alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hal Yang Harus Diperhatikan Supaya Perusahaan Berkembang dengan Baik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b39d8bade2cf2d0028b4568/hal-yang-harus-diperhatikan-supaya-perusahaan-berkembang-dengan-baik

Hal Yang Harus Diperhatikan Supaya Perusahaan Berkembang dengan Baik

Hal Yang Harus Diperhatikan Supaya Perusahaan Berkembang dengan Baik


Setiap perusahaan yang didirikan tentu memiliki tujuan untuk memperoleh laba akan tetapi tujuan perusahaan didirikan tidak hanya sampai pada seberapa banyak laba yang diperoleh oleh perusahaan. Pendiri perusahaan tentu saat mendirikan sebuah perusahaan berharap agar perusahaan yang didirikan selain memperoleh laba yang tinggi juga ingin agar perusahaan ini bisa tumbuh dan berkembang sehingga umur perusahaan ini bisa panjang.

Lantas kemudian yang jadi pertanyaan adalah bagaimana agar perusahaan ini tetap bisa tumbuh, berkembang dan bertahan lama?

Menurut pendapat saya ada 6 hal yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan jika perusahaan tersebut ingin meraih kesuksesan dalam arti lain yaitu bisa tumbuh, berkembang dan bertahan lama. Enam langkah itu antara lain :

Memiliki tujuan yang jelas
Perusahaan harus memiliki visi dan misi yang jelas tidak ambigu dan tidak sulit pahami. Jika perusahaan memiliki visi misi yang jelas maka ada panduan dan tujuan yang jelas untuk di capai oleh perusahaan. Jika sebuah perusahaan tidak memiliki tujuan yang jelas maka perusahaan tidak akan pernah menjadi pemimpin di dalam lingkungannya, perusahaan seperti itu hanya akan menjadi follower dan tak akan bertahan lama.

Mampu mengkomunikasikan tujuan dan strategi perusahaan kepada para karyawannya
Perusahaan yang ingin mencapai tujuan perusahaan maka setiap pemimpin di dalam perusahaan harus mampu mengkomunikasikan secara gamblang apa yang menjadi tujuan dan strategi perusahaan kedepan. Karena jika para karyawan tidak mengetahui secara jelas apa yang menjadi tujuan perusahaan, karyawan tidak akan mengerti apa yang harus mereka lakukan dalam membantu perusahaan mencapai tujuannya. Proses mengkomunikasikan tujuan perusahaan kepada setiap karyawannya buka hanya sekedar menyampaikan informasi kemudian selesai, tetapi perusahaan harus mampu menempatkan tujuan perusahaan sebagai tujuan bersama seluruh karyawan yang ada di sebuah perusahaan. Bagaimana cara agar setiap karyawan bisa memiliki rasa kepemilikin terhadap peruaahaan dan menjadikan tujuan perusahaan menjadi tujuan bersama yaitu dengan cara melibatkan karyawan dalam setiap penyusunan strategi, menerima masukan dan kritikan dari karyawan serta melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan.

Mengetahui Sumber Daya yang dimiliki secara jelas
Perusahaan harus mengetahui sumber daya apa saja yang ia miliki dalam mencapai tujuannya. Perusahaan yang mengerti sumber daya apa yang ia miliki maka perusahaan akan mengetahui apa yang menjadi kelemahan dan kekuatan perusahaan. Perusahaan yang memahami apa yang menjadi kekuatan dan kelemahannya bisa menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan. Serta bisa memperbaiki, mengembangkan atau menutupi kelemahan perusahaan. Bagaimana perusahaan dapat menciptakan peluang dan menangkap peluang yang baik bagi perusahaan jika perusahaan sendiri tidak memahami secara jelas sumber daya yang dimilikinya.

Mengetahui dengan baik lingkungan industrinya
Perusahaan yang tumbuh berkembang dan berumur panjang adalah perusahaan yang mengerti lingkungan bisnisnya seperti apa. Mengerti pesaingnya dengan baik, mengerti apa yang menjadi kebutuhan konsumennya. Maka perusahaan akan mampu menyusun langkah apa yang harus dibuat untuk tetàp bisa bertahan dan menjadi leader. Perusahaan harus mampu mengidentifikasi setiap tantangan dan peluang yang di dapat oleh perusahaan sehingga perusahaan dapat dengan segera menyesuaikan diri.

Mampu melihat kesempatan dan memanfaatkanya
Jika perusahaan memahami dan mengerti dengan jelas lingkungan bisnisnya seperti apa,  memahami bagaimana karakteristik konsumennya dan mengerti apa yang dibutuhkan konsumen kedepan, perusahaan akan mampu menjadi leader dan memiliki pangsa pasar yang luas. Ketika perusahaan mengetahui bagaimana karakteriatik dan kebutuhan konsumen seperti apa maka ini menjadi peluang yang besar bagi perusahaan. Tetapi hal ini bergantung pada sikap perusahaan apakah perusahaan mampu memanfaatkan kesempatan ini dengan baik atau tidak.

Adaptasi terhadap perubahan
Di Era Globalisasi perubahan terjadi sangat cepat sehingga menimbulakn ketidak pastian, kemajuan dalam  bidang teknologi juga sangat menentukan keberlangsungan hidup sebuah perusahaan. Perusahaan yang mampu beradaptasi dengan perubahan maka itulah yang akan menjadi pemenang. Menyesuaikan diri dengan lingkungan bisa dilakukan dengan cara memperbaharui apa yang sudah ada di dalam perusahaan atau perusahaan bisa mengadaptasi dari perusahaan lain bagaimana dia bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya, tentu dalam proses mengadaptasi dari perusahaan lain tidak serta merta diadaptasi secara penuh akan tetapi di cocokan dengan budaya perusahaan. Selain memperbaharui dan mengadaptasi perusahaan juga perlu membuat suatu cara, ide atau gagasan baru bagaimana langkah yang harus dihadapai dalam menghadapi setiap perubahan.

Menurut saya enam hal diataslah yang patut menjadi perhatian perusah


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di