alexa-tracking

Kemendagri: Pemenang Pemilu Tersangka Bukan Masalah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b39881adbd77024288b456c/kemendagri-pemenang-pemilu-tersangka-bukan-masalah
Kemendagri: Pemenang Pemilu Tersangka Bukan Masalah
Kemendagri: Pemenang Pemilu Tersangka Bukan Masalah

Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tidak mempermasalahkan calon kepala daerah (cakada) berstatus tersangka, yang unggul dalam hitung cepat KPU. Pemerintah tetap akan melantik cakada meski berstatus tersangka.


'Bagi Kemendagri tidak ada persoalan, karena sudah diatur dalam UU. Pelaksanaan pelantikan cakada berstatus tersangka bukan berarti kemampuan kemendagri tapi karena perintah UU,' kata Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Bahtiar dalam program Prime Time News Metro TV, Minggu, 1 Juli 2018.


Bahtiar mengatakan, cakada tersangka yang terpilih akan tetap dilantik resmi, namun saat itu juga akan diberhentikan. Hal itu sebagaimana dijelaskan dalam UU No. 10 Tahun 2016 pasal 163 dan 164.


'Pasal 163 ayat 8 berbunyi, gubernur dan atau calon wakil gubernur terpilih ditetapkan menjadi terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, yang bersangkutan tetap dilantik saat itu juga diberhentikan. Ini berlaku juga untuk bupati dan walikota yang diatur pada pasal 164,' jelas Bahtiar.


Baca: Cakada Terpilih Berstatus Tersangka Korupsi Tetap Dilantik


Saat disinggung Kemendagri yang harus menyiapkan Pelaksana Tugas (Plt), dia bilang, hal itu sudah menjadi standar baku dalam UU pemerintahan daerah. Bahtiar mengklaim selama ini penunjukan Plt saat cakada tersangka tak pernah dipersoalkan.


'Masa jabatan pemerintah daerah itu kan lima tahun, tidak boleh dikurangi atau ditambah satu hari. Pasal 201 disebutkan, untuk gubernur atau wagub dipilih dari eselon 1, atau pejabat tinggi madya. Kalau untuk bupati wali kotanya atau wakil bupati wali kotanya dari pejabat tinggi pratama atau eselon 2,' jelas Bahtiar.


Untuk diketahui, dua calon kepala daerah berstatus tersangka unggul dalam hitung cepat versi KPU. Cagub Maluku, Ahmad Hidayat Mus saat ini diketahui berstatus tersangka kasus dugaan korupsi APBD Kabupaten. 


Sementara, calon bupati (cabup) Tulungagung Syahri Mulyo terkait kasus dugaan suap pembangunan peningkatan jalan pada Dinas PUPR kabupaten Tulungagung

Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...-bukan-masalah

---

Rerensi bacaan berita terpercaya... anti hoax, kami tunggu ulasan berikutnya
metro mantap
×