alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Fun Fact Seputar Toilet Umum Di Jepang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1dbd04a09a39c2598b4568/fun-fact-seputar-toilet-umum-di-jepang

Fun Fact Seputar Toilet Umum Di Jepang

Kali ini saya ingin berbagi fakta unik seputar toilet umum dan juga fakta umum mengenai toilet lainnya (bukan toilet umum) di Jepang. Memang sih belum tentu semua toilet dan toilet umum di Jepang seperti yang saya tulis disini. Tapi bagi yang punya rencana berwisata ke Jepang, atau sekedar penasaran seperti apa toilet umum di Jepang, silahkan cekidot aneka trivia yang kadang-kadang bikin geleng-geleng kepala berikut ini:


Fakta 1:

Secara garis besar, ada 2 model toilet yang dikenal luas di Jepang: toilet tradisional dan toilet ala Barat. Toilet tradisional bentuknya seperti kloset jongkok yang biasa ditemukan di Indonesia dan wilayah Asia lainnya. Bedanya, kloset jongkok ala Jepang biasanya tidak memiliki pijakan kaki layaknya kloset jongkok yang biasa kita kenal. Model toilet ini masih lazim ditemukan di berbagai sekolah di Jepang. Sedangkan toilet ala Barat, maksudnya adalah kloset duduk. Jenis inilah yang biasa ditemukan di berbagai area publik di Jepang, walau tak sedikit juga yang menyediakan kloset duduk dan kloset jongkok dalam satu lokasi. Untuk lebih jelasnya, berikut gambaran tipikal kloset jongkok dan kloset duduk di Jepang.


Fun Fact Seputar Toilet Umum Di Jepang

Tipikal kloset duduk di Jepang [foto: V31S70/flickr]


Fakta 2:

Yang mana toilet untuk laki-laki? Yang mana toilet perempuan? Terkadang toilet umum di Jepang tidak ditandai dengan penanda gambar yang menyimbolkan toilet khusus laki-laki atau perempuan, melainkan dengan huruf kanji. Kadang-kadang justru yang ditampilkan adalah gambar-gambar lucu maupun kata-kata dalam bahasa Engrish (bahasa Inggris ala Jepang yang kadang-kadang sulit dimengerti). Berikut beberapa contoh gambar penanda toilet umum di Jepang.


Fun Fact Seputar Toilet Umum Di Jepang

Contoh simbol penanda toilet laki-laki dan perempuan [foto: Akaitori/flickr, Chez_sugi/flickr]


Fakta 3:

Terkadang toilet umum di Jepang dilengkapi dengan peta bilik toilet, beserta dengan informasi apakah toilet tersebut menggunakan tipe kloset duduk atau jongkok, dan apakah sedang terisi atau tidak. Beberapa peta bahkan dilengkapi dengan huruf Braile!


Fun Fact Seputar Toilet Umum Di Jepang

Peta toilet dengan huruf braile [foto: Stefan/flickr]


Fakta 4:

Soal smartphone alias telepon pintar, semua orang pasti sudah tahu. Tapi bagaimana dengan smart toilet? Hmm, sepertinya sih belum ada di Indonesia ya. Smart toilet, alias toilet elektronik, sudah banyak ditemukan di berbagai area publik di Jepang. Saya pribadi pernah menemukan toilet pintar tersebut di Stasiun Shinagawa dan Haneda Airport. Dan itulah yang membuat saya terpukau sekaligus deg-degan karena takut salah pencet. Betapa tidak? Dalam satu toilet saja ada banyak sekali tombol yang bisa dipilih. Mulai dari tombol canggih yang kini sudah banyak ditemukan di toilet umum di Indonesia (seperti penyiram/pembersih otomatis), hingga tombol blower alias tombol pengering! Jadi tanpa menggunakan tisu toilet pun dijamin keluar toilet dengan kering dan bahkan wangi.


Belum terbayang? Saya ingin memberikan gambaran umum fitur-fitur apa saja yang lazim ditemukan dalam toilet/kloset pintar ala Jepang. Biasanya fitur-fitur ini ditampilkan dalam panel elektronik di dinding maupun di pegangan kloset.

- Pembersih/penyiram otomatis. Biasanya ada pilihan ekstra: pembersih bagian depan, belakang, dengan daya siram kuat, medium, atau lembut. Kadang-kadang dilengkapi juga dengan penyemprot sabun, untuk kebersihan ekstra.

- Pengering. Kurang lebih seperti hairdryer, hanya saja fiturnya menjadi satu dengan kloset.

- Pengatur suhu air. Mau air hangat atau dingin? Semua bisa diatur!

- Pewangi. Jadi nggak perlu takut akan bau saat meninggalkan ruangan toilet.

- Penghangat dudukan kloset. Biasanya banyak digunakan saat musim dingin tiba.

- Pencipta bunyi-bunyian. Tujuannya untuk menciptakan privasi saat berada di toilet, sehingga tetangga di sebelah tidak tahu aktifitas apa yang sedang dilakukan dalam sebuah bilik toilet.

- Musik relaksasi. Fitur ini saya temukan kalau nggak salah di Haneda Airport. Keren kan?

- Dan beberapa fitur lainnya yang belum pernah saya lihat langsung, alias baru sebatas dengar saja seperti: massage cleaningair conditioner (untuk mendinginkan bagian bawah saat hari panas), danmedical test (tersambung dengan internet).


Berikut beberapa contoh fitur panel elektronik yang biasa ditemukan pada toilet pintar (siap-siap terpukau ya):


Fun Fact Seputar Toilet Umum Di Jepang

Contoh panel elektronik di toilet ala Jepang [foto: Mayanais/flickr]

Bingung melihat banyaknya alternatif tombol pada gambar-gambar di atas? Saya nggak akan menjelaskan satu persatu arti fitur pada masing-masing panel. Berikut beberapa penjelasan cara menggunakan fitur-fitur dalam panel kontrol:


Fun Fact Seputar Toilet Umum Di Jepang

Petunjuk penggunaan toilet elektronik [foto: Conbon33/flickr]


Fakta 5:

Tak sedikit toilet yang melengkapi fasilitasnya dengan mesin penjual otomatis yang menjual berbagai keperluan wanita dan orang tua, seperti pembalut dan pampers ukuran dewasa. Sayang saya tidak menemukan contoh fotonya.


Fakta 6:

Ada golden rules saat menggunakan sandal kamar mandi. 


































Urutan Terlama
Bersih banget emoticon-Jempol
kalau di terapin di sini tulisan dan gambar kayaknya seru tuj
toilet nya aja mewah ya emoticon-Leh Uga
bisa bikin bunyi2an
kalo lagi mencret gak kuatir kedengeran sama yang sebelah emoticon-Ngakak
kreatifnya jepang bikin wc 😆
njir, kalo yg ga bisa baca kanji cem Ane bisa salah masuk dong ... emoticon-Leh Uga
udah tau emoticon-Cool udah sering baca yang ginian, nyoba juga udah emoticon-Cool
Bidet masterrace emoticon-Ultah
Diubah oleh Riz2T
Secanggih apapun toilet nya kalo kagak ada hotspot wifi sama cup cupan buat charger hp mah biasa aja emoticon-Leh Uga
Mantaaaap toiletnya...emoticon-Wow


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di