alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Selain Untuk IPTEK, Mengapa Ilmuwan Repot Mencari Rumah Baru?
4 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b69760814088d1a448b456c/selain-untuk-iptek-mengapa-ilmuwan-repot-mencari-rumah-baru

Selain Untuk IPTEK, Mengapa Ilmuwan Repot Mencari Rumah Baru?

Selain Untuk IPTEK, Mengapa Ilmuwan Repot Mencari Rumah Baru?

EDUCATION THREAD emoticon-Keep Posting Ganemoticon-Keep Posting Gan

Selain Untuk IPTEK, Mengapa Ilmuwan Repot Mencari Rumah Baru?
Hola... kembali lagi bersama ane di thread edukasi..... thread kali ini bakal bahas soal 'rumah baru' atau planet asing. Mengapa sih ilmuwan susah" menemukan rumah baru untuk umat manusia? Bagaimana dengan Bumi? Kalo pengen tau cek langsung di bawah ini ya... emoticon-Keep Posting Gan


Selain Untuk IPTEK, Mengapa Ilmuwan Repot Mencari Rumah Baru?

Selain Untuk IPTEK, Mengapa Ilmuwan Repot Mencari Rumah Baru?
Sekarang ini, banyak ilmuwan dari seluruh dunia berbondong-bondong bekerja untuk menemukan rumah baru (planet laik huni) untuk umat manusia. Planet-planet di tata suryapun tak luput dari observasi para ilmuwan tentang kadar kelayak huniannya. Banyak orang yg bertanya-tanya... mengapa mereka berusaha menemukan rumah baru untuk kita? Bagaimana dengan rumah kita sekarang?emoticon-Bingung (S)

Memang, mencari rumah baru juga merupakan hal yang penting untuk berjaga-jaga bilamana Bumi ini sudah tidak bisa ditempati lagi. 'Tidak bisa ditempati lagi?' Ya.. itulah hal yang perlu diwaspadai. Bumi ini banyak orang bilang sudah mulai sekarat ditelan zaman. Apa penyebabnya?emoticon-Bingung (S)

Selain Untuk IPTEK, Mengapa Ilmuwan Repot Mencari Rumah Baru?
Banyak faktor yang menyebabkan Bumi tidak bisa ditempati lagi.
Quote:

Selain Untuk IPTEK, Mengapa Ilmuwan Repot Mencari Rumah Baru?
Quote:

Selain Untuk IPTEK, Mengapa Ilmuwan Repot Mencari Rumah Baru?
Quote:


Mungkin menjaga Bumi ini agar tetap baik sampai kedepannya dapat membuat rumah kita ini bertahan sangat lama. Nasib Bumi ini tergantung pada kita umat manusia. Jika kita mau berusaha merawat, menjaga, melestarikan dan tidak egois tentunya, misi pencarian rumah baru bisa tidak diperlukan.

Memang saat ini Mars dikatakan sangat berpotensi menjadi rumah kedua, tetapi ketahuilah bahwa tetangga kita itu sangatlah tidak baik ketimbang Gurun Sahara. Daripada susah" terraforming dan segalanya mending tinggal di Bumi ini kan? Rumah ternyaman di alam semesta.emoticon-Cek PM (S)emoticon-Blue Guy Smile (S)


Selain Untuk IPTEK, Mengapa Ilmuwan Repot Mencari Rumah Baru?
Sekian dari ane... semoga dapat bermanfaat untuk kita semua ya... emoticon-Keep Posting Gan
Selain Untuk IPTEK, Mengapa Ilmuwan Repot Mencari Rumah Baru?


Selain Untuk IPTEK, Mengapa Ilmuwan Repot Mencari Rumah Baru?
Otak ane...
Gambar
Gambar
Gambar
Halaman 1 dari 8
lah bahasnya cuma masalah bencana di Internal nya Bumi doang emoticon-Hammer

eksternalnya gak dipikirin ? emoticon-Stick Out Tongue
ada puluhan juta asteroid dalam radius 30jt mil dr Bumi yg lalu lalang, sapa yg tau dalam peredaran orbitnya tiba2 d tabrak asteroid lain yg akhirnya melencengkan orbit asteroid itu trus menuju Bumi ?

1. Asteroid berukuran truk sudah membuat kerusakan di Russia 2013 lalu emoticon-Embarrassment
bayangkan jika ada asteroid berukuran sebesar kota (misalnya diameter 1-4km dan massa ratusan ribu-jutaan ton) menghantam Bumi ?
2. Belum lagi badai Matahari, jika memburuk bisa membinasakan peradaban tekhnologi Manusia (minimal) tapi jika jauh lebih dahsyat... emoticon-Takut (S)
3. Letusan Gunung supervolcano yg dahsyat, misalnya setara letusan Gn Toba 75rb tahun lalu atau Gn. Yellowstone 650rb thn lalu ?
4. Serangan Alien (walau sampai detik ini masih bersifat fiksi, sapa yg tau 50-1000 tahun lagi ternyata beneran nyata ?)
Quote:


kalo asteroid udh termasuk lingkup no 3 bre... tpi g ane jabarin..
Balasan post futurehuman001
Quote:


karena lu menjabarkannya seolah2 ngapain sih cari rumah baru kalau Bumi saja udah enak d tinggali ?
lah lu menjabarkan karena masalah di internal Bumi doang yg mungkin aja bisa d akali dengan tekhnologi yg ada saat ini ataupun d masa depan

Kenapa gak memikirkan bencana2 yg datangnya dr eksternal ?
yg tarafnya malah sampai ke tingkatan extinction segala (seperti saat punahnya dinosaurus 65jt tahun lalu ?)

Suka gak suka, cepat atau lambat memang Bumi sudah tak mampu lagi menopang manusia dan sudah kudu d cari lokasi tambahannya bahkan pengganti jika terjadi sesuatu bencana global yg membuat Bumi tak mampu d huni lagi emoticon-Embarrassment

Memang masih lama... tapi gimana kalau 50-100 atau 500thn lagi ?
Gw yakin sih >2100 Manusia sudah melakukan koloni minimal di Tata Surya sendiri (entah di Mars atau Bulan atau yg lain, Europa misalnya)

Konsep penerbangan wahana yg bisa melawan "hukum" Einstein (tak bisa lebih cepat dr cahaya) sudah di temukan (bisa tembus Warp 10 atau 10x cahaya), tinggal di realisasikan yg tentunya tekhnologinya belum mampu di era sekarang, tapi sapa yg tahun 2050 atau 2100 bisa ?

Gimana dr base on penelitian itu malah bisa membuat yg lebih effisien lagi, misalnya berhasil membuat "Jembatan Einstein - Rossen yg stabil dan mampu ke lokasi d tuju dalam waktu beberapa detik-menit saja di planet lain ?
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
menurut hemat gw sih, memang separah2nya bencana di bumi (katakanlah ketiban meteor segede kota) tetep aja bumi masih lebih baik dibanding mars.

katakanlah 100% peradaban hancur, tapi bumi akan tetap punya air, punya oksigen dll...

buat apa ke mars?

ya sifat alami manusia emang ga pernah puas kan emoticon-Big Grin, lalu seandainya udah ada yg tinggal di mars maka umat manusia paling nggak jadi lebih terlindung dari kepunahan.

lets say, 100% manusia bumi tewas ketika bencana, maka masih ada manusia di mars yg suatu saat bisa balik lagi ke bumi dan memulai peradaban

intinya, punya 2 tetap lebih baik daripada punya 1. ibarat orang udah punya mobil alphard, tetep aja nambah avanza 1 lagi bukan pilihan yg buruk. seenggaknya, kalo alphard lg di servis masih ada avanza
Sebenarnya menurut lu gan, enakan terraforming mars atau bulan sih? Bulan masalahnya atmosfernya tipis, kalo mars masih ada atmosfer yang sufficient lah ya.

Perjalanan ke G581G, hmmmm.... Masalahnya G581G menurut gue paling memenuhi syarat sebagai Bumi 2.0 dan jaraknya hanya 20 tahun cahaya, kalo sampai bener atas gue bilang teknologi warp bisa ditemukan, wah lebih cepat lagi. Btw secara real energi untuk mencapai itu berapa sih? Siapa tahu ada anomali kan yah.

Untuk ke mars menurut gua gak perlu sampai warp dah, seperti voyager aja cukup

Perlu diingat selain Mars kita juga harus tandain rumah di luar tata Surya, menurut gue NASA harus buru-buru bikin alat semacam voyager yang bisa mencapai paling gak 5-10x kecepatan Voyager 1 deh. Kenapa begitu? Ketika matahari bersiap menjadi Supernova, siap-siap aja bumi akan ketelan, kayanya gak nyampe 2 miliar tahun. Kalau begitu, paling gak Alpha Centauri bisa dicapai dalam ratusan tahun dulu. Waktu voyager1 menuju Alpha Centauri bisa sama dengan wahana baru ini ke Gliese581g

Kalo HT siap-siap dengan komen-komen yang yasudah lah.
Diubah oleh twisctre
dugaan ane sih
bakal ada bencana besar yg menuju bumi
asteroid misalnya
kita masih bisa hirup Udara segar dipagi hari nan sejuk apalagi jika hidup di daerah pedesaan, kita juga masih bisa menikmati makanan hasil bumi. buah buahan segar, sayur-sayuran segar. juga masih banyak ditemukan tempat/daerah yang masih "perawan". masih banyak ditemukan makhluk2/spesies2 yang belum pernah kita lihat. masih banyak yang belum di explore dari bumi kita ini. ane pikir terlalu dini jika menyebut bumi kita ini sudah sekarat dan merasa "perlu" untuk mencari "rumah" baru.
Iseng aja mereka bray. emoticon-Big Grin
karena kaum minoritas tidak akan punya rumah di bumi ini

MAU BAGAIMANAPUN
MANUSIA HANYA BISA HIDUP DAN BERANAK PINAK DI BUMI


MANUSIA HANYA BERWISATA SAJA DENGAN WAKTU YG TERBATAS UNTUK KELUAR BUMI


TAPI SEJATINYA MEREKA AKAN KEMBALI KE BUMI


DIMANA ENGKAU LAHIR
DISITU ENGKAU AKAN MATI
Untung lah ada Ilmuwan yang memiliki pandangan dan wawasan luas, coba kalau kaum padang pasir yang menguasai dunia.... Cuma tau beranak, beranak, dan beranak sampai akhirnya bumi overcapacity dan akhirnya disimpulkan oh, kiamat sudah datang Padahal itu semua karena kelakuan manusia sendiri....
Quote:


Mungkin agan harus memperluas wawasan agan... Kalau nunggu ga bisa hirup udara segar bukan kah itu sudah terlambat?
masi sepi ni HT
Yah semoga manusia bisa menemukan yg terbaik untuk semua.....
Diubah oleh 4arie
nikmatin saja fenomena yg akan terjadi di bumi
nyimak aja
karena senin besok harga udah naek bor...
Selain Untuk IPTEK, Mengapa Ilmuwan Repot Mencari Rumah Baru?
Halah tenang aja..
Kek.gitu ga usah dipikirin...
Mending kerja cari duit sebanyaknya...
Diubah oleh tiobiennyo
GEMBOKED
Diubah oleh indrabayu.com
Halaman 1 dari 8


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di