alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Keren, spesies-spesies baru ini ditemukan di laut dalam jawa!
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b39dc33a09a39cb628b456f/keren-spesies-spesies-baru-ini-ditemukan-di-laut-dalam-jawa

Keren, spesies-spesies baru ini ditemukan di laut dalam jawa!

Keren, spesies-spesies baru ini ditemukan di laut dalam jawa!

Laut emang menyimpan banyak misteri ya gan! Dari seluruh kekayaan dan keindahan laut yang pernah kita lihat atau kita ketahui dari berbagai ekspedisi mengeksplor isi laut, diketahui kalau sebenernya baru sekitar 5% yang kita tahu dan 90% nya masih menjadi misteri dan menimbulkan tanda tanya.  Begitu juga dengan spesies hewan yang ada, masih banyak sekali spesies-spesies laut khususnya yang tinggal di laut dalam yang belum pernah kita lihat, mungkin kita berpikir kalau paus adalah jenis hewan laut terbesar yang pernah ada, namun kita belum tau mungkin saja ada mahluk yang sebenernya jauh lebih besar daripada Paus yang tinggal di lautan tapi belum pernah tertangkap oleh kamera, serem juga gan! Kebayang dong kalo agan lagi naik kapal tiba-tiba ada mahluk gede di deket kapal agan, nah ternyata kekayaan spesies laut ini juga terdapat di perairan Indonesia gan. Melalui ekspedisi bertajuk The South Java Deep Sea Biodiversity Expedition (SJADES) 2018, puluhan peneliti yang tergabung dalam Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2O LIPI) melakukan ekspedisi di laut dalam jawa dan sukses menemukan beberapa spesies baru yang bisa jadi Cuma ditemukan di laut dalam perairan Indonesia gan! Spesies-spesies diemukan di sekitaran kedalam 200-2000 meter dari 63 stasiun riset yang tersebar di laut jawa! Berikut beberapa jenis spesies laut dalam yang sukses ditemukan dalam ekspedisi SJADES ini gan!

1. Cumi-cumi Mata Juling (Histieuthidae)

Spoiler for Cumi Mata Juling:

 Yang pertama ada spesies yang biasa agan makan nih, yaitu jenis cumi-cumi. Yap, dalam ekspedisi tersebut mereka sukses menemukan sejenis cumi-cumi baru yaitu cumi-cumi mata juling yang masih satu familia dengan Histieuthidae. Sesuai namanya, yang membuat hewan bertentakel ini beda dengan jenis cumi yang lain adalah matanya yang juling dan satu mata yang lebih besar, kemungkinan mata yang lebih besar digunakan untuk mencari makan sementara mata yang juling keatas digunakan untuk melihat predator didalam air yang gelap, keren juga gan!

2.  Lobster Gergaji (Thaumastochelidae)

Spoiler for Lobster gergaji:

 Yang kedua juga satu spesies dengan makanan yang dikonsumsi manusia, yaitu lobster laut. Namun di kedalaman 500 meter selama eskpedisi, mereka sukses menemukan spesies lobster terbaru dengan kondisi capit nya yang panjang dan mirip seperti sebuah gergaji sehingga dinamakan lobster gergaji.

3. Isopoda Raksasa (Bathynomus)

Spoiler for Isopoda:

 Tau kutu kan gan? Yang biasa tinggal di rambut dan bikin gatel? Kebayang ga kalo kutu nya segeda tangan agan? Nah pada kedalaman 800 meter, Kutu atau isopoda raksasa sukses ditemukan dengan panjang sekitar 30cm gan! Nah isopoda ini berpeluang menjadi spesies baru dan menjadi spesies 3 yang ditemukan setelah 2 spesies sudah ditemukan lebih dahulu.

Selain 3 spesies ini, masih ada beberapa spesies yang ditemukan Crustacea (kepiting dan udang), Mollusca (kerang), Porifera (spons laut), Cnidaria (ubur-ubur), Polychaeta(cacing), Echinodermata (bintang laut dan bulu babi), dan berbagai jenis ikan. Hewan-hewan baru akan sangat penting terutama dalam proses penelitian mengingat evolusi dan adaptasi yang memakan waktu lama sehingga mahluk-mahluk ini mampu bertahan dan hidup di laut dalam yang memiliki tekanan air yang sangat tinggi. Namun keberlangsungan spesies ini juga terancam karena banyaknya sampah  yang ternyata tenggelam dan tertimbun di laut dalam, gak tanggung- tanggung ternyata hampir 1,6 juta kilometer persegi.! Keberlangsungan spesies ini akan sangat berbahaya jika sampah bawah laut terus bertambah, sehingga sudah tugas kita sebagai manusia untuk menjaga lingkungan mereka dengan mengurangi membuang sampah khususnya sampah bawah laut.

 
 
Halaman 1 dari 5
ane pertamax kaga nich bre emoticon-Cool
mungkin pengaruh dari reklamasi?
Quote:


Pertamax gan,selamat emoticon-Ngakak
Pejwan yah ane emoticon-Cool
Dapet pekiwan aja lumayan emoticon-Cool
mata juling bahasa inggrisnya apa ya,bree??
emoticon-pencet
isi laut aja ga bisa kita lihat semua. Apalagi Sang Pencipta.
Pulau Jawa memang oke.
Quote:


Cuma orang2nya munaemoticon-babi bre!
Diubah oleh coro.coco.dile
Lobster tukang kayu emoticon-Big Grin
Itu tau darimana sih cumi2nya juling emoticon-Wakaka
Indonesia yg maha kaya
kalo liat gitu bentuknya serem, tapi rasanya enakemoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
wow....enak gak ya?
500m udah laut dalam ya. beda dikit sama danau toba kmrn ya...
Quote:


Apaan ini tiba2 nyambung ke agama?
Ada cewek cakepnya gak gan di bawah sana?
Keren banget.
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di