alexa-tracking

[ASK] Tampilan berbeda di satu PC dengan 2 monitor

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1e106f9e740421288b4575/ask-tampilan-berbeda-di-satu-pc-dengan-2-monitor
[ASK] Tampilan berbeda di satu PC dengan 2 monitor
Halo gan, saya mau minta pencerahan sama agan-agan sekalian.

Spesifikasi PC:
RAM 4GB
CPU Intel i3 3.0Ghz
VGA Onboard, Intel HD Graphic.

Ane ada permasalahan:
Ada satu PC, punya 2 monitor.
Satu monitor komputer (LG 19 inch) tersambung menggunakan kabel VGA <<< monitor 1
Satu monitor LED TV (Samsung 43 inch) tersambung menggunakan kabel HDMI <<< monitor 2
Rencananya saya mau menampilkan tampilan website (ambil contoh youtube (liat video)) di monitor 2 dan monitor 1 saya pake buat ngetik.

Pertanyaan:
1. Caranya biar 2 monitor itu menampilkan tampilan berbeda (satu tampilan youtube, satu lagi tampilan ketikan) gimana ya gan?

Saya sudah coba pake Duplicate (Win+P) di Windows tapi masih tampilan yang sama di dua monitor.
Pake Extend, malah ribet, monitor 1 tampilan ketikan, monitor 2 malah tampilan desktopnya aja (padahal udah dibuka youtubenya masih tetep tampilan desktop).

2. Saya kepikiran pake virtual machine, sudah coba pake VMWare Workstation tapi masih belum bisa juga.
Kepikiran lagi:
a. Bisa tidak PC fisik dijadikan PC virtual?
b. Jika bisa, kira-kira bisa tidak PC virtual tersebut mendeteksi monitor 2 yang dihubungkan menggunakan HDMI (contoh kasus saya di atas)?

Moga-moga agan-agan sekalian paham pertanyaan saya (maaf kalau penyampaiannya agak kurang jelas).
Tapi intinya, bagaimana cara menampilkan tampilan berbeda di 2 buah monitor dalam satu PC.

Terima kasih.
Quote:


Pilih mode extend agar layar seolah-olah seperti melebar (perpanjangan dari desktop utama). Kalau pilihnya duplicate, sesuai namanya tentu aja desktop akan ditampilkan hal yang sama (copy dari desktop utama).

Soal extend ini juga bisa diatur, mana yang mau dijadikan sebagai main display dan extended displaynya. Misalnya monitor lcd sebagai main display (ID 1) dan TV LCD sebagai extended dsiplay (ID 2).

Selain itu bisa diatur juga apakah mau diextend di sebelah kiri atau di sebelah kanan dari posisi display utamanya.

Spoiler for 1:


Itu yang gambar layar display (1 dan 2) bisa di drag untuk menentukan extended displaynya (ID 2) mau diposisikan di kiri atau di kanan dari display utama (ID 1).

Beberapa aplikasi, misalnya media player classic home cinema, kmplayer, dsb bisa diatur pada preferencenya agar ketika video diputar fullscreen akan tampil di layar ID 2. Begitu pula dengan game yag fullscreen biasanya bisa pilih mode 3D nya mau ditampilkan di layar mana pada pengaturan aplikasi gamenya.

Kalau aplikasi yang nggak ada pengaturan seperti itu (misal ms word, chrome, mozilla, etc), ya digeser aja sampai jendelanya pindah ke layar extendednya.

Ini hasil pengaturan extended mode, dimana posisi extended displaynya (TV LCD) ada di sebelah kanan. Jadi kalau geser mouse ke kanan hingga melewati batas, maka pointer mouse ada di display ke 2.

Spoiler for 2:


* Resolusi max dari TV nya memang tidak sebesar resolusi layar monitor, jadi kalau di printscreen hasilnya seperti gambar diatas..

Quote:


Keperluan mesin virtual bukan untuk tujuan yang agan maksudkan. Selain itu mesin virtual di windows umumnya nggak bisa secara exclusive menggunakan device yang diattach (umumnya slot pci / pcie) untuk sepenuhnya hanya digunakan oleh mesin virtual tersebut.

Yang saya tau sih mesin virtual KVM/Libvirt (yang versi linux) yang bisa secara exclusive menggunakan device pci/pcie (misal graphics card, sound card, etc) hanya untuk mesin virtual itu sendiri (disebut sebagai pci passthrough).







kalo extend-nya atas bawah bisa gak ya emoticon-Hammer2
KASKUS Ads
Quote:


Spoiler for extend-bottom-to-top:


Nggak ada salahnya kan kalau langsung dicoba-coba dulu...
Extend bottom to top, extend top to bottom, Extend bottom to top + portrait, dsb...

Quote:


itu pake drag drop ya gan? kok gak kelihatan ada menunya? emoticon-Bingung
Quote:


Dari desktop, klik kanan Device Setting. Atau dari software panel graphics cardnya juga harusnya sih ada.

Kalau di saya karena pakai vga card radeon jadul, maka udah nggak di support lagi di Windows 10. Jadi nggak ada software panel untuk vga cardnya, hanya mengandalkan settingan yang ada di Windows. Jadinya saya contohkan dari Display Setting yang ada di Windows aja.

Pengaturan dari software panel bawaan vga vga card biasanya lebih lengkap, nggak cuma extend. clone, tapi ada pengaturan contrast, brightness, color, etc.
×