alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Apa Saja Sih Kelebihan dan Kekurangan Memakai Mobil Listrik?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6a9ea05a516347508b456a/apa-saja-sih-kelebihan-dan-kekurangan-memakai-mobil-listrik

Apa Saja Sih Kelebihan dan Kekurangan Memakai Mobil Listrik?

Penggunaan kendaraan listrik, nantinya masih memerlukan waktu untuk meyakinkan masyarakat. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan kendaraan tersebut.
Apa sajakah itu?
Okay, berikut ini  adalah keuntungan menggunakan mobil listrik:

1. Penggunaan energi yang lebih irit
Hal ini karena cukup menggunakan listrik dibandingkan bahan bakar minyak (BBM). Berdasarkan perhitungan, untuk jarak sekitar 120 kilometer (km), hanya membutuhkan dana sekitar Rp 75 ribu untuk melakukan pengisian listrik. Sementara jika menggunakan BBM dengan jarak yang sama menghabiskan dana 4 kali lipat.

2.  Hemat energi yang lebih besar dibandingkan penggunaan BBM
Terutama pada saat kendaraan melaju. Penggunaan energi yang lebih irit pula saat terjadi kemacetan.

3. Emisi karbon menjadi lebih rendah dan mengurangi polusi dibandingkan penggunaan BBM.

4. Hanya kendaraan listrik yang memiliki Intelligent Transport System (ITS).
Maksudnya, kendaraan bisa melakukan pengereman sendiri jika akan terjadi tabrakan.

5. Perawatan mudah karena tidak memerlukan pergantian oli dan lainnya
Untuk perawatan, hanya perlu perawatan batere saja.

Adapun kekurangan dari penggunaan mobil listrik, yakni:

1. Jarak tempuh masih terbatas karan keterbatasan penggunana batere. Kemampuan jarak baru mencapai 120 km.
2. Penggunaan komponen batere masih besar untuk mendapatkan energi yang besar. bentuk batere yang besar akan mempengaruhi daya gerak kendaraan.
3. Waktu pengisian energi berupa batere masih lime mencapai 6 jam untuk menempuh jarak 120 km. Butuh teknologi untuk mempercepat waktu
4. Kapasitas batere masih terbatas hanya memiliki kemampuan beberapa jam saja. Meski sekarang sudah mulai ada beberapa negara yang mengembangkan kemampuan batere lebih besar seperti di Amerika dan jepang. Harga batere juga masih cukup mahal.
5. Produsen memerlukan dukungan pemerintah untuk melakuken edukasi edukasi pasar tentang keberadaan mobil listrik tersebut.


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


ini kok ngawur berani2nya pasang statement panjang bener depan umum? Hahahahaha

120km/75rb itu rumus darimana??
Emang ferrari, metromini, avanza konsumsi bahan bakarnya sama semua???

Konsumsi energi mobil di negara sub tropis dan tropis aja udah beda

Kapasitas batre tergantung yang bikin mau dikasih berapa gede, motor listriknya juga.

Ada yang sampe 900km per charge

Ada yang chargingnya cepet ada yang lambat..

Wong banyakin baca sebelom buka suara napa?
Harus di kasih oleh oleh biar makin semangat bikin thread nya...

emoticon-Angkat Beer


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di