alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / ... / Lounge Pictures /
Di Saat Bumi Dipenuhi Serangga2 Raksasa - Part 5: Karboniferus
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6b4baf98e31b06358b456e/di-saat-bumi-dipenuhi-serangga2-raksasa---part-5-karboniferus

Di Saat Bumi Dipenuhi Serangga2 Raksasa - Part 5: Karboniferus

Udah sampe part 5 gan! Buat yang baru baca ini, silahkan baca part sebelumnya biar lebih nyambung.emoticon-Blue Guy Peace


Spoiler for part2 sebelumnya:


Di Saat Bumi Dipenuhi Serangga2 Raksasa - Part 5: Karboniferus
 
Karboniferus, periode kelima dari Paleozoikum dan juga part kelima dari zaman prasejarah the series. Berlangsungnya dari 358 sampe 298 juta tahun yang lalu gan. Bisa nebak gak kenapa dinamai kayak gitu? Yaps, karena masa ini berhubungan erat dengan karbon. Banyak ditemukan batu bara di lapisan batuan yang ditemukan di masa ini.
Oh iya. FYI, kalau agan sekolah di USA, Karboniferus ini dibagi jadi dua gan, Mississippian and Pennsylvanian. Kenapa? Karena sebenarnya lapisan tanah di masa karbon ini gak semuanya dipenuhi batu bara. Semakin mendekati akhir, lapisan batu baranya semakin menghilang. Masa batu bara dinamai Mississippian, masa hilangnya batu bara dinamai Pennsylvanian.

Di Saat Bumi Dipenuhi Serangga2 Raksasa - Part 5: Karboniferus

Oke, sekarang muncul pertanyaan lain. Kenapa bisa ada banyak batu bara? Kalau agan pas SMA gak bolos di kelas kimia karbon, agan pasti bisa nyimpulin sendiri. Gak2, bercanda.emoticon-Peace Gak semua orang bisa ingat juga kan.emoticon-Malu

Di Saat Bumi Dipenuhi Serangga2 Raksasa - Part 5: Karboniferus
 
Intinya, karena banyaknya pohon di masa ini.
Di masa Devo udah dijelasin kalau pohon tinggi mulai muncul. Nah, karena saat itu herbivora darat belum banyak, pohon2 ini makmur gan. Alhasil, daratan Karboniferus hampir seluruhnya dipenuhi hutan hujan tropis.

Di Saat Bumi Dipenuhi Serangga2 Raksasa - Part 5: Karboniferus
 
Pdktnya si Gondwana berhasil gan. Yay.emoticon-Ultah Laurensia akhirnya menandatangani kontrak buat rujuk lagi sama Gondwana.emoticon-Salaman Sedikit spoiler, di masa selanjutnya, rujukan ini menghasilkan sebuah benua raksasa yang sering kita dengar dengan sebutan Pangea.
Bisa dilihat di peta, pembentukan gletser terjadi lagi gan, ice age kedua di bumi mulai. Dan seperti sebelum2nya, penurunan permukaan laut juga terjadi lagi. Ice age kali ini disebabkan karena matinya tumbuhan2 secara massal di akhir masa Karbon. Oksigen yang dihasilkan tumbuhan tersebut jadi berkurang dan CO2 (salah satu gas rumah kaca) pun juga ikut berkurang. Alhasil, suhu bumi menurun.

Di Saat Bumi Dipenuhi Serangga2 Raksasa - Part 5: Karboniferus
 
Lanjut ke kehidupannya. Di zaman ini, tumbuhan yang sempat merajalela tentu menghasilkan banyak oksigen gan, seperti yang ane bilang barusan. Banyak banget dah. Kebalikannya Ordovisium, di mana saat itu malah CO2-nya yang banyak. Oleh karena itu, makhluk darat berkembang dengan sangat pesat diikuti ukurannya yang bisa tumbuh beberapa kali lipat dari yang sering kita temui.emoticon-Belo

Di Saat Bumi Dipenuhi Serangga2 Raksasa - Part 5: Karboniferus

Gimana dengan lautnya? Sangat sedikit makhluk hidup yang masih bertahan disana gan. Ikan2 kulit keras yang sebelumnya berkuasa pun hampir punah seluruhnya, digantikan ikan2 modern. Bahkan Dunkleosteus yang sebesar itu harus menyerah saat dihadapkan dengan hukum alam. Trilobite dan hewan laut lain juga semakin jarang terlihat.emoticon-Berduka (S)

Di Saat Bumi Dipenuhi Serangga2 Raksasa - Part 5: Karboniferus

Selain karena kepunahan di Devo, kebanyakan hewan lebih memilih hidup di daratan. Tentu saja disebabkan daratan Karbon sudah lebih nyaman untuk ditempati. Kayak gini jangan ditiru gan. Kesenangan merantau, lupa kampung halaman.emoticon-Ngakak (S)

Oke2. Dari pada terusan ngegalauin si Trilobite, mending langsung aja ngebahas bintang tamu yang ane piliih buat ngewakilin masa Karboniferus. Tentunya hampir semuanya makhluk darat ya gan.
 
1. Bandringa

Spoiler for donald shark:


Sebagai kaum minoritas, makhluk air ane duluin.emoticon-Cek PM (S) Bandringa. Sebagai hiu purba, wujudnya sangatlah layak.emoticon-Big Grin Kemarin punya parutan, sekarang punya moncong. FYI, moncong ini beda dari hiu goblin lo gan. Punya Bandringa lebih mirip paruh bebek. Dan bisa dipastikan kalau hidupnya di air yang dangkal karena cari makannya juga mirip bebek. Dia nyosorin tanah buat cari ikan dan makhluk2 kecil lainnya.
 
2. Eogyrinus


Spoiler for lele berkaki:

 
Ane masukin di list karena ane kagum sama hewan bergenus ini gan. Untuk seekor amphibia, bentuk si Eogyrinus ini bisa dibilang sempurna.emoticon-Add Friend (S) Ia bisa bernenang cepat dengan ekor mirip lele, dan bisa nyari mangsa (bahkan yang nyelip) dengan kaki2nya. Ukurannya pun udah cukup besar untuk bisa disebut predator. Ane heran, kenapa bisa punah ya?emoticon-Bingung (S) Mungkin agan2 bisa berspekulasi.
 
3. Pulmonoscorpius


Spoiler for scorpion king:

 
Kalau kaki agan dideketin kucing itu biasa. Tapi gimana kalau kalajengking yang ukurannya lebih besar dari kucing berkeliaran di sekitar kaki agan?emoticon-Takut (S) Pulmonoscorpius, kalajengking darat terbesar yang pernah hidup. Ujung ekornya sudah mengandung bisa, yang mungkin saja lebih beracun dari kalajengking modern. Tapi bagusnya, ujung ekornya yang kecil membuat kapasitasnya juga lebih sedikit. Capitnya pun gak membesar, gak seperti kalajengking modern. Jadi, mangsanya cuma hewan2 kecil.

Di Saat Bumi Dipenuhi Serangga2 Raksasa - Part 5: Karboniferus
Kalajengking modern ujung ekornya membesar. Capitnya juga lebih besar dari lengannya.
 
4. Arthropleura


Spoiler for lipan besar alaska:

 
Tadi kucing, sekarang, gimana kalau agan ketemu lipan seukuran sapi? Berkeliaran dengan kaki2nya yang banyak sambil menggeliat2emoticon-Takut (S) (buat agan yang enthomopobhia, jangan dibayangin, pingsan bukan tanggung jawab aneemoticon-Peace). Sambutlah, Arthropoda darat terbesar bernama Arthropleura. Dengan ukuran sebesar ini, dia merupakan hewan darat terbesar saat itu gan. Tapi, emm.. Apa dia karnivora? Gak. Meski belum sepenuhnya pasti, sistem pencernaan Arthropleura menurut para ahli tergolong herbivora. Tapi tetap aja seram kalau ukurannya sebesar itu.emoticon-Nohope
 
5. Meganeura
 

Spoiler for dodok erok, tete iyek, or apalah:


Masih hewan terbesar gan, tapi terbang. Capung dengan lebar sayap selebar burung gagak, Meganeura. Dengan ukurannya ini, dia menyandang gelar serangga terbang terbesar di bumi. Terbesar lo, bukan terseram. Kalau terseram, agan tau lah siapa juaranya.emoticon-Ngakak (S) Untuk cara makan, Meganeura sama kayak capung modern, karnivora. Tapi karena ukurannya itu, menu makanannya tentu bisa lebih banyak.

Di Saat Bumi Dipenuhi Serangga2 Raksasa - Part 5: Karboniferus
Jangan coba dikincup dengan cara ini lo gan. Bisa2 malah kepala agan yang dicaplok.emoticon-Ngakak (S)
 
6. Inthasaurus


Spoiler for kadal indosiar:

 
Hewan darat akhirnya menginovasikan sebuah telur dengan cangkang keras gan. Meski bukan yang pertama, Inthasaurus adalah salah satunya yang ikut mengembangkan inovasi ini. Sama2 saurus, tapi bukan dinosaurus lo (saurus sendiri artinya kadal). Dia adalah yang pertama dari pelycosaurus (kadal dengan layar di punggungnya). Layar ini fungsinya buat regulasi suhu lingkungan, semacam adaptasi lah. Ukurannya sendiri gak beda jauh dari kadal modern. Jadi mau gak mau, makanannya juga hewan2 yang lebih kecil darinya.

Di Saat Bumi Dipenuhi Serangga2 Raksasa - Part 5: Karboniferus
 
Menutup masa Karboniferus, kepunahan terjadi, tepatnya kepunahan tumbuh2an. Memang sempat terjadi ice age sih, tapi menyatunya benua membuat suhu di bagian khatulistiwa malah memanas. Bayangin aja gan, sebuah daratan raksasa pastinya juga jauh dari perairan kan. Padang pasir semakin meluas dan akhirnya membuat tumbuhan banyak yang mati. Diikuti oksigen yang lambat laun berkurang, ukuran hewan2 tadi juga semakin mengecil.
 
Tak banyak hewan punah di pergantian Karbon ke Permian ini. Hanya beberapa amphibia yang terlalu bergantung dengan air yang ikut punah. Selebihnya, kebanyakan tetrapoda malah semakin banyak. Salah satunya spesies keluarganya Inthasaurus yang semakin banyak dan bakal berkuasa di masa selanjutnya.emoticon-Add Friend (S)
 
Sekian sudah masa Karbon ane sampaikan. Di masa Permian, para hewan darat bakal diuji dengan sengat kejam oleh Pangea.emoticon-Takut (S) Tunggu aja. Dan seperti biasa untuk penutupan, kalau ada sanggahan, komentar, atau pertanyaan, silahkan langsung aja tulis di bawah. Shalom aleichem.emoticon-Ngacir

Part selanjutnya gan, Permian

Thanks to: ahmad_a (1cak)

Spoiler for Sauce (legit):
Diubah oleh radcliffezky
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
keduax di trit legend emoticon-Coblos
keren beut emoticon-Belo

capung di tempat ane udah musnah gan, padahal dulu banyak banget, tiap sore ane tangkepin pake lidi yang ujungnya di kasih permen karet emoticon-Ngakak (S)
Quote:

Sampe punah sama sekali ya gan?emoticon-Berduka (S) Kalo di daerah ane tetep ada sih, di sawah2.
Btw, nama capung di daerah agan apa namanya?emoticon-Big Grin
emoticon-Betty giant rad scorpion
Quote:

Wah, agannya pecinta kalajengking nih
Quote:


kalo di sekitaran rumah penduduk udah punah gan gak pernah liat lagi soalnya emoticon-Berduka (S)

tp tau deh kalo di sawah, gak pernah ke sawah soalnya emoticon-Hammer

lupa gan namanya, pokoknya yang ane buru dulu itu capungnya kecil2 gitu, warnanya biru ada juga yang loreng2 kayak baju tentara emoticon-Ngakak (S)

serius gan dulu bisa dapetin capung sampe 10 ekor, karena emang bener bener banyak di depan rumah, capungnya di simpen di cething emoticon-Malu (S)

udah lama banget itu pas ane sd emoticon-Ngacir
gan serangganya kok cuma si meganeura doang.. tambahin lah emoticon-2 Jempol

kasian si ianthasaurus kalah gede ama mangsanya emoticon-Wakaka
Quote:

Di permukiman di daerah ane juga udah gak ada ganemoticon-Nohope tinggal di sawah aja.

Sama gan. Ane juga nyari yang warnanya sama gitu, namanya dodok erok macan.emoticon-Ngakak (S) Bahkan dulu dimasak juga gan sama ane (barbar dna detectedemoticon-Big Grin)
lama2 asik jg yah diikutin.....

nambah wawasan, walaupun bagaikan dongeng...

lanjut yang ke 6...
ntabss gan, w selalu ngikutin trid agan
tetek iyek, iwak peyek emoticon-Leh Uga
Quote:

Pemahaman agan yang salah tentang serangga, nomor 3 4 5 kan serangga semua tu gan.emoticon-Cape d... Sebenarnya masih banyak sih, tapi ya gak ane masukin semua. Ada semut, kecoa, sama kumbang purba juga. Kalo agan emang pecinta serangga, coba googling gan. Masa karbon ini cocok buat aganemoticon-Jempol

Quote:

Emang gan. Paleontologi itu menyebabkan kecanduanemoticon-Matabelo

Quote:

Makasih ganemoticon-Malu (S)
Diubah oleh radcliffezky
Balasan post radcliffezky
Quote:


3 4 5 emang masuk ke arhtropoda semua gan, tp cuman meganeura yg masuk insecta cmiiw
Quote:

emoticon-Nohopeemoticon-Nohope oiya ya, ane kira insekta yang filum. Sori gan, ane yang salah pahamemoticon-Nohope. Judul threadnya berarti juga gak bener tu, makasih lo koreksinyaemoticon-2 Jempol
Diubah oleh radcliffezky
hahaha, ane sama kecoak aja masih ngibrit... emoticon-Wakaka
Balasan post bluekhuthug
Quote:

Kalau kecoa mah jangan dibilang gan. Cuma diem doang aja udah serem.emoticon-Takut (S) Makanya, gelar serangga terseram dipegang doiemoticon-Ngakak (S)
Itu lipan raksasa alaska kayanya nope banet sih buat ane gan emoticon-Takut
wooowww keren bingitsss emoticon-Matabelo
Quote:

Ati2. Cek kaki agan sekarang!emoticon-Peace
Keren bray ane udah baca semua part nya emoticon-Toast
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di