CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mari Kenalan Dengan Koleksi Lensa Macrophone Ane
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b2c7ad4a09a39b8238b4568/mari-kenalan-dengan-koleksi-lensa-macrophone-ane

Mari Kenalan Dengan Koleksi Lensa Macrophone Ane

Mari Kenalan Dengan Koleksi Lensa Macrophone Ane

Koleksi Lensa Macrophone Ane

Waktu pertama kali pegang hp android ane jadi cukup aktif di media sosial, khususnya facebook. Tahun 2013 akhir sampai awal 2014 banyak grup yang ane masuki untuk mencari informasi dan menyalurkan hobi. Salah satunya adalah grup Macrophone Photography.

Sekilas tentang grup ini, seperti namanya "Macrophone" tujuan utama dari grup yang memiliki anggota 18.010 orang ini adalah mewadahi penggiat fotografi yang "bersenjatakan" ponsel mereka. Lebih spesifiknya penggiat fotografi macro yang memanfaatkan kamera ponsel. pengelola grup Macrophone Photography saat ini adalah Kang Okqy yang tinggal di Bandung Jawa Barat. Untuk menyeragamkan foto yang diunggah, ada daily theme sebagai aturan dasar yang wajib diketahui oleh setiap anggotanya.

Kesukaan pada dunia fotografi macro dimulai sejak SMP karena melihat karya-karya anggota komunitas fotografi di kota tempat ane tinggal. Setelah bergabung grup ini akhirnya sedikit-sedikit ane bisa menyalurkan kesukaan itu.

Melalui grup ini ane jadi tabu ada alat bantu yang bisa memanipulasi kamera ponsel dan menjadikan nya kamera macro. Karena pada umumnya jarak fokus kamera ponsel adalah sekitar 1 sampai 2 meter, maka sulit untuk mengambil foto macro tanpa alat bantu lain nya. Alat bantu yang terkenal dan menjadi standard untuk mengambil foto macro lewat kamera ponsel adalah lensa kamera prosumer atau biasa disebut lensa bongkaran (lensbong)

Dengan usaha dan modal yang mencukupi, lensa kamera prosumer tadi bisa dimodifikasi seperti menggabungkan dua lensa prosumer dan satu lensa fotokopi sebagai penetralnya.

Dan berikut ini adalah beberapa koleksi lensa bongkaran milik ane

Lensa Bongkaran Kamera Prosumer Ukuran 4,5mm


Spoiler for lensa 4,5mm:


Lensa bongkaran berdiameter paling besar ini digunakan untuk memotret objek yang cukup besar. Karena hasil foto menggunakan lensa ukuran 4,5mm akan memiliki Depth of Field besar atau fokus yang lebih besar dan merata. Juga jarak fokus dari kamera ke objek jadi lebih jauh. Lensa ini sangat disarankan untuk pemula, karena tantangan paling besar dari fotografi macro adalah membuat objek foto tetap pada tempatnya, apalagi hewan.

Dengan jarak yang jauh antara kamera dan objek, maka kita bisa leluasa membuat objek menjadi tenang dan leluasa untuk mengambil gambar. Satu hembusan nafas yang cukup keras saja bisa membuat objek shaking, bahkan sampai kabur.

Contoh objeknya adalah capung, kupu-kupu, roberfly, bunga, mainan dan sebagainya.

Lensa Bongkaran Kamera Prosumer Ukuran 4mm


Spoiler for lensa 4mm:


Sedikit lebih pendek ukuran nya dari lensa 4,5mm tadi membuat hasil foto yang menggunakan lensa ini mempunyai DOF yang lebih sempit juga. Ane sendiri kadang susah untuk membedakan hasil lensa 4,5mm dan kensa 4mm.

Tapi lensa ini bisa digunakan jika kita sudah mulai cukup terbiasa dengan "SOP" fotografi macro menggunakan kamera ponsel.

Contoh objek nya masih sama seperti lensa bongkaran ukuran 4,5mm.

Lensa Bongkaran Kamera Prosumer Ukuran 3,5mm


Spoiler for lensa 3,5mm:


Lensa ini biasanya ane gunakan untuk mengambil foto dengan objek yang lebih kecil. Binatang seukuran lalat atau bagian tertentu dari makhluk hidup lain juga benda-benda mati seperti mata kucing, kancing baju, bunga, anak laba-laba.

Semakin kecil ukuran lensa biasanya DOF nya pun mengecil, juga jarak fokus menjadi lebih dekat.

Lensa Ekstrim Macro


Spoiler for lensa ekstrim:


Ekstrim macro berarti memfoto objek dengan pembesaran yang ekstrim. Ini jadi hal pling susah untuk pemula, selain jarak kamera yang sangat dekat dengan objek getaran tangan akan lebih terasa saat menggunakan lensa jenis ini.

Contoh objeknya adalah semut, kumbang metah hitam, mata robberfly atau capung.

Cara pemotretan foto macro lewat kamera ponsel adalah dengan menempelkan lensa bongkaran ke kamera kemudian set fokus pada manual atau landscape jika kamera ponselnya tidak mendukung mode manual. Hal ini bertujuan untuk mematikan fitur auto fokus kamera.

Untuk mencari titik fokus pada objek, kita harus memaju-mundurkan ponsel sampai pada jarak yang tepat dan fokus berhasil didapatkan. Karena itu getaran tangan, angle dan nafas harus diatur sedemikian rupa sebelum mulai mengeksekusi objek. Disarankan untuk tidak merokok saat hunting, karena asap rokok bisa menghalangi lensa, membuat objek pergi, dan nafas cepat habis. Sediakan juga tumpuan bagi tangan agar meminimalisir getaran.

Berikut ini beberapa foto hasil hunting di sekitar rumah

Spoiler for :

Sekian thread koleksi lensa bongkara macrophone milik ane. Semoga bermanfaat untuk kita semua emoticon-Kiss

foto: dokumentasi pribadi
Tulisan: pengalaman ts sendiri


Quote:
.
Halaman 1 dari 6
Buat agan sista kaskuser yang penasaran ane jawab pertanyaan nya di sini aja ya.

Pertama, ane dapet lensa bongkaran nya dari grup facebook Macrophone Photography dulu harga nya sekitar 100rban untuk yang udah siap pakai, untuk bahan sekitar 60-70rb. Tapi kl beli yang masih bahan kita harus ngerakir sendiri biar bisa dipakai di hp.

Spoiler for lensa siap pakai:
sumber gambar: google.com

Spoiler for lensa masih bahan mentah (harus dirakit lagi):
sumber gambar: google.com

Baik lensa prosumer siap pakai atau bahan semuanya ane dapetin dari member grup Macrophone photography. Jadi silahkan yang mau beli atau tanya tanya soal macrophone lebih jauh langsung aja gabung grup facebooknya.

Kedua, hasil foto di thread ane diambil pake hp Lenovo a6010+ (kamera 13MP) sama xiaomi mi4i (kamera 13MP). Buat hp yang dual lensa kaya hp zaman now ane gatau bisa apa engga pake lensbong karena belum pernah nyobain.


Buat yang udah punya lensbong dan masih susah dapet objek ane bagi tips nya dikit ya.
1. Usahakan hunting foto dimulai sebelum pukul 6 pagi, kenapa? Karena serangga masih belum terlalu agresif jadi ga gampang kabur.
2. Dekati objek pelan-pelan, usahakan langkah kaki gak menimbulkan suara.
3. Kl udah deket jangan dulu ambil foto, atur dulu angle nya terus cari posisi nyaman buat tangan kita biar ga goyang-goyang terus. Kl bisa tangan disimpan di atas paha atau tanah untuk meminimalisir getaran.
4. Tahan nafas selama pengambilan foto, ini juga membantu untuk meredam getaran tangan.

Thank you.
Diubah oleh pog94
keren gan koleksi dan hasil photonya emoticon-thumbsup
Koleksi ente mehong gan
wah koleksine larang tenan buoskuh

Mari Kenalan Dengan Koleksi Lensa Macrophone Ane
wih keren gan, bole dong poto ane emoticon-Motret
ane pernah punya kolekai
rambut
salken gais
mantap gan,tp ini lensa copotan dr apa ya gan
Diubah oleh juman
Mantra pejwan.
Asdasdasdasd.
Diubah oleh esaka
Coba foto veju gan katanya bentuknya mirip cebong
kereaktif tanpa batas
keren om..hasilnya ga kalah sm dslr yg pke lensa makro, scr lensa makro dslr hrgny mahal2 emoticon-Wow
keren om
keren hasil huntingnya
kl mau moto landscape supaya dapet dept of field nya pake kamera smartphone pake lensbong bekas apa ya gan?

smartphone nya jadul. xiaomi mi5 pro. emoticon-Cape d...
Ntapzzz...pengen foto kek gtu apa daya tangan gw gemeteran terus
keren gan.. emoticon-thumbsup ane mau belajar juga ahh foto macro gitu . emoticon-Ngacir
Pekiwan

Koleksi mahil iki
Beli dimane ente ?
kok lumayan gannn
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di