printerqoeAvatar border
TS
printerqoe
4 Karakter yang Diharapkan Ada Pada Seorang yang Berprofesi sebagai Customer Service


Layanan pelanggan merupakan pihak pertama yang akan dihubungi bila customer mengalami kendala atau permasalahan. Untuk itulah seorang customer service perlu dibekali dengan pengetahuan mengenai layanan termasuk produk dan atau jasa yang ditawarkan. Bila Anda termasuk orang yang masih memandang sebelah mata profesi yang satu ini, sebaiknya pikir ulang sekali lagi.

Pengetahuan produk yang baik
Sebagai ujung tombak dari sebuah perusahaan maka wajar bila pelanggan menganggap bahwa customer service mengetahui segala sesuatunya mengenai produk, perkembangan transaksi, kebijakan yang berlaku di dalam sebuah perusahaan, hingga solusi yang berbeda-eda tergantung dari permasalahan yang dihadapi setiap pelanggan.  

Dan memang benar seorang customer service memang dilatih untuk menguasai hampir semua hal yang ada kaitannya dengan produk serta kebijakan perusahaan. Meski egitu dibutuhkan kerja sama juga dengan divisi lain untuk mengupdate bilamana ada hal-hal baru. Misalnya bila sedang ada promo khusus maka CS harus dilibatkan agar tidak ketinggalan info.   


Cepat tanggap
Tidak perlu menunggu hingga dering ketiga sebelum Anda menagkat telepon yang masuk. Customer sudah cukup lama teralihkan ke mesin penjawab otomatis sampai akhirnya sampai ke meja operator atau customer service. Jadi dari pada membuat pelanggan membuang lebih banyak waktu dan juga pulsa, ada baiknya Anda langsung menanggapi apa yang menjadi keluhan dan menyediakan solusi bagi mereka.   
  

Berikan bantuan meski tidak diminta
Solusi yang Anda berikan terkait dengan permasalahan dalam lingkup perusahaan memang sudah semestinya, namun bila Anda berkenan untuk menaikkan level pelayanan cobalah untuk memberi bantuan di luar 'keharusan'. Misalnya, ketika pelanggan mengeluh kan tentang produk yang tidak sesuai ekspektasi maka Anda bisa saja menawarkan untuk menggantinya dengan produk yang sekiranya cocok dengan kebutuhan pelanggan. Tentunya hal ini harus sejalna juga dengan kebijakan perusahaan ya.

Mampu memotivasi diri sendiri dan bersikap positif
Sudah bukan rahasia lagi bahwa customer service adalah tempatnya orang menerima keluhan bahkan amukan. Jadi tidak heran bila orang yang bekerja di bidang ini rentan terhadap stress dan sering merasa down. Bila ini yang  terjadi maka akan terdengan dari ucapan Anda. pelanggan di ujung telepon bisa merasakan bila Anda tidak melayaninya dengan sepenuh hati. Maka ada baiknya bila Anda meminta rehat sejenak kepada team leader, untuk menenangkan pikiran dan mengemallikan mood yang rusak. Bila perlu jangan sungkan meminta cuti satu atau dua hari untuk mengembalikan semangat kerja.


Sumber: glints.id; jadimandiri.org
Gambar: pexels

0
2.6K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan