alexa-tracking

HELP !!! newbie mau bertanya mengenai Physical Memory pada PC

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b69a0a6d9d7700c638b4569/help--newbie-mau-bertanya-mengenai-physical-memory-pada-pc
Poll: Apa yang harus saya lakukan ?
Nambahin ram jadi 8gb 0% (0 votes)
instal ulang windows 0% (0 votes)
HELP !!! newbie mau bertanya mengenai Physical Memory pada PC

CLOSED
image-url-apps
Quote:


Sesuai namanya free berarti ram kosong.
Ente maen game pake jaringan selular dan ngarepim stabil? Lan ar tidaknya game online, apalagi realtime diliuat dari latency koneksi ke server. Ente bilang stabil berdasarkan apa? Banyak referensi tentang ram di kaakus, sipahkan pake fungsi search. Bisa buat nambah2 ilmu.
Quote:


Physical Memory (RAM)

Definisi statistik memory di Windows dijelaskan secara lebih spesifik di menu Resource Monitor yang ada di Task Manager. Ada 3 status penggunaan yaitu In Use, Standby, dan Free. Yang mana kalkulasi di satu bagian status dengan status lainnya bisa overlapping.

Total
Menujukkan jumlah keseluruhan memori fisik (RAM) yang terpasang.

Cached
Jumlah memori fisik yang baru-baru saja dialokasikan untuk digunakan sebagai sumber daya sistem. Dalam hal ini data yang sering diakses akan di cache oleh memori agar proses dapat dieksekusi lebih cepat tanpa harus membaca file dari harddisk.

Contohnya: explorer.exe yang merupakan file manager di OS Windows memiliki banyak library (berupa file* .dll) dan shell handler (misalnya untuk menampilkan thumbnail atau context menu). Apabila library dan shell handler tidak di cache, maka mengakses sebuah folder yang memiliki berbagai macam tipe file akan menjadi lebih lama.

Available
Menunjukkan jumlah memori dalam status siaga (standby) + memori bebas. Standby sendiri menunjukkan alokasi memori yang didalamnya terdapat data yang tercache dan bytecode yang tidak sedang digunakan.

Free
Jumlah memori yang sama sekali belum dialokasikan untuk proses apapun.

Jadi menentukan apakah kondisi memori terpasang di sistem mencukupi atau tidaknya bisa menggunakan patokan Available.

Non Physical Memori / Paging File / Swap
Di screenshot Task Managernya saya juga lihat ada penggunaan virtual memory (swap) yang ditunjukkan pada Commit, dimana 2293 MB adalah jumlah swap yang saat ini dialokasikan.

Sayangnya hingga Windows 10 sekarang ini paging file cuma bisa diatur alokasi minimum maksimumnya tanpa bisa diatur seberapa banyak dan seberapa sering bytecode pada memori fisik (RAM) bisa di release ke file swap (pagefile.sys) dan juga sebaliknya yaitu release bytecode di pagefile.sys ke memori fisik.

Pengaruh ke Performa System

Sistem akan terasa melambat atau lag apabila proses swappiness sering terjadi (yaitu proses merelease data dan bytecode dari memori fisik ke harddisk). Ini akan ditunjukkan dari disk activity pada Resource Monitor yang selalu berada atau selalu mendekati 100%. Karena sudah tentu kecepatan I/O (random r/w) dari sebuah harddisk akan ratusan/ribuan kali lebih lambat ketimbang RAM.

Untuk pengguna Windows 7 apabila dirasa tidak terlalu memerlukan fitur-fitur tambahan yang ada di Windows 7 versi Ultimate atau Professional ada baiknya menggunakan versi Home Premium saja. Ini lebih hemat dalam penggunaan sumber daya memori fisik yang terpasang (perbedaannya sekitar 30% - 40% saat awal running).

Hal lainnya mungkin bisa di tuning dengan mengaktifkan service yan diperlukan saja dari Administrative Tools. Misalnya nggak punya printer, maka service print spooler bisa di disable atau di run manual.


KASKUS Ads
Reply to ogeng98's post
image-url-apps
Quote:


Ane bilang stabil karna ane cek ping pake cmd ke server game itu rata 65ms gan cek ping ke google juga sepertinya rata rata 65-70ms doang apa itu tidak bisa dikatakan stabil kah ?
Quote:




Jadi setelah ane baca penjelasan agan ini ane tarik garis lurus bahwa si free pada physical memory itu tidak berpengaruh terhadap performa pc apabila si available nya masih mencukupi, benar?

Oh ia gan skalian ane mau tanya juga ini ane kan pake ram hyperx 4gb×1 apa bisa ane tambahin pake ram lain dgn kapasitas 2gb di slot ram yg satunya ?
Reply to lszj007's post
Quote:


Berapa lama ente ping? pake instruksi -t gk? Kl langsung ping trus keluar cuma 4 paket gmana bisa ditarik kesimpulan stabil? Ane kalau ngecek koneksi stabil tidak dengan ping, ane biarin ping minimal 15menit, pernah setengah hari buat lihat stabil gk servernya. Tinggal tambahin sebesar apa paket yg ente mau ping ke server.
Reply to ogeng98's post
image-url-apps
Quote:


Ane ping sekitar sejaman lebih dengan -t -l 5 gan
Reply to lszj007's post
Quote:

yg penting availablenya masih banyak.
ram ngaruhnya ke stuttering gan,
kalo disconnect biasanya yg salah ISP internet atau server gamenya.

coba ganti pake kartu operator lain, buat test doang.
kalo kartu lain lancar, berarti yg bermasalah internetnya telkomsll.
kalo kartu lain DC juga. mungkin dari servernya PB overload, internet servernya gangguan, packet loss.
ente coba game lain. kalo game lain gak DC, berarti bener dari server PB yg error.

game lain yg dicoba jangan game garena, kalo yg ente cobain game garena mungkin servernya sama, jd gak tau yg problem servernya apa isp.
cobain game dari platform lain. steam atau yg lain terserah. yg penting servernya beda.
Reply to lszj007's post
Quote:


Lah ente ping pake data 5 byte ya lancar om... 2 hari juga
Reply to dameh's post
image-url-apps
Quote:


Ooo begonoh toh oke siyap gan makasi lo penjelasannya paham ane skrg, ane doain masuk surga ente gan emoticon-Blue Guy Cendol (S)
Reply to ogeng98's post
image-url-apps
Quote:


Oh salah ya jadi brapa byte biar bener gan?
Reply to lszj007's post
Quote:


caba aja terbesar, kl gak salah maks 64KB ya
Reply to lszj007's post
Quote:


Iya karena yang agan tanyakan adalah soal free memory, oleh karena itu saya berikan ulasannya soal istilah free, cache, available yang ada di task manager atau resource monitor di Windows. Soal istilah-istilah ini saya kutip dari beberapa pembahasan yang ada di microsoft answer (answers.microsoft.com)

Selama available ram masih tersedia, secara otomatis sistem akan melepas cache/bytecode untuk program yang nggak aktif yang sebelumnya pernah dieksekusi, agar selanjutnya bisa digunakan untuk menjalankan proses aktif saat ini yang membutuhkan lebih banyak memori.

Kalau memori nggak tersedia, maka program yang jalan di background biasanya akan di load ke swap/paging file. Inilah salah satu hal yang membuat performa sistem menurun (game stuttering/lag) karena bytecode akan di release dari memori fisik ke swap/pagefile di harddisk. Dimana operasi I/O pada harddisk hanya berkisar hitungan 70 - 150 an iops, sangat jauh lebih rendah dari memori RAM yang mungkin bisa sampai ratusan ribu hingga jutaan iops.

Soal penambahan memori sebaiknya adalah memasang memori RAM yang memiliki karakteristik chip (speed, timing) yang sama, walaupun kapasitasnya berbeda (jumlah row). Alangkah baiknya lagi kalau nemu batch yang juga sama. Ini lebih ke soal kompabilitas aja, soalnya ada juga walapun merek RAM nya sama terkadang di batch yang berbeda bisa juga menggunakan manufaktur chip yang berlainan.

Siap gan makasi lo ilmu dan penjelasannya ane jadi paham sekarang

emoticon-Blue Guy Cendol (S)
×