alexa-tracking

Inilah Tips Mengantisipasi Paham Radikal

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b42cd24e05227ea358b4567/inilah-tips-mengantisipasi-paham-radikal
Inilah Tips Mengantisipasi Paham Radikal
Inilah Tips Mengantisipasi Paham Radikal


Kapolres Majene, Asri Effendy, memberikan tips kepada masyarakat setempat guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya penyebaran paham radikal.

“Tips untuk mengantisipasi penyebaran paham radikal yang pro kekerasan, meningkatkan keyakinan, semangat kebangsaan dan toleransi serta pahami nilai-nilai beragama yang moderat dan damai,” kata Asri Effendy di Majene, Sabtu (7/7/2018).

Dia mengatakan hal itu saat menjadi pemateri kegiatan layanan administrasi hukum umum tentang upaya meningkatkan dan kepatuhan hukum kepada organisasi kemasyarakatan, di aula Villa Bogor Kabupaten Majene.

Kapolres mengatakan, tips lainnya mengantisipasi penyebaran paham radikal adalah mengenali individu dan kelompok yang mengajarkan serta mengajak kekerasan, kebencian, dan intoleransi.

Selain itu, lanjutnya, sampaikan kepada pihak berwajib jika ada indikasi gerakan, aksi dan aktivitas yang mengarah kepada radikal terorisme kemudian membentengi keluarga dan lingkungan dengan pemahaman agama yang baik dan benar.

Menurut dia, jumlah populasi umat muslim di Indonesia memang sangat berpotensi menimbulkan aksi teror dan penyebaran paham radikal pro kekerasan di Indonesia. Terorisme dan radikalisme tidak hanya identik dan dilakukan oleh umat muslim saja, namun juga dilakukan di luar Islam.

Ia mengatakan, terorisme dan radikalisme tidak hanya terkait masalah ideologi agama, namun juga ada yang terkait permasalahan politik dan konflik antaragama.

“Ciri dan karakteristik kelompok Islam radikal yakni intoleransi atau tidak mau menghargai pendapat dan keyakinan orang lain; fanatik atau selalu merasa benar sendiri menganggap orang lain salah; eksklusif atau membedakan diri dari umat muslim umumnya; serta revolusioner atau cenderung menggunakan cara-cara kekerasan untuk mencapai tujuan.

Ia menyampaikan ciri orang yang terpapar paham radikal yakni mendadak anti sosial, menghabiskan waktu dengan komunitas yang dirahasiakan, mengalami perubahan sikap emosional ketika berbicara seputar pandangan politik dan keagamaan, menggunakan kecurigaan dan kritik berlebihan terhadap praktik masyarakat secara umum.

“Parahnya lagi, ciri orang yang terpapar paham radikal rela memutus komunikasi dengan orangtua dan keluarga, menampakkan sikap dan tindakan keagamaan yang berbeda dengan masyarakat umum, dan cenderung tidak senang dengan pemikiran ulama dan organisasi moderat,” katanya.

image-url-apps
Inilah Tips Mengantisipasi Paham Radikal
image-url-apps
Tambah wawasan
Terbuka diri
Seringlah JALAN JALAN
KASKUS Ads
lanjutnya, sampaikan kepada pihak berwajib jika ada indikasi gerakan, aksi dan aktivitas yang mengarah kepada radikal terorisme

lhaa kl seiminnya suka tutup mata ma kelakuan seupin nya, ya susyahhh
kyk khotbah ada yg berbau intoleran/radikalisme, jamaahnya pd reaktif nolak saat itu jg, atau pd diem2 bae aja
image-url-apps
Radikal itu, merasa dirinya paling benar dan yang lain salah. emoticon-Recommended Seller
image-url-apps
Gampang ini, tinggal berpikir secara logis
image-url-apps
Gampang
Tinggalkan saja
Inilah Tips Mengantisipasi Paham Radikal
tampolin aja
image-url-apps
"ketika dirinya merasa lebih beriman dari yg lain sesungguhnya dia sudah radikal"
- quraish shihab

"kristen adalah kristen, islam adalah islam, budhism adalah budhism, irreligion adalah irreligion, Semuanya salah dan semuanya benar, karena itu mari kita bersama sama berbagi kebenaran dan saling memperbaiki kesalahan"
- Liu Xiaobo (Pemenang nobel perdamaian)
image-url-apps
Quote:


kalo itu sih cirinya nastaik
islam itu sebutan agama yg dijadikan ideologi oleh nabinya

karena islam sebuah ideologi, jadinya seakan2 ada persaingan agama lain dgn islam

umat muslim harus terus berdakwah untuk menambah member
umat muslim harus ukhuwah islamiyah demi melawan agama lain

lalu menciptakan ketakutan kpd umatnya,
kalau umat muslim berdiam diri saja, maka islam akan dibinasakan dan dikalahkan agama lain
dari sini lahrinya radikaisme,
karena jika tidak radikal (agresif meneyrang), islam akan kalah dan binasa


berbeda dari agama lain yg melihat agama sebuah filsafat
tidak ada persaingan dgn agama lain
yg terpenting umatnya menjadi manusia yg lebih baik