alexa-tracking

Kapuas Hulu : Bumi Uncak Kapuas - Part 1

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b42ff3c32e2e67d788b4568/kapuas-hulu--bumi-uncak-kapuas----part-1
Kapuas Hulu : Bumi Uncak Kapuas
Quote:



Quote:



Apakah ada pengaban dari putussibau yang maen utan tuk ?

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari :
Kapuas Hulu : Bumi Uncak Kapuas
Danau Sentarum

Danau Sentarum adalah danau musiman yang berada di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Danau ini dipenuhi air selama 10 bulan setiap tahunnya, dan sisanya akan surut, membentuk kolam-kolam kecil yang berisi ikan-ikan kecil. Saat kemarau, Air Danau Sentarum memasok setengah dari aliran air Sungai Kapuas. Luas keseluruhan danau ini 132.000 hektare.



Transportasi
Untuk bisa mencapai Danau Sentarum, dibutuhkan waktu 14 jam dari Kota Pontianak untuk perjalanan darat dan air dengan rute Pontianak-Sintang-Semitau. Lalu, dari Semitau menuju ke lokasi menggunakan perahu motor jurusan Lanjak. Atau bisa pula dengan jalur udara melalui Pontianak-Putussibau sekitar dua jam dan dari Putussibau ke Nanga Suhaid dengan longboat sekitar tujuh jam.

Taman Nasional
Pada tahun 1999, Danau Sentarum ditetapkan sebagai taman nasional. Sebelumnya, Taman Nasional Danau Sentarum berstatus cagar alam pada 1981-1982 dan suaka margasatwa sejak 1983

Masyarakat lokal
Daerah sekitar Danau Sentarum dihuni oleh masyarakat tradisional yang telah beradaptasi dengan naik turun air danau, antara lain suku Dayak Iban, Sebaruk, Sontas, Kenyah dan Punan. Rumah panjang (Betang) yang dihuni oleh suku tersebut beragam besarnya, ada yang dihuni lima sampai delapan kepala keluarga dan ada yang dihuni 15 sampai 30 kepala keluarga. Rumah panjang yang dihuni 15 – 30 kepala keluarga, mempunyai panjang rata-rata 186 meter dan lebar 6 meter.

Perlindungan hayati
Kawasan danau ini sejak 1994 dimasukkan dalam daftar lahan basah terpenting di dunia. Beberapa jenis ikan melewati danau ini dalam siklus reproduksinya, antara lain jelawat (Leptobarbus hoevenii), menyadin (Osteochilus triporos), belantau (Macrochirichthys macrochirus), dan tapah (Wallago leeri). Burung dara laut (Sterna spp.) juga bermigrasi dari pantai ke Taman Nasional Danau Sentarum untuk bertelur. Isu pembendungan oleh pemerintah provinsi dikhawatirkan akan merusak fungsi danau ini bagi lingkungan.


KASKUS Ads
Flora dan Fauna di Danau Sentarum

Quote:


Quote:




sidak ulu lagi pada ngilang
Quote:


kemmena bah sidak tok?!
Quote:


Bang, kalau bise di edit post nye
Biar keliatan seperti sub-reg yg lain.
Kalau endak di gembok jak ye emoticon-shakehand
Quote:


Quote:


sumber : http://www.gallery-kapuashulu.org/id...danau-sentarum

Ndak di bersihkan ke pak
pake +1 lok ye ndak emoticon-Ngakak
Cagar Budaya dan Peninggalan Sejarah

1. Situs Purbakala Neolitikum Nanga Balang

Kapuas Hulu : Bumi Uncak Kapuas - Part 1

Kawasan Neolitikum Nanga Balang ditetapkan sebagai situs purbakala berdasarkan penelitian arkeologi Banjar Masin tahun 2006 dengan SK Bupati No.47 Tahun 2006 dan SK Ditjen Kebudayaan Depdikbud No.612/C.1/F5.3/1998. Kawasan Neolitikum Nanga Balang terletak di dusun Beringin Jaya, desa Nanga Balang, Kecamatan Putussibau Selatan. Untuk mencapai lokasi menggunakan transportasi air dengan jarak tempuh sekitar 4 jam. Masyarakat yang mendiami sekitar kawasan adalah suku Dayak Punan Nanga Balang.

2. Rumah Betang Melapi Patamuan

Kapuas Hulu : Bumi Uncak Kapuas - Part 1

Rumah Betang Melapi yang didirikan pada tahun 1942 ini berada di desa Melapi, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, dengan luas bangunan 4.455 m, memiliki 34 bilik/ruang, dan luas keseluruhan 12.375 m. Jarak tempuh dari ibukota Kabupaten sekitar 30 menit dengan menggunakan transportasi darat atau sungai. Masyarakat yang mendiami rumah betang ini adalah suku Dayak Taman Kapuas dengan adat istiadat dan budayanya, seperti upacara/ritual adat, tarian tradisional, dan kerajinan manik-manik. Matapencaharian masyarakat di rumah betang Melapi kebanyakan adalah bertani.

3. Rumah Betang lunsa Hilir

Kapuas Hulu : Bumi Uncak Kapuas - Part 1

Rumah betang Lunsa Hilir terletak di dusun Danum Dara, desa Orang Lunsa, Kecamatan Putussibau Selatan didirikan pada tahun 1942. Rumah betang ini memiliki luas bangunan 1.980 m, luas keseluruhan 18.900 m, dengan 29 bilik/ruang yang didiami oleh masyarakat suku Dayak Taman Kapuas. Dari ibukota Kabupaten, rumah betang ini berjarak sekitar 1 jam dengan menggunakan kendaraan roda dua. Matapencaharian masyarakat setempat adalah bertani. Rumah betang ini ditetapkan sebagai cagar budaya berdasarkan SK Bupati No.47 Tahun 2006 dan SK Ditjen Kebudayaan Depdikbud No.612/C.1/F5.3/1998.

4. Rumah Betang Semangkok

Kapuas Hulu : Bumi Uncak Kapuas - Part 1

Rumah Betang Semangkok didirikan pada tahun 1914 dan ditetapkan sebagai cagar budaya berdasarkan SK Bupati No.47 Tahun 2006. Rumah betang ini berada di dusun Sinsiung Amas, desa Ariung Mendalam, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu. Luas bangunan 840 m, memiliki 14 bilik/ruang, dan luas keseluruhan 6.088 m. Jarak tempuh dari ibukota kabupaten sekitar 1 jam dengan menggunakan transportasi air. Masyarakat yang mendiami rumah betang ini adalah suku Dayak Taman Mendalam dengan adat istiadat dan budayanya, seperti upacara/ritual adat, tarian tradisional, dan kerajinan manik-manik. Matapencaharian masyarakat di rumah betang Melapi kebanyakan adalah bertani.

5. Rumah Betang Sei Uluk Palin


Kapuas Hulu : Bumi Uncak Kapuas - Part 1

Rumah Betang Sei Uluk Palin ditetapkan sebagai cagar budaya berdasarkan SK Bupati No.47 Tahun 2006. Rumah betang ini didirikan pada tahun 1941, berada di dusun Sungulo, desa Nanga Nyabau, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu. Rumah betang ini merupakan rumah betang tertinggi dan terpanjang di Kalimantan Barat, dengan tinggi tiang 8 m, panjang 204 m, luas bangunan 3.672 m, memiliki 53 bilik/ruang, dan luas keseluruhan 16.500 m. Jarak tempuh dari ibukota kabupaten sekitar 2 jam dan kurang lebih 15 menit dari dusun/desa dengan menggunakan transportasi darat. Masyarakat yang mendiami rumah betang ini adalah suku Dayak Tamam Apalin dengan adat istiadat dan budayanya, seperti upacara/ritual adat, tarian tradisional, dan kerajinan tangan. Matapencaharian masyarakat di rumah betang Melapi kebanyakan adalah bertani dan berburu.
emoticon-Rate 5 Star
Maap lagi nubie emoticon-Frown
Quote:


Itu saye sudah bantu edit pos bang.
Selebihnye silahkan abang lah
Nanti saye bantu2x post tentang Kapuas Hulu juga emoticon-shakehand


lamberianto_KW
Quote:


Mintak rela emoticon-shakehand
karena blm ada penghuninya, mending di gabung kemana? emoticon-Malu (S) emoticon-Blue Guy Peace
salam jak ye,
dari anak Hilir
Quote:


ane lepas tangan aja deh bang
terserah pak ketua sama pak akpipis
rumah baru emoticon-Goyang
gabung di lounge dulu aja pak ngobrol2 nya emoticon-Big Grin
Quote:


dilanjutkan ape di gembok jak bang emoticon-Thinking
---
kalau di lanjut,
nanti pelan pelan saye edit halaman depan emoticon-Kaskus Lovers


letih juga saye edit semue post halaman depan emoticon-Ngakak
Quote:


gembok jak pak, soalnye sepi masanye,..
kalau mau chichat bise gabung di longue emoticon-Big Grin
Lounge RKB
Wale ade sidak ulu tuk
jadi kangn pengen main lg ke silat hilir soalnya masa kecil saya disana, sd saya di sdn 18 upt 4 silat semoga sd saya tercinta masih bgs y hahaa

saya skrg udh pulang ke kota kelahiran saya di indramayu karna bapak udh selesai merantau jd km sekeluarga pulang.

mungkin ada yg kenal.saya ? nama saya aji fauzan diasana dulu di panggil ojan ,tinggal di sp 4emoticon-Big Grin