alexa-tracking

Berdirinya Israel, Derita Palestina: Sebuah Kisah Kolonialisme Modern

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b21d985de2cf2452a8b4568/berdirinya-israel-derita-palestina-sebuah-kisah-kolonialisme-modern
Berdirinya Israel, Derita Palestina: Sebuah Kisah Kolonialisme Modern
Berdirinya Israel berakar pada proyek kolonial yang telah memodernisasi wajahnya, tetapi terus menjadikan warga Palestina subjek dalam pendudukan militer, perampasan tanah, dan hak yang tidak setara.

Di puncak bukit di Galilea utara, sebuah gereja kecil berdiri sendiri dikelilingi oleh puing-puing. Ini adalah bangunan terakhir yang tersisa dari desa Iqrit Palestina, yang ditinggalkan penduduknya dan dihancurkan, setelah berdirinya negara Israel pada tanggal 15 Mei 1948.

“Tempat ini sangat berarti bagi kami, ini mengingatkan kami dari mana kami berasal,” kata Samer Toume, yang kakek-neneknya berada di antara 600 orang Kristen yang diusir dari Iqrit oleh Pasukan Pertahanan Israel (IDF) hampir tujuh dekade lalu.

Kisah Iqrit mirip dengan yang ada di 530 desa lainnya yang dihancurkan hingga rata dengan tanah, dalam proses yang kemudian dikenal dunia sebagai pembentukan Israel—dan bagi Palestina sebagai “Nakba,” kata Arab untuk “bencana.”

Orang Yahudi Eropa pertama mendarat di pantai Palestina dan mendirikan permukiman awal pada abad ke-19. Pada tahun 1948, pasukan Zionis secara sistematis mengambil alih tanah, mengusir orang-orang dari rumah mereka, dan mengusir banyak orang untuk hidup sebagai pengungsi di daerah kantong yang terisolasi.

Berdirinya Israel berakar pada proyek kolonial yang telah memodernisasi wajahnya tetapi terus menjadikan warga Palestina subjek dalam pendudukan militer, perampasan tanah, dan hak yang tidak setara. Tujuh puluh tahun kemudian, luka akibat Nakba masih terbuka, seiring Israel melarang lebih dari lima juta pengungsi hak untuk kembali—sementara menjamin kewarganegaraan bagi siapa saja yang dapat menunjukkan keturunan Yahudi.

“Israel tidak membiarkan masyarakat Palestina kembali ke tanah mereka. Di Iqrit, kami hanya diizinkan untuk kembali sebagai orang mati untuk dikuburkan di sini,” Samer (28 tahun) menegaskan, menunjuk pada sebuah pemakaman tidak jauh dari gereja. Kegiatan lain seperti membangun kembali rumah-rumah yang dibongkar atau menanam tanaman, tetap ilegal.

Hampir enam tahun yang lalu, bagaimanapun, anggota generasi ketiga penduduk pengungsi Iqrit, memutuskan untuk menentang aturan yang membuat mereka terpisah dari tanah mereka dan mulai menghidupkan kembali desa.

“Melalui sistem rotasi bergilir, kami terus-menerus hadir di sini. Pada siang hari, kami pergi ke tempat kerja kami di kota-kota di daerah tersebut, dan kemudian kembali ke Iqrit,” kata Samer, yang bekerja di bagian medis di kota Haifa. “Kami juga mengadakan pertemuan akhir pekan dan kamp musim panas tahunan untuk melibatkan warga dari generasi yang lebih muda dan lebih tua.”

“Kami ingin menjaga memori Iqrit tetap hidup.”

Kisah hebat Samer adalah kisah yang agak luar biasa. Tidak seperti Iqrit, banyak daerah yang ditinggalkan pada tahun 1948 antara dihuni oleh migran Yahudi atau diubah menjadi hutan dan zona militer oleh otoritas Israel, yang secara efektif menutupi jejak-jejak Nakba.

Selain itu, dapat mengunjungi desa di mana leluhurnya sendiri diusir, sayangnya, tidak mungkin bagi sebagian besar warga Palestina. Karena para kerabat Samer melarikan diri ke lokasi di Israel dan kemudian diberi kewarganegaraan, ia bebas bergerak. Di sisi lain, sebagian besar pengungsi Palestina masih tinggal di wilayah pendudukan atau di negara lain di kawasan itu, sering di kamp-kamp yang dibangun dengan terburu-buru pada tahun 1950 sebagai tempat tinggal sementara. Dengan demikian, mereka tidak dapat menyeberang ke Israel tanpa izin terlebih dahulu.

Menurut sejarawan Israel, Ilan Pappe, pemindahan paksa warga Palestina sama dengan pembersihan etnis.

“Kisah Palestina dari awal hingga hari ini adalah kisah sederhana kolonialisme dan perampasan, namun dunia memperlakukannya sebagai cerita yang beraneka ragam dan rumit—sulit untuk dipahami dan bahkan lebih sulit untuk dipecahkan,” tegas Pappe dalam buku tahun 2015, ‘On Palestine’, yang ditulis bersama dengan sarjana Amerika Noam Chomsky.

Selama beberapa dekade terakhir, status diaspora Palestina hanya memburuk, atau jauh lebih buruk: itu telah dilembagakan. Perjanjian Oslo ’93 dan ’95, walau dirayakan di Barat sebagai langkah pertama menuju solusi dua-negara, namun tidak membahas hak pengembalian pengungsi, dengan demikian mengutuk mereka ke keadaan tanpa kewarganegaraan.

Perjanjian itu membagi Tepi Barat menjadi tiga wilayah: area A di bawah kontrol Otoritas Palestina (PA), area B di bawah pemerintahan bersama Israel-Palestina, dan area C, yang dikelola oleh Israel. Persetujuan-persetujuan itu—yang seharusnya membuka jalan bagi terciptanya negara Palestina—justru menyebabkan peningkatan kehadiran Israel di wilayah itu melalui perluasan pemukiman Yahudi.

Akademisi Edward Said menunjukkan bahwa para pemimpin Palestina telah secara efektif menyerahkan hak untuk menentukan nasib sendiri di sebagian besar wilayah Tepi Barat, sebagai imbalan atas pengakuan Israel terhadap PA, dan merujuk pada perjanjian itu sebagai “instrumen penyerahan Palestina, sebuah Versailles Palestina “.

Kegagalan Oslo sangat nyata di area C, sebuah distrik yang jarang berpenduduk, yang terdiri lebih dari 60 persen dari Tepi Barat dan sebagian besar sumber daya alam di wilayah itu, di mana Israel mempertahankan kontrol eksklusif atas penegakan hukum, perencanaan, dan konstruksi.

Selain itu, Pasukan Pertahanan Israel bertanggung jawab atas semua perbatasan di dalam dan di sekitar Tepi Barat. Pengaturan-pengaturan ini—yang telah berulang kali dikecam sebagai upaya-upaya untuk secara de facto mencaplok area C—mulai menunjukkan apa yang tampak seperti pendudukan Israel saat ini.

Kebijakan sekuritisasi adalah koin berwajah ganda: untuk setiap tindakan yang diterapkan untuk keselamatan warga Yahudi Israel, pembatasan diberlakukan terhadap hak atas pergerakan dan pembangunan warga Palestina. Sistem rumit hak dan kewajiban terkait status telah menciptakan hierarki dalam komunitas Palestina.

Dalam struktur seperti apartheid ini, individu diminta untuk mendapatkan tingkat otorisasi yang berbeda dalam kehidupan sehari-hari mereka, semata-mata berdasarkan tempat keluarga mereka bermigrasi dalam Nakba.

Warga Palestina dengan kewarganegaraan Israel tunduk pada praktik diskriminatif dalam pendidikan, layanan publik, dan sistem hukum. Itu adalah kasus Samer Toume, yang hidup sebagai warga negara kelas dua di Israel dan menghadapi tantangan dalam mencoba menghubungkan kembali dengan asal-usulnya di Iqrit.

Tetapi bahkan kehidupan warga Palestina di bawah yurisdiksi PA banyak dibentuk oleh pendudukan Israel. Hassan Darwish (27, nama diubah untuk melindungi identitasnya) lahir prematur di sebuah rumah sakit Israel di Yerusalem, tetapi ia dibesarkan di kota Ramallah di area A. Kenyataan hidup di bawah pendudukan militer menjadi terlalu jelas bagi Hassan pada usia 12 tahun, ketika dia ditangkap dan dijatuhi hukuman dua tahun penjara karena melemparkan batu ke arah tentara Israel selama bentrokan di kamp pengungsi di mana kakek-neneknya tinggal.

“Saya bermain dengan sepupu saya di kamp Jalazone ketika tentara Israel masuk”, kata Hassan. “Ada bentrokan besar, semua anak mulai berlari ke arahnya dan saya berlari juga. Dalam pikiran saya, kami hanya bermain, melempar batu ke sekeliling. Setelah itu, saya terbangun di penjara.”

Mengingat peristiwa itu membawa nada kemarahan dan frustrasi dalam suara Hassan. “Saya berumur 12 tahun, Anda tahu apa artinya itu? Saya masih kecil, apa yang bisa saya lakukan terhadap Israel? Israel, apa itu Israel? Saya tidak tahu apa-apa.”

Hilangnya kebebasan pribadi adalah tema yang berulang dalam kisah Hassan, dan itu merembes ke dalam semua aspek pengalaman manusia warga Palestina. Tingkat pengangguran yang tinggi di Tepi Barat telah mendorong banyak orang Palestina untuk mencari pekerjaan di Israel atau di pemukiman, di mana mereka dipekerjakan sebagai tenaga kerja murah, seringkali secara ilegal. Meninggalkan wilayah tanpa izin berarti berisiko dipenjara dan, menurut Hassan, izin ditolak sepanjang waktu.

“Kami tinggal di penjara besar,” dia melanjutkan. “Jika Anda, sebagai manusia, bekerja setiap hari, dan Anda ingin melakukan perjalanan bersama keluarga Anda, atau teman atau pacar, Anda tidak punya tempat untuk pergi. Tepi pantai kami diduduki. Jika Anda ingin bepergian ke mana pun Anda harus mengosongkan mobil Anda terlebih dahulu, karena alat apa pun yang mungkin dapat digunakan untuk melukai seseorang, bahkan gunting kuku, bisa membuat Anda ditangkap atau bahkan dibunuh.”

“Seorang teman dari Brazil membawakan saya sebuah batu dari Yerusalem. Ini aneh, karena itu adalah kota tempat saya dilahirkan, tetapi setelah 27 tahun saya tidak bisa pergi ke sana dan mengambilnya sendiri. Saya tunjukkan kepada semua teman saya: mereka merasa senang karena kami bisa menyentuhnya, dan menciumnya.”

https://www.matamatapolitik.com/israel-dan-palestina-sebuah-kisah-kolonialisme-modern/

Oh gitu ceritanya
image-url-apps
Biarin... Ngapain ngurusin Palestina dan Israel. Toh yg bertetangga dan beragama sama saja dengan Palestina di Arab sana tidak ada yg mau ikut campur.

image-url-apps
Yah berita basi, biarin aja israel mau ngegulung palestina. Kalau lo ga bisa ngalahin israel, kenapa ga gabung aja ama israel. Emgnya di israel ngga ada org arab apa..
KASKUS Ads
image-url-apps
Sejarah versi ponpes di ulang" mulu mpe bosen dengernya emoticon-Big Grin
Israel aka "jewish state" itu resmi sbg sebuah negara merdeka di bawah PBB, kolonialismenya dmn? emoticon-Cape deeehh

Seharusnya "Arab state" juga bisa resmi jd negara merdeka sejak 1948 bahkan 1947 ketika UN partision plan di rilis
knp gak merdeka" sampe skrg?
karena tdk satu suara, maruk, banyak kepentingan, konflik internal dll dsb

emoticon-Angkat Beer
image-url-apps
palestine ? emoticon-Tai
image-url-apps
Cerita satu sisi, sisi lain ga jelas ceritanya.
Memang dulu sudah ada negara Palestina sebelum adanya israel?
Kl sudah ada artinya Israel menjajah. Kl belum ada artinya bukan menjajah tapi pemberontakan terhadap negara Israel oleh gerombolan yg ingin pisah dengan mendirikan negara Palestina
image-url-apps
Mendingan urus negara sendiri lah, susah seneng kita yang rasemoticon-Ngacir2
image-url-apps
maling tanah orang kok dibela emoticon-Cape d...
image-url-apps
lihat sisi positifnya saja bray, , dgn israel begini donasi bantuan bnyk mengalir ke warga palestine, kan enak ongkang2 kaki bisa makan gratis. Saya rasa mreka gag menderita amat populasi mreka kian hri brtambh bbyk, kalo israel sadis mgkin gag akan tersisa masyarakat sana. Masalah mudah bgi israel membumi hanguskan palestine yg cm bersenjatakn batu.
image-url-apps
Quote:


Siapa yang maling tanah?
mereka dungu, negara arrab saudi ada, karena adanya negara israel


jadi sebelum kalian mau membinasakan israel, binasakan dulu arab saudi
Quote:


Quote:


Berdirinya Israel, Derita Palestina: Sebuah Kisah Kolonialisme Modern

emoticon-Ketupat emoticon-Bedug
image-url-apps
Quote:


pake nanya lagi emoticon-Cape d...
image-url-apps
Harrrkkkk cuiiihh!!
image-url-apps
itu ga diceritain rame2 nyerang israel akhirnya keok dan tanah israel jadi tmbh luas?
image-url-apps
Sejarah di bolak balik....

Ane binggung knpa negara timteng gak ad yg bela palestina???

nantang perang tapi kalah melulu sampe tanah sendiri jadi taruhannya gak dibahas juga?
emoticon-Leh Uga
image-url-apps

Sekalipun semua negara negara arab tidak membela palestina, kita harus tetap menjadi yang paling depan dalam membela palestina karena sejarah, palestina lah yang pertama kali mengakui kita sebagai negara yang merdeka
image-url-apps
Sejarah dibolak balik demi membela tuannya yaitu HAMAS
Cieeee Anak buah Hamas
Silahkan Kumpulin dana buat HAMAS

emoticon-Ngakak
image-url-apps
sejarah diambil sepenggal sepenggal,dibolak balik,giring opini..cape sampai kapan mau ngebodohin diri sendiri?

mengurai kronologi konflik israel-arab/palestina
Quote:

yahudi mulai membeli tanah di palestina,meskipun theodor herzl belum mempopulerkan zionis,namun gerakan migrasi yahudi ke palestina telah ada dikarenakan sentimen anti semit dan persekusi yahudi di eropa.

Quote:

kerusuhan dan persekusi anti yahudi terjadi di bagian barat kerajaan russia(daerah ukraina-polandia) skrg,imbas dari pengkambinghitaman yahudi dituduh sebagai dalang konspirasi pembunuhan tsar alexander II,masa tiga tahun persekusi ini hanya salah satu peristiwa dari kisah panjang persekusi yahudi di rusia(pogroms) dan eropa selama ribuan tahun.

Berdirinya Israel, Derita Palestina: Sebuah Kisah Kolonialisme Modern
foto anak anak tewas yg dipercaya sebagai korban persekusi anti yahudi di russia tahun 1905

merespon atas kerusuhan anti yahudi di russia,maka pada tahun ini juga terbentuk organisasi lovers of zion/hovevei zion sebagai organisasi yg membantu pelarian yahudi dr russia ke palestina,chaim weizmann,presiden pertama israel pernah terlibat di organisasi ini,namun kebanyakan dr tokoh organisasi ini menjauh dr politik.

Quote:

menghindari persekusi,yahudi russia mulai mencari tempat yg lbh aman,sebagian diantaranya menuju ke palestina dan membuat permukiman disana dengan mengandalkan pertanian utk bertahan hidup dan bantuan dana dari yahudi kaya eropa.

ditahun ini juga,sultan abdulhamid II (ottoman)mengeluarkan dekrit pelarangan pemukiman permanen yahudi di palestina dan migrasi besar2an yahudi ke palestina,selain itu ottoman mulai menyadari upaya yahudi migrasi dan tinggal dipalestina,sehingga ia melarang bangsa asing membeli tanah di palestina(peraturan ini berlaku sampai ottoman runtuh 1918),dan jg aturan pelarangan yahudi memasuki 4 kota suci : jerusalem,hebron,safed,dan tiberias.

Quote:

theodor herzl seorang penulis komedi drama yg sukses melalang buana,pada tahun ini menjadi saksi mata demonstasi masa anti yahudi di viena,italy dan prancis,meneriakkan "matilah yahudi!penghianat!",dan berbagai umpatan anti yahudi lainnya.pengalaman ini mengubah sudut pandang hidup herzl,mulai ditahun ini,ia menulis berbagai ide tentang pembentukan negara yg aman utk yahudi,slaah satunya yg plg terkenal adalah tulisannya yg berjudul Der Judenstaat(negara yahudi)

"The Jews who wish for a State will have it.

We shall live at last as free men on our own soil, and die peacefully in our own homes.

The world will be freed by our liberty, enriched by our wealth, magnified by our greatness.

And whatever we attempt there to accomplish for our own welfare, will react powerfully and beneficially for the good of humanity."
- kutipan dari buku Der Judenstaat

Quote:

buku der judenstaat menarik perhatian william hechler,yg kemudian membantu mengatur pertemuan antara herzl dan kaisar jerman wilhelm II,ditahun ini jg der judenstaat diterjemahkan dalam bahasa inggris dan dipublikasikan dengan judul "The Jewish State"

Quote:

ribuan massa yahudi mengangkat theodor herzl, memberikannya mandat sebagai pemimpin gerakan zionis,kabar ini menyebar keseluruh jaringan yahudi diseluruh eropa dan membangkitkan semangat zionisme.

zionisme : gerakan kembali ke tanah perjanjian

Quote:

herzl berkunjung ke palestina,mencoba bertemu sultan abdulhamid II,namun gagal.meski demikian herzl disambut oleh grand vizier sultan(setara perdana mentri). melaluinya,herzl menawarkan zionis akan melunasi hutang ottoman dan membantu keuangan ottoman apabila ottoman mau memberikan palestina utk zionis.

Quote:

kongres zionis pertama diadakan di basel, swiss,dr rencana semula munchen,jerman,setelah mendapat pertentangan dr byk pihak termasuk dari rabi rabi tradisional yahudi sendiri

*agama yahudi(judaisme) terpecah belah menyikapi gerakan zionisme,pihak penentang beranggapan bahwa tidak seharusnya yahudi kembali ke tanah perjanjian sebelum kedatangan mesiah.Dan memang pada kenyataannya mayoelritas dr founding father israel adalah sekuler,tidak taat beragama,bahkan atheis,sebut saja presiden pertama(chaim weizmann-tidak beragama) dan perdana mentri pertama(david ben guiron-atheis)


kongres zionis pertama ini menginspirasi salah satu hoax plg terkenal utk zionis :protocols of the elders of zion

Quote:

herzl bertemu wilhelm II

Quote:

kongress kedua zionis di basel,swiss.chaim weizmann hadir disini.

Quote:

sekali lagi herzl berusaha menyambangi sultan abdulhamid II,dan kali ini berhasil bertatap muka,menawarkan melunasi penuh hutang ottoman sebesar 150 jt pounds,pinjaman tanpa bunga,menawarkan membangun universitas utsmani di palestina kelak,namun ditolak sultan abdulhamid II

"selama aku masih hidup,maka tidak akan ada bagian tubuhku(wilayah ottoman) yg akan terpisah dariku,kecuali disaat aku mati kelak"
- abdulhamid II

Quote:

inggris menawarkan wilayah terisolasi di uganda(atau lbh tepatnya wilayah kenya skrg) seluas 15.000 km persegi sebagai cikal bakal negara israel,proposal ini disebut uganda plan/uganda scheme

Berdirinya Israel, Derita Palestina: Sebuah Kisah Kolonialisme Modern

theodor herzl awalnya menolak,namun krn ingin menjaga hubungan baik dengan inggris,ia akhirnya menerima usulan ini.inggris pun menyikapi serius dengan mempersiapkan uganda sebagai negara cikal bakal israel.proposal ini kemudian diusulkan theodor herzl di kongres zionis ke-6 pada tahun ini,namun mendapat pertentang keras dr peserta kongress,dengan delegasi perwakilan yahudi dari russia memilih walkout

Quote:

theodore hertz,atas nama kemanusiaan,menyambangi paus pius ke-10,meminta mendukung gerakan zionis dari paus, paus pius ke-10 menolak :

"kami tidak bisa mendukung gerakan kalian,terutama karena kalian tidak mengakui yesus"
- paus pius ke-10

theodore hertz sendiri,pada diary nya menulis hal mengejutkan : ia berharap anaknya,bahkan kalau memungkinkan seluruh yahudi diseluruh dunia masuk agama kristen,dengan tujuan menghapus diskriminasi anti semit didunia ini.

""I bless every jew that converts to Christianity and my son, the sooner the better, to save him from anti-Semitism" - theodor herzl

Quote:

theodor herzl meninggal,begitu juga dengan uganda plan/scheme yg ikut dilupakan bersama kematiannya

Quote:

kongres ketujuh zionis membatalkan uganda plan/scheme theodor herzl,rencana berdirinya negara israel kembali ke rencana awal : di palestina.

utk beberapa tahun kedepan zionisme masih belum mendapat perkembangan berarti krn belum mendapat momentum.


Quote:

Israel Land Development Company didirikan,organisasi yg membantu yahudi membeli tanah di palestina dan membantu industri pertanian yahudi di palestina

Quote:

Berdirinya Israel, Derita Palestina: Sebuah Kisah Kolonialisme Modern
chaim weizmann(no.2 kanan) berfoto bersama sahabatnya,einstein

chaim weizmann,telah tumbuh menjadi seorang ilmuwan.ia menjadi wn inggris,masa lalunya menjadi pengembara dibyk negara eropa,namun ia cukup beruntung dibanding saudara2nya yg byk mengalami masalah dan kehilangan nyawa krn kebetulan terlahir sebagai yahudi.

Quote:

adalah winston churcill, yg saat itu menjabat sebagai First Lord of the Admiralty yg berhasil mengendus potensi riset weizman pada awal 1915, dan Minister of Munitions, David Lloyd George bersama Churchill meyakinkan Weizman agar mengembangkan penemuannya yg akan berguna membantu inggris dalam perang dunia pertama

Berdirinya Israel, Derita Palestina: Sebuah Kisah Kolonialisme Modern
winston churcill,gerakan zionis kembali bergulir kelak akibat dirinya.

weizman menjadi terkenal karena penemuan tekhnologi fermentasi mengunakan bakteri yg bisa diaplikasikan pada berbagai bidang kesehatan dan bahkan militer.

kepercayaan churcill tidak salah, weizman berhasil menggunakan bakteri Clostridium acetobutylicum (the Weizmann organism) utk memperoduksi aseton dalam jumlah besar.Aseton ini kemudian digunakan dalam pembuatan propelan peledak ringan yang sangat vital untuk membantu perang pihak Sekutu.

Quote:

korespondensi mc mahon-hussein bin ali,ini adalah 12 surat antara mc mahon(mewakili inggris) dan hussein bin ali(penguasa mekkah,mewakili arab) yg menjadi negosiasi plg awal mengenai nasib timteng setelah merdeka dr ottoman.

inggris,berjanji memerdekakan dan memberikan tanah timteng utk bangsa arab sendiri,dengan catatan mereka membantu inggris melawan ottoman,namun dengan syarat bahwa tanah tersebut haruslah milik murni bangsa arab.

saat itu palestina disebut sebagai vilayet(provinsi) beirut

Berdirinya Israel, Derita Palestina: Sebuah Kisah Kolonialisme Modern

pada awalnya mc mahon ingin mengecualikan barat syria(vilayet beirut dan daerah merdeka jerusalem) utk arab dengan alasan penduduk asli disana bukan murni arab dan bercampur non muslim,tertulis 24 oktober 1915 :

Acknowledged the importance of agreeing limits, stating "The two districts of Mersina and Alexandretta and portions of Syria lying to the west of the districts of Damascus, Homs, Hama and Aleppo cannot be said to be purely Arab, and should be excluded from the limits demanded...

namun ditolak oleh hussein bin ali ,pada surat november 1915 :

"[T]wo Vilayets of Aleppo and Beirut and their seacoasts": refusing the exclusion since they "are purely Arab Vilayets, and there is no difference between a Moslem and a Christian Arab"


dibalas lagi oleh mc mahon seperti ini pada surat tgl 14 desember 1915 :

"Vilayets of Aleppo and Beirut": "as the interests of our ally, France, are involved in them both, the question will require careful consideration and a further communication on the subject will be addressed to you in due course."


surat 14 desember 1915 adalah surat terakhir dalam kesatuan korespondensi mc mahon-hussein yg menyingung tentang nasib palestina utara(bagian dr vilayet beirut),status mengambang tanpa kejelasan ini kelak menjadi asal mula konflik palestina,sementara status palestina tengah selatan(jerusalem) yaitu wilayah merdeka sanjuk jerusalem,tidak disinggung sama sekali.

Quote:

perjanjian sykes-picot antara inggris-prancis-kekaisaran russia(namun pada akhirnya tidak terlibat dikarenakan mengalami pemberontakan internal) yg membagi timteng menjadi tiga mandat,perjanjian ini dianggap penghianatan inggris dimata bangsa arab.

Berdirinya Israel, Derita Palestina: Sebuah Kisah Kolonialisme Modern
perjanjian rahasia ini tidak diketahui pihak arab sampai tahun depan stlh deklarasi balfour

Quote:

masih dimasa perang dunia pertama,inggris sedang berperang dengan ottoman,saat ini arab adalah wilayah jajahan ottoman,dan inggris,utk memperlemah ottoman,berencana mengobarkan pemberontakan disana,dan agen inggris bernama t.e.lawrence(kelak dikenal jg sebagai lawrence of arabia),bertugas menjadi penghasut bangsa arab disana utk memberontak dan memperjuangkan kemerdekaannya terhadap ottoman

Berdirinya Israel, Derita Palestina: Sebuah Kisah Kolonialisme Modern
lawrence of arabia,keberhasilan operasinya kelak menjadi cikal bakal metode perang proxy moderen yg dipakai negara barat dikemudian hari.

terlahir sebagai anak diluar nikah,masa kecil t.e. lawrence tidaklah begitu menyenangkan. tinggal dilingkungan rumah orang tua nya di inggris yg konservatif,ia menerima byk perlakuan diskriminasi sosial.pada akhirnya ia memeluk agama islam ditimur tengah yg membantunya mempererat relasinya dengan native disana.

t.e.lawrence pada akhirnya berhasil meyakinkan emir mekah yg bernama hussein bin ali,utk memberontak.pemberontakan ini kemudian dikenal sebagai great arab revolt

hussein bin ali mengobarkan pemberontakan disebagian wilayah timteng,dan stlh runtuhnya ottoman,ia mengklaim dirinya sebagai raja arab(dan membentuk hashemite kingdom),namun klaim sepihak ini tidak diakui tokoh tokoh arab lainnya,yg hny mengakui sebatas raja di hejaz saja.

Quote:

kembali ke inggris, Penemuan Weizman sangat membantu Inggris mengalahkan Jerman di Perang dunia I. dan Sebagai balas jasa dari Inggris Sir Arthur Balfour bertanya apa yang diinginkan Weizman sebagai imbalan?

Weizman saat itu menjawab :

"saya ingin tanah air untuk bangsa Yahudi"


maka lahirlah deklarasi balfour pada tanggal ini..

Quote:

anak hussein bin ali,yg bernama faisal,secara sepihak mengklaim sebagai raja ditransjordan,klaim ini diabaikan pihak lain,bahkan pada kenyataannya posisi militer inggris lbh kuat diwilayah ini.

ditahun ini juga inggris berhasil menguasai jerusalem,menutup dan membekukan kantor registrasi tanah ottoman disana,sampai saat ini byk arab palestina miskin yg tidak mendaftarkan hak kepemilikan tanah palestinanya di era ottoman dulu krn terlalu miskin utk membayar biaya administrasi

Quote:

saat perang dunia pertama pecah, ibn saud(penguasa nejd)meminta kepada hussein bin ali(mekkah/hejaz)agar bersikap netral,namun diabaikan hissein bin ali yg memilih mengobarkan pemberontakan.disaat hussein bin ali menang,ia mengklaim dirinya sebagai penguasa arab,ibn saud tidak terima dan memintap penegasan batas wilayah kekuasannya dengan hussein bin ali,tp permintaan ibn saud ini direspon hussein bin ali dengan jawaban menghina.konflik perbatasan ini kemudian menyebabkan pecahnya pertempuran diantara kedua penguasa ditimteng ini,dikenal sebagai pertempuran saudi-hashemite pertama yg dimenangi ibn saud.

kondisi pertempuran yg nyaris menghancurkan hussein bin ali kemudian diintervensi inggris yg memberi ultimatun kepada saud agar menarik mundur pasukannya atau menghadapi inggris.saud yg tidak ingin menghadapi inggris yg jauh lbh kuat kemudian menghentikan invasinya masuk lbh dalam ke wilayah hussein bin ali/hejaz.

Quote:

paris conference,diadakan seusai perang dunia pertama membahas hukuman utk pihak yg kalah dan hak hak pemenang perang,jerman kehilangan sebagian negaranya,ottoman kehilangan wilayah jajahannya termasuk arab.

pada paris conference jg menelurkan butir butir pernyataan mengakui hak bangsa yahudi utk kembali ke palestina dan mendirikan pemerintahan sendiri disana.

Quote:

Pada April 1920 Mandat untuk Palestina seluas 120.466 Km2 berdasarkan artikel 22 san remo conference

Berdirinya Israel, Derita Palestina: Sebuah Kisah Kolonialisme Modern

berpegang pada deklarasi balfour dan artikel 22 san remo,byk yahudi dr seluruh dunia bermigrasi(alliyah) sampai ke transjordan,krn mereka mengira wilayah tersebut termasuk yg dijanjikan sebagai negara israel,migrasi yahudi ke timteng ini tidak disukai bangsa arab dan mulai timbul kerusuhan berkala,itk mengantisipasi serangan dr arab,pihak yahudi mulai membentuk organisasi paramiliter haganah utk menjaga ladang ladang pertanian dan rumah rumah pemukiman yahudi.

Quote:

faisal yg dua tahun sebelumnya mengklaim dirinya sendiri sebagai penguasa di transjordan,kemudian memplokamirkan berdirinya kerajaan arab syria,kerajaannya hny berumur 4 bulan setelah dilibas tentara prancis yg berpegang pada perjanjian sykes-picot,menganggap wilayah tersebut adalah wilayah mandatnya.

Quote:

faisal kabur ke inggris

Quote:

jaffa riots,kerusuhan terjadi akibat perkelahaian antara beberapa warga arab-yahudi.mendengar perkelahian,massa arab dalam jumlah lbh besar mulai membawa senjata dan menyerang rumah kerumah yahudi,anak anak dan perempuan turut mrnjadi korban,total korban jiwa yahudi dan arab seimbang,dimana hampir seluruh korban jiwa bangsa arab terbunuh oleh polisi inggris ygencoba mengurai konflik.

Quote:

inggris menjadikan faisal sebagai penguasa irak

abdullah,saudara faisal sekaligus anak kedua hussein bin ali,ditahun ini dengan bantuan inggris,mulai membangun ekonomi transjordan, dan menjadi sekutu dekat inggris ditimteng,terutama pada pd2,hingga akhirnya transjordaj dimerdekakan inggris tahun 1946 dengan abdullah sebagai raja nya.

Quote:

semakin mendapat tekanan dr arab,imbas dari kerusuhan jaffa dan kerusuhan kerusuhan lainnya, winston churcill berusaha meredam tensi arab-yahudi,menerbitkan white paper yg berbunyi membatasi imigran yahudi ke palestina ,jg mengukuhkan bahwa yahudi utk saat ini tetap menjadi wn palestina dan mengikuti hukum yg berlaku di wilayah palestina.

Quote:

kedatangan yahudi ke palestina dan transjordan mendapat tentangan keras dr arab.mereka tidak menginginkan berdirinya Negara Israel di Palestina apalagi pada saat itu sekitar 90% penduduk Palestina adalah bangsa Arab. Mendapat tekanan yang sangat kuat akhirnya pihak inggris menawarkan pembagian wilayah menjadi 2 disebelah timur sungai Jordan menjadi milik Yahudi palestina dan sebelah barat sungai Jordan menjadi milik Arab palestina.

Pada saat itu tempat yang tadinya untuk bangsa Arab Palestina dinamakan Transjordan dan wilayahnya jauh lebih luas dari wilayah untuk Yahudi Palestina.pembagian Inggris ini memberikan 77% tanah yang tadinya dijanjikan untuk bangsa Yahudi pada Arab sedangkan bangsa Yahudi menerima 23%.

Walaupun kecewa karena merasa dikhianati Inggris, tapi pihak Yahudi mengalah dan tetap menerima pembagian itu. Pada 24 Juli 1922 pembagian wilayah itu diubah, Yahudi Palestina mendapat 28.166 Km2 ( dari sebelumnya 120.466 Km2 ), sedangkan Arab Palestina mendapat 92.300 Km2

Berdirinya Israel, Derita Palestina: Sebuah Kisah Kolonialisme Modern

Quote:

PJCA(Palestine Jewish Colonization Association) dibentuk,organisasi ini scr efektif membeli byk tanah palestina utk yahudi

Quote:
pertempuran kedua saudi-hashemite,ditimbulkan akibat hussein bin ali melarang saud berhaji di mekkah,mengundang kemarahan ibn saud,yg kemudian menyerang mekkah,memaksa hussein bin ali lengser dr posisinya dimekkah dan kabur ke transjordan(dimana sebelumnya wilayah tersebut sudah ditempati anak hussein bin ali),sementara ibn saud menyatukan nejd dan hejaz ,mengukuhkan dirinya sebagai penguasa nejd dan hejaz.