alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Rajin Olahraga, Tubuh Kekar, dan Baru Berusia 40-an, Kok Bisa Kena Stroke?
4.67 stars - based on 15 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b34afa71854f7f6788b457f/rajin-olahraga-tubuh-kekar-dan-baru-berusia-40-an-kok-bisa-kena-stroke

Rajin Olahraga, Tubuh Kekar, dan Baru Berusia 40-an, Kok Bisa Kena Stroke?

Rajin Olahraga, Tubuh Kekar, dan Baru Berusia 40-an, Kok Bisa Kena Stroke?

Ada beberapa teman Ane, baru berusia kepala 4, bahkan ada yang masih 30-an yang terkena stroke. Padahal dalam keserian, mereka rajin berolahraga, sehingga tubuh mereka terlihat kekar dan segar bugar. Namun tiba-tiba saja, ketika beraktivitas mereka terjatuh, lalu dibawa ke Rumah Sakit dan divonis oleh dokter terkena serangan stroke.

Kalau sudah berusia 60-an sih rasanya tidak aneh lagi, tapi kalo masih kepala 4 ke bawah, maka perlu dipertanyakan sebab-sebabnya.

Sebelum tahun 2000, rasanya sangat jarang ada orang yang terkena penyakit ini. Kalaupun ada, biasanya adalah orang yang sudah berusia 60 tahun ke atas. Maka tidak heran jika orang-orang dahulu banyak yang berusia panjang, antara 70-90 tahun.

Secara medis disebutkan salah satu penyebab terjadinya stroke adalah kolesterol (yang jahat). Kolesterol yang tinggi mengakibatkan aliran darah tidak lancar. Aliran darah yang tidak lancar bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, pecahnya pembuluh darah, dan serangan jantung, serta rusaknya sel-sel tubuh yang kurang mendapat suplai oksigen, akibat kurangnya aliran darah yang membawa oksigen tersebut. Nah, jika terjadi kekurangan suplai oksigen ke otak atau pecahnya pembuluh darah di otak, itulah yang menyebabkan terjadinya stroke total, yaitu seluruh anggota tubuh menjadi lumpuh.

Pertanyaannya sekarang, mengapa kolesterol bisa tinggi di dalam tubuh? Bukankah tubuh mempunyai sistem metabolisme yang mengatur dan menyerap setiap makanan yang masuk menjadi hal-hal yang bermanfaat untuk tubuh, dan membuang ampas (sisa) makanan menjadi kotoran?

Ane bukan dokter atau praktisi kesehatan yang mengerti sepenuhnya tentang seluk beluk penyakit dan sistem pencernaan.

Namun berdasarkan beberapa referensi yang Ane baca, ditambah hasil analisis Ane, barangkali inilah di antara penyebab menumpuknya kolesterol tersebut:


1. Makanan/Minuman yang Mengandung Bahan Pengawet

Rajin Olahraga, Tubuh Kekar, dan Baru Berusia 40-an, Kok Bisa Kena Stroke?

Namanya juga pengawet, meski sudah ditelan tetap saja ia awet, sehingga sistem metabolisme tubuh tidak bisa sepenuhnya mengurai/menyerap benda yang berpengawet tersebut. Misalnya makanan yang mengandung lemak yang seharusnya bisa diolah oleh tubuh menjadi energi, namun karena mengandung pengawet, ya tetap saja ia berwujud lemak. Dan lemak ini tentu saja akan mempengaruhi aliran darah.

Orang-orang sekarang banyak yang menghindari makanan yang berminyak/berlemak karena takut kolesterol tinggi. Tapi orang-orang dahulu hampir setiap hari makan makanan yang berlemak, seperti gorengan dan kuah bersantan, namun sangat jarang mereka mengalami kolesterol tinggi. Hal itu mungkin karena lemak yang mereka konsumsi tanpa pengawet sehingga tubuh bisa mengolahnya sebagaimana mestinya.


2. Pupuk Buatan

Rajin Olahraga, Tubuh Kekar, dan Baru Berusia 40-an, Kok Bisa Kena Stroke?

Saat ini, banyak hal-hal yang bersifat instan. Bukan hanya makanan, tapi juga tumbuh-tumbuhan dan hewan. Beberapa sayuran, ada yang sudah bisa dipanen walau baru sebulan ditanam. Begitu juga dengan hewan, baru 40 hari sudah bisa disembelih dan dikonsumsi. Ini semua karena adanya pupuk dan pakan buatan yang membuat semuanya bisa tumbuh dan berkembang secara instan. Tentu saja pupuk/pakan buatan itu mengandung zat yang baik bagi tanaman/hewan, tapi menjadi racun bagi tubuh.

Dibanding orang-orang dahulu, rasanya orang sekarang makanannya lebih memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna, dengan porsi yang semestinya, serta makan secara teratur. Sedangkan orang dulu, makan apa saja tanpa memperhatikan unsur gizi, tapi mereka jarang sakit. Ini mungkin karena mereka makan makanan yang alami, tanpa bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.


3. Obat-obatan

Rajin Olahraga, Tubuh Kekar, dan Baru Berusia 40-an, Kok Bisa Kena Stroke?

Obat memang diperlukan untuk mengobati penyakit. Tapi, obat juga mempunyai beberapa efek samping jika digunakan secara berlebihan atau tidak sesuai resep dokter, sebab pada dasarnya obat adalah “racun” sebagaimana insektisida untuk membunuh serangga dan dan mematikan rumput. Pemakaian obat yang berlebihan, bukan hanya penyakitnya yang mati, tapi anggota tubuh juga bisa mengalami kerusakan seperti hati dan ginjal.

Orang-orang dulu, kalau hanya sakit kepala, paling-paling dipijat. Tapi sekarang orang lebih memilih minum obat yang lebih praktis dan mudah didapat di pasaran. Sakit kepala mungkin segera hilang, tapi efek jangka panjangnya kadang tidak disadari.
***
Itulah tiga sebab menurut versi Ane mengapa orang muda sekarang sudah bisa terkena stroke. Lalu bagaimana menurut GanSis?(*)
Spoiler for Referensi:

Quote:
Diubah oleh Aboeyy
Halaman 1 dari 10
Reserved
PAGE ONE DULU emoticon-Ngakak
Vitamin buat hewan ternyata bisa menjadi racun buat manusia... Serem uga

Tuh kan....jgn mengkonsumsi makanan/minuman berpengawet.....

Ngopi itu bukan yg sachetan....
Tapi dari buah yg sortiran dgn proses yg benar....

Rajin Olahraga, Tubuh Kekar, dan Baru Berusia 40-an, Kok Bisa Kena Stroke?
Diubah oleh 0raurus
ngeri gan masa muda kena stroke emoticon-Takut
Beban kerja dengan waktu yg rapat, dengan kubikal lingkungan kurang memadai akan menimbulkan stress yg kerap diderita kawula muda era milenial emoticon-Bingung emoticon-Ngakak
iya setuju sama pemikiran TS ,. gaya hidup jaman sekarang jauh dari kata sehat dan menyehatkan,.
amit2 dahh jauh2 dr penyakit2 bgni emoticon-Takut (S)
Sehat tapi ngopi gulanya ++ percuma buang duit aja
penyakit mah ga pilih2 orang emoticon-Ngakak (S)
Pernah kena stroke ringan, tiba-tiba bangun tidur badan sebelah langsung pada kaku.
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Quote:


Yoi bro, siapapun bisa sakit. Moga kita selalu sehat.

Quote:


Moga sehat selalu gan.
ngeri gan klo baca2 ttg penyakit,
ane aja walaupun masih merasa sehat sekarang udh mulai jauhin mie instant, gula, makanan2 manis, bahkan teh manis pun ane ga minum gan, seminggu paling cm 1x aja
ane mulai rutin konsumsi buah2an tiap hari gan, walaupun cm jeruk isi 6 biji di minimarket 15rb untuk 2 hari.
ane mikirnya ini investasi kesehatan gan, gpp tiap 2 hr ada pengeluaran 15 rb buat beli jeruk asalkan demi kesehatan.
smg kita selalu diberi kesehatan gan. amien
Yaa meskipun tujuannya baik, tapi susah diterima gan, karena opini agan pure opini, tanpa dasar nih, . .paling ga yaa adalah dasarnya dari penelitian siapa gitu. .atau data statistik dari media yg terpercaya. .
Ane kopi aja nanem sendiri
Sayuran nanem sendiri
Ikan tinggal ambil di kolam
Ayam tinggal tebas
Satu2nya yg ane beli cuma rempah2 , garam, sama gula

Bini paling anti dengan msg
Tiap hr ane suruh nenggak jus sayuran dan buah
Quote:


Mie instan paling susah
Nikmat banget soalnya

Kalau mau sehat, mix tiap hari gantian antara pepaya, pisang dan jus wortel (ini udh komplit bgt)

Ane tiap hr selalu dicekokin itu sama bini, malah bini lebih ekstrim sampai nenggak jus mengkudu
Diubah oleh penyembahbohlam
Hindari makanan Instan. emoticon-Jempol
Quote:


zaman sekarang konsumsi buah buahan juga tidak menjamin karena ada insektisida di sana emoticon-Ngakak (S)
kalo ane lagi kena kanker gan

kantong kering bhahaha
Halaman 1 dari 10


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di