alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / ... / B-Log Personal /
Memahami Makna Busana Muslim/Muslimah dan Menutup Aurat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1c986a642eb680528b4575/memahami-makna-busana-muslim-muslimah-dan-menutup-aurat

Memahami Makna Busana Muslim/Muslimah dan Menutup Aurat

Tren berbusana muslim di kalangan perempuan indonesia beberapa tahun terakhir ini merupakan fenomena yang menggembirakan Gan.tentu hal ini sangat berbeda dengan kondisi sebelumnya .semangat perempuan indonesia untuk mengenakan jilbab hampir dapat dijumpai disemua area publik , baik dilingkungan pemerintahan maupun di lingkungan swasta . Fenomena ini merupakan dampak positif media yang memberikan informasi tentang para aktris atau publik figure lainnya menyadari pentingnya melaksanakan salah satu ajaran islam mengenai menutup aurat.

A.Memaknai Makna Busana Muslim/Muslimah dan Menutup Aurat.
1.Makna Aurat
Menurut bahasa , aurat berarti malu , aib, dan buruk.Kata aurat berasal dari dari kata awira yang artinya hilang perasaan.Jika digunakan untuk mata, berarti hilang cahayanya dan lenyap pandangannya.Pada umumnya, kata ini memiliki arti yang tidak baik dipandang , memalukan dan mengecewakan.Menurut istilah dlam hukum Islam, aurat adalah batas minimal dari bagian tubuh yang wajib ditutupi karena perintah Allah Swt.

2.Makna Jilbab dan Busana Muslimah
Secara etimologi, jilbab adalah sebuah pakaian yang longgar untuk menutup seluruh tubuh perempuan kecuali muka dan kedua telapak tangan.Dalam bahasa Arab, jilbab dikenal dengan istilah khimar dan bahasa inggris jilbab dikenal dengan istilah veil.selain kata jilbab untuk menutupi bagian dada hingga kepala wanita untuk menutupi aurat perempuan, dikenal pula istilah kerudung , hijab , dan sebagainya.

Pakaia adalah barang yang dipakai (baju, celana, dan sebagainya).Dalam bahasa indonesia, pakaian juga disebut busana.Jadi, busana muslimah artinya pakaian yang dipakai oleh perempuan.Pakaian perempuan yang beragama Islam biasa disebut muslimah.Berdasarkan makna tersebut, busana muslimah dapat dikatakan sebagai pakaian wanita Islam yang dapat menutup aurat yang diwajibkan agama untuk menutupinya, guna kemaslahatan dan kebaikan wanita itu sendiri serta masyarakat dimana ia berada.
perintah menutup aurat sesungguhnya adalah perintah Allah Swt.yang dilakukan secara bertahap.Perintah menutup aurat bagi kaum perempuan pertama kali diperintahkan kepada istri-istri Nabi Muhammad saw.Agar tidak berbuat seperti kebanyakan perempuan pada waktu itu. (Q.S al-Ahzāb/33:32-33 .Setelah itu, Allah Swt.memerintahkan kepada istri-istri Nabi saw.agar tidak berhadapan langsung dengan laki-laki dengan bukan mahramnya (Q.S al-Ahzāb/33:53).
Selanjutnya, karena istri-istri Nabi saw.juga perlu keluar rumah untuk mencari kebutuhan rumah tangganya, Allah Swt.memerintahkan mereka untuk menutup aurat apabila hendak keluar rumah (Q.S (al-Ahzāb/33:59).Dalam ayat ini, Allah Swt.memerintahkan untuk memakai hijab, bukan hanya kepada istri-istri orang - orang yang beriman.Dengan demikian, menutup aurat atau berbusana muslimah adalah wajib hukumnya bagi seluruh wanita yang beriman.
Thread Sudah Digembok
Urutan Terlama
×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di