alexa-tracking

Ane Koleksi Struk ATM, ternyata ada manfaat dan kerugiannya lho…

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1f7c36529a45a0308b4568/ane-koleksi-struk-atm-ternyata-ada-manfaat-dan-kerugiannya-lho
Ane Koleksi Struk ATM, ternyata ada manfaat dan kerugiannya lho…
Ane Koleksi Struk ATM, ternyata ada manfaat dan kerugiannya lho…


Bicara mengenai barang koleksi, pasti agan sista mempunyai suatu kebiasaan untuk mengoleksi suatu barang tertentu… pasti banyaklah yah jenisnya… untuk gw sendiri cenderung berganti ganti dari masa ke masa… tergantung usia lah…

Dulu sewaktu kecil pasti barang koleksi tidak jauh dari yang namanya mainan.. entah itu mobil mobilan, robot, kartu dan lain lain… lambat laun tren koleksi gw pun berubah… dan untuk saat ini ternyata hal yang tidak gw sadari adalah gw suka mengoleksi struk atm selepas bertransaksi via mesin ATM. Konyol gak sih gan sist..? Jadi di dalam dompet gw isinya bukan hanya uang, kartu identitas, stnk, debit card dan lain lain… tapi terdapat berselip selip kertas kecil atau bisa di sebut struk ATM…

Ane Koleksi Struk ATM, ternyata ada manfaat dan kerugiannya lho…

Intinya bukan tebel karena banyak berlembar lembar uang, tapi berlembar lembar kertas struk ATM.. Hhaa… Jika pun sudah penuh, maka hanya kuambil 2 transaksi terakhir yang lainnya aku simpan di tempat tertentu… bukan gimana sih gan sist, bagi gw itu untuk membantu mengontrol keuangan karena gw orangnya tidak cermat atau teliti…

Setelah di tela’ah ternyata kebiasaan aneh gw ada manfaatnya lho gan sist… berikut gw jelasin satu persatu… :

~Mengontrol Pengeluaran Bulanan

Jika kita simpan struk transaksi ATM berdasarkan kategori pengambilan per bulan.. kita bisa mengetahui jumlah pengeluaran kita selama sebulan sebesar berapa… Hal ini penting untuk review bulan berikutnya supaya pengeluaran dapat dihemat… kita juga jadi mengetahui rata2 bulan apa pengeluaran kita sedikit membengkak…

Ane Koleksi Struk ATM, ternyata ada manfaat dan kerugiannya lho…

~Mengetahui ada transferan masuk

Bagi gw yang tidak menggunakan mobile banking ataupun internet banking.. #katrok banget… sangat terbantu berkat adanya kebiasaan koleksi struk ATM karena bakalan tau kalo saldo bertambah… atau mengetahui jumlah pasti dana yang masuk dari transaksi struk terkahir dengan terbaru…

~Teringat Hutang

Cobalah membuka kembali koleksi struk struk ATM beberapa bulan yang lalu… #Tentunya yang masih kelihatan tintanya… eh ternyata ada Struk transferan ke teman yang pinjam duit… sementara lambat laun temen ente seolah lupa sudah berhutang… susah kan.. tunjukin noh struk transferan.. intinya sih nagih secara halus… kan itu juga hak kita untuk menagih uang kita sendiri…

Ane Koleksi Struk ATM, ternyata ada manfaat dan kerugiannya lho…

~Mengetahui potongan ataupun bunga

Sama seperti point 2, kita jadi mengetahui berapa sih potongan yang terjadi pada saldo yang kita punya ataupun berapa sih bunga yang kita dapat… biasanya bisa kita lihat pada beberapa nominal akhir yang tercetak pada struk….

Selain ada manfaatnya ternyata ada lho kerugian akibat koleksi struk ATM ini… dan gw baru sadar tentang hal ini…

~Menambah Sampah

Dalam satu bulan sudah berapa kali transaksi, hitung jika 2 bulan 3 bulan… bener bener numpuk gan sist kertas kecil itu… emang sih terbuat dari kertas yang bisa proses daur ulangnya mudah terurai… tapi teknologi sudah canggih seenggaknya lebih di utamakan daripada mengumpulkan struk ATM

Ane Koleksi Struk ATM, ternyata ada manfaat dan kerugiannya lho…

~Mengandung Racun

Entah benar atau tidak, barusan setelah browsing ternyata kandungan yang tedapat di sehelai kertas struk ATM itu beracun lho… Seperti dilansir dalam laman Tergemes.com, menurut Daily Mail, beberapa hasil penelitian telah menunjukkan bahwa individu yang memegang kertas khusus yang digunakan untuk ATM selama lebih dari 2 jam tanpa sarung tangan, telah meningkatkan kadar Bisphenol A (BPA) dalam urine mereka.
Sementara, individu yang memakai sarung tangan tidak memiliki peningkatan senyawa kimia ini. Pada penelitian sebelumnya, para ilmuwan telah menghubungkan Bisphenol A dengan beberapa gangguan hormonal, masalah konsepsi, dan perkembangan otak pada anak-anak.

Bisphenol A biasanya terdapat pada makanan kalengan, beberapa kain dan plastik keras, salah satu contohnya seperti yang digunakan dalam pembuatan botol bayi.

Senyawa kimia ini juga digunakan dalam pembuatan kertas khusus ATM dan kertas yang digunakan untuk mencetak struk pada mesin POS (Point of Sales) atau mesin kasir.

Kondisi-kondisi di atas mengarah pada fakta bahwa sebagian besar orang selalu memegang kertas tersebut dengan tangan mereka langsung tanpa menggunakan sarung tangan.

Sangat penting untuk mengetahui seberapa banyak tingkat Bisphenol A yang terdapat dalam urine setelah memegang kertas khusus ATM tersebut. Tetapi sayangnya, hasil penelitian belum mengungkap hal tersebut.

Untuk hasil signifikan, penelitian berikutnya akan difokuskan pada individu-individu yang sehari-harinya bekerja dengan memegang kertas-kertas ini, salah satu contohnya adalah kasir.

Nah itulah gan sist beberapa manfaat dan kerugian dari hobi gw mengoleksi struk ATM. Apa Gan Sist punya koleksi yang sama… ?


Referensi :
Koleksi Struk ATM gw di dompet
http://www.tergemes.com/2016/08/struk-ATM.html


See u Again..
Nev…
Reserved For Koment emoticon-Nyepi
ane mah lebih milih ngoleksi mba mba teller banknya gan dri pda koleksi struk atmemoticon-linux
KASKUS Ads
Ngga ane koleksi kalo struk mah..

Kalo ada apa-apa bisa pake e-statement
image-url-apps
Quote:


Nice trit, semoga menang yaa emoticon-2 Jempol
image-url-apps
Quote:


Seleranya Boleh Juga ente gan...

Quote:


Nice... ane emg masih katrok gan suka koleksi struk.. Hhaa

Quote:


Ikutan juga lho gan... bukan ngincar menangnya.. tapi 3k nya.. Hhaa

efeknya lebih parah negatifnya emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


sebenarnya dari fisik kan sudah keliatan lho gan tintanya itu mudah luntur.. nah mungkin zat di tinta itu yang berbahaya jika kita tidak suka cuci tangan saat melakukan aktivitas.... terima kasih sdh mampir...
gua juga suka koleksi kertas ATM / DEBIT
tapi langsung di foto / scan, trus dibuang dah.
jadi aman. buat koleksi.
image-url-apps
Quote:


Eh ternyata ada juga yg suka koleksi struk ATM.. Hhaa

Koleksi paling berharga sebenrnya adalah struk pertama dari gaji pertama gan, tapi entah kenapa udah hilang.... Ente masih punya gak..? Hhaa
image-url-apps
Wahh unik juga koleksi agan iniemoticon-2 Jempol
image-url-apps
kertas atm bisa pake buat gosok kuku biar kinclong, cobain gan
image-url-apps
Struk atm klo disimpan lama tintanya pudar.
Klo struk belanja malah lbih awet.
Ane juga gan, ampe dompet tebel gara2 struk emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2
Sama buat bukti kalo atm ke blok, kan d tanya tuh kapan terakhir ambil. Pengalaman 2 bulan lalu emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Ane suka bayar bpjs dan listrik di atm gan... Struknya dikumpulin. Tapi lama2 kok tulisannya hilang yah emoticon-Cape d...

Apa bayar di kantor pos aja kah yo... Tapi kantor pos sering gangguan. Malah cape bolak balik emoticon-Sorry
image-url-apps
Quote:


Aneh sama unik hampir2 mirip gan.. Hhaa...

Quote:


Yg bener gan... ? Gak percaya gw kl belum kebukti.. Hha..

Quote:


Ada beberapa merk ATM yang lumayan awet tuh tintanya... mungkin tergantung tinta dan kertas yang dipake...

Quote:


Ini mah ceritanya dompet bukan penuh karena uang kertas ya gan... sama kyk gw.. Hhaa...

Quote:


nah itu gan kadang ada yang cepet ilang dan ada yang awet tintanya di kertas struknya... beberapa struk yang gw kumpulin berbulan2 masih ada yang awet...

nah lho... kantor pos bukannya cuma ngelayanin surat dan pengiriman2 gitu.. baru tau... Hhaa #jarang ke kantor pos

sebenarnya ada cara mudah. cukup di input saja ke dalam file di excel, sehingga pengecekan juga bisa dilakukan dgn mobile via smartphone emoticon-Big Grin
Ane justru sedih gan kalo liat struk atm, apalagi abis bayar cicilan. Nggak pake dilongok lagi, langsung ane krues, buang tong sampah emoticon-rose
mejeng di calon trit ht ah.. Ane Koleksi Struk ATM, ternyata ada manfaat dan kerugiannya lho…
image-url-apps
Quote:


Skrg bs bayar BPJS dan bayar listrik jg gan... Kirim duit jg bs online, langsung, tanpa rekening. Si penerima cukup ngasih ktp dan kode pengiriman.... emoticon-Malu (S)
×