alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Dari Ampas Kopi Hingga Langkah Kaki, Ini Energi Baru di Masa Depan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b40d755dad770d8078b4576/dari-ampas-kopi-hingga-langkah-kaki-ini-energi-baru-di-masa-depan

Dari Ampas Kopi Hingga Langkah Kaki, Ini Energi Baru di Masa Depan

Dari Ampas Kopi Hingga Langkah Kaki, Ini Energi Baru di Masa Depan

Semakin menipisnya cadangan batubara, minyak dan gas dalam perut bumi sebagai sumber energi utama dunia mendorong para manusia terus berinovasi mencari energi alternatif terbarukan selama beberapa dekade terakhir. Mulai dengan memanfaatkan tenaga angin, surya, panas bumi hingga nuklir telah digunakan untuk mencegah krisis energi .

Tak hanya sampai disitu, pengembangan solusi energi alternatif terus dilakukan bahkan dengan memanfaatkan aktifitas sekitar untuk menghasilkan energi dalam jangka panjang.

Selama ini, kita hanya mengenal energi alternatif dari makhluk hidup dalam bentuk biomassa dari sisa tumbuhan maupun biogas dari kotoran hewan. Padahal, saat ini telah banyak berkembang energi baru yang efektif dan diprediksi siap menjadi tumpuan di masa depan. Penasaran? Yuk simak daftarnya berikut.


1. Ampas kopi
Dari Ampas Kopi Hingga Langkah Kaki, Ini Energi Baru di Masa Depan
Kalian mungkin gak akan menyangka bahwa dari secangkir ampas kopi yang kalian minum, menyimpan potensi energi yang dapat dimanfaatkan secara optimal. Baru-baru ini sejumlah ilmuwan Inggris berhasil mengubah sampah dari minuman paling populer di dunia ini menjadi energi yang bahkan dapat digunakan untuk mengoperasikan bus di Liverpool. Hasil yang sangat bermanfaat dan ramah lingkungan, keren kan?


2. Kotoran manusia
Dari Ampas Kopi Hingga Langkah Kaki, Ini Energi Baru di Masa Depan
Jangan meremehkan sesuatu bahkan dari hal yang kita anggap menjijikan sekalipun, termasuk kotoran kalian. Dengan bekal pengetahuan dan teknologi, bahkan hal yang kita anggap tak berguna pun bisa mendatangkan manfaat tiada tara.

Menggunakan prinsip yang mirip dengan pengolahan kotoran hewan, kotoran manusia pun telah dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan pengolahan limbah di Inggris menjadi sumber energi alternatif dari reaksi dengan bakteri anaerob yang mengubahnya menjadi gas biometana yang bahkan dapat digunakan untuk menjadi pembangkit tenaga listrik. Wow, sungguh amazing kan?


3. Panas tubuh manusia
Dari Ampas Kopi Hingga Langkah Kaki, Ini Energi Baru di Masa Depan
Kamu termasuk orang yang aktif dan banyak bergerak? Pernah terlintas di pikiran gak ternyata dari dalam tubuhmu sendiri kamu bisa menghasilkan energi listrik lho. Dengan sensor panas yang terpasang di badan, pakaian maupun tempat sekitar, kamu bisa berkontribusi menghasilkan energi.

Walau masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut, teknologi berbasis thermoelectric converter ini berpotensi besar di masa mendatang. Bahkan, sebuah gedung di dekat stasiun kereta di kota Stockholm telah berhasil memanfaatkan teknologi ini dengan memasang satu sensor yang mendeteksi dan menyerap panas tubuh setiap orang yang lalu lalang di area stasiun yang hasilnya dimanfaatkan untuk menghidupkan keran air hangat di dalam bangunan.


4. Langkah kaki
Dari Ampas Kopi Hingga Langkah Kaki, Ini Energi Baru di Masa Depan
Satu lagi energi alternatif ramah lingkungan yang berhasil dikembangkan baru-baru ini. Memanfaatkan aktifitas utama manusia sehari-hari, sebuah perusahaan di Inggris menciptakan alat yang mampu mengubah energi kinetik dari langkah kaki menjadi energi listrik.

Dengan memanfaatkan prinsip elektomagnet, setiap langkah kaki yang menginjak lantai yang didesain khusus akan menginduksi gerakan magnet yang dapat membangkitkan listrik.


Sumber : https://www.idntimes.comscience/disc...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Dari Ampas Kopi Hingga Langkah Kaki, Ini Energi Baru di Masa Depan Gak Disangka 8 Jenis Sayuran Ini Punya Kandungan Energi yang Tinggi

- Dari Ampas Kopi Hingga Langkah Kaki, Ini Energi Baru di Masa Depan Dari Film Jadi Kenyataan Kini Materi Tembus Pandang Ditemukan

- Dari Ampas Kopi Hingga Langkah Kaki, Ini Energi Baru di Masa Depan So Fi Robot Ikan yang Bisa Menyelam Puluhan Meter di Bawah Laut



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di