alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / ... / Ngampus di KASKUS /
Mahasiswa, Jangan Takut Berorganisasai !
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b37489c1a997575378b4568/mahasiswa-jangan-takut-berorganisasai

Mahasiswa, Jangan Takut Berorganisasi !

Mahasiswa, Jangan Takut Berorganisasai !Secara Etimologi organisasi berasal dari kata organ yang berarti struktur atau susunan tubuh yang terdiri dari kepala, badan dan kaki. Sedangkan secara Terminologi organisasi adalah perkumpulan dua orang atau lebih yang memiliki tujuan tertentu. Organisasi merupakan suatu perkumpulan yang berstruktur, maksudnya didalam organisasi ada struktur-struktur yang jelas seperti ketua, wakil bendahara,sekretaris, anggota,dll. Didalam organisasi kita bisa belajar kepada mereka yang tau lebih dulu akan suatu hal.  Suatu organisasi dibentuk karena orang-orang yang berada didalamnya memiliki sebuah tujuan tertentu yang ingin dicapai bersama-sama. Seorang mahasiswa hendaknya aktif dalam organisasi kampus, karena organisasi adalah salah satu wadah mahasiswa, yang mana mereka mampu menuangkan ide-ide kreatifnya sebagai pemuda penerus bangsa. Organisasi adalah salah satu tempat mahasiswa dapat berkumpul dan bertukar pikiran. Mungkin ada banyak organisasi dikampus, namun sebaikanya jika kita ingin masuk organisasi kita sesuaikan dengan passion yang ada dalam diri kita. Agar kita mampu menjiwai dan serius dalam organisasi yang kita masuki.
                Mahasiswa berbeda dengan siswa, mereka akan lebih dituntut tentang kedewasaan berpikir dan bertindak. Mahasiswa berada pada level yang lebih tinggi dari siswa yang tentunya akan banyak perbedaan diantara keduanya. Mahasiswa memiliki tanggung jawab yang lebih besar daripada siswa, mahasiswa harus lebih peka terhadap keadaan lingkungan sekitar, keadaan teman, masyarakat, maupun bangsa dan negara. Disinilah peran suatu organisasi sangat dibutuhkan, dalam organisasi mereka akan diajarkan menjadi insan yang bertanggung jawab akan setiap keputusan ataupun perbuatan yang dilakukan, mereka akan diajarkan bagaimana cara menghargai perbedaan pendapat, bagaiman cara bermusyawarah, demokrasi dalam pengambilan keputusan, dan mufakat dengan keputusan yang diambil secara bersama-sama karena mereka memiliki satu tujuan yang sama.
                Bagi mahasiswa, salah satu lingkungan hidupnya dalah kampus. Di kampus inilah mereka menuntut ilmu, namun bukan hanya menuntut ilmu diperkuliahan tetapi juga untuk bersosialisasi dan berorganisasi. Karena dalam berorganisasi mereka dilatih kepemimpinan, karena pada dasarnya setiap manusia adalah pemimpin, minimal memimpin diri sendiri dan kehidupannya sebelum mereka mencoba memimpin yang akan memberikan pengaruh kepada orang lain. Dalam berorganisasi kita juga dapat memperluas pergaulan, meningkatkan wawasan, belajar manajemen waktu, manajemen organisasi, public speaking dan membentuk pola berpikir yang baik bagi mahasiswa. Meskipun berorganisasi kita harus mampu menyeimbangkan antara organisasi dan akademik, jangan sampai prestasi akademik menurun karena kita tidak ampu membagi waktu dengan baik.
Mahasiswa adalah agent of change yang berarti mahasiswa harus mampu membuat gebrakan-gebrakan perubahan untuk bangsa ini menjadi lebih baik. Kita harus mampu menjadi mahasiswa yang berkwalitas, karena pemuda adalah investasi negeri ini yang ditunggu-tunggu inovasi dan ide-idenya untuk membuat indonesia yang berkemajuan. Apalagi seorang mahasiswa harus lebih unggul dari mereka yang belum berkesempatan disebut sebagai mahasiswa. Seharusnya kita sebagai mahasiswa harus merasa lebih bersyukur dan beruntung mendapat sebutan mahasiswa. Jadi kita harus menunjukkan eksistensi kita sebagai pemuda yang mendapat sebutan mahasiswa untuk mampu membuat perubahan yang lebih baik lagi. Organisasi adalah pondasi awal atau dasar untuk memulai ini semua. Jadi, kalian mahasiswa jangan takut berorganisasi dan tunjukkan bahwa sampai saat ini mahasiswa masih hidup. Organisasi tidak lebih mudah tapi pasti lebih berkah dan bermanfaat, karena kita telah mencoba bergerak disaat yang lain masih duduk ditempat yang sama menunggu perubahan tapi kita dalam organisasi sudah bergerak untuk membuat perubahan. Jadilah mahasiswa tangguh yang tidak cepat goyah akan peradaban zaman yang semakin hari semakin digerus tehnologi. Jangan hanya menjadi robot dinegeri sendiri, tapi jadilah bagian dari pencipta dan penggeraknya. Mahasiswa! Bangkit dari zona nyamanmu dan mulailah berproses serta menjadi bagian dari sebuah organisasi.
(Oleh     : Lusi Ningtias R/Mahasiswa Ilmu Komunikasi/Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)






Diubah oleh: lusiningtias287
Urutan Terlama
mantap bener banget sih ini
Tapi terkadang karena organisasi, kuliah bisa terlupakan hingga molor bertahun tahun. Karena doktrinasi dari Organisasi tsb emoticon-Turut Berduka


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di