticon-Ngakak (S) , padahal dibalik itu ane latihan setiap hari, pulang jam 6 sore, latihan berjam” sehari, badan pegal”, gangguan kehamilan, gigi kuning, bibir pecah pecah, jantung, stroke. Hahaha engga sampe jantung dll emoticon-Ngakak (S)
keuntungan murid akselerasi : yah jelas enaknya jadi murid-murid akselerasi mulai dari masuk jalur SNMPTN tanpa tes dan lebih siap untuk masuk dunia perkuliahan
Kekurangannya : 1. Karena demi lulus dalam 2 tahun, maka belajar lebih banyak dari kelas reguler, nah karena itu pula setiap pulang sekolah, belajar lagi di kelas aksel sampe magrib, setelah pulang harus belajar, mengerjakan PR di kelas, belum kalau ada ulangan harian, tugas, dan hafalan (surat)
2. Jam tidur rusak. Kenapa? Karena temen” ane yang aksel kadang mereka sering buat ‘story’ di instagram di jam 12+.
3. Kurang sosialisasi. Gimana mau bersosialisasi kalau pulang sekolah jam 6 sore, terus belajar. Kapan bersosialisasinya?
4. Masa SMA adalah masa yang paling dirindukan saat sudah tua. Bagaimana dengan yang akselerasi? Di SMA cuma fokus belajar

*Bukan maksud menyerang aksel #NoOffense sebenernya ane kasihan sama yang aksel karena pas istirahat untuk makan terus tidur karena baru tidur jam 12+. Respect for all accel who keep fighting for the future emoticon-2 Jempol (bener ga ya b.ing ane? emoticon-Bingung (S) )
Sekian thread absurd dari ane mohon maaf bila ada salah kata , ane sangat berterima kasih kepada agan-sista sekalian karena sudah baca post yang ga jelas ini emoticon-Shakehand2 Assalamualaikum
waktu sekolah kemarin sih ane tipikal siswa yang kaga pinter2 amat..

btw,,,,,
menurut ane... gausah unggul unggul banget d skolaan... yg penting niat, ama giat aja.. toh pas kuliah matapelajarannya ga kepake2 amat.
pinter2 cari temen, sukur2 ikut organisasi yg positif2 bakalan kepake tuh bwt selanjutnya..

gausah kebelet2 amat masuk ptn unggulan
yg penting niat belajarnya... toh beberapa unggulan nilai nurun jg DO

Diubah oleh j6bountyhunter
Temen gua ada anak aksel yang cerita, ya kode, biar gausah ambil yang gitu gituan emoticon-Ngakak

Tapi dia di kampus top rank IP tahun lalu


Quote:


Ane ikut pramuka terus ada kegiatan kaya diatas jadi kenal alumni” & kenalan sama orang” dari daerah” di indonesia, nah temen ane dia bilang “gua udah mau lulus belum punya cerita di sma njing” emoticon-Ngakak (S) kalaupun mau masuk ptn unggulan bisa lewat japres kok gan *cmiiw
Diubah oleh fapay


Quote:


Gitu gituan apa tuh gan? emoticon-Bingung (S)
Salah satu Temen ane yang aksel juga pinter parah gan, server un pas di SMP (katanya) dia hack / atau deface gitulah
Balasan post fapay
Quote:


Ya jangan ambil aksel kalau gak kuat iman emoticon-Ngakak
siswa aksel lebih nyaman buat orang yang seneng belajar, siswa ekstra lebih asik buat yang suka aktif organisasi

kalo ane dulu kaga dua-duanya gan, mageran orangnya


Quote:


Anak aksel yang jurusan IPS ke reguler semua gan emoticon-Ngakak (S) di doktrin “ngapain aksel, buru” bgt sekolah” emoticon-Ngakak (S)


Quote:


Walau seneng belajar, mereka belajar sering sampe jam 1+ gan, bahkan pernah cuma tidur 15menit semaleman *respect
Quote:


Bagus itu, SMA dimana itu gan?
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 08
Quote:


yoi bre. prestasi bukan tolak ukur kesuksesan. yg penting tetep jadi bibit unggul emoticon-Cool
hati2 buat yg terbiasa sukses
sekalinya gagal nanti frustasi emoticon-Leh Uga
Ekstrakurikuler gan bukan ekstrakulikuler emoticon-Smilie


Quote:

Sma al azhar 2 gan, di pejaten

Quote:

Bener bre, pernah kalah nilai sama yg lain eh nuduh nyontek
Quote:

Salah ya bre emoticon-Cape d... (S) ane biasanya nyebut ekskul”


Quote:


Ada ya bre ekskul gituan emoticon-Wakaka
Thanks for support gan


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di