alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
SEJARAH PEREKONOMIAN SPANYOL DIBAWAH FRANCISCO FRANCO
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6a6ac712e257ac3b8b4569/sejarah-perekonomian-spanyol-dibawah-francisco-franco

SEJARAH PEREKONOMIAN SPANYOL DIBAWAH FRANCISCO FRANCO

SEJARAH PEREKONOMIAN SPANYOL DIBAWAH FRANCISCO FRANCO

Spanyol muncul dari Perang Saudara dengan masalah ekonomi yang tangguh. Cadangan emas dan cadangan devisa telah hampir musnah, dan kelalaian serta kehancuran perang telah mengurangi kapasitas produktif dari industri dan pertanian. Untuk mempersulit kesulitan, bahkan jika sarana yang ada untuk membeli impor, pecahnya Perang Dunia II memberikan banyak persediaan yang dibutuhkan tidak tersedia. Berakhirnya perang tidak meningkatkan penderitaan Spanyol karena kekurangan global bahan makanan, bahan mentah, dan produk industri masa damai. Tetangga Eropa di Spanyol menghadapi masalah rekonstruksi yang sulit, dan karena kesadaran mereka bahwa kemenangan Nasionalis dalam Perang Saudara Spanyol telah dicapai dengan bantuan Adolf Hitler dan Benito Mussolini, mereka memiliki sedikit 

kecenderungan untuk memasukkan Spanyol dalam pemulihan multilateral apa pun. program. Selama satu dekade setelah berakhirnya Perang Sipil pada tahun 1939, ekonomi tetap dalam keadaan depresi berat.
Dicap sebagai orang buangan internasional karena bias pro-Axisnya selama Perang Dunia II, rezim Franco berusaha menyediakan kesejahteraan bagi Spanyol dengan mengadopsi kebijakan swasembada ekonomi. Autarki bukan hanya reaksi terhadap isolasi internasional; itu juga mengakar selama lebih dari setengah abad dalam advokasi kelompok-kelompok penekan ekonomi yang penting. Selanjutnya, dari tahun 1939 hingga 1945, para pemimpin militer Spanyol benar-benar takut terhadap invasi Sekutu di semenanjung itu dan, karenanya, berusaha untuk menghindari ketergantungan yang berlebihan pada persenjataan asing.

Spanyol bahkan lebih terbelakang secara ekonomi pada tahun 1940-an daripada sepuluh tahun sebelumnya, karena efek merugikan sisa dari Perang Sipil dan konsekuensi dari autarki dan substitusi impor pada umumnya membawa bencana. Inflasi melambung, pemulihan ekonomi tersendat, dan, dalam beberapa tahun, Spanyol mencatat tingkat pertumbuhan negatif. Pada awal 1950-an, produk domestik bruto per kapita (PDB) hampir 40 persen dari rata-rata untuk negara-negara Eropa Barat. Kemudian, setelah satu dekade stagnasi ekonomi, tiga kali lipat harga, pertumbuhan pasar gelap, penjatahan makanan, dan deprivasi yang meluas, perbaikan bertahap mulai terjadi. Rezim mengambil langkah-langkah pertama yang goyah untuk meninggalkan pretensi swasembada dan menuju meresmikan transformasi sistem ekonomi Spanyol yang terbelakang. Tingkat produksi industri Pra-Perang Saudara kembali pada awal 1950-an, meskipun hasil pertanian tetap di bawah tingkat itu sampai 1958.

Dorongan selanjutnya untuk liberalisasi ekonomi datang dari penandatanganan perjanjian pertahanan bersama, Pakta Madrid, antara Amerika Serikat dan Spanyol pada September 1953. Sebagai imbalan untuk mengizinkan pendirian pangkalan militer Amerika Serikat di tanah Spanyol, pemerintahan Eisenhower memberikan bantuan ekonomi besar kepada rezim Franco. Lebih dari 1 miliar dolar dalam bantuan ekonomi mengalir ke Spanyol selama sisa dekade ini sebagai hasil dari perjanjian tersebut. Antara 1953 dan 1958, produk nasional bruto Spanyol (GNP) meningkat sekitar 5 persen per tahun.
 
Tahun-tahun 1951-1956 ditandai oleh kemajuan ekonomi yang cukup besar, tetapi reformasi periode hanya dilaksanakan secara spasmodik, dan mereka tidak terkoordinasi dengan baik. Satu hambatan besar bagi proses reformasi adalah birokrasi yang korup, tidak efisien, dan membengkak. Seorang mantan koresponden London Financial Times, Robert Graham, menggambarkan era Franco sebagai "kemenangan paleocapitalism - keterampilan pasar primitif yang beroperasi di hutan peraturan birokrasi, proteksionisme, dan pengaruh yang dijajakan." Pada pertengahan 1950-an, spiral inflasi telah kembali naik, dan cadangan mata uang asing yang telah mencapai US $ 58 juta pada 1958 jatuh ke US $ 6 juta pada pertengahan 1959. Standar hidup tetap menjadi salah satu yang terendah di Eropa Barat, dan keterbelakangan pertanian dan sistem penguasaan lahan, meskipun lip service terhadap reforma agraria, menjaga produktivitas pertanian tetap rendah. Tuntutan yang berkembang dari kelas menengah yang sedang muncul - dan jumlah wisatawan yang semakin besar - untuk kenyamanan hidup, terutama untuk standar gizi yang lebih tinggi, menempatkan tuntutan berat pada bahan makanan impor dan barang-barang mewah. Pada saat yang sama, ekspor tertinggal, terutama karena permintaan domestik yang tinggi dan pengekangan institusional terhadap perdagangan luar negeri. Peseta jatuh ke titik terendah sepanjang waktu di pasar gelap, dan kewajiban mata uang asing Spanyol tumbuh hingga hampir US $ 60 juta.

Perdebatan terjadi di dalam rejim mengenai strategi untuk membebaskan negara dari kebuntuan ekonomi, dan Franco akhirnya memilih mendukung sekelompok orang neoliberal. Kelompok ini termasuk para bankir, eksekutif industri, beberapa ekonom akademis, dan anggota organisasi awam Katolik Roma semi-rahasia, Opus Dei (Karya Tuhan).
Selama periode 1957-59, yang dikenal sebagai tahun-tahun pra-stabilisasi, para perencana ekonomi puas dengan langkah-langkah sedikit demi sedikit seperti stopgaps anti-inflasi moderat dan peningkatan di Spanyol.

Kombinasi perkembangan eksternal dan krisis ekonomi domestik yang semakin parah, bagaimanapun, memaksa mereka untuk terlibat dalam perubahan yang lebih jauh. Karena kebutuhan untuk perubahan dalam kebijakan ekonomi menjadi nyata pada akhir 1950-an, perombakan Dewan Menteri di Februari 1957 dibawa ke kementerian utama sekelompok pria yang lebih muda, yang sebagian besar memiliki pelatihan dan pengalaman ekonomi. Reorganisasi ini segera diikuti oleh pembentukan komite urusan ekonomi dan Kantor Koordinasi dan Perencanaan Ekonomi di bawah perdana menteri. 

Perubahan administratif seperti itu merupakan langkah penting dalam menghilangkan persaingan kronis yang ada di antara berbagai kementerian ekonomi. Reformasi lain diikuti, yang utama adalah adopsi sistem pajak perusahaan yang mengharuskan konfederasi masing-masing sektor industri untuk mengalokasikan bagian yang tepat dari penilaian pajak seluruh industri kepada setiap perusahaan anggota. Penghindaran pajak kronis akibatnya menjadi lebih sulit, dan penerimaan penerimaan pajak meningkat tajam. Bersama dengan pembatasan pengeluaran pemerintah, pada tahun 1958 reformasi ini menciptakan surplus pemerintah pertama dalam beberapa tahun. Lebih banyak obat drastis yang diperlukan sebagai isolasi Spanyol dari sisa Eropa Barat menjadi semakin buruk. Negara-negara tetangga sedang dalam proses pembentukan Komisi Eropa dan Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa (EFTA). Dalam proses liberalisasi perdagangan di antara anggota mereka, organisasi-organisasi ini merasa sulit untuk membangun hubungan ekonomi dengan negara-negara yang terikat dengan kuota perdagangan dan perjanjian bilateral, seperti Spanyol. 

Keanggotaan Spanyol dalam kelompok-kelompok ini tidak memungkinkan secara politik, tetapi Spanyol diundang untuk bergabung dengan jumlah lembaga internasional lainnya. Pada bulan Januari 1958, Spanyol menjadi anggota asosiasi dari Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi Eropa (OEEC), yang menjadi Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) pada bulan September 1961, dan yang termasuk di antara anggotanya hampir setiap negara maju di dunia yang tidak komunikatif. Pada tahun 1959 Spanyol bergabung dengan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia. Badan-badan ini segera terlibat dalam membantu Spanyol untuk meninggalkan praktik perdagangan autarki yang telah membawa cadangannya ke tingkat yang rendah dan yang mengisolasi ekonominya dari seluruh Eropa. 

Biasanya secara tradisional memberi perhatian khusus pada peristiwa di Prancis dan sering dipengaruhi oleh mereka. . Pada bulan Desember 1958, pemerintah Perancis mengadopsi program stabilisasi untuk mengatasi kemerosotan ekonomi yang parah; program ini termasuk devaluasi franc, kenaikan pajak, dan penghapusan pembatasan pada sebagian besar perdagangan Perancis dengan negara-negara OECD. Tindakan Prancis itu menghilangkan keraguan apa pun yang dipegang otoritas Spanyol tentang memulai transformasi ekonomi besar-besaran. Setelah tujuh bulan persiapan dan penyusunan, dibantu oleh IMF dan ekonom Perancis, Spanyol meluncurkan Rencana Stabilisasi pada 30 Juni 1959. 

Tujuan rencana itu ada dua: untuk mengambil tindakan fiskal dan moneter yang diperlukan untuk membatasi permintaan dan menahan inflasi, sementara , pada saat yang sama, meliberalisasi perdagangan luar negeri dan mendorong investasi asing. Efek awal rencana itu adalah deflasi dan resesi, yang mengarah ke penurunan pendapatan riil dan peningkatan pengangguran selama tahun pertama. Kemerosotan ekonomi yang dihasilkan dan berkurangnya upah menyebabkan sekitar 500.000 pekerja Spanyol beremigrasi untuk mencari peluang kerja yang lebih baik di negara-negara Eropa Barat lainnya. Meskipun demikian, tujuan utamanya tercapai. Rencana itu memungkinkan Spanyol untuk mencegah kemungkinan penangguhan pembayaran di luar negeri kepada bank asing yang memegang mata uang Spanyol, dan menjelang penutupan tahun 1959, rekening devisa Spanyol menunjukkan surplus US $ 100 juta. Penanaman modal asing tumbuh tujuh kali lipat antara tahun 1958 dan 1960, dan gelombang tahunan wisatawan mulai meningkat dengan cepat. Seiring perkembangan ini dengan mantap mengubah struktur ekonomi Spanyol menjadi satu yang lebih menyerupai ekonomi pasar bebas, negara itu memasuki siklus terbesar industrialisasi dan kemakmuran. itu pernah dikenal. 

Bantuan asing memainkan peran penting. Bantuan tersebut berupa US $ 75 juta untuk menarik hak dari IMF, US $ 100 juta dalam bentuk kredit OEEC, kredit komersial senilai US $ 70 juta dari Chase Manhattan Bank dan First National City Bank, US $ 30 juta dari Ekspor Amerika Serikat- Impor Bank, dan dana dari program bantuan Amerika Serikat. Total dukungan asing berjumlah US $ 420 juta. Pelumas utama dari ekspansi ekonomi, bagaimanapun, adalah pengiriman uang mata uang keras dari 1 juta pekerja Spanyol di luar negeri, yang diperkirakan telah mengimbangi 17,9 persen dari total defisit perdagangan dari tahun 1962 hingga 1971; peningkatan besar dalam pariwisata yang menarik lebih dari 20 juta pengunjung per tahun pada akhir tahun 1960-an dan yang menyumbang setidaknya 9 persen dari GNP; dan investasi asing langsung, yang antara tahun 1960 dan 1974 sebesar US $ 7,6 miliar yang mengesankan. 

Lebih dari 40 persen.
Investasi ini berasal dari Amerika Serikat, hampir 17 persen berasal dari Swiss, dan Republik Federal Jerman (Jerman Barat) dan Prancis masing-masing menyumbang sedikit lebih dari 10 persen. Pada tahun 1975 modal asing mewakili 12,4 persen dari semua yang diinvestasikan dalam 500 perusahaan industri terbesar Spanyol. Tambahan satu miliar dolar berasal dari sumber-sumber asing melalui berbagai pinjaman dan perangkat kredit. Keberhasilan program stabilisasi itu disebabkan baik keberuntungan dan manajemen yang baik. Itu terjadi pada saat pertumbuhan ekonomi dan optimisme di Eropa Barat, yang sebagai hasilnya siap menerima peningkatan ekspor Spanyol, untuk menyerap surplus tenaga kerja Spanyol, dan menghabiskan sejumlah besar uang untuk liburan di Spanyol dan investasi di industri Spanyol.

ARRIBA ESPANA !!!
SEJARAH PEREKONOMIAN SPANYOL DIBAWAH FRANCISCO FRANCO
Para soñar el sueño imposible
Para luchar contra el enemigo invencible
Para soportar la tristeza insoportable
Correr donde los valientes no osan ir
Para corregir lo incorrecto
Amar el puro y el casto desde lejos
Para probar cuando tus brazos están demasiado cansados
Para llegar a la estrella inalcanzable

Esta es mi búsqueda
Para seguir esa estrella
No importa cuán desesperado
No importa lo lejos

Para luchar por el derecho
Sin preguntas o pausa
Estar dispuesto a marchar al infierno
Por una causa celestial

Y sé si solo seré cierto
A esta gloriosa misión
Que mi corazón descansará pacífico y tranquilo
Cuando estoy tendido a mi descanso

Y el mundo será mejor para esto
Ese hombre, despreciado y cubierto de cicatrices
Todavía luchó con su último gramo de coraje
Para llegar a la estrella inalcanzable
viva españa
alzad los brazos, hijos
del pueblo español
que vuelve a resurgir.

Gloria a la patria que supo seguir,
sobre el azul del mar el
caminar del sol.

Gloria a la patria que supo seguir,
sobre el azul del mar el
caminar del sol.

Triunfa españa
los yunques y las ruedas
cantan al compas
del himno de la fe

Triunfa españa
los yunques y las ruedas
cantan al compas
del himno de la fe

Juntos con ellos
cantemos de pie
la vida nueva y fuerte
de trabajo y paz,

Juntos con ellos
cantemos de pie
la vida nueva y fuerte
de trabajo y paz,

viva españa
alzad los brazos, hijos
del pueblo español
que vuelve a resurgir.

viva españa
alzad los brazos, hijos
del pueblo español
que vuelve a resurgir.


Gloria a la patria que supo seguir,
sobre el azul del mar el
caminar del sol.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di