alexa-tracking

8 Kuliner Rusia Ini Rasanya Khas Banget, Harus Kamu Coba!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b40ae9514088dfd698b457f/8-kuliner-rusia-ini-rasanya-khas-banget-harus-kamu-coba
8 Kuliner Rusia Ini Rasanya Khas Banget, Harus Kamu Coba!
8 Kuliner Rusia Ini Rasanya Khas Banget, Harus Kamu Coba!

Rusia merupakan Negara yang sangat luas dan memiliki aneka ragam budaya. Saat ini Rusia sedang menjadi sorotan dunia karena Piala Dunia 2018 yang diadakan di sana. Orang-orang dari berbagai penjuru dunia berbondong-bondong datang ke Rusia untuk menyaksikan langsung acara tersebut.

Apa kamu termasuk orang yang sedang berkunjung ke Rusia? Kalau kamu sedang ada di sana, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi aneka kuliner lezat khas Rusia.

Makanan Rusia tentu berbeda dari makanan Indonesia. Makanan Rusia memiliki variasi rasa yang sangat beragam. Karena masyarakatnya sangat menyukai masakan dengan banyak bumbu.

Di Rusia, makanan dimasak dengan sepenuh hati, dan disantap secara lambat sambil dinikmati. Orang Rusia tidak suka makan secara terburu-buru.

Inilah beberapa rekomendasi makanan khas Rusia yang wajib kamu cicipi:


1. Kulebyaka
8 Kuliner Rusia Ini Rasanya Khas Banget, Harus Kamu Coba!
Kulebyaka (Dalam bahasa Rusia ditulis Кулебяка) adalah merupakan kue Pai Rusia. Termasuk kue yang sangat susah dibuat. Kue ini biasanya berisi salmon atau sturgeon, kol, telur rebus, jamur, bawang, nasi dan dill.

Namun Kulebyaka ada juga yang diisi dengan isian manis. Kulebyaka dapat memiliki isian hingga 12 lapis. Pada masa Kekaisaran Rusia, semakin banyak lapisan isian, semakin kaya sang pemilik rumah.


2. Borscht
8 Kuliner Rusia Ini Rasanya Khas Banget, Harus Kamu Coba!
Borscht adalah sup asam yang populer di beberapa masakan Eropa Timur, termasuk Rusia. Sup ini berwarna merah karena terbuat dari akar bit. Kalau dimasak menggunakan resep kuno, maka Borscht ini aslinya dibuat dari batang, daun dan akar dari Heracleum sphondylium (Sejenis tanaman yang tumbuh di padang rumput basah Slavia).

Namun saat ini kebanyakan orang Rusia memasak Borscht menggunakan akar bit, dengan isian kubis, wortel, bawang, kentang dan tomat. Di Rusia sup ini dimakan sambil ditemani pampushka (Roti kecil). Bahkan ada juga beberapa restoran di Rusia yang menyajikan sup ini dengan ditemani Vodka.


3. Pirojki
8 Kuliner Rusia Ini Rasanya Khas Banget, Harus Kamu Coba!
Pirojki (ditulis dalam bahasa Rusia Пирожки) adalah sejenis roti yang diisi dengan daging, nasi, bawang dan jamur. Namun ada juga yang mengisi dengan daging cincang halus (Daging sapi), keju, atau sayuran (Kentang).

Namun sekarang ini ada juga yang membuat Pirojki dengan isian manis seperti apel dan buah beri. Beberapa orang di Rusia ada juga yang memakan Pirojki ini sebagai pendamping Sup Borscht.


4. Shchi
8 Kuliner Rusia Ini Rasanya Khas Banget, Harus Kamu Coba!
Shchi adalah sup tradisional Rusia yang telah dikenal sejak abad ke-9, setelah kubis/ kol diperkenalkan dari Byzantium. Sup ini relatif mudah disiapkan dan bisa dimasak dengan daging atau tanpa daging.

Pada Abad ke 10 shchi menjadi makanan pokok orang-orang di Rusia. Bahan utama sup ini adalah kubis dengan jamur dan rempah-rempah. Pada abad ke-15 bahan membuat sup ini ditambah dengan tepung.

Tujuannya adalah untuk menambah kalori. Selain itu ditambahkan juga lada hitam dan daun salam. Hingga saat ini Shchi masih disajikan secara tradisional di Rusia, ditemani dengan roti gandum.


5. Pelmeni
8 Kuliner Rusia Ini Rasanya Khas Banget, Harus Kamu Coba!
Ini adalah Russian dumpling, bentuknya memang mirip pangsit ya kalau di sini. Pelmeni ini awalnya berasal dari Siberia, dan kemungkinan memang adaptasi dari pangsit di negara Cina. Pelmeni dibawa orang Mongolia ke Siberia kemudian menyebar di Eropa Timur, hingga ke Rusia.

Sama seperti pangsit, isi dari Pelmeni ini adalah daging cincang dan daun bawang kemudian dibungkus dengan adonan tepung. Saat ini orang-orang rusia ada yang mengisi Pelmeni ini dengan daging ikan, jamur dan sayur-sayuran.


6. Blini
8 Kuliner Rusia Ini Rasanya Khas Banget, Harus Kamu Coba!
Blini adalah pancake Rusia, terbuat dari tepung gandum tradisional atau tepung soba. Makanan ini biasanya disajikan dengan krim asam, quark, mentega, kaviar dan hiasan lainnya. Blini Rusia tradisional dibuat dengan adonan ragi, dan susu, susu asam, air dingin atau air mendidih.

Secara tradisional, Blini dibuat dengan dipanggang dalam oven. Namun saat ini kebanyakan orang Rusia membuat Blini dengan digoreng seperti membuat pancake.


7. Stroganoff
8 Kuliner Rusia Ini Rasanya Khas Banget, Harus Kamu Coba!
Makanan ini adalah makanan yang sangat populer di Rusia dan juga di seluruh penjuru dunia. Hidangan ini merupakan tumisan potongan daging yang diolah bersama saus Smetana (Saus asam).

Pada tahun 1890 stroganoff dibuat dari daging sapi yang dipotong dadu kemudian ditumis, lalu disiram dengan saus mustard dan kaldu daging yang sudah disiapkan sebelumnya, dan diakhiri dengan olesan krim asam di atasnya.

Pada tahun 1909 bawang bombai dan saus tomat ditambahkan ke dalam resep Stroganoff. Makanan ini biasanya disajikan bersama parutan kentang yang renyah.


8.Shashlik
8 Kuliner Rusia Ini Rasanya Khas Banget, Harus Kamu Coba!
Shashlik artinya adalah daging tusuk, mirip seperti satai di Indonesia. Bedanya kalau satai di Indonesia disajikan bersama saus kacang atau saus kecap, kalau Shashlik disajikan dengan cream atau mayonaise.

Awalnya Shashlik ini dibuat dari daging domba, namun sekarang sudah bervariasi. Ada yang membuat Shashlik dari daging sapi, daging ayam, atau bahkan daging babi. Makanan ini sangat populer di Eropa Timur, dan Eropa Tengah. Makanan ini juga termasuk populer di Rusia.

Banyak banget ya makanan khas Rusia, dan semuanya kelihatan menggugah selera. Sambil liburan di Rusia, sempetin ya untuk melakukan wisata kuliner dan mencoba aneka makanan lokal di sana.

Ingat guys, makanan itu cuma ada di Rusia. Jadi wajib untuk kamu cicipi.


Sumber : https://www.idntimes.comfood/dining-...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 8 Kuliner Rusia Ini Rasanya Khas Banget, Harus Kamu Coba! Messi Diejek Pria Ini Ceraikan Istrinya Setelah 14 Tahun Menikah

- 8 Kuliner Rusia Ini Rasanya Khas Banget, Harus Kamu Coba! Pengusaha Supermarket Bakal Jadi Wasit Laga Swedia Vs Inggris

- 8 Kuliner Rusia Ini Rasanya Khas Banget, Harus Kamu Coba! Pertarungan Jersey Piala Dunia Nike Vs Adidas Siapa Pemenangnya

image-url-apps
enak ya ada roti isi nasi segala