CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
[COC] Ini Dia Senjata Untuk Mendukung Hobi Traveling Dan Fotografi Ane
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b55f3da60e24b425c8b456e/coc-ini-dia-senjata-untuk-mendukung-hobi-traveling-dan-fotografi-ane

[COC] Ini Dia Senjata Untuk Mendukung Hobi Traveling Dan Fotografi Ane

[COC] Ini Dia Senjata Untuk Mendukung Hobi Traveling Dan Fotografi Ane

Halo Agan Sista penghuni Forum Hobby & Community, salam kenal dari ane si Kaksus10 dan mohon ijinnya untuk posting di mari yah. Ini adalah postingan perdana ane di Forum Hobby & Community, semoga berkenan dan bermanfaat ya.

emoticon-terimakasih emoticon-terimakasih emoticon-terimakasih

Hobby ane sebenarnya adalah menulis dan traveling, dan Alhamdulillah ane sudah berkesempatan mengunjungi beberapa tempat di Nusantara tercinta ini. Berkat hobby ane ini ane juga mendapat rejeki dari Allah dan mulai menekuni sebagai travel blogger.

[COC] Ini Dia Senjata Untuk Mendukung Hobi Traveling Dan Fotografi Ane

Sebagai travel blogger tidak hanya dibutuhkan kemampuan menulis Gan Sist, tapi juga kemampuan untuk menceritakan pengalaman perjalanan melalui sebuah foto. Nah, oleh karena itu ane juga beberapa tahun belakangan ini juga mulai menekuni hobby fotografi. Tapi pada dasarnya ane bukanlah orang yang ulet, ane lebih memilih segala sesuatu yang praktis dan ringkas.., jadilah ane memilih untuk menekuni hobby mobile photography, yaitu hobby foto-foto dengan kamera smartphone alias mobile phone.

Mobile photographymenurut beberapa orang bukanlah hal yang sulit, karena foto yang kita ambil menggunakan lensa smartphone yang pastinya sudah serba otomatis, ngga serumit kamera DSLR. Tapi, menurut ane, memotret dengan kamera smartphone tetap sulit dan rumit loh Gan Sist. Kamera smartphone justru lebih tricky, karena sifatnya yang otomatis, kita ngga bisa mengakalinya dengan manual, kita butuh “keahlian” tersendiri untuk membaca situasi.

Spoiler for foto dengan cahaya berlebih:


Misalnya nih Gan Sist, kita lagi traveling di pantai dan pada saat siang hari, pasti cahaya mataharinya lagi maksimal banget tuh. Kalau kita menggunakan kamera DSLR tentunya kita bias mengatur cahaya yang masuk dengan meningkatkan speed shutter, tapi bagaimana dengan kamera smartphone yang tidak punya fitur speed shutter?

Gimana caranya kita bisa menghasilkan foto yang bagus hanya dengan kamera smartphone?


Spoiler for kamera smartphone ane:


Nah, di trit kali ini ane mau sedikit share mengenai kamera smartphone yang ane pakai saat ini dan sudah setia menemani traveling ane hamper dua tahun lamanya! Oh ya, di trit ini, ane ngga bermaksud promosi yah, jadi hanya sharing mengenai senjata andalan ane yang menopang hobby ane selama ini.

Silakan disimak yuk Gan Sist.

Jujur ane beli smartphone ini karena kualitas kameranya Gan Sist, dan ane beli di awal tahun 2016 lalu. Selain itu smartphone yang satu ini pas banget buat hobby ane sebagai traveler.

Smartphone ini memiliki kamera belakang denganresolusi 13 MP dengan flash yang dual tone, jadi kalua malam-malam pakai flash, hasilnya ngga lebay, object yang ditangkap juga warnanya mendekati aslinya. Memang 13 MP terkesan kecil saat ini, tapi ane belinya di awal tahun 2016 loh Gan Sist, di mana pada saat itu 13 MP sudah terhitung keren banget. Dengan aperture f/2.2, kamera di smartphone ane ini emang pas banget buat dipakai di outdoor alias di luar ruangan Gan Sist serta hasil foto untuk foto-foto macropun udah detail banget. Dan ane rasa sesuai banget dengan kebutuhan ane mengambil gambar-gambar pemandangan outdoor.

Spoiler for beberapa hasilnya:


Nah, kamera smartphone ane ini juga punya menu HDR yang langsung muncul di layarnya. Jadi ngga perlu tuh masuk ke menu setting untuk mengatur tingkat pencahayaan, ane bias langsung tap icon HDR kalau menginginkan foto dengan tingkat warna yang baik. Praktis dan cepat, itu yang ane butuhin Gan Sist

Kamera utama dari smartphone ane ini juga memiliki fitur PDAF (Phase Detection Autofocus)yang bikin smartphone ane bisa menangkap gambar secara langsung tanpa perlu menunggu lama. Ane tinggal bidik, tekan tombol shutter dan objectpun langsung tertangkap.

Spoiler for detail nangkap object bergerak:


Oke, untuk kamera depan, smartphone ane ini memiliki resolusi 5 MP, relative kecil kalau dibandingkan dengan kamera-kamera smartphone kekinian, tapi yeah.., kan kebutuhan ane buat foto-foto outdoor bukan selfie. So, ane jarang banget pakai kamera depan Gan Sist.

Last but not least, untuk kemampuannya merekam video juga sudah oke banget menurut ane. Resolusi videonya sebesar 1080p/30fps, dan sekali lagi, smartphone ane ini cocok banget dipakai di luar ruangan dan pada saat siang hari.

Dengan kapasitas baterainya yang 5000mAh, ane nyaman banget traveling dengan yang satu ini, awet dan ngga pusing-pusing kehabisan baterai pas foto-foto. 

Nah itu dia Gan Sist, review ane terhadap kamera smartphone andalan ane yang sudah menemani perjalanan ane selama dua tahun.

Oh iya, di sini ane juga mau sharing sedikit tips dan trick fotografi menggunakan kamera smartphone. Langsung aja cekidot yah Gan Sist :

1. Pencahayaan yang tepat

Kamera smartphone apapun yang Agan Sista gunakan, satu hal yang terpenting adalah carilah cahaya yang terbaik. Dan menurut ane cahaya terbaik adalah dari sinar matahari.

Tapi kalau cahaya yang ada hanyalah dari lampu, pastikan cahaya tersebut datangnya dari arah atas depan. Kalau cahaya lampu dating persis dari atas kepala object, hasilnya akan ada bayangan gelap. Ini biasanya ganggu banget kalau lagi foto dengan objectnya manusia. 

Nah, kalau Gan Sist foto dengan cahaya alami alias dari matahari, pastikan object ngga membelakangi sinar matahari, karena nanti akan backlight, kecuali kalau kalau Gan Sist mau foto silhouette.

Spoiler for contoh silhoutte:


2. Hindari flash

Ane termasuk orang yang anti dengan flash. Kenapa? Karena biasanya cahaya flash akan menghasilkan warna foto yang tidak natural. 

Tapi kalau memang benar-benar dibutuhkan, ane baru pakai tuh flash.

3. Hindari zoom

Ini tips buat Agan Sista yang suka foto-foto detail. Foto yang di zoom emang kadang keren, karena detail suatu object bias jelas terlihat. Tapi ini kan kamera smartphone Gan Sist, jadinya zoomnya digital, ngga seperti kamera DSLR. 

Jadi kalau Gan Sist melakukan zooming pada suatu object, maka biasanya hasil foto akan pecah. So hindari zoom. Lebih baik Gan Sist mendekati object tersebut agar detailnya tertangkap.

Spoiler for dekati aja objectnya Gan:


4. Fokus

Nah, begitu kamera Gan Sist siap, silakan tap layar untuk mendapatkan focus. Kalau perlu lakukan taping berulang kali agar focus object benar-benar didapat yah.

Walau kamera smartphone sekarang udah pada autofocus, ane lebih memilih untuk tetap tap focus object yang ane tuju.

Spoiler for tetapkan fokus:


5. Bersihkan kamera

Buat Gan Sist yang hobby traveling, pastikan untuk selalau membersihkan kamera Gan Sist setiap selesai traveling yah. Merawat itu lebih baik loh.


Setelah sharing tips dan tricks nya ane juga mau sharing tips membeli kamera smartphone yang sesuai. Cuss nih dia tips nya :

1. Resolusi atau aperture?

Sekarang ini banyak banget kamera smartphone dengan resolusi yang tinggi. Memang benar semakin tinggi resolusinya, maka detail dan ketajaman object makin bagus. Tapi jangan lupakan aperture. Aperture mempengaruhi cahaya yang masuk ke lensa kamera. Kalau resolusi tinggi tapi aperturenya kurang ya sama aja. Hehe..

Jadi pilihlah kamera yang resolusinya cukup tinggi tapi aperturenya juga pas, yang bias menagkap cahaya dengan baik dalam keadaan cahaya yang temaram.

Spoiler for test di tempat gelap:


2. Lakukan tes

Nah sebelum membeli smartphone, lakukan test foto berulang kali di segala warna dan cahaya. Maksud ane, jangan hanya lakukan tes foto wajah, tapi coba deh foto object dengan warna-warna yang kontras. Beda smartphone beda pula hasil warnanya. Pilih aja kamera yang bias benar-benar mendekati warna natural, seperti hijau, biru dan merah. 

Lalu test juga kecepatan kamera menangkap object. Coba Gan Sist foto object yang bergerak, dan lihat hasilnya, mana yang paling cepat menangkap object.

3. Jangan lupakan video

Selagi melakukan tes kamera, lakukan juga tes video Gan Sist. Cobalah ambil video di bawah meja, hehehe repot yah? Tapi biasanya counter penjualan smartphone lampunya terang banget, inilah yang bikin foto-foto yang kita ambil di counter jadi bagus. Coba lakukan di tempat yang minim cahaya dan lihat hasilnya.


Nahh, itu dia Gan Sist, review kamera dari smartphone ane yang sudah dua tahun ini ane pakai untuk menunjang hobby traveling dan mobile photography ane. Ane sertakan juga tips dan tricks mobile photography serta tips membeli kamera smartphone yang tepat.

Ane berharap, trit ane kali ini bias kasih referensi serta masukan yang positif buat Gan Sist semuanya yah.

Akhir kata, ane mohon maaf kalau ada kesalahan info dari tulisan ane ini, dana ne juga mohon masukan dari para sepuh Forum Hobby dan Communityuntuk trit ane kali ini yah.

emoticon-Nyepi emoticon-Nyepi emoticon-Nyepi

So, adakah yang memiliki hobby mobile photography juga?

[COC] Ini Dia Senjata Untuk Mendukung Hobi Traveling Dan Fotografi Ane

sumber tulisan : pengalaman pribadi ane milih smartphone


sumber gambar : ane pribadi dong



Halaman 1 dari 4
:merdeka :merdeka :merdeka
pertamax
hapenya apaan?
Fotografer ya emoticon-sudahkuduga
Woah.. suka poto poto nis ncisemoticon-Malu
Quote:

Suka foto iya, fotografer belum lah Gan, skill ane masih miniiiiiiim bgt
emoticon-Mewek

Quote:

Ncis siapa Gan?
emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

Iya iya...
Selamat ya, hadiahnya bisa ambil ke Om Kaskus
emoticon-Shakehand2

Quote:

Lenovo Gan
Balasan post kaksus10
Quote:


Sama sama belajar emoticon-Salam Kenal
Quote:


akur Gan emoticon-Shakehand2
banyak yaa senjatanya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Balasan post awalpermata
Quote:



satu doang Om.....
Quote:


satu untuk semua yaa
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
bagus tritnya banyak tipsnya
Quote:


makasih Om, akhirnya ada yg komeng emoticon-Mewek
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Balasan post kaksus10
Quote:


bener banget atuh sis mantep dah ehh poto pake hengpon pinter-pinter cari momen sama satu lagi cek cip kameranya mumpuni kaga emoticon-Smilie
Quote:


spesifikasi cip kamera mumpuni atau engga gmn aja Gan?
canggih juga ya
klo di camera pd umumnya, utk mengatur cahaya yg berlebih biasanya gue melakukan 3 hal:

1. menambah shutter speed
shutter speed minimal banget 1/500 atau 1/1000. malah kalau panas banget bisa 1/3000.

2. mempersempit diafragma (f).
mempersempit f itu angkanya jadi gede. misal dari f/5.6 jadi f/7, f/11, kalau perlu f/22. tp jadi susah bikin bokeh. dikarenakan utk bokeh butuh f yg lebar, misal f/1.8 atau f/1.4 kalau perlu f/1.2.

3. set iso pilih paling kecil, biasanya sih 100.

so, klo kamera bisa ngakalin gimana cahaya berlebih plus bisa bikin bokeh di waktu yg sama, ini biasanya pake bantuan Ai aka Artificial Intelegence. keren deh pokoknya

eh, ini yg ga lolos COC bu?
Quote:


ini wajib di pindahin ke trit atas nih.

nah itu om, ane kalo pake kamera slr males ngatur2 nya.
ngga peka ane ama pengaturan kek gitu.
kapan2 ajarin ane lah..
jan mbak2 cantik doang yg diajarin
emoticon-Leh Uga
Diubah oleh kaksus10
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Balasan post kaksus10
Quote:


mana mba" cantik sini bawa kemari emoticon-Wowcantik
masih banyak setup yg gue juga males kek white balance. secara gue buta warna jadi pasrah aja white balance pake auto

pake SLR klo males bisa pake P atau Auto kan emoticon-Big Grin
kalau make semi auto bisa pake mode yg kita cukup set shutter speed saja atau f-nya saja
iso n wb-nya auto aja
Quote:


seri berapa ?
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di