alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
6 Efek Negatif Dari Penggunaan Air Conditioner
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6b06f89e7404ef5a8b4567/6-efek-negatif-dari-penggunaan-air-conditioner

6 Efek Negatif Dari Penggunaan Air Conditioner

AC atau Air Conditioner adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu). Barang elektronik yang satu ini sering digunakan di rumah ataupun di berbagai fasilitas umum.Dengan menggunakan benda elektronik ini, kita dapat mendinginkan ruangan dalam waktu yang singkat. Namun di samping manfaatnya itu, ternyata AC juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Apa saja dampaknya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Gangguan saraf wajah.Suhu ruangan yang terlalu dingin akibat meletakkan AC tepat di atas kepala dapat menyebabkan bentuk wajah menjadi tidak simetris (wajah miring dan tidak dapat berbicara dengan normal). Kondisi tersebut disebabkan wajah tersembur udara sejuk secara langsung dan berlebihan. Udara dingin buatan mampu menyebabkan kelumpuhan sementara pada wajah (Bell’s palsy).

2. Leher kaku dan pegal.Semburan udara sejuk yang langsung menimpa tubuh dalam jarak dekat mengakibatkan urat saraf dan pembuluh darah di seputar leher menjadi kaku, tegang dan kencang lalu timbul peradangan di dalamnya. Akibatnya leher akan terasa kaku dan timbul pegal pegal luar biasa setelah bangun tidur keesokan harinya.

3. Gangguan saraf seputar tangan.Suhu udara yang terlalu dingin karena letak AC terlalu dekat dengan ranjang dapat mengakibatkan aliran darah disepanjang tangan termasuk lengan dan bahu akan mengalami penyempitan. Hal ini dapat memicu rasa nyeri jika tangan digerakan. Kondisi ini dapat terasa ketika seseorang terbangun dari tidur di pagi hari.

4. Sindrom carpal tunnel.Carpal tunnel syndrom gejalanya adalah kesemutan dan rasa nyeri pada tangan, terutama pada jari-jari tangan. Penyakit ini disebabkan oleh adanya pembengkakan syaraf pada pergelangan tangan. Gejala ini pun akan sangat terasa jika kita berada pada ruangan ber-AC yang terlalu dingin.

5. Mudah lelah.Kita juga berpotensi menjadi mudah lelah dikarenakan saat berada di ruangan ber-AC, kita kurang menghirup udara segar alami. Saat terlalu lama di dalam ruangan bahaya AC pada sebagian orang akan merasakan mual, gangguan syaraf, juga disertai sakit kepala, bahkan hingga merasa depresi.

6. Sesak napas.AC sebagai pengatur usaha tentu berpengaruh bagi sistem pernapasan kita yang sangat terkait dengan kondisi udara di sekitar. Perlu kita ketahui bahwa AC memiliki kandungan zat kimia seperti p-dichlorobenzene dan formaldehida. Kandungan kimia tersebut memicu penyakit pernapasan seperti rasa sesak di dada atau asma.
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di