alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Perpanjangan IUPK Freeport Sebulan, Setelah Itu Kendali di Tangan Nasional
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3e00d3c1cb17e57a8b4567/perpanjangan-iupk-freeport-sebulan-setelah-itu-kendali-di-tangan-nasional

Perpanjangan IUPK Freeport Sebulan, Setelah Itu Kendali di Tangan Nasional

Perpanjangan IUPK Freeport Sebulan, Setelah Itu Kendali di Tangan Nasional
IUPK Freeport diperpanjang sebulan, terganjal perseolan Lingkungan(Foto: Istimewa)


Jakarta – Buntut perpanjangan IUPK Freeport selama satu bulan, tampaknya upaya pemerintah memegang saham PT Freeport sebesar 51% semakin mendekati kenyataan. IUPK adalah Izin Usaha Pertambangan Khusus. Kendati hal itu masih sebuah harapan.

Sejumlah penilaian pun bermunculan. Seperti yang dilontarkan Fahmy Radhi pengamat energi dari Universitas Gajah Mada (UGM), bahwa pihak Freeport-McMoRan Inc. dinilai memiliki kompetensi untuk banyak terlibat dalam kegiatan pertambangan PT Freeport Indonesia. Namun, yang memegang kendali idealnya ada di pihak nasional. Penilaian itu, tentunya berlaku sehabis perpanjangan IUPK Freeport.


Fahmy mengatakan, Freeport telah sepakat untuk melepas sahamnya hingga 51%. Dengan demikian, pengendalian operasi ada di tangan pihak nasional.

“51% sudah tidak bisa ditawar. Dari sisi teknis, Freeport memang perlu terlibat untuk kegiatan penambangannya. Tapi, yang mengendalikan dan mengambil keputusan tetap kita,” kata Fahmy.

Fahmy menjelaskan, kontrol tersebut bisa tecermin dari pemilihan direksi dan komisaris setelah proses divestasi selesai. Menurutnya, pihak nasional harus dominan. “Sepertinya masih ada perdebatan soal direksi. Yang jelas, bagaimana nanti hasilnya Indonesia harus dominan,” tuturnya.

Seperti diketahui, Pemerintah memperpanjang IUPK selama 1 bulan ke depan. Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Gatot Ariyono mengatakan, bahwa IUPK sementara yang berakhir pada Rabu (4/72018), diperpanjang hingga 31 Juli 2018.

Alasannya, beberapa aspek perundingan seperti perpanjangan kontrak, divestasi, fiskal, dan smelter sudah mendekati final. Namun, masalah lingkungan masih membutuhkan tambahan waktu dalam penyelesaiannya.

“Aspek divestasi, smelter, perpanjangan operasi sudah mendekati final. Penyelesaian lingkungan masih dibutuhkan waktu, kita berikan waktu kembali tapi hanya 1 bulan untuk Freeport, pemerintah, dan Inalum untuk selesaikan,” ujar Gatot.

Masih Dapat Menjual Konsentrat Saat Perpanjangan IUPK Freeport

Perpanjangan waktu itu diatur dalam Keputusan Menteri ESDM No.1872/K/30/MEM/2018 tertanggal 29 Juni 2018. Beleid ini menjadi perubahan keempat dari Keputusan Menteri ESDM No.413 K/30/MEM/2017 tentang IUPK Operasi Produksi Kepada PT Freeport Indonesia.

Dengan adanya keputusan perpanjangan IUPK Freeport ini, PT Freeport Indonesia dapat tetap melakukan penjualan konsentrat ke luar negeri. Pasalnya, rata-rata ekspor konsentrat pada Februari hingga pertengahan Juni sekitar 465.000 ton per hari.

Sejak 10 Februari 2017, Freeport hanya mengantongi IUPK sementara. Pihaknya optimistis perundingan akan akan selesai bulan ini sehingga IUPK diperpanjang hanya satu bulan. “Dengan melihat situasi semuanya mendekati closing dan mem- pressure  pemerintah sendiri dan Freeport harus selesai dalam waktu satu bulan,” kata Gatot.

Sementara Pri Agung Rakhmanto pendiri Reforminer Institute menilai, perpanjangan waktu IUPK PT Freeport Indonesia selama sebulan masih wajar. Apalagi, pemerintah dan PT Freeport Indonesia ingin melanjutkan pengelolaan tambang.

Namun, saat disinggung terkait dengan cukup atau tidaknya waktu perpanjangan IUPK sementara, Pri enggan berkomentar secara pasti. Menurutnya, jika negosiasi belum selesai, pemerintah masih bisa melakukan perpanjangan.

“Ya kita lihat saja. Paling kalau tidak selesai ya ada perpanjangan atau penambahan waktu lagi, seperti yang sudah-sudah seperti itu bukan?” kata Pri.

Seperti diketahui, penambahan masa IUPK sementara PT Freeport Indonesia hingga 31 Juli 2018 menjadi perpanjangan tersingkat selama ini.


Perpanjangan IUPK Freeport Sebulan, Setelah Itu Kendali di Tangan Nasional

Sumber: metrotvnews.com

Pri memproyeksi, pemerintah nantinya akan memegang saham mayoritas karena adanya divestasi 51% saham. Namun, pada saat yang bersamaan, Freeport akan menjalankan operasi pengelolaannya. Meskipun demikian hal-hal teknis masih terus dinegosiasikan hingga saat ini.

“Jika seperti itu, memang bisa juga dikatakan sebagai win-win solution, tetapi itu semua juga tergantung pada objektif yang ingin kita – atau paling tidak yang ingin pemerintah – capai dalam pengelolaan tambang tersebut. Win-win di sini dapat menjadi relative sifatnya,” jelas Pri.

Sumber

Halaman 1 dari 2
Alhamdulillah ya akhi.

32+10 tahun ngapain aja? emoticon-DP
Mantap!

emoticon-I Love Indonesia
mungkin gara2 freeport keguncang... the fed naikin suku bunga wkwkwk
Habis sebulan tambah tiga bulan dst emoticon-Ngakak (S)
Yessss i like it #JEMPOL
Quote:


tebak, setelah impiannya 20 taon lalu terwujud.. apakah amien rais semakin bangga ama jokowi emoticon-Big Grin
Quote:


Perpanjangan IUPK Freeport Sebulan, Setelah Itu Kendali di Tangan Nasional
bowo cs gigit jari
Terimakasih pak Prabowo
Bisa stroke nih si sengkuni emoticon-Big Grin
Quote:


Terus beras hilang dr pasaran, bule pesek berkeliaran di Jakarta..
Lalu lalu lalu.. ya gt lah..
Orang punya duit tp gak bs makan.
Eyang memang binatang kok bsnya lahan emas segitu besar dulunya jatuh di tgn mamariki
biasanya akan ada demo besar yg ga jelas
emoticon-Big Grin
Jgn berpikir sdh diambil alih.maka masalah selesai.

Negara ini blm punyak kemampuan mumpuni jelola tambang sebesar freeport.

Kapal karam dikedalaman 500m aja udah bingung mau ngapain.

Freeport klo angkat kopor dan smua alatnya di nol kan ... tempat itu kembali ke jaman purba.

Makanya spy jd bangsa hebat tantangan 500m hrs dijbani. Bkn nyerah lipat ekor masuk paha
Atas ane anak angkatnya wowo lagi mewek

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Quote:


Tunjukan cara buat terowongan kedalam perut bumi yg minim risiko


Lo kira buat gorong2


Nunggu beneran 51 persen ditangan & Kita yg kontrol penuh, selama Masih omongan ngalor ngidul, trit ini sama kya belasan trit nasionalisasi freeport 1-3 tahun terakhir, cuma php emoticon-Big Grin
Diubah oleh Jalan Cinta
Bagus nih..

Penasaran ntar klo udah dipegang pemerintah apa bener2 bs ke deliver untuk kesejahteraan rakyat? Atau ujung2nya sekelompok lagi yg diuntungkan?

😌😌😌
Bagus lah kalo nanti 51% emoticon-Jempol

Tapi berapa lama y prosesnya?
Perpanjangan IUPK Freeport Sebulan, Setelah Itu Kendali di Tangan Nasional
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di