alexa-tracking

Cuma di 6 Tempat Ini, Agan Masih Bisa Temukan Lampu Petromaks

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6cf47e96bde6b6378b456a/cuma-di-6-tempat-ini-agan-masih-bisa-temukan-lampu-petromaks
icon-hot-thread
Cuma di 6 Tempat Ini, Agan Masih Bisa Temukan Lampu Petromaks
Hello, what news everybody? Selamat datang, dan selamat membacaemoticon-Blue Guy Peace

Cuma di 6 Tempat Ini, Agan Masih Bisa Temukan Lampu Petromaks

Keberadaan dari benda antik ini bisa dibilang hampir terlupakan, bahkan sebagaian anak-anak jaman now telah tidak mengetahui lagi dengan yang namanya Lampu Petromaks. Memang, kini lampu unik bernama Petromaks ini sudah tergeser ataupun tergantikan perannya oleh kebanyakan lampu modern yang memakai daya listrik.

Pada era 90 an atau tahun-tahun dimana banyak sejarah tercipta, lampu petromaks memiliki peran penting di masyarakat khususnya dalam acara atau kegiatan yang diselenggarakan ketika malam hari. Hampir di tiap-tiap rumah zaman dulu memiliki lampu unik yang cara menyalakannya di bantu dengan spiritus dan perlu dipompa terlebih dahulu. Mantap kan?

Lampu ini memiliki keunikan lain, yakni dimana usia menyalanya lampu petromak bergantung pada tekanan angin yang ada di dalam tabungnya, sehingga makin lama jika tekanan anginnya habis, maka lampu petromak pun juga akan meredup dengan sendirinya, sebab suplai bahan bakarnya semakin berkurang.

Jadi Agan harus memompanya kembali untuk memperoleh terang yang maksimal. Gokil nggak tuh? Nah, buat Agan-agan yang penasaran ingin melihat lampu petromaks ini, jangan kuatir dan gelisah merana, Agan bisa menjumpainya di salah satu dari 5 tempat yang TS rekomendasikan. Dimana sajakah itu? Ini jawabannya, cekidot :

Cuma di 6 Tempat Ini, Agan Masih Bisa Temukan Lampu Petromaks

Pedagang Nasgor Keliling

Nomor satu yakni pedagang nasgor alias nasi goreng keliling. Pedagang nasi goreng keliling biasanya memakai gerobak untuk tempat jualan mereka. Banyak dari para pedagang nasgor keliling yang masih setia memakai lampu petromak sebagai sarana penerangan mereka ketika berdagang di malam hari. Agan yang kebetulan lapar dan mampir ke salah satu pedagang nasgor yang memakai lampu petromaks, adalah beruntung! Sebab memang tak semua pedagang memakai lampu tersebut, kebanyakan mereka lebih banyak memakai lampu listrik atau numpang di bawah lampu jalan.

Cuma di 6 Tempat Ini, Agan Masih Bisa Temukan Lampu Petromaks

Cafe Nuansa Jadul

Kedua, yakni cafe-cafe yang bernuansa jadul atau antik. Kebanyakan dari cafe yang menawarkan tempat bernuansa klasik ini adalah cafe kopi atau cafe yang juga menyediakan jajanan tradisional. Lampu petromaks bisa Agan jumpai di beberapa sudut cafe tersebut yang biasa dipasang hanya sebagai hiasan saja, tidak dinyalakan. Atau bahkan seiiring berkembanganya zaman, banyak lampu petromak di cafe yang dimodifikasi dan dirubah menjadi lampu bohlam listrik untuk penerangnya, namun tetap berbentuk petromaks.

Cuma di 6 Tempat Ini, Agan Masih Bisa Temukan Lampu Petromaks

Pedagang Tahu Tek

Nah yang ketiga nih, Agan masih bisa menjumpai lampu petromaks di pedagang tahu tek yang biasa jualan di gerobak di pinggir jalan. Para pedagang tehu tek sendiri memang kini sudah banyak yang beralih ke tempat tetap seperti warung makan atau ataupun di rumah makan. Namun tak sedikit juga pedagang tahu tek yang menjual dengan gerobak dan memakai petromak untuk penerangan mereka. Tahu tek yang memakai petromaks bisa dianggap sangat cocok dengan nuansa gerobak dan suasan makan dipinggir jalan waktu malam, tentu hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri.

Cuma di 6 Tempat Ini, Agan Masih Bisa Temukan Lampu Petromaks

Lokasi Suting Film Horror

Keempat agak sedikit seram gan, mengapa? Mungkin Agan pernah menonton film-film horor atau bahkan penggemar film horor. Nah, banyak film-film horor yang mana untuk menambah kesan seram di salah satu scene, mereka masih memakai petromak untuk mendapatkan efek cahaya remang-remang dan membuat penonton merinding. Contoh saja seperti ketika mencari sesuatu atau orang yang tersesat dihutan ataupun di rumah kosong, pasti salah satu dari pencari tersebut membawa lampu petromaks sebagai alat penerangan mereka. Atau tempat di sebuah rumah gelap dam menyeramkan, dimana hanya ada beberapa alat penerangan seperti lampu rumah yang berkedip-kedip, senter, obor, atau lampu petromaks tersebut. Iya tohh?

Cuma di 6 Tempat Ini, Agan Masih Bisa Temukan Lampu Petromaks

Pedagang Kacang Keliling

Untuk yang nomor lima ini hampir sama dengan 1 dan 3, yakni di pedagang keliling. Apa itu? Yup, pedagang kacang keliling, tapi yang dimaksud disini adalah penjual kacang tanah ya. Banyak sekali para penjual kacang tanah yang masih setia memakai lampu petromak untuk alat penerangannya. Mereka sering dijumpai pada tempat-tempat ramai seperti pasar minggu, alun-alun kota, atau di depan pasar swalayan sekedar mencari pembeli yang kelaparan ingin nyemil.

Cuma di 6 Tempat Ini, Agan Masih Bisa Temukan Lampu Petromaks

Pasar Barang Antik

Yang keenam dan terakhir ini nggak usah ditanya kemana. Pasar barang antik, yups itu jawabannya. Agan yang mencari kesana kemari untuk sekedar melihat-lihat lampu petromaks atau untuk membelinya, tentu bisa Agan temukan di pasar barang antik atau sejenisnya. Lampu petromak yang dijual di pasar tersebut sangatlah beragam, dari yang ukuran kecil hingga normal, dari yang berwarna hingga ke polos atau umumnya warna silver, dari yang pakai bahan bakar minyak tanah hingga ke listrik, Agan bisa temukan hanya di pasar barang antik.

Cuma di 6 Tempat Ini, Agan Masih Bisa Temukan Lampu Petromaks

Terima Kasih dan Sampai Jumpa!

Sumur : Otak Pintar TS
Refrensi Lain : 1
Handmade © Leon's

Cuma di 6 Tempat Ini, Agan Masih Bisa Temukan Lampu Petromaks

Find me on Instagram : @abdanleon

Rekomendasi Thread Lain :
Berbagai Keunikan Ada di Sini, Karena #IniIndonesiaku
Cuma di 6 Tempat Ini, Agan Masih Bisa Temukan Lampu Petromaks
image-url-apps
Petromax emoticon-Coblos
Dimana yang biasa Agan jumpai?emoticon-Shakehand2
Quote:

cepet amat cuy, selamat dahemoticon-Wink
KASKUS Ads
image-url-apps
tukang nasgor di daerah ane skrg banyak pake neon yg bs dicas bre emoticon-Big Grin
image-url-apps
Cuma di 6 Tempat Ini, Agan Masih Bisa Temukan Lampu Petromaks
image-url-apps
Kebanyakan udah pake lampu yang dicas gan
tukang ronde juga masih sering tuh gan emoticon-Ngacir
Quote:

wahh kurang gaul tuh, coba melipir ke tempat laen siapa tau nemuemoticon-Leh Uga
Quote:

emoticon-Om Telolet Om!
Quote:

bener cuy, tapi setidaknya masih banyak juga beberapa yang pake petromaxemoticon-Toast
Quote:

mantavv gan, udah mampir ke jualan rondenya blm?emoticon-Shakehand2
bapake ane masih punya tuh, tpi petromax yang gede, suka dipakai kalo mati lampu buat nerangin halaman n kolam ikan emoticon-Big Grin
image-url-apps
Kang sekoteng blay emoticon-Recommended Seller
image-url-apps
Di kampung ane masih banyak Gan, soalnya listrik masih susah di jaman now. emoticon-Ngakak (S)
Quote:

wahh beruntung nih bapaknya punya petromaks, siyapp siyapemoticon-Toast
Quote:

jozz gan, makasih dah di tambahinemoticon-Shakehand2
Quote:

ohh begitu ya bre, agan cas hp pake apa kalo listrik susah? aki motor?emoticon-Leh Uga
dirumah ane ada 3 biji petromax gan emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:

Widihh pecinta barang antik nih, buat apan gan? Nyari kodok mlm hari?emoticon-Leh Uga
Reply to junleon's post
Quote:


wkwkwk dipake klo listrik padam aja gan, punya petromax yg gas tapi ga seawet yang manual emoticon-Ngakak
image-url-apps
Green lantern masih pake gan

emoticon-Ngakak
akhirnya setelah sekian lama gue menemukanmu

Cuma di 6 Tempat Ini, Agan Masih Bisa Temukan Lampu Petromaks
image-url-apps
Quote:

Pakai pembangkit listrik tenaga matahari Bre.(cukup buat cas ama mutar kipas angin )
Tower di kampung banyakan pakai tenaga surya.

emoticon-Cool
image-url-apps
Cuma di 6 Tempat Ini, Agan Masih Bisa Temukan Lampu Petromaks ini petromax bre,

Cuma di 6 Tempat Ini, Agan Masih Bisa Temukan Lampu Petromaks kalo ini lampu badai
image-url-apps
Quote:

Kalo mahal, mending dipaketin aja aja gas nya, 1 bln berapa Giga gitu, biar awetemoticon-Leh Uga
Quote:

Gudemoticon-Betty
Quote:

Ahaaaayemoticon-Ngacir2
Quote:

Wauu keren sekali ganemoticon-Matabelo
Quote:

Ohh gitu ya gan, okedeh thanks info yaa, dah pejwan kan heheemoticon-Toast
×