alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Militer Prancis Tertawakan Ide Pasukan Gabungan Eropa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b37a8f2d44f9f0b388b4567/militer-prancis-tertawakan-ide-pasukan-gabungan-eropa

Militer Prancis Tertawakan Ide Pasukan Gabungan Eropa

Militer Prancis Tertawakan Ide Pasukan Gabungan Eropa


JakartaGreater.com – Pembentukan pasukan gabungan militer Eropa kini kembali menjadi agenda, setelah pembicaraan antara Presiden Prancis Emmanuel Macron serta Kanselir Jerman Angela Merkel, seperti dilansir dari laman Sputnik.

Sementara pejabat tinggi militer Prancis telah menyatakan bahwa banyak kemajuan telah dilakukan mengenai masalah ini, menurut profesor Christophe Reveillard asal Prancis dan mengatakan bahwa itu hanya menjiplak sistem NATO.

Setelah pembicaraan antara pemimpin Prancis dan Jerman berakhir pada 19 Juni, menteri pertahanan Prancis Florence Parly, menyatakan ada kemajuan dalam membangun sistem pertahanan bersama Eropa.

Namun ilmuwan Po and Sorbonne, Profesor Christophe Réveillard, telah membalikkan klaim optimisnya, mengatakan bahwa konsep tentara gabungan Eropa tersebut tidaklah asli dan hanya akan menyalin dokumen NATO

Menurut cendikia tersebut, program yang ada saat ini dapat disebut sepenuhnya Eropa, karena mereka menyiratkan kerjasama di antara empat negara. Reveillard mengatakan kepada Sputnik bahwa rencana produksi industri pertahanan tidak berlaku untuk seluruh Uni Eropa.

“Apa yang disebut sebagai proyek Eropa adalah proyek yang melibatkan maksimal empat negara, karena hanya ada beberapa negara di Eropa yang memiliki kompleks militer yang cukup kuat”, katanya kepada media.

Sarjana Perancis tersebut juga membantah klaim mengenai strategi bersama Eropa, yang menyatakan bahwa Uni Eropa tidak dapat menyusun rencana tersebut.

“Strategi yang diusulkan adalah menyalin strategi Javier Solana, yang sebenarnya hanya merupakan copy-paste NATO. Jika Anda membangun sistem pertahanan, Anda harusnya menyusun strategi terlebih dahulu. Dan kita tidak memilikinya”, terang Reveillard kepada Sputnik.

Profesor itu menyebut bahwa proposal tersebut hanya “setengah-setengah” dan “sebuah taktik”, menunjuk pada peraturan operasi tempur.

“Satu-satunya proposal berharga yang memiliki kekuatan serangan 50.000 pasukan telah memudar, karena kehilangan dukungan dari Uni Eropa, tetapi ini diadopsi kemudian oleh NATO, yang telah menerapkannya”, menurut pendapat cendekiawan itu.

Reveillard mengatakan bahwa militer Prancis merasa skeptis tentang gagasan pasukan gabungan tersebut.

“Ketika Anda bertanya kepada militer Prancis, ikut ambil bagian dalam operasi luar negeri dengan pasukan seluruh Eropa, dengan mempertimbangkan bahwa lima dari 10 operasi ini akan bekerjasama dengan NATO, mereka tertawa dihadapan Anda. Mereka pun bertanya kenapa perlu sistem pertahanan Eropa jika apa yang kita lakukan dalam NATO berhasil. Apa tujuannya jika itu akan berubah menjadi lebih buruk daripada kerjasama dengan Uni Eropa dan tentara Eropa yang tidak terkoordinasi”, tutupnya

https://jakartagreater.com/militer-prancis-tertawakan-ide-pasukan-gabungan-eropa/

Wkwkwk lucu ni France. German aja skarang militernya mati suri. nyediain dana buat militernya untuk keperluan pertahanan aja susahnyaa minta ampun apalagi diajak buka aliansi baru untuk eropa.

Pantas aja trump marah sama eropa. Egois tinggi tp duit militer sekarat. Disuruh nambahin duit patungan untuk NATO aja alasannya banyak bingit.

Ni marcon lupa sejarah kah ?

Militer Prancis Tertawakan Ide Pasukan Gabungan Eropa
Nunggu om methadone500mg bawa klipingan saktinya
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
Geng pertahanan..
Geng ternyata gak hanya di jalanan,di militer internasional sudah sejak lama terbentuk geng pertahanan..
Giliran perang pasti keroyokan
Besok muncul tentara gabungan Arab...tentara gabungan Asia...tentara gabungan Afrika dll
Udah itu mulai lah saling unjuk kekuatan dan akhirnya perang masal..

NATO, Pakta Warsawa , CSTO , Blok barat, Blok timur, Koalisi Arab, Commonwealth dll..

Perancis..??
Eropa ??

Eropa sudah males perang.
Beratus tahun sudah negara negara Eropa sejak jaman Pejuang Viking ,Kaisar Romawi,Spartan Yunani, hingga NAZI Jerman berperang.
Kemajuan di eropa ternyata bisa diraih setelah perang usai.

Itu makanya Eropa sudah ogah berperang.
Bahkan dalam perang teluk pun..Perancis adalah salah satu yang menarik dukungannya pada pasukan multinasional.

Yang tersisa saat ini hanyalah ambisi US yang melibatkan Eropa dengan iming iming jaminan keamanan dari NATO.
Nampaknya Eropa mulai berpikir,alih alih keamanan,malah anggaran yang jebol demi ambisi perang US.
Nyatanya negara eropa jarang berkonflik.
Hanya US lah anggota NATO yang paling banyak terlibat perang dimana mana dan itupun karena kepentingannya sendiri.
Diubah oleh EVANZSKO
Kreatif juga . Jd anggaran tiap negara eropa bisa untuk hal2 yg berhubungan dgn kesejhtraan hidup..
si macron berasa sudah hebat
perancis ditangan macron tak lebih dari kaki tangan leftis. simacron berusaha melepas perancis dari bayangan amerika.

tanpa dia sadari dia sedang membawa perancis pada jurang terjal yg berisi buaya

- jurnalis foxnews
Aneh yah orang Eropa sekarang mau bikin blok sendiri...emoticon-Hammer
HHmm padahal mereka belum tentu mau nimbrung dana buat pertahanan regional ..emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Perancis sudah nga doyan perang???
negara eropa yang sampai saat ini masih suka kirim pasukan perang ke luar negeri itu Perancis.

sampai sekarang tentara perancis masih ikut perang

lahan mainnya perancis itu negara-negara afrika
perang dengan boko haram, al shabab dll itu tentara perancis turun tangan bukan amerika.

tentara perancis sekarang aktif berada di Mali, Niger, Somalia, Central Afrika, Pantai Gading dan merek bukan jadi pasukan penjaga perdamaian disana. pokoknya setiap ada pemberontakan di Afrika apalagi afrika barat, hampir selalu tentara perancis turun tangan.
Diubah oleh 0land
Quote:


Ntah ya ..
Tapi yg gue lihat,peran perancis di afrika seperti sudan ,resminya lebih banyak dalam memadamkan pemberontakan karena wilayah itu adalah koloni perancis.
Artinya konflik ini sebetulnya kurang tepat bila menjadi urusan aliansi seperti NATO karena tidak sesuai dengan pakta NATO yaitu serangan pada satu anggota adalah serangan pada seluruh anggota NATO.
Pada nyatanya tidak ada negara NATO yang diserang karena pemberontakan bukan termasuk serangan.

Lain lagi dengan keterlibatan NATO di timur tengah yang betul betul menguras dana NATO,tapi kepentingannya lebih banyak demi US dan lagipula bukan koloni US ataupun perancis.
Singkatnya,perancis menghadapi pemberontakan di koloninya,sedangkan NATO di timur tengah hanya perpanjangan tangan US yang bahkan bukan koloninya.
Gue ngelihat ada beda kepentingan dimana peran perancis di afrika berpotensi keuntungan,sementara peran perancis di NATO dalam konflik arab malah menghamburkan anggaran.
Dan selama ini yang mengincar dunia arab hanya US.
Kepentingan eropa di sana sangat kecil dan keterlibatannya hanya karena beban kewajiban sebagai anggota NATO.
Hal ini yang mungkin dirasa merugikan bagi eropa sehingga terpikir membuat pasukan gabungan eropa.
Tapi alih alih membuat aliansi pasukan baru,perancis lebih memilih mengefisienkan NATO.
Diubah oleh EVANZSKO
Quote:


Indonesia gabung koalisi mana gan.. emoticon-Malu
Quote:


Indonesia non blok gan..
Sesuai pilihan politik bebas aktif,tidak memihak blok manapun serta aktif mewujudkan perdamaian dunia.
Quote:


ohh... masuk koalisi non blok ya
Quote:


Betul gan..
Karena negara negara Non blok juga membentuk satu perkumpulan yang terdiri dari negara negara bekas terjajah dan yang menentang kolonialisme.
Domba kulit putih, udah lelah bergenosida

emoticon-Hammer2
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 03
Quote:


indon blok hamas eh.. pro-palywood.. eh salah lagi.. pro falestina maksud ana, pokoknya pro-seimin yg didiskriminasikan atau bergejolak (libya, iraq, rohingya) emoticon-Shutup
Diubah oleh tiyorahmat
Quote:


Quote:


Sebetulnya Indonesia tidak pro Arab.
Yang menjadikan Indonesia terkesan pro arab terutama adalah karena adanya solidaritas "identitas" dari kaum mayoritas disini.

Perspektif dukungan Indonesia pada Palestina tidak bisa disamakan dengan perspektif solidaritas "identitas" dari kaum mayoritas disini.
Dukungan Indonesia pada Palestina adalah karena Indonesia menganggap Palestina dijajah oleh Israel,meski pada kenyataanya Israel tidak merasa pernah menjajah Palestina.
Namun berangkat dari perspektif dan kesimpulan itu,kembali lagi...Indonesia sebagai negara dengan politik Bebas Aktif dan menentang penjajahan di atas dunia,maka Indonesia mengambil sikap mendukung kebebasan dan kemerdekaan Palestina.

Untuk konflik negara Arab lainnya seperti Irak,Iran,Lebanon dan Suriah,Indonesia tidak terlalu mencampurinya karena status perangnya bukan penjajahan.
Sikap yang terjadi seolah Indonesia berpihak pada pada negara negara tersebut lebih dikarenakan solidaritas "identitas" yang terjadi dari masyarakat mayoritas karena di setiap konflik negara arab,rata rata ada intervensi Amerika Serikat dan Rusia.
Sikap tersebut bukanlah mewakili sikap pemerintah Indonesia,melainkan sikap solidaritas "identitas" masyarakat mayoritas di negara ini.
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 03
Quote:


rakyat indonesia mengutuk serbia hanya karena serbia pernah terlibat urusan konflik internal balkan dengan bosnia dan albania (seimin lagi kah?). padahal serbia adalah pencetus gerakan non-blok emoticon-Traveller
Quote:


Pertama...
Indonesia menganggap kemerdekaan Israel tidak memenuhi syarat negara merdeka dari segi wilayah,karena Indonesia menganggap Israel mencaplok wilayah Palestina yang hari demi hari semakin meluas di tanah yang di klaim sebagai kelahiran warga Palestina.
dan menganggap Palestina sebagai negara yang sedang dijajah

Btw..gue gak memihak Palestina atau Israel,hanya realitanya Indonesia bersikap demikian adanya karena pandangan Palestina sedang dijajah itu ditambah lagi solidaritas "identitas" yang mengesankan Indonesia begitu kuat mendukung Palestina.
Israel sendiri tidak merasa menjajah Palestina.
Quote:


Secara umum Rakyat ya...bukan pemerintah Indonesia

Betul..
karena solidaritas "identitas" pada mayoritas etnis bosnia yang dibantai pasukan dan penguasa Serbia saat itu Radovan Karadzik.

Tapi demikian juga pemerintah Indonesia menentang kekejaman dan pembantaian yang merupakan kejahatan perang dari sisi kemanusiaan non politis.
Diubah oleh EVANZSKO
Quote:


nyimak aja gan.
Indonesia non blok, teorinya

Realitasnya. Proyeksi musuh nya malaysia sama china

So , kalo indonesia diserang china , tetep aja yang mau dimintai bantuan ,dan mau mintain bantuan ya non other than USA
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di