alexa-tracking

Batik, Warisan Budaya Indonesia Yang Mendunia #IniIndonesiaku

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6c0f461cbfaa0c0c8b4581/batik-warisan-budaya-indonesia-yang-mendunia-iniindonesiaku
Batik, Warisan Budaya Indonesia Yang Mendunia #IniIndonesiaku
Batik, Warisan Budaya Indonesia Yang Mendunia #IniIndonesiaku


Batik, Warisan Budaya Indonesia Yang Mendunia #IniIndonesiaku

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Indonesia adalah suatu negara yang besar dengan kekayaan yang sangat berlimpah, baik kekayaan sumber daya alam, seni budaya serta adat istiadat dan keragaman lainnya. Tentu sebagai warga indonesia sepatutnya kita bangga dan turut serta menjaga kekayaan yang Indonesia miliki. Jangan sampai kekayaan tersebut hilang sia-sia dan tidak memberikan hal positif apapun bagi Indonesia. Salah satunya adalah dengan melestarikannya.

Pada thread kali ini saya akan membahas tentang salah satu kekayaan budaya Indonesia yang mengharumkan nama Indonesia dan menjadi sorotan dunia yaitu "BATIK". Batik sendiri adalah salah satu kain tradisional Indonesia yang sangat lekat dengan budaya Indonesia.


~ Sedikit Sejarah Tentang Kain Batik ~

Spoiler for Batik Indonesia:


Secara etimologi, kata batik berasal dari bahasa Jawa, yaitu kata "ambhatik" yang terdiri dari kata "amba" berarti lebar/luas/kain dan kata "titik" yang berarti titik atau "matik" (membuat titik). Selanjutnya berkembang menjadi istilah batik, yang berarti menghubungkan titik-titik menjadi gambar tertentu pada kain yang luas atau lebar.

Proses pembuatan batik dahulu merupakan pekerjaan eksklusif bagi para perempuan, karena pada awalnya pembuatan batik hanya dikhususkan di dalam keluarga kerajaan saja dan diperuntukan hanya untuk keluarga kerajaan di Indonesia zaman dahulu. Tetapi seiring berjalannya waktu kala itu batik juga digemari warga dan ditiru untuk dikenakan oleh berbagai kalangan seperti rakyat jelata karena coraknya yang begitu indah dan penuh filosofi yang sangat berarti bagi masyarakat.

Teknik pembuatan batik di nusantara pada awalnya yaitu menggunakan teknik batik tulis yang dibentuk dengan cairan lilin yang telah dicairkan didalam cawan panas selanjutnya diaplikasikan ke kain dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar. Tentu teknik ini membutuhkan kerja keras, ketelitian yang tinggi, kreatifitas dan keuletan sang pembuat kain batik. Oleh karena itulah kain batik tulis harganya sangat mahal berbeda dengan teknik yang telah dimodifikasi hingga sampai saat ini.


~ Perkembangan Batik Saat Ini ~

Spoiler for Batik Indonesia:


Perkembangan batik sendiri saat ini sudah sangat bagus. berbagai kemajuan sudah sangat terlihat seperti inovasi pada teknik pembuatan, tujuan penggunaan batik, jenis maupun motif batik yang dituangkan, kalangan yang menggunakan kain batik, hingga sampai ke gaya hidup seseorang. Tak jarang Designer Indonesia maupun Luar Negeri memakai motif batik ke dalam rancangan busananya.

Dalam Prosesnya sekarang ini inovasi teknik pembuatan kain batik banyak menggunakan teknik batik Printing/Teknik Screen Printing atau disebut juga teknik Sablon. Batik Printing adalah Jenis produk batik yang dihasilkan dari teknik pembuatan batik menggunakan teknik printing (cetak). Untuk kain batik yang masih menggunakan teknik batik tulis tentu jauh berbeda dengan teknik printing sendiri, oleh karena itu kain batik tulis merupakan kain yang cukup mahal saat ini. Hal itu sangat lumrah dan masuk akal karena teknik batik tulis membutuhkan banyak sekali menyita waktu, ketekunan, kreatifitas maupun tenaga dan hasilnyapun juga lebih bernilai seni tinggi.

Kain batik saat ini juga sudah digunakan oleh berbagai macam kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua, mulai dari masyarakat biasa hingga pejabat. Contohnya saja sekarang banyak sekolah yang mewajibkan siswanya menggunakan seragam batik pada hari-hari tertentu, para pekerja kantoran juga sering terlihat memakai pakaian batik saat-saat tertentu, pejabat-pejabat juga mengenakan batik untuk acara resmi dalam suatu momen, bahkan presiden juga sering terlihat mengenakan baju batik dalam acara kenegaraan.


Spoiler for Motif Batik Indonesia:


Untuk motif-motif dan filosofinya batikpun sangatlah banyak antara lain :

  • Motif Batik Kawung
    Digunakan : Sebagai kain panjang
    Biasa dipakai raja dan keluarganya sebagai lambang keperkasaan dan keadilan.
  • Motif Batik Karang Kusumo
    Digunakan : Sebagai kain saat tukar cincin
    Makna Filosofi : Kusumo artinya bunga yang mekar, diharapkan pemakainya terlihat indah.
  • Motif Batik Tantrum
    Digunakan : Dipakai saat pernikahan
    Makna Filosofi : Truntum artinya menuntun, diharapkan orang tua bisa menuntun calon pengantin.
  • Motif Batik Tambal
    Digunakan : Sebagai Kain Panjang
    Makna Filosofi : Ada kepercayaan bila orang sakit menggunakan kain ini sebagai selimut, sakitnya cepat sembuh, karena tambal artinya menambah semangat baru.
  • Motif Batik Pamiluto
    Kegunaan : Sebagai kain panjang saat pertunangan
    Filosofi : Pamiluto berasal dari kata “pulut”, berarti perekat, dalam bahasa Jawa bisa artinya kepilut (tertarik]).
  • Motif Batik Sido Mukti
    Kegunaan : Sebagai kain dalam upacara perkimpoian
    Filosofi : Diharapkan selalu dalam kecukupan dan kebahagiaan.
  • Dan lain-lain.



Spoiler for Seni Batik:


Pengaplikasian motif batikpun juga berkembang ke berbagai media, sekarang ini banyak seniman yang menggunakan motif batik untuk karyanya. Seperti pada corak batik untuk pembuatan tatto, corak batik untuk eksterior ataupun interior mobil, corak batik untuk gitar dan lain media lainnya. Tentu hal itu dilakukan sebagai kepuasan dalam karya seni ataupun inspirasi seorang warga indonesia yang bangga atas warisan kekayaan budaya indonesia.


~ Batik di Mata Dunia Internasional ~

Spoiler for Hengenalkan Batik ke Internasional:


Pertama kali kain batik dipernalkan kepada dunia yaitu pada tahun 1980-an ketika acara kenegaraan, Bapak presiden HM Soeharto kala itu mengenakan baju batik untuk menyambut kedatangan perdana menteri australia Gught Witlam. Dan selanjutnya kain batik selalu digunakan sebagai hadiah spesial untuk dikenakan tamu negara saat kunjungan Ke Indonesia. Tak cukup sampai di situ, Bapak Soeharto juga memakai batik saat menghadiri konferensi PBB.

Spoiler for Berpakaian Batik:


Peran batik di dunia internanasional cukup membanggakan, banyak sekali tokoh dunia yang juga merasa percaya diri menggunakan Batik. Mulai dari artis papan atas hingga tokoh dunia. Seperti Barack Obama, Bill Gates, Tom Cruise, Julia Roberts, Paris Hilton, Adele, Jessica Alba, Dakota Fanning dan lain-lain. Namun yang paling berkesan adalah Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela yang selalu memakai batik diberbagai kesempatan resmi. Bahkan kecintaan Nelson Mandela terhadap Batik Indonesia, saat terakhir beliau disemayamkan yaitu dengan menggunakan batik asli Indonesia kesayangannya.

Spoiler for Nelson Mandela Berpakaian Batik:



Karena keindahan batik Indonesia sempat juga membuat negara tetangga kita malaysia mengklaim bahwa batik adalah milik mereka, namun untungnya pemerintah juga tidak hanya diam. Untuk mengakhiri polemik itu juga akhirnya pada tahun 2008 pemerintah mendaftarkan batik sebagai warisan budaya ke UNESCO. Kemudian pada tanggal 2 oktober 2009 di Abudabi UEA, UNESCO meresmikan Batik kedalam daftar representatif budaya tak benda warisan manusia milik Indonesia sehingga malaysia tak bisa berkutik lagi. Nah sejak saat itu tanggal 2 oktober diperingati sebagai hari Batik nasional. emoticon-I Love Indonesia (S)

Spoiler for Batik Indonesia diakui UNESCO:


Walaupun ada negara mengklaim batik adalah kepunyaan mereka tetapi yang membedakan Batik Indonesia dengan negara lain yaitu teknik pembuatannya, karena menggunakan canting. Selain itu motif pada kain batik kita juga sangat berbeda dengan negara lain, dan hanya batik Indonesia yang memiliki filosofi.

Spoiler for Batik Masuk Kurikulum Sekolah Mode di Italy:


Nilai keindahan seni yang tinggi membuat banyak orang luar negeri untuk belajar membatik, bahkan ada beberapa yang menjadikan Batik sebagai kurikulum di sekolah. Salah satunya yaitu "Koefia" sebuah sekolah mode tertua di Italia, dan berencana memasukan Seni Membatik ke dalam kurikulum sekolahnya.
Direktur Artistik Koefia, Bianca Lami, beserta Wakil Ketua DPRD di Lazio, Italia Raffaele D` Ambrosio mengatakan bahwa pihaknya mengetahui Solo sebagai pusat batik dari internet. Dan selanjutnya beliau mengatakan "Kami ingin mengembangkan fashion heritage. Ini sekaligus untuk menggabungkan budaya Solo dengan budaya Eropa dan saya kira hasilnya akan sangat bagus,".


Spoiler for 2 Pembalap pembalap WSBK 208 Berpakaian Batik:


Dan kebanggaan yang terbaru yaitu bulan maret 2018 batik Indonesia menjadi sorotan di dunia balap internasional setelah dua pembalap WSBK 208, Michael van der Mark dan Alex Lowes mengenakan kemeja batik di acara Yamaha Media Conference, Thailand. Kehadiran batik Indonesia ini diharapkan sebagai wujud nyata semangat kebangsaan melalui "Untuk Merah Putih Semakin Di Depan" karena 2 pembalap indonesia juga berlaga bersama mengharumkan Indonesia di ajang ARRC.

emoticon-I Love Indonesia (S)

Dengan fakta-fakta diatas kita sebagai warga negara indonesia sepatutnya berbangga atas warisan kekayaan indonesia yaitu batik, dan sebagai generasi penerus bangsa kita harus menghargai dan selalu melestarikan batik dengan tidak menganggap remeh ataupun menganggap batik adalah hal yang sudah kuno.
Mari kita wujudkan lagi rasa bangga dan selalu melestarikan dengan memulai hal sekecil apapun misalnya memakai kain batik asli Indonesia.

emoticon-I Love Indonesia (S) Terima Kasih emoticon-I Love Indonesia (S)

emoticon-Cendol (S)

Referensi :
1 2 3 4 5 6 7
Gambar : Google Image

image-url-apps
Membatik di pertamax emoticon-Big Grin
image-url-apps
Batik, Warisan Budaya Indonesia Yang Mendunia #IniIndonesiakuBatik, Warisan Budaya Indonesia Yang Mendunia #IniIndonesiaku
×