alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Mengenal Lebih Dekat: Neptunus | All About Neptune
4.56 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6d1b48582b2e20218b4567/mengenal-lebih-dekat-neptunus--all-about-neptune

Mengenal Lebih Dekat: Neptunus | All About Neptune

Mengenal Lebih Dekat: Neptunus | All About Neptune

emoticon-Kaskus Banget

Halo agan sista sekalian! Balik lagi sama ane dengan trit tentang planet - planet di tata surya sekaligus merupakan trit terakhir ane tentang planet emoticon-Frown. Mungkin kebanyakan dari ente baru pertama kali baca thread astronomi ane, jadi dsini ane cuman merangkumkan doank, gak sampe detail2 amat, yah itung2 kulit nya udh dicover lah gan hehe, tanpa basa basi lagi langsung aja gan, cekibrot!

Spoiler for "The Return of Neptune" by John Singleton Copley:

Neptunus seperti planet - planet lain nya, dinamai setelah nama dewa Romawi yang kalau di mitologi Yunani adalah Poseidon. Neptunus sendiri adalah dewa laut, anak dari Saturnus dan kakak dari Jupiter dan Pluto. Dinamai Neptunus, karena warna planet tersebut yang menyerupai laut dan juga bulan terbesar Neptunus dinamai setelah anak dari Neptunus yaitu Triton.

Spoiler for Adam(kiri), Verrier(tengah), Galle(kanan):

Neptunus merupakan planet urutan ke delapan di tata surya kita 4,5 juta km dari matahari, sangat jauh dan hanya bisa dilihat menggunakan teleskop. Uranus ditemukan pada tahun 1846 dan penemuanya ini pun bukan kebetulan belaka. Dahulu saat ilmuwan sedang mempelajari Uranus, mereka menemukan sesuatu yang aneh, orbit nya tidak sesuai dengan yang diprediksikan. Ahli matematika Perancis, Urbain Le Verrier menyimpulkan kejadian tersebut dikarenakan keberadaan planet ke delapan, ia memprediksikan keberadaan planet kedelapan dengan matematika mekanika orbital, ia mengirim surat dengan hasil prediksinya ke observatorium di Berlin, lalu ahli astronomi Johann Galle membaca surat nya dan langsung menemukan planet ke delapan malam itu juga, ironis nya seorang ahli matematika inggris bernama John Couch Adam juga memprediksi kan hal yang sama, tetapi Le Verrier lebih cepat dua hari. Bayangin gan telat dua hari buat nama ente dicatat di buku sejarah, lebih sakit dari telat nembak gebetan emoticon-Frown .

Spoiler for Pluto:

Namun seiring waktu, orbit Neptunus juga tidak sesuai dengan yang diprediksikan, ini membuat dunia gempar untuk mencari planet ke sembilan yaitu Pluto. Tetapi, Pluto terlalu kecil untuk menggangu orbit Neptunus. Saat Voyager melewati Uranus dan Neptunus, ia menemukan bahwa massa planetnya berbeda dengan apa yang diukur dari Bumi, saat massa yang baru digunakan di persamaan mekanika orbital, prediksinya menjadi akurat. Akan tetapi Pluto ditemukan secara tidak sengaja yang membuat Neptunus menjadi satu satunya planet di tata surya kita yang ditemukan sepenuhnya dengan matematika, makanya gan belajar mat yg bener mana tau nemuin planet emoticon-Big Grin.

Spoiler for Composition:

Neptunus memiliki banyak kesamaan dengan Uranus, ia juga merupakan "ice giant" dengan intinya yang terbuat dari batu - batuan dan es, mantel nya yang terbuat dari air, amonia dan es metana dan atmosfirnya dari hidrogen, helium dan gas metana. Salah satu perbedaan yg mencolok adalah ukuran nya yang lebih kecil dari Uranus tetapi memiliki massa yang lebih besar yaitu 17 kali massa Bumi yang membuat planet ini lebih padat ketimbang Uranus, dan tidak ketinggalan warna birunya yang lebih gelap ketimbang Uranus yang belum diketahui penyebabnya.

Spoiler for Great Dark Spot:

Neptunus memiliki awan yang terbuat dari metana, amonia dan hidrogen sulfida yang berbentuk seperti ditarik oleh angin yang dikarenakan kecepatan angin di Neptunus mencapai 2000 kph yang mana lebih cepat daripada kecepatan suara di Bumi, ini dikarenakan suhu atmosfir yang dingin sehingga mengurangi gesekan dan membebaskan angin bergerak hingga 2000 kph. Voyager juga pernah menemukan badai raksasa di permukaan Neptunus yang dinamai "Great Dark Spot" tetapi beberapa tahun kemudian saat teleskop Hubble digunakan untuk mengamati Neptunus, badai tersebut hilang, ilmuwan memperkirakan bahwa itu hanyalah topan, memungkinkan kita untuk melihat tembus kedalam atmosfirnya.

Spoiler for Neptune's Ring:

Neptunus memiliki medan magnetik, tetapi seperti Uranus, sumbu medan magnetiknya tidak sejajar dengan sumbu rotasi nya. Neptunus memiliki 3 cincin utama, 2 diantaranya kecil dan satunya lebar. Neptunus juga memiliki lebih dari satu lusin satelit alami, dan yang terbesar adalah Triton dengan diameter 2700 km. Triton mengorbit Neptunus dengan terbalik atau disebut juga "retrograde motion", hampir semua yang kita ketahui tentang Triton diambil dari Voyager 2 yang hanya numpang lewat pada tahun 1989 dan hanya 40% dari permukaanya yang terlihat.

Spoiler for Triton's Surface:

Permukaan Triton dilapisi Nitrogen beku, Carbon dioxida beku dan air beku, dan permukaan nya sangat datar dan hanya memiliki sedikit kawah yang menjadi pertanda bahwa telah terjadi sesuatu beberapa waktu lalu yang melapisi ulang permukaan nya, kemungkinan besar terjadi dari cryovolcano, gunung berapi yang menyemburkan air dan amonia sebagai pengganti magma. Triton juga terlihat mempunyai air mancur panas (Geyser) nitrogen bersemburan di permukaan nya yang membuat Triton sebagai salah satu dari sedikit objek di tata surya yang aktif secara geologis.

Masih banyak yang belum diketahui dari Neptunus karena jarak nya yang sangat jauh dan juga kita hanya pernah melewati nya sekali dengan sangat cepat, yaitu wahana Voyager 2. Dan juga sampai saat ini menurut ane manusia masih lebih fokus untuk meneliti planet yang dapat dihuni untuk masa depan umat manusia, makanya Uranus dikesampingkan dulu yak hahah.

emoticon-Bingung emoticon-Bingung emoticon-Bingung

Akhir kata mohon maaf bila ada salah informasi, bisa di komeng gan apa yang salah biar ane selidiki, maklum gan ane jg manusiaemoticon-Malu. Ane jujur lebih menghargai yang ngebaca sampe abis ketimbang yang komen gk penting (junker) emoticon-Malu (S).
Kalo berkenan
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
Oh ya kalo mau nambahin jg boleh gan, ditunggu yah di komeng2 dibawah!!

Mengenal Lebih Dekat: Neptunus | All About Neptune


Quote:

Quote:

Diubah oleh darrenkirana
Halaman 1 dari 3
Pertamax diamankan emoticon-Cool
Diubah oleh darrenkirana
Mantap gan.
Nitip yaaa..
Quote:
Diubah oleh eggnostick
gan,pluto gan,sm eris donk..
saya seneng baca trit2 agan ttg antariksa..
nih cendolemoticon-Blue Guy Cendol (L)
Nice trit ganemoticon-Cendol Gan

ane dah pantengin dr awal trit per-planetan agan emoticon-Big Grin
Balasan post rempooooooong
Quote:


Wih makasih gan emoticon-Big Grin, huhu rencananya aja ini jadi trit terakhir ane tentang planet ganemoticon-Frown, tp liat deh gan kedepan nya heheh

Quote:


Wihii makasih gan udh ngikutin emoticon-Big Grin
Nyemburin air emoticon-Ngacir
Berarti lapisan dalamnya cukup "hangat" emoticon-Ngacir
Quote:


dari panas matahari gan, bukan dari intinya heheh
Quote:


Kalo "nyemburin" kan harusnya dari dalem lapisan neptunus emoticon-Ngacir
Lagian keknya gak mungkin karena matahari emoticon-Ngacir Kalo iya karena matahari berarti yang cair di permukaan bukan "disemburkan" dari dalem emoticon-Ngacir

Sotak sih aing emoticon-Ngacir
Balasan post muhammad3241
Quote:


Maap gan emng sotak ane emoticon-Frown

Pertama ane saranin untuk baca dulu yg bener baru komen gan emoticon-Smilie Neptunus itu masuk kategori Jovian planet yang mana Neptunus disebut juga sebagai Ice Giant. Jovian planet ini gk ad permukaan solid, kebanyakan gas. Nah yg ane ngomongin di trit tuh bulan terbesar ny Neptunus yg namanya Triton yg di permukaan ny memiliki "geyser" yg aktif, geyser itu semacam air mancur panas tapi yang disemburin dsini tuh nitrogen bukan air atau yg disebut H2O. Nah kenapa bisa nyembur gitu, karena panas nya matahari gan, kalo gk kena matahari kan dingin doank tuh, gk terjadi reaksi apa2, kalo ente bertanya dalem ny Triton ada apa? ane juga gtw gan hehe soalnya bagian ujung2 sini baru pernah dilewatin sekali, ato mungkin sudah ada update terbaru yg ane gtw, monggo mungkin agan bisa share dsini.

Moga tercerahkan gan emoticon-Smilie
Quote:


Oh iya triton emoticon-Ngacir
Tapi apa iya karena cahaya matahari emoticon-Ngacir Mars sendiri air di kutub udah beku kok apalagi yang sejauh neptunus emoticon-Ngacir

Setau ane sih ya planet butuh "jarak" yang sesuai dari bintangnya untuk mendapatkan air berbentuk cair emoticon-Ngacir

Selow gan mayan kan trit ente kesundul emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngacir
Diubah oleh muhammad3241
Balasan post muhammad3241
Quote:


Hmm kalo menurut ane sih dari mana lagi gan kalo bukan dari matahari? untuk mars dan planet yg kutub ny memiliki sesuatu yg beku karena di kedua kutub tuh tidak terkena matahari langsung gan "direct sunlight", jadi kita yg di ekuator terkena matahari langsung kurleb sepanjang tahun gan. Dan gak cuman jarak gan untuk mendapatkan "air" berbentuk cair, berikut beberapa faktor nya gan:
  • Intensitas panas
  • Jarak Matahari
  • Ketebalan atmosfer dan kemampuan untuk menyerap dan mempertahankan panas dari sinar matahari (faktor utama, sangat dipengaruhi oleh kehadiran dan komposisi gas rumah kaca). Penting untuk menjaga suasana cukup hangat baik siang maupun malam.
  • Tekanan udara permukaan, yang mempengaruhi titik didih dan titik leleh, dan dipengaruhi oleh ketebalan dan komposisi atmosfer

Nah mungkin bagian Triton yg bisa menyembur kan nitrogen tersebut "cukup" panas, malah faktanya Triton memiliki atmosfir tipis berkomposisi nitrogen gan karena panas matahari yang membuat nitrogen tersebut menguap.

Hehe terkesan gk selow ya, maapin hayati gan, mungkin ane lelahemoticon-Frown , makasi deh gan udh bantu sundul kalo gitu, makasi juga udh baca trit yg udh ane capek2 buat gan, semoga ente mendapatkan sesuatuemoticon-Shakehand2
Diubah oleh darrenkirana
Quote:


Harusnya kan kalo lebih tebal jadinya lebih panas karena "merangkap" panas itu seperti venus kan lebih panas daripada merkurius, padahal deketan merkurius ke matahari emoticon-Ngacir
Atau kalo gak lihat aja di bumi, lapisan mantel yang gak mungkin kena cahaya matahari bisa ngeluarin lava yang lelehin besi emoticon-Ngacir

Dan abis ane baca malah triton itu permukaannya terdingin di tata surya emoticon-Ngacir

Biar rame dikit gan emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngacir
Balasan post muhammad3241
Quote:


Yup betul gan kalo lebih tebal, sayang ny atmosfir ny tipis. nah kalo untuk magma itu bukan dri matahari gan, tapi dari tekanan dan gesekan di lapisan bumi, gk cuman satu cara ini ad beberapa cara lain juga yang setau ane gk ad hub ny sama panas matahari, kalo ad pun mungkin cmn dikit dan bukan alasan utamanya.

Bukan yg terdingin gan, tp salah satu yg terdingin, beberapa lain nya ada pluto dan bulan (iya gan, bulan nya bumi)

Dan gara2 ente, ane jadi cari artinya khusus tentang semburan ini emoticon-Ngakak dan hasilnya pun ternyata semburan akibat panas matahari pun baru menjadi salah satu kemungkinan hehe, berikut ane kutip aja dhe

Some theorists have attempted to leverage heat from the Sun into a plausible source of the required energy. Thus, JPL scientists suggested that, “Trapping of solar radiation in a translucent, low-conductivity surface layer (in a solid-state greenhouse)…could provide the required energy.” But others at the University of Hawaii speculated that, “heat released when frozen molecular nitrogen shifts from one crystalline state to another may fuel the geysers.”

wkwk mantab gan, ramaikan!emoticon-Kaskus Banget

Raja lautan gan. emoticon-Wow
Jadiin HT ya. emoticon-pencet
mejeng thrit astronomi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Quote:


Kan jadi ht kan gan emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngacir
kalau di jawa bisa bisa namanya planet ratu kidul emoticon-cystg
Diubah oleh pupungpupung
nyimak di trit Planet
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di