alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Keahlian yang Diperlukan untuk Sukses di Bisnis Digital
4.78 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3dd1e4dad7707a6f8b4585/keahlian-yang-diperlukan-untuk-sukses-di-bisnis-digital

Keahlian yang Diperlukan untuk Sukses di Bisnis Digital

Artikel ini merupakan repost dari artikel yang tayang di Teknologi.id. Baca artikel sumber.

*******



Revolusi digital yang kini marak menjadi perbincangan telah mengubah cara pandang dan perilaku masyarakat dalam menjalani hidup. Teknologi yang berkembang pesat di seluruh dunia memberikan perubahan besar dalam melakukan kegiatan mulai dari  urusan yang paling sederhana hingga proses bisnis atau produksi di suatu industri.


Perubahan tersebut memunculkan inovasi-inovasi baru dalam berbisnis, banyaknya bermunculan bisnis digital mulai menggeser popularitas bisnis konvesional. Salah satu contohnya adalah bisnis e-commerce, melalui berbagai platform e-commerce yang dapat dengan mudah kita akses, sehingga konsumen berbelanja tanpa perlu pergi dari tempat dia berada. Hal ini menyebabkan beberapa toko yang tidak dapat bertahan menghadapi persaingan dan mengalami penurunan dalam penjualan, menutup beberapa gerai konvesionalnya.

Namun apabila kita langsung melakukan transformasi konvensional ke bisnis digital belum tentu memberikan hasil yang baik. Menurut analisis dari Boston Consultan Group, terdapat berbagai keterampilan yang perlu dimiliki untuk mencapai kesuksesan dalam menjalani bisnis digital. Beberapa keterampilan tersebut diantaranya:

Keahlian yang Diperlukan untuk Sukses di Bisnis Digital

Program Oversight

Melakukan bisnis dalam skala kecil maupun besar sulit untuk melaksanakannya secara tepat waktu dan sesuai dengan persyaratan. Apalagi di era yang saat ini perlu cepat bereaksi terhadap perubahan, maka dibutuhkan program untuk mengkoordinasi berbagai proyek yang memiliki jadwal yang bersinggungan, ketergantungan dan integrasi berbagai entitas. Kunci keberhasilan bisnis dapat didukung dengan pengawasan program yang mengelola keseluruhan koordinasi tersebut. Program pengawasan memerlukan kemampuan untuk komunikasi yang baik antar divisi, pengalaman identifikasi risiko dan hambatan, membuat keputusan yang tepat dan cepat.



Product Manager

Salah satu tugas dari seorang manajer produk adalah mampu menerjemahkan produk yang tepat sesuai dengan visi perusahaan dan memberikan solusi kepada pengguna dengan keterbatasan yang ada baik dari sisi sumber daya maupun waktu. Selain itu kemampuan yang perlu dimiliki adalah luwes dalam berkomunikasi, kemampuan mendengar, mempunyai kemampuan influence yang tinggi, dan kolaborasi. Tidak hanya itu, yang paling penting adalah dia perlu mengetahui bisnis dan teknis, manajemen proyek dan detail.



Strategy & Ecosystem Analyst

Merencanakan dan menetapkan strategi secara keseluruhan yang dapat membangun produk. Baik strategi yang dibangun untuk dilaksanakan perusahaan secara internal maupun analisis strategi kemitraan yang cocok bagi produk dan perusahaan.



Marketing Expert

Beberapa kontribusi dan tanggung jawab dari marketing expert adalah merancang advertising yang sesuai dengan segmen pasar, membentuk image brand sesuai dengan strategic management, maintain positioning brand dalam segmen pasar, menciptakan dan mengembangkan market untuk mencapai target dan mengevaluasi penerapan strategi serta membuat program-program baru yang dapat meningkatkan brand.



Consumer Insight Expert

Melalui kesesuaian visi perusahaan dengan rencana produk yang akan diluncurkan, tim consumer insight expert bertugas untuk melakukan analisis terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen akan produk yang dikembangkan. Kemudian melakukan testing, apakah produk tersebut diterima oleh calon pengguna dan apakah masih ada beberapa layanan yang perlu diperbaiki atau ditambahkan maupun dikurangi.



Human-Centered Designer

Tim ini memiliki tugas untuk melakukan penelitian terhadap perilaku konsumen dan merancang desain industri. Berdasarkan hasil analisis perilaku konsumen maka perusahaan dapat merancang kreasi bentuk, konfigurasi, komposisi garis atau warna atau gabungan keduanya baik berbentuk dua dimensi atau tiga dimensi yang memberikan nilai estetis pada produk yang akan dikembangkan.



Investor

Selain memberikan dana untuk keberlangsungan operasional, investor memiliki peran dalam memperluas jaringan bisnis, kreatif dan pengembangan. Dengan bantuan koneksi dari investor, bisnis yang dijalankan dapat memiliki peluang untuk masuk ke komunitas yang nantinya dapat meningkatkan nilai perusahaan melalui kerjasama – kerjasama yang dilakukan.



UX/UI Designer

Tugas utama dari seorang UX/UI desainer adalah merancang pengalaman pengguna baik desain elemen maupun alur proses dalam mengakses produk agar mudah dipahami dan digunakan. UI Desainer biasanya akan bekerja bersama dengan UX desainer atau malah keduanya adalah orang yang sama.



IT Architect

Sistem yang dibangun, diimplementasikan dan di maintain untuk menjelaskan bagaimana orgnaisasi IT dan elemen manajemen informasi bekerja sama untuk efisiensi dalam mendukung tujuan dari organisasi. Melalui Peran IT Architech dapat meningkatkan kemampuan dalam sharing dan efisiensi dalam proses untuk menghasilkan informasi, merespon perkembangan teknologi yang cepat dan mengurangi biaya.



Developer
Developer atau programmer bertugas untuk mengimplementasikan persyaratan teknis ke dalam suatu produk yang dikembangkan melalui teknologi. Melakukan pengkodean di setiap unit pemrograman, memasukkan data ke dalam database, membuat script untuk mengakses database dan menghubungkan tabel-tabel database serta melakukan uji coba kinerja program pada setiap unit pemrograman.
Diubah oleh kaskus.infoforum
Halaman 1 dari 4
kalo nasbung nastak ditempatin dmn?
Quote:
Quote:


di tengah2 lapangan..
Quote:


trus diapain mrk?
Quote:


berpelukan..
Diubah oleh sagutumbuk
Quote:


so swit dong emoticon-Embarrassment
yang paling penting itu luck
Quote:


iya ... tapi pelukannya gini wkwkwk

Keahlian yang Diperlukan untuk Sukses di Bisnis Digital
Quote:


wakwawakwaw
ya bagi mrk itu swit bgt lah emoticon-Embarrassment
Harus butuh programmer ya breeemoticon-Cendol (S)
owh bgtu toh breeee

nice info yah emoticon-Jempol
mantaf lah gan
emoticon-Hansipemoticon-Hansipemoticon-Hansipemoticon-Hansip

Wih thread yang bermanfaat gan
Diubah oleh rahmata.p
pengen ngerasain terjun didunia bisnis digital kalau buat orang awam langkah pertama gimana ya gan emoticon-Cape d...
ok mantap, cuman ribet wkwkwkwkwk
pasalnya, banyak yang keahlian pas-pasan tp sukses2 aja berbisnis di teknologi informasi
Quote:


Marketing memang sangat berperan besar untuk menuju kesuksesan emoticon-Big Grin
Diubah oleh nanaaje753
nice info gan..
jangan kaya nastak nasbung cuma ahli bacot emoticon-Betty
Mantap gan infonya emoticon-Jempol
Sekalian ane tutup pekione emoticon-Cool
Diubah oleh de.deus
investor yang penting emoticon-Wowcantik emoticon-shakehand
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di