alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6bcd2032e2e679378b456b/3-bulan-dan-sampai-sekarang-masih-menunggu-pengembalian-dana-dari-shopee

3 BULAN Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee (CASE CLOSED!)

Jadi ceritanya bulan Juni  2018 tanggal 10 yang lalu gue mau beli jam tangan Casio di Shopee (nomor pesanan: 180610042462VCD). Tapi setelah gue melakukan pemesanan ke toko retail nya ternyata barang yang gue mau pesen warnanya nggak sesuai dengan yang gue mau (silver). Gue minta batalin dong pesanannya…**

** FYI: ini sebelumya gw udah melakukan pembayarannya via debit online, karena di lapak toko dibilang untuk jam tangan dengan dengan kode: MTP-V001D-7D itu warna platnya SILVER dan status barang: READY STOCK. Tapi ternyata plat warna silvernya kosong dan gw malah ditawarin warna black. Auto nolak dong gue pastinya.

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee

Lanjut…

Singkat cerita gue tunggu dong pengembalian dana gue (dengan penuh kesabaran) sesuai ketentuan (SOP) Shopee YANG KATANYA hanya 7-14 hari kerja. 14 hari kerja pun berlalu terhitung dari tanggal 11 Juni 218… Lapor dong via telepon ke CS/Team Support Shopee. Setelah lapor via telepon nggak lama email dari Team Support, Customer Service, atau Team Terkait Shopee, dkk atau apalah itu, masuk ke inbox email gue.. nah, dimulailah surat-menyurat via email dari sini.

Lanjut…

Ini email yang pertama kali masuk. Tanggal 14 Juli 2018.

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee

Sok… gue kirimin semua informasi dan dokumen yang mereka minta.

Lanjut…. Tanggal 15 Juli 2018.

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee

Kenapa nggak sekalian ajaaaa mintanya pas waktu ngirim email tanggal 14 Juli 2018..??!! Mangkanya yang jelas dan spesifik minta mutasi rekeningnya dari tanggal brp ke tanggal brp! Singkat cerita gue kirim deh tuh mutasi rekening dari tanggal 10-30 Juni 2018. Doi nggak percaya rupanya kalau gue udah melakukan pembayaran tanggal 10 Juni 2018.

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee

Lanjut….. Tanggal 16 Juli 2018.

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee

Disuruh nunggu untuk pengecekan dan verifikasi data. Tapi NGGAK DIKASIH ESTIMASI WAKTU BERAPA LAMA pngecekannya. Gondok nggak? Ingget udeh lewat 7-14 kerja nih…

Lanjut….. Tanggal 17 Juli 2018.

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee

Minta waktu menuggu konfirmasi dari pihak ketiga. Tapi gue nggak dikasih tau siapa itu “pihak ketiga”? WTF..?

Lanjut….. Tanggal 18 Juli 2018.

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee

Setelah gue tanya, baru dijelasin… [Dasar..] Kucluk.

Lanjut….. Tanggal 21 Juli 2018.

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee

Masih disuruh nunggu… alasannya menunggu konfirmasi dari pihak bank terkait. (sabar… sabar… *ngepelin tangan*)

Lanjut….. Tanggal 25 Juli 2018.

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee

Kata doi keterlambatan dalam proses pegembalian dana kamu oleh (baca: karena) bank terkait (BNI 46). Kalu udeh kayak gini, paling jago emang mayoritas (nggak semuanya) orang Indonesia lempar-lemparan kesalahan. Ada pegawai BNI 46 yang baca thread gue ini nggak? Lo pada mau kasih pembelaan/sanggahan nggak? Kalo gw sih malu… Ini secara tidak langsung pegawai Shopee seolah-olah ingin mengatakan: “(pegawai) BNI 46 aja yang nggak becus (kerjanya). Jangan salahkan kami.”

Lanjut….. Tanggal 29 Juli 2018.

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee

Wii… “HEBAT” kan? Gue disuruh nunggu LAGI 7-14 hari kerja terhitung dari 27 Juli 2018 untuk pengembalian dana ke rekening guw. Ajiibb… *tepok tangan*. You know what the another funny thing is? Nomor pelaporan yang mereka kasih diatas itu setelah gue cek ke call center BNI 46 ternyata kata call center agent BNI 46 mereka tidak memiliki nomor pelaporan yang (sangat panjang) seperti itu. WTF??!!

Lanjut….. Tanggal 1 Agustus 2018.

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee

WTF…??!! Gw malah disuruh buat double reports.. udah lapor Shopee, disuruh lapor BNI46 terkait nomor pelaporan diatas.. ARE YOU OUT OF YOUR MIND?! Terus kerja kalian apa aja selama ini kalau gue disuruh mengirimkan bukti tangkap layar konfirmasi balasan dari pihak BNI??!! Memang kalian nggak bisa menghubungi call center BNI 46 untuk ngecek/konfirmasi langsung via telepon kalau lo ragu dengan info gue?!

BERSAMBUNG…….


Lanjut….. Tanggal 2 Agustus 2018.

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee

Karena diminta ngirim bukti tangkap layar yang menyatakan bahwa pihak Bank terkait (BNI46) gw tidak memiliki nomor pelapora tersebut, akhirnya gue insiatif dulu untuk bertanya balik dan minta bukti tangkap layar (screenshot) bahwa mereka telah melakukan pengembalian dana (refund) ke rekening gue. Nah… dikirim deh tuh oleh doi screenshot bukti pengembalian dana nya yang mana disitu tertera dana telah diproses pada tanggal 11 Juni 2018. Tapi jujur gue ragu/ kurang paham dengan screenshot bukti refund diatas. Jadi gue tanya: “Itu bukannya dana yang kalian transfer itu keteranggannya dibatalkan (cancelled) pada tanggal 11-06-2018 pada pukul 15:14?! dan dana itu balik kembali (settlement) ke saldo rekening kalian pada tanggal 18-06-2018. Bukan begitu?”

Lanjut….. Tanggal 10 Agustus 2018.

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee

Ternyata CS atau team support Shopee nya juga kurang paham. Doi minta waktu untuk kordinasi informasi dari departmet terkait untuk ngejawab pertanyaan gue diatas. Sok… Gue kasih waktu dan menunggu dengan sabar.. (kurang sabar apa lagi cobaaa?!!)

Lanjut….. Masih ditanggal 10 Agustus 2018.

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee

And… you know what?! Gue kaget + heran + kesel liat info yang mereka kasih!
Mereka bilang: “Dapat kami informasikan bahwa Bank Mandiri berperan sebagai penerus penggunaan kartu kredit/debit online pada pembelanjaan Shopee. Sehingga pengguna kartu kredit/debit online selain Bank Madiri, maka proses transaksi pembelajaan akan melalui Bank Mandiri.” WTF?!!!!!! Kenapa lo nggak ngomong dari kemaren2 kalau “bank terkait” itu maksudnya adalah Bank Mandiri sebagai penerus penggunaan kartu kredit/debit online pada pembelanjaan Shopee?!! Ngapain kemarin2 ngebacot pake istilah absurb/ambigu seperti “pihak bank terkait”?! (lihat email tgl 25 Juli 2018) Gue pake bank, Bank BNI46, ya otomatis gue mikirnya pasti BNI46 lah yang mesti gue hubungin.. Sumpah, a*u bener dah Shopee! Udah informasinya bertela-tele, nggak jelas pula! Sekarang gue harus berurusan dengan bank Mandiri gituh? *jari tengah*

Lanjut….. skip skip skippp tanggal 16 Agustus 2018.

Karena gue diminta kirimkan bukti tangkap layar dari BNI46 oleh Shopee yang menyatakan bahwa pihak BNI46 tidak memiliki nomor pelaporan diatas, dan gue juga udah menelepon ke ke call center dan mengirim email BNI46 beserta dokumen2 yang mereka minta. Lalu kata mereka (BNI46) prosesnya paling lama 45 hari kerja. Akan tetapi setelah gue kirim email ke BNI46 ternyata enggak ada email balesan apapun dari pihak BNI46 terkait status perkembangan proses refund dana dan/atau nomor pelaporan diatas (75126768163007023407993). Akhirnya gue geregetan dong...? Nah, mampirlah gue ke KCP BNI46, disitu dilayanin oleh CS cowok, Farouq namanya. Gue ngomong ngasih tau masalah pengemabalian dana gue dengan shopee, bla.. bla.. bla.... . Singkat kata setelah verifikasi data, sharing, dan kordinasi dengan pihak terkait by phone. Doi bilang, "mas ditunggu aja.. Ini proses 45 hari kerjanya diitung dari tanggal 11 Juni 2018 sesuai dengan pelaporan yang dibuat Shopee ke BNI46" *. Terus gue tanya lagi, "terkait nomor pelaporan tersebut bener mas diterbitkan oleh BNI?". Mas'e jawab: "Iya benar, pak" .

* FYI, sebelumya gw juga ngirim laporan ke BNI pd tgl 1 Agustus 2018)

Kemudian nggak lama, muncul dah tuh peberitahuan masuknya refund gue dari Shopee. YEY...!!!!!!!!!!!!! F**K YEAH..! emoticon-Big Grin

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee

3 BULAN (Dan Sampai Sekarang Masih) Menunggu Pengembalian Dana dari Shopee


See..? Lo liat di akun Shopee gue terposting dana terkirim tanggal 11 Juni 2018. Tapi dana baru masuk ke rekening gue tanggal 16 Agustus 2018. Munurut lo jadi siapa nih yang salah, gan? Shopee kah? BNI46 kah? Bodo amatlah.. yang penting apa yang menjadi hak gue udah kembali! Tapi kenyang juga ya mereka.... dana gue Rp277,750 rb udah diputer2 kemana aja tuh yaa...? Kalau duit segitu di pinjemenin selama 3 bulan terus dibungain, kira2 bunganya udah berapa yaa..? (puas2in deh tuh makan riba..)


KESIMPULAN:
1. (InsyaAllah) GUE NGGAK BAKAL BELANJA2 ONLINE LAGI DI SHOPEE! DAN SETELAH INI GUE MAU HAPUS AKAN SHOPEE GUE. KECEWA BERAT, BRO! Sebagai perbandingan, gue terbilang udah sering belanja online di MDS Matahari repond pelayanan ramah-cepat, tuker barang tepat, refund dana nggak pake lambat!
2. GUE KECEWA BERAT DENGAN PELAYANAN BNI46! Kok email saya nggak dibaless.. gimana teh? mang? Kenapa pengetahuan Call Center (CC) nya minim..??? Masa nomor pelaporannya (75126768163007023407993) waktu gue telpon, do'i bilang 'nggak tau/ belum bisa dipastikan'? Alasanya apaaa? Keterbatasan akses sistem? Di integrasikan dong kalo gitu sistemnya! Giliran gue datang langsung ke BNI46 dan ngomong langsung dengan Customer Service (CS) nya, do'i bisa koordinasi langsung dengan bagian terkait (yang mengurusi pembayaran debit online) by telepon dan memastikan bahwa nomor pelaporan tersebut memang diterbitkan oleh BNI46. Nah, kayak gitukan enak... Kalau bukan karena diwajibin kantor pakai BNI46, gue juga males buka rekening di BNI46. Mending pakai BCA, pelayanannya super ramah dan saldo minimum yang mengendap cuma Rp10.000 lagih.. Ini perasaan gue doang atau memang (menurut pengamatan gue) hampir SEMUA bank BUMN pelayanannya kurang memuasakan ya? Mungkin karena punya negara, bukan swasta, jadi yaa... gitu deh, "banyak tingkah".
3. Dah, itu aja.


SARAN:
1. Kalo agan2 ada kasus kayak ane gini dan setelah telpon2an dan menyerahkan dokumen2 via email/ email2an, tp kasusnya masih tetep molor, saran ane: SAMPERIN LANGSUNG KE KANTORNYA (kantor pihak yang terlibat)! Asumsi gue, MUNGKIN, Mereka nganggep remeh kasus kita kalau cuma lapor via telpon atau email.


Relevance cases:
+ https://news.detik.com/suara-pembaca...ang-dibatalkan
+ https://news.detik.com/suara-pembaca...batal-otomatis
+ https://www.kaskus.co.id/thread/5767...e-lama-banget/
+ https://loveorbread.wordpress.com/20...und-di-shopee/
+ https://mediakonsumen.com/2018/02/28...n-bertele-tele
+ https://mediakonsumen.com/2018/05/22...it-dari-shopee


#shopee #ShopeeIndonesia #BNI46 #YLKI #pengembaliandana
Diubah oleh secretpassage
Urutan Terlama
udah mulai banyak nih yang gini2
kalo gak dikejar bakalan lama di refund nya
seharusnya refund otomatis pada saat mereka terima data2 buyer, bukannya nunggu sampai berhari-hari

kejar terus gan emoticon-Traveller
Balasan post Edelico
Siaap... Thanks gan for the support. emoticon-Cool emoticon-Jempol

Buat agan2 yang lain bantuin postingan ini supaya viral biar sampai ke top manajemen Shopee nya sekalian. Biar mereka malu... Itupun kalau mereka punya malu. emoticon-Leh Uga
emoticon-Ngakak cs nya gak menguasai aplikasi shopee,
dya gak ngerti apa loe beneran setor duid ataw kagak.
sistem refund debit online paling mengerikan..
pas beruntung cepat masuk. pas apes bisa berbulan2 tanpa kepastian
kejar aja terus bank dan ecomm nya

sekali lagi buat yg belanja ecom: sebisa mungkin hindari mengunakan DEBIT ONLINE
Debit online jangan sekali2 transaksi batal. Lebih horror urusnya daripada cc emoticon-Big Grin
Dan bener kok itu CS nya, untuk refund memang perlu kerjasama sama payment gateway dan bank penerbit kartunya.
Debit online memang bakal lama refund nya.
Tapi kalo udah 2 bulan gak wajar sih.

Cuma bisa kasih saran, kalo shopee bilang dia udah beresin kewajibannya, minta bukti.
Gatau dalam bentuk apa, dan mungkin gak bakal dikasih juga.
Tapi fair nya gitu, yg mau beli udah bayar, udah kasih mutasi rekening segala.
Kalo shopee udah beneran balikin, harus kasih bukti juga.
Kalo pake alesan butuh koordinasi dg payment gateway, tanya detail koordinasi via apa, kalo via email, minta di-CC.
Balasan post nickjer
Bethul, gan emoticon-Cool
Selama ini sih beli di shopee aman2 aja.
Kalaupun ada refund langsung masuk gak pake nunggu.

Semoga kendala TS cepat terselesaikan
Quote:


Debit online itu yg maksudnya gimana sih?

Yang bayar pake kartu debit tapi kayak kartu kredit gt bukan?

Atau yg transfer langsung motong dana rekening?
Harusnya sih kalo tipe yg kedua nanti begitu dibatalkan duit masuk ke shopee coin, baru bisa direfund sendiri ke rekening pribadi

Kalo tipe yang pertama emang lama, jadi shopee bakal refundnya ke pihak ketiga dulu, pihak ketiga baru ke bank, dari bank baru ke rekening, 60 hari lah paling cepet,

Ya bener shopee bilang hubungi bank lagi,
Pihak ketiga yg dimaksud itu sistem pengamanan untuk ngecek ini transaksi fraud apa bukan,
Diubah oleh adhiet_6
hmmmm.. pernah dishopi repund tp ga pernah lama.. di toko ijo repund jg ga pernah lama.. malah kadang2 ane diemin kagak kasih tau kl ada tx yg direpund.. malah ke repund sendiri...
Balasan post adhiet_6
Quote:



Ente kayaknya paham bener, gan... sampe tau 60 hari paling cepet. Situ pegawai Shopee ya? emoticon-Big Grin
Balasan post meooong
Quote:


No pic, hoax emoticon-Peace
Quote:


Lah, ini mah pengetahuan umum, udah banyak kasusnya di SP
Oh, seperti itu... maap, ane masih newbie gan. Jarang baca2 SP juga emoticon-Peace
Saya bayar shopee di Indomaret 600rb lebih. Duit blm refund sampai skrg cs d tanya, d email bilangnya tunggu 7-10 hari. Ini dari tgl 3 udah tgl 20. Parah bener shopee. Ngeri amat sampai berbulan2. Apa DTG ke bank aja atau gmn ya? Muak dan kapok belanja di shopee.. ga lagi2. Kapok. Dulu langganan sering bgt beli2 barang d shopee. Smnjak refund kaya gini kapok. Pernah refund jg kaya gini to cpet baliknya. Skrg lama bgt. Apa bakal balik apa gmn.muak tiap tanya kabar. D tlf sampai boros pulsa ttp suruh nunggu. Kampret emang. Mesti di blow up ini biar semua tau busuknya refund shopee yg ga nyampe2. Mungkin yg males urus ada bnyk x dia dpt untung. To buat gw ya ga bisa 600rb jg duit itu. Nyepelein bgt si shopee. F*CK SH*t
Balasan post cladyaauliameri
Quote:



Kerjar terus gan.. Kalau perlu di blow-up. Ini bukan masalah duit cuma 600 rb nya.. Tp ini masalah HAK AGAN, DUIT AGAN. emoticon-Jempol
Quote:


Silakan lampirkan bukti,
Semoga cpt selesai masalah nya bre emoticon-Shakehand2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di