alexa-tracking

5 Pesan Moral Untuk Orangtua Dari Film Taree Zamen Par

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6d1f6696bde6fd258b4569/5-pesan-moral-untuk-orangtua-dari-film-taree-zamen-par
5 Pesan Moral Untuk Orangtua Dari Film Taree Zamen Par
5 Pesan Moral Untuk Orangtua Dari Film Taree Zamen Par

Taree Zamen Par atau yang berarti ‘Seperti Bintang-Bintar di Langit’ adalah film yang sarat pesan moral bagi para orangtua dan pendidik di Sekolah. Meski dirilis pada tahun 2007, film ini masih menjadi rekomendasi terbaik untuk ditonton keluarga.

Film yang disutradarai langsung oleh Aamir Khan ini sudah menyabet banyak penghargaan dari tahun ke tahun. Alurnya yang apik dan penuh makna, membuatnya menjadi film yang berhasil memberikan pencerahan, khususnya tentang dunia anak. ini dia beberapa pesan moral yang bagi para orangtua.


1. Setiap anak memiliki kemampuan dan bakat yang berbeda, jangan paksakan anak untuk mencapai ambisi orangtua diluar kemampuannya
5 Pesan Moral Untuk Orangtua Dari Film Taree Zamen Par
Inilah yang dialami Ishaan, anak yang mengidap dislexia tapi dituntut untuk bisa menguasai baca tulis dan berhitung seperti teman sebayanya. Tak ada yang tahu dengan kekurangan Ishaan termasuk orangtuanya. Ayah Ishaan malah terus menekan dan mengancam supaya Ishaan berubah jadi pandai.

Tapi apanya yang mau berubah kalau kondisi Ishaan malah tertekan dan depresi? Memotivasi anak untuk mau belajar memang baik. Tapi ketika kemampuannya tidak mendukung, harusnya orangtua tidak memaksakan ambisi dan tetap yakin, bahwa di balik kekurangan anak, ia tetap punya bakat yang istimewa.


2. Orangtua harus tahu kondisi perkembangan anak dan biarkan ia menjadi dirinya sendiri sesuai bakat alaminya
5 Pesan Moral Untuk Orangtua Dari Film Taree Zamen Par
Orangtua harus peka terhadap tumbuh kembang anak dengan membekali ilmu seputar pertumbuhan mereka di setiap tahap usianya. Jika memang ada yang ganjal, konsultasikanlah dengan ahlinya sebelum terlambat atau sebelum salah bertindak.

Dalam film ini, Ishaan juga punya bakat luar biasa dalam melukis. Tapi orangtuanya tak mampu melihat kelebihan Ishaan dan malah fokus pada kekurangannya sehingga Ishaan frustasi. Bahkan, di titik terendah depresinya, ia kehilangan hobi melukis. Sungguh sangat disayangkan kalau sampai bakat emasnya terkubur.


3. Jangan jadikan penilaian orang lain menjadi patokan apalagi membanding-bandingkan anak
5 Pesan Moral Untuk Orangtua Dari Film Taree Zamen Par
Banyak orangtua yang menganggap keberhasilan anak adalah bisa baca tulis hitung sedini mungkin. Sikap orangtua yang suka membangga-banggakan kemampuan anaknya yang diatas rata-rata, cukup sering memicu rasa iri pada orangtua lain sehingga memaksa anaknya untuk menjadi apa yang mereka inginkan.

Membanding-bandingkan anak tak dapat lagi dihindarkan. Padahal kemampuan anak berbeda-beda. Inilah sikap keliru yang dilakukan orangtua Ishaan. Mereka kerap membandingkan kemampuan Ishaan dengan sang Kakak yang selalu mendapat nilai terbaik di kelas. Pada akhirnya, apa yang terjadi? Ishaan memilih berontak daripada menuruti orangtuanya.


4. Gali kreativitas untuk menerapkan metode belajar sambil bermain, sebab dunia anak penuh permainan bukan tekanan
5 Pesan Moral Untuk Orangtua Dari Film Taree Zamen Par
Banyak permainan edukasi yang bisa orangtua terapkan supaya anak lebih tertarik untuk belajar. Misalnya dengan mengajak anak belajar diluar. Inilah yang dilakukan gurunya Ishaan, Ram Shankar Nikumbh yang sangat paham kondisi Ishaan.

Ia mengajarkan berhitung dengan cara naik turun tangga, menulis huruf di atas pasir, menulis pada kulit tangan sebagai indera peraba, membentuk huruf pakai media clay, memberi rekaman suara ejaan bahasa Inggris dan cara kreatif lainnya yang bisa membuat anak lebih tertarik sekaligus paham.


5. Terimalah anak berkebutuhan khusus dengan ikhlas, dukung ia agar tetap percaya pada kemampuannya demi menyongsong hidup
5 Pesan Moral Untuk Orangtua Dari Film Taree Zamen Par
Peran orangtua dalam tumbuh kembang anak sangat berpengaruh. Berbesar hatilah saat harus menerima kondisi anak yang ditakdirkan berbeda. Kalau bukan orangtua sebagai pihak terdekat yang mendukung, lalu siapa lagi?

Jangan menekan kekurangannya, tapi yakinkan anak kalau dia pasti memiliki kelebihan yang dikaruniakan Tuhan untuk menyambut masa depan. Dengan cara inilah, Ishaan kembali mendapat kepercayaan diri untuk bangkit setelah mengalami depresi.

Itulah beberapa pesan moral untuk para orangtua yang bisa dipetik dari film Taree Zamen Par. Semoga gak ada lagi anak-anak yang jadi korban seperti Ishaan. Ingatlah bahwa setiap anak adalah istimewa.


Sumber : https://www.idntimes.comlife/inspira...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Pesan Moral Untuk Orangtua Dari Film Taree Zamen Par Gak Melulu Buruk Ini 6 Sisi Positif Buat Kamu yang Overthinking

- 5 Pesan Moral Untuk Orangtua Dari Film Taree Zamen Par 7 Alasan Mengapa Sikap Bersyukur Bisa Mendatangkan Rezeki

- 5 Pesan Moral Untuk Orangtua Dari Film Taree Zamen Par Merasa Perjuanganmu Sia sia Lakukan 8 Hal Ini Untuk Memotivasi Hidup

×