alexa-tracking

ingat, jangan lagi makan lontong berbungkus plastik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6b9be6de2cf2475d8b4568/ingat-jangan-lagi-makan-lontong-berbungkus-plastik
ingat, jangan lagi makan lontong berbungkus plastik
image-url-apps
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di era modern seperti ini hal-hal yang dicari ialah serba praktis. Bahkan terkadang kepraktisan tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Seperti halnya pula dalam mengolah makanan. Lontong, merupakan makanan khas Indonesia yang amat digemari oleh masyarakat.

Bahan bakunya yakni beras yang dimasukkan ke dalam daun pisang yang sudah dibentuk lonjong layaknya tabung.

Namun kelangkaan dan mahalnya harga daun pisang zaman sekarang membuat orang-orang harus mencari pengganti daun pisang.

Sebagai ganti daun pisang maka sekarang banyak diganti dengan plastik bening.

Caranya mudah, tinggal masukkan beras ke dalam plastik, kemudian tusuk-tusuk dengan garpu supaya udaranya keluar lalu rebus.

Matang sudah, jadilah lontong yang biasa digunakan untuk lontong sayur, gado-gado sampai sate.

Tapi ada bahaya mengintai perihal lontong berbungkus plastik tersebut.

Seperti yang kita tahu, plastik memiliki titik leleh rendah sehingga sangat mudah meleleh pada suhu panas.

Nah, saat meleleh ini, akan ada partikel plastik yang luluh dan bercampur dalam makanan.

Jika dikonsumsi terus-menerus maka akan terjadi penumpukan partikel di dalam tubuh.

Akibatnya mengerikan, bisa menyebabkan kanker hingga kemandulan baik laki-laki maupun perempuan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga sadar akan keresahan masyarakat mengenai lontong berbungkus plastik ini.

Dalam salah satu konferensi persnya, BPOM menegaskan kalau aman atau tidaknya lontong plastik kembali pada jenis plastik yang digunakan.

Plastik yang aman digunakan untuk merebus lontong adalah plastik jenis LLDPE, HDPE, PP dan OPP.

Plastik jenis ini akan meleleh atau melunak pada suhu 100 derajat celcius. Maka plastik di atas aman untuk membuat lontong berbungkus plastik.

Yang harus dihindari ialah plastik jenis LDPE untuk membuat bungkus lontong. Karena jenis plastik jenis LDPE akan meleleh pada suhu 83-98 derajat celcius.

BPOM menyarankan untuk jangan menggunakan plastik jenis ini untuk membuat lontong.

Tapi di semua pembuatan plastik pastilah ada bahan kimia seperti pewarna, pelicin sampai pemutih yang mungkin tetap saja hinggap di lontong saat direbus.

Jadi, cari aman saja dengan membungkus lontong menggunakan daun pisang saat direbus.

Walaupun mahal dan repot tetaplah kesehatan yang harus diutamakan bukan? (Seto Ajinugroho)

sumber :
https://m.kontan.co.id/news/ingat-jangan-makan-lontong-yang-direbus-berbungkus-plastik

emoticon-Kagets
roti kukus, lemper, tumpeng... banyak gan yg pake plastik
image-url-apps
Emang ada ya lontong pake plastik?

Seumur2 makan lontong sih pasti pake daun pisang, sama halnya dgn lemper

Gw di jatim sih, entah kl provinsi lain ya
KASKUS Ads
Quote:


juga jangan kau makan yg berbungkus kardus , sama bahayanya emoticon-Traveller
image-url-apps
hahh ?? serem ane sering 😥😥
image-url-apps
apalagi makan dengan bungkusnya, kalo bungkusnya kardus paling mencret2
Reply to Zendies's post
Quote:


ada... bahkan lontong instan pun dibungkus pake plastik.
nama komersilnya sih ketupat instan, tapi kan isinya sama aja kyk lontong.
baru tau ada lontong bungkus plastik emoticon-Hammer

di gw sih daun pisang selalu.
image-url-apps
Mari kita tanyakan pada Cak Lontong...
lontong sate pakai plastik ...artinya lonte pakai kondom
image-url-apps
kalo LONTONG yang ini mah
ingat, jangan lagi makan lontong berbungkus plastik

kudu buru2 di BUNGKUS emang emoticon-Mad

.. ngeselin orangnya emoticon-Hammer2
image-url-apps
lah baru tau ada lontong bungkus plastik
Reply to boregasm's post
image-url-apps
Quote:


Yg bungkus kardus lontongnya udah kepotong emoticon-Malu
image-url-apps
Dan ane sering makan, biasanya di tukang ketoprak
image-url-apps
Quote:

Di kota2 kebanyakan pake plastik, klo di kampung2 emg pake daun pisang karena ga usah beli tinggal ambil
image-url-apps
Di sekitaran rumah gua ketopraknya bukan dari ketupat tapi beras yg di masukin ke dalem plastik gitu, apa ini juga salah satunya yang tidak boleh?
Reply to Zendies's post
Quote:


kalo di jakarta udah gak ada lagi yg pake daun gan , daun mahal emoticon-Embarrassment
gado2, lontong sayur, ketoprak semua lontongnya pake plastik emoticon-Big Grin
Kalo plastik buat bungkus soto yang panas2 itu aman gak, agak tebel plastiknya itu bisa diatas 80derajat
image-url-apps
Pake kardus boleh?
image-url-apps
ada yang gagal paham keknya
ini lontong bukan lontong isi, tapi lebih ke lontong model kupat sayur, ketoprak atau sate padang, dan ini tuh udah lama banget banyak yang pake