alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Perhatikan!! Inilah Ciri Ciri Cupang Aduan Yang Berkualitas
4.56 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b4ffbe996bde673228b4569/perhatikan-inilah-ciri-ciri-cupang-aduan-yang-berkualitas

Ciri Ciri Cupang Aduan Yang Bagus dan Berkualitas Juara

Perhatikan!! Inilah Ciri Ciri Cupang Aduan Yang Berkualitas


Jenis cupang yang satu ini walaupun tidak memiliki warna yang indah namun memiliki keagresifan yang sangat ganas. Cupang aduan sangat cocok bagi para pemula yang ingin memelihara ikan jenis ini karena tidak membutuhkan perawatan yang khusus dan harganya juga lebih murah dari cupang hias (cupang standard), beda dengan jenis cupang hias yang membutuhkan perawatan lebih. 



Merawat cupang aduan cukuplah dengan memberi pakan dan mengganti air aquarium secara teratur In Syaa Allah ikan akan tetap sehat. Tetapi jika ikan cupang yang dipelihara ingin lebih ganas ada trik trik khusus yang harus dilakukan. Jadi bagi para pemula ane saranin buat pelihara jenis cupang yang satu ini dulu ketimbang langsung pelihara yang jenis aduan. 



Jadi bagi ente ni para pemula di zona ikan cupang haruslah memilih ikan cupang aduan untuk dipelihara. 


Agar paham bagaimana cara merawat ikan cupang dengan baik dan benar, sebelum beralih untuk memelihara cupang jenis hias. Untuk memilih cupang aduan yang berkualitas tidaklah terlalu sulit, karena setiap ikan cupang aduan maupun hias yang agresif bisa dikatakan ikan cupang itu berkualitas dan tentunya sehat.  Ciri ciri ikan cupang yang berkualitas dan pasti sehat aakan saya jelaskan dibawah ini ......... monggo dibaca ........    Budayakan membaca sampai selesai agar tidak ada kesalah pahaman







 
1.      Agresif
 
Seperti yang ane bilang diatas ikan cupang yang agresif pasti sehat. Lihatlah gelagat alias gerak gerik si cupang ketika melihat musuh di aquarium atau wadah sampingnya.  Amati cupang mana yang kira kira paling agresif. Jangan pilih ikan yang loyo, dan warnanya memudar. Bisa jadi ikan tersebut sakit. 


Penting!! Jika membeli ikan cupang pastikan ente buka tuh sekat sekat penghalang antar aquarium atau wadahh lah ya supaya ente bisa leluasa milih kira kira cupang mana yang agresif ngedokin bahasanya, bukalah beberapa sekat. Perhatiin satu satu ampe ente bosen hehehe .... kalau udah nemu yang pas jangan lupa bayar biar halal .... Sebab yang halal itu lebih nikmat.




 
2.      Badan Ikan
 
Bentuk badan ikan harus yang ramping supaya gesit ketika saat bertarung. Aerodinamika juga pasti penting ketika ikan berenang maka dari itu pilih bentuk tubuh yang ramping dan rata, maksudnya dari ujung kepala sampai ujung ekor tidak ada benjolan benjolan alias penyakit. 



Liatnya dari bagian atas aquarium dan dari samping. Ramping yang dimaksud bukannya kurus ini malah bahaya. Maksudnya tuh yang bagian pala sampe ekor lurus lurus aja gak melebar ke samping juga.




 
3.      Gigi
 
Mungkin ini sedikit susah bagi ente yang masih pemula. Solusinya bisa diperhatikan dari atas. Gigi cupang aduan biasanya terlihat agak menonjol keluar apalagi cupang aduan yang sudah terlatih biasanyaa giginya akan terlihat sangat tajam yang siap merobek robek sirip lawannya. Asal jangan merobek robek hati aku ,,,, eaaaaa.



 
4.      Sisik
 
Sisik udah pada taukan yang mana  sisik? kalau belum tau bisa tanya ke penjualnya... perhatikan bagian ini dengan sangat teliti, apakah ada sisik yang cacat atau tidak dan ada bintik bintik putih (white spot) atau tidak. White spot biasa terjadi karena jamur dan kualitas air juga bisa menjadi penyebab utama solusinya bisa diberi methylblue bilang aja obat biru buat ikan ntar juga paham penjualnya.



Pilihlah sisik ikan yang tebal dengan cara melihat apakah rapih atau tidak sisiknya, kerapatan sisik sisik pada cupang bisa juga menjadi acuan kalau sisik itu tebal dan kuat.


Baca juga: Cara mudah membedakan ikan guppy jantan dan betina

 
5.      Sirip
 
Setelah sisik ikan kita lanjut ke bagian yang gampang diserang musuh yaitu sirip. Inget ini sirip bukan sisik. 


Untuk bagian ini pilih sirip yang rapih dan rapat saat mengembang. Sirip yang mengembang tegah pasti aakan membuat nyali lawan langsung ciut.

 
 
6.      Warna
 
Walaupun warna ni ikan monoton itu itu aja tapi warna cupang aduan sama kaya sifatnya sangar. ibarat mobil mah mobil sport yang pake warna hitam doof. Pilihlah warna ikan cupang aduan yang didominasi warna hitam. Karena selain warna hitam bisa dipastikan itu ikan cupang hias yang memiliki bentuk sama persis dengan ikan cupang aduan. Contohnya, cupang koi dan cupang plakat. 


Dua jenis cupang ini padahal bisa diadu tapi adunya dikontes kecantikan ikan cupang. bukan bertarung satu lawan satu kayak di ring tinju. Satu lawan satu mah cukup bagian si ikan aduan ini (Cupang Bagan)
 
 
 
Sekian pembahasan dari saya mengenai ciri ciri cupang aduan. Semoga bisa membantu para sobat semua yang masih asing di zona cupang ini. Kurang lebihnya mohon maaf, kritik serta saran bisa disampaikan dikolom komentar......      “ikan yang sehat adalah ikan yang rutin mengeluarkan kotorannya” .......... Wassalammmm.............
Diubah oleh ekkris
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Pertamax di trit ht nan sepi
Diubah oleh aslavinovic
ht sepi, nunggu cupang lovers keluar
otw dagang cupang di sekolahan
anehemoticon-Ngakak
jadi inget jaman sd main aduw cupang. modal ikan 5 rebu bisa menang lawan yg 20 rebuan, rasnaya bahagia sekalee
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
ane dulu suka beli cupang aduan yg albino gan
ane punya 2 tapi yang siam api..
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
cupang ku sudh almarhum emoticon-Turut Berduka
kalo ane dulu si milihnya cupang bagan/ plakatemoticon-Malu
rata" kuat dan tahan lamaemoticon-Ngakak
Diubah oleh inthelight
ok..ane coba ikut nimbrung. dulu ane punya cupang aduan yg jago bertarung, kepalanya agak bongkok. apa mungkin kalau kepala bongkok emang jago bertarung ya?
mainan lawas bener ini jaman masiih tk/sd emoticon-Ngakak (S)
Paling suka yg panca warna syg diadu emoticon-Big Grin
satu lg, pilih yg kepalanya gede gan
Pilih alapaima om emoticon-Baby Boy
Quote:


Om ande hai emoticon-Baby Boy
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di