alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Bikin Cepat Kenyang, 5 Camilan Berat Jadul Ini Disukai Anak 90an
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b21b4b55c7798fb4e8b4573/bikin-cepat-kenyang-5-camilan-berat-jadul-ini-disukai-anak-90an

Bikin Cepat Kenyang, 5 Camilan Berat Jadul Ini Disukai Anak 90an

Bikin Cepat Kenyang, 5 Camilan Berat Jadul Ini Disukai Anak 90an

Dalam urusan makanan, orang-orang zaman dulu biasa mengonsumsi makanan-makanan yang sudah disediakan oleh alam. Tidak seperti generasi zaman now yang lebih praktis dengan makanan siap saji hanya dengan menggunakan aplikasi pesan antar melalui ponsel pintar.

Generasi zaman old bisa menemukan makanan dari tanaman-tanaman yang tersedia atau memang dari pedagang kue keliling yang setiap hari menjajakan dagangannya.

Kini, meski makanan-makanan dan para penjual kue sudah jarang ditemukan, ada beberapa di antaranya yang masih bisa mengonsumsinya meski dalam jumlah yang terbatas. Biasa dijadikan cemilan berat yang bisa bikin perut cepat kenyang.

Berikut ini adalah makanan dan kue yang biasa dikonsumsi anak-anak generasi 90an saat rasa lapar mulai melanda.


1. Beton
Bikin Cepat Kenyang, 5 Camilan Berat Jadul Ini Disukai Anak 90an
Eits, jangan mengira beton ini adalah bahan bangunan yang biasa digunakan oleh para petukang ya? Beton ini sebutan cemilan yang biasa dikonsumsi oleh anak-anak 90an.

Beton merupakan biji nangka yang direbus dan disajikan serta lebih nikmat dimakan saat masih sedang panas. Beton pun biasa dijadikan bahan campuran sayur asem oleh ibu-ibu zaman dulu agar bisa membuat perut kenyang.

Rasanya yang gurih dan pulen (hampir sama rasanya dengan ubi rebus, kentang rebus, singkong rebus dan lainnya) membuatnya sangat disukai anak-anak generasi zaman dulu. Bentuknya yang kecil-kecil membuat mereka betah berlama-lama mengunyahnya meski untuk membuka kulitnya harus ekstra sabar.


2. Kue cincin
Bikin Cepat Kenyang, 5 Camilan Berat Jadul Ini Disukai Anak 90an
Namanya saja kue cincin, ya bentuknya memang sudah jelas seperti cincin. Bentuknya yang mirip dengan donat, namun teksturnya kasar dengan dominasi rasa manis yang khas. Kue cincin biasa didapat di warung-warung dengan harga yang sangat murah.

Mengonsumsi kue cincin biasanya dilakukan dengan cara menempatkan lubang kue di antara jari telunjuk lalu dimakan langsung ketika kue cincin menancap di pangkal jari telunjuk.


3. Uwi
Bikin Cepat Kenyang, 5 Camilan Berat Jadul Ini Disukai Anak 90an
Uwi merupakan salah satu umbi-umbian yang bentuknya kecil-kecil dengan bentuk bulat panjang. Rasanya yang hampir sama dengan singkong atau ubi menjadikannya begitu disukai sebagai camilan berat yang mengenyangkan.

Cara membukanya yang unik yaitu dengan cara menarik kulitnya secara memutar menjadi hal menarik bagi generasi zaman dulu. Sama seperti makanan karbohidrat lainnya, uwi pun bisa membuat perut cepat merasa kenyang.


4. Intip
Bikin Cepat Kenyang, 5 Camilan Berat Jadul Ini Disukai Anak 90an
Bagi generasi masa lalu, intip biasa dikonsumsi sebagai cemilan berat yang juga bisa membuat perut cepat merasa kenyang. Intip merupakan kerak nasi berwarna hitam dan keras yang merupakan sisa nasi yang dimasak dengan cara diliwet dengan tungku.

Intip bisa dimakan langsung dengan tambahan ikan asin atau sambal terasi, namun bisa juga dijemur terlebih dahulu dan digoreng hingga garing menyerupai kerupuk. Rasanya yang khas dan gurih menjadikan intip begitu dinikmati oleh banyak orang di masa tersebut.

Karena orang zaman sekarang lebih memilih memasak nasi dengan rice cooker, maka intip sangat sulit sekali ditemukan keberadaannya.


5. Kue putu
Bikin Cepat Kenyang, 5 Camilan Berat Jadul Ini Disukai Anak 90an
Masih ingat gak sama penjual kue putu yang biasanya hadir ketika malam sudah tiba? Yup, penjual kue putu mempunyai ciri khas suara seperti anak yang menangis tak henti-henti. Kue putu sendiri berbentuk lonjong dan berwarna hijau dengan isian gula merah dan ampas kelapa sebagai pelengkapnya.

Sebelum dikonsumsi, kue putu dicetak dalam bambu-bambu kecil lalu diletakkan pada sumber panas yang mengeluarkan suara bising tersebut. Kue putu lebih nikmat dimakan saat sedang masih panas-panasnya. Coba cek, masih ada gak penjual kue putu di tempatmu?

Kira-kira, generasi zaman now ada yang sudah merasakan cemilan jadul tersebut?


Sumber : https://www.idntimes.com/food/diet/i...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Bikin Cepat Kenyang, 5 Camilan Berat Jadul Ini Disukai Anak 90an Praktis, 5 Kue Lezat Tanpa Oven Ini Bisa Jadi Sajian Lebaran

- Bikin Cepat Kenyang, 5 Camilan Berat Jadul Ini Disukai Anak 90an 7 Seafood Mentah di Wakatobi yang Unik Banget, Dijamin Ketagihan Deh!

- Bikin Cepat Kenyang, 5 Camilan Berat Jadul Ini Disukai Anak 90an 8 Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Negara, Sudah Pernah Coba?

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di