alexa-tracking

Ironi Anak-Anak Berprestasi Tak Diterima SMP Negeri Akibat PPDB Zonasi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b460e6412e25704638b4568/ironi-anak-anak-berprestasi-tak-diterima-smp-negeri-akibat-ppdb-zonasi
Ironi Anak-Anak Berprestasi Tak Diterima SMP Negeri Akibat PPDB Zonasi
Liputan6.com, Banyumas- Hujan protes orang tua mewarnai penerimaan siswa baru atau PPDB SMP di Banyumas, Jawa Tengah. Bagaimana tidak, anak-anak berprestasi dengan nilai di atas rata-rata tak bisa masuk ke sekolah negeri.

Beberapa anak tersebut bahkan bernilai Ujian Nasional (UN) nyaris sempurna, 9,5 dan lebih tinggi. Namun, mereka kalah oleh siswa biasa-biasa saja, dengan nilai rata-rata 6 poin, atau kurang dari itu.

Pangkal soalnya, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Permendikbud nomor 14 tahun 2018 mengamanatkan bahwa PPDB mulai tahun ini menerapkan sistem zonasi. Siswa yang diterima di sekolah negeri adalah anak-anak diutamakan berasal dari lingkar terdekat sekolah.

Persentasi zona terdekat adalah 90 persen. Anak-anak luar daerah dan perpindahan domisili lima persen. Anak berprestasi hanya memperoleh jatah sisanya, juga lima persen.

Sekretaris Komisi D DPRD Banyumas, Yoga Sugama, menilai di satu sisi PPDB Zonasi menguntungkan anak-anak yang berada di daerah yang berdekatan dengan sekolah. Sistem zonasi juga memastikan tak ada pengkutuban sekolah unggulan dan non-unggulan.


sumber : https://www.liputan6.com/regional/re...at-ppdb-zonasi

komentar TS: anak murid berprestasi tidak diterima disekolah impiannya, karena domisili mereka jauh dari zona sekolahnya. tapi anak yg goblok alay tukang teler bisa diterima karna masuk zona. kemenangan buat kegoblokan, dan sekolah pavorit sdg auto destruction. buat adik2 sy yg berprestasi jgn bersedih, bukan karna nilai kalian yg kurang , tp sistim zona tdk bs menerima siswa pandai yg domisilinya jauh dari zona sekolah. Tp Tuhan tdk tidur , akan terbalaskan kesedihan kalian

image-url-apps
Prestasi mentri pendidikan
image-url-apps
Termasuk anaknya pak Ridwan Kamil ga dpt masuk smp negeri. Dan beliau legowo menerimanya, lalu anaknya masuk di sekolah luar negeri (swasta)
KASKUS Ads
image-url-apps
itu karena masih adanya istilah favorit favorit.
kalo negeri mah ya samain aja lah.
Quote:


tetangga gw anak tukang ketoprak, nilai rata2 nyaris 10, ga diterima disekolah impiannya, susah payah 6 thn belajar sungguh2 katanya, kasian gan. anak gw rata2 nilai 8, 9 jg g diterima

image-url-apps
Ane balikin..

Emang hanya anak2 berprestasi yg berhak masuk sekolah negeri?
image-url-apps
Quote:


hehe itu luar negeri 😆
image-url-apps
Sekolahin di monas aja, biar jadi alumnus nomor cantik emoticon-Big Grin
image-url-apps
Asyik yak.
image-url-apps
Quote:


Ambisi Ortudu emoticon-Big Grin

Iykwim emoticon-Embarrassment
image-url-apps
Quote:


yahhh.. kesian bgt.. Kayanya ini bisa dibilang membunuh karakter anak deh, jadi ga percaya diri. Iya ga si??
Quote:


kenapa anak pandai tdk boleh sekolah negeri ? haruskah pindah rumah disamping sekolahan supaya diterima ? bagaimana dgn yg domisilinya dipelosok dimana tdk ada sekolahan disana? goblok ga kebijakannya? yg goblok sedang menang, tp Tuhan ga tidur
Quote:


lesu si anak cerita udah belajar sungguh2 biar bs masuk disekolah impiannya

image-url-apps
Quote:


hm.. I can feel it gan. Nah sekarang tugas orang tua buat memotivasi anaknya untuk tetap rajin belajar demi menggapai cita. emoticon-Cool

btw nama id ente menarik wkwkkw emoticon-Ngakak
image-url-apps
Oh berarti kek di jepang ya pake zona-zona'an gitu.. bagus sih niatnya tp resikonya ya kudu ngilangin istilah sekolah favorit dll. pemerataan lah ibaratnya.. emoticon-Big Grin
Misalkan anak2 yg tinggal didaerah rada tinggi kriminalnya siap2 aja sekolahnya jadi kek Suzuran.
Bukan yg zonasi kayaknya. Kalah sama yg lokasi, di kota ane, yg lokasi dibawah 500 meter bisa masuk walaupun dibawah rata2. Bakalan sulit mengimbangi teman2nya yg jauh lebih pintar.
image-url-apps
Quote:


Timbul karena adanya sekolah favorit..

Quote:


Yang bilang ga boleh sekolah di sekolah negeri siapa? Lah sistem zonasi itu berarti mau pandai atau kaga ya harusnya tetep bisa sekolah di sekolah negeri.. tapi sesuai dengan zonasinya.. maksudnya adalah pemerataan kualitas dan efisiensi (pemangkasan ongkos si anak, pemangkasan waktu yg ditempuh anak dari rumah ke sekolah dll).

Lu liat dulu.. yg anaknya pandai dan ga masuk negeri dan ortunya pada protes itu kebanyakan ikut sistem zonasi apa milih sekolah ke sekolah yg dianggep favorit tapi di luar zonasi si anak?

Kekurangan dari sistem zonasi ini adalah.. kualitas antara 1 sekolah negeri dengan sekolah negeri lainnya bisa berbeda, kurangnya daya tampung sekolah negeri untuk menampung semua anak yg berusia sekolah.

Di pelosok yg ga ada sekolah? Lu tau apa arti zonasi? Itu berarti sekolah yg terdekat.. tau apa arti terdekat?

Terakhir.. soal kaya gini lu bawa2 Tuhan?

Tambahan:

Sorry ya gan.. ane maklum bila agan terbawa emosi karena anak agan ga bisa masuk ke sekolah favorit/sekolah impian anak agan.. anak ane pun sama.. sd terpaksa di swasta karena sd negeri yg ane anggap bagus pun di luar zonasi ane..
Cuma apapun kejadiannya.. kita harus tetap berpikir obyektif gan.. emoticon-shakehand
image-url-apps
Quote:


Padahal kalo diterima bs bikin harum nama sekolah kalo anaknyee dikirim ikut macem2 lomba math/science & menang. Anak2 yg pinter2 itu ga banyak, apalg yg berprestasi. Sayang banget. Udah coba swasta?
image-url-apps
ane juga kena zonasi.. yg diluar zonasi hanya dikasih kuota 40 org.. untung ane masuk.. cz didaerah ane gk ada smk jurusan itu. ..
Quote:


id gw terinspirasi dari anak sekolah yg diwawancara jokowi, mungkin anak2 seperti itulah yg berhak masuk sekolah impian. yg jd ortunya ini sekarang ikut bimbang, mw disekolahin diswasta abal2 ga tega karna otak anak malah bisa2 downgrade, sekolah diswasta bonafid ga keduitan, gw nanya al azhar aja masuk smp 12 jt.

×