alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / The KASKUS Bar /
Susu Kedelai. Mamfaat dan Cara Membuat.
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b468c01dcd770e2538b4596/susu-kedelai-mamfaat-dan-cara-membuat

Susu Kedelai. Mamfaat dan Cara Membuat.

Sari Kedelai atau umumnya masyarakat Kita menyebut susu kedelai adalah minuman olahan berbahan dasar kacang kedelai yang diambil sari kacangnya.

Pemakaian kalimat "susu" untuk minuman ini sebenarnya salah namun karena sudah populer maka banyak orang menyebut minuman ini dengan sebutan susu kedelai padahal olahan susu adalah olahan hewani dan sari kedelai adalah olahan nabati.



Sekilas tentang susu kedelai sudah dibahas, sekarang adalah tentang mamfaat dari susu kedelai itu. adapun mamfaatnya adalah sebagai berikut :
  • Antioksidan
    Kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon, di mana bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Senyawa ini bertanggung jawab untuk memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi, sinar matahari dan proses tubuh yang normal.
  • Mengurangi resiko penyakit jantung
    Protein dan isoflavon hadir dalam kedelai, membantu dalam mengurangi kolesterol LDL (kolesterol "jahat") serta penurunan kemungkinan pembekuan darah. Hal ini pada gilirannya, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian menunjukkan, konsumsi susu yang mengandung 25 gram protein kedelai selama sembilan minggu mengakibatkan penurunan 5% kolesterol LDL rata-rata.
  • Mencegah osteoporosis
    Protein kedelai membantu dalam penyerapan yang lebih baik kalsium dalam tulang. Isoflavon yang hadir dalam makanan kedelai berfungsi untuk memperlambat kehilangan tulang dan menghambat kerusakan tulang yang pada gilirannya mencegah osteoporosis.
  • Menjaga berat badan
    Kandungan serat yang tinggi pada kedelai sebagai alat untuk manajemen (mengatur) berat badan. Ini adalah indeks glisemik rendah (GI) makanan yang mengatur gula darah dan fluktuasi insulin. Sehingga dapat membantu mengontrol rasa lapar. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam proses penurunan berat badan.
Sumber : Kompas Lifestyle



Cara Membuat Susu Kedelai, dijamin Berhasil.
Bahan - Bahan :
  • Kacang kedelai 250 gram
  • Gula murni 200 gram
  • Ait matang 2 Liter (Kental) atau 3 Liter (Encer)
  • Daun Pandan Secukupnya


Proses Memasak :
  • Sortir kacang kedelai dari segala kotoran lalu direndam dengan air bersih selama 6 jam. Selama perendaman, selalu ganti dengan air baru setiap 2 jam atau 3 jam sekali.
  • Setelah 6 jam perendaman, buang air perendaman lalu bilas kacang kedelai dengan air bersih sambil diaduk dengan tangan. bilas kacang kedelai sampai kacang kedelai tidak lagi terasa adanya lendir (lendir = getah) lalu tiriskan. Setelah proses perendaman selesai. segera diolah dan jangan ditunda karena akan menyebabkan hasil susu kedelai hambar atau tidak terasa rasa khas dari kacang kedelainya.
  • Kuliti kacang kedelai dari kulitnya. kenapa harus dikuliti ? karena akan memberikan hasil susu kedelai dengan warna yang cerah, mengurangi endapan getah/busa/buih ketika dimasak dan menjaga kebersihan dari segala zat yang menempel atau terkadung pada kulit kacang kedelai lalu bilas dengan air bersih secukupnya.
  • Masak air panas sampai benar - benar mendidih sebanyak 1 Liter.
  • Kacang kedelai yang sudah dikuliti lalu dimasukan kedalam blender dengan perbandingan 250 gram untuk 4x blender. kenapa harus begitu ? untuk mendapatkan hasil blender yang halus. lalu blender kacang kedelai dengan air panas tadi. 1 Liter air panas untuk 250 gram kacang kedelai.
  • Jika sudah, saring hasil blenderan untuk mengambil sari kacang kedelai. penyaringan bisa menggunakan saringan kopi/teh yang terbuat dari kain atau penyaringan khusus kacang kedelai atau kain dengan pori - pori kecil. untuk proses yang higienis, gunakan sarung tangan plastik dalam proses penyaringan.
  • Kacang kedelai hasil blender tadi masukan kedalam panci dan panaskan dengan api kecil sambil terus diaduk selama 3 menit. panaskan namun jangan sampai mendidih atah jangan sampai mengeluarkan gelembung seperti masak air panas.
  • Hasil dari penyaringan akan menghasilkan sari kacang kedelai 80-90% dari 1 Liter air tadi. Selanjutnya, hasil penyaringan dicampur atau ditambahkan dengan air matang dengan suhu normal atau tidak panas lalu aduk merata. pada tahap ini, penambahan air suhu normal sebanyak 1 liter atau 1 setengah liter akan menghasilkan susu kedelai kental dan penambahan air 2 liter atau lebih akan menghasilkan susu kedelai encer.
  • Selanjutnya masuk ketahap akhir. Panaskan kembali susu kedelai dengan api kecil. 1 menit pertama pemanasan, masukan gula murni dan daun pandan secukupnya. selalu aduk perlahan - lahan selama 10 menit. panaskan namun jangan sampai mendidih dan angkat.
  • Penyajian bisa disajikan panas atau dingin dan dapat pula dicampur dengan campuran madu atau jahe instan atau lainnya sesuai selera.
* Cara tersebut sudah dilakukan oleh ane.
* Porsi : 8 - 10 gelas.
* Dapat bertahan kurang dari 24 jam jika disimpan pada suhu normal dan tanpa dipanaskan berulang - ulang. Pada suhu dingin kulkas dapat disimpan selama 3 hari.


Ampas Kedelai
Untuk ampas kedelai bisa dijadikan olahan makanan. pemakaian ampas kedelai bisa ¼ atau ½ dengan cara dicampur terigu + bumbu - bumbu + cabai atau tanpa cabai + 1 butir telur sebagai perekat lalu goreng. hasilnya lumayan enak... emoticon-Big Grin atau sebagai abon dengan cara, ampas kedelai dicampur bumbu - bumbu atau hanya dicampur parutan gula merah (hanya untuk abon manis) lalu disangrai dengan minyak sedikit sampai kering dan tidak menempel. untuk dibuat kerupukpun bisa dengan perbandingan 1:1 (¼ ampas kedelai + ¼ tepung tapioka + ¼ tepung terigu) lalu dicampur MSG dan penyedap rasa, aduk merata sampai benar - benar merata dan tidak lengket ditangan. jika sudah pipihkan atau cetak seseuai selera dan jemur sampai kering. hasil penjemuran akan berwarna cokelat kusam karena cara ini tidak memakai zat tambahan makanan "pemutih". sudah kering lalu goreng. Untuk olahan ampas kedelai selengkapnya dapat dicari di internet, banyak.

Semoga bermamfaat dan membantu.
Sekian dan Terima kasih. emoticon-shakehand










Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
wah keren nih tritnya


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di