alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Bismarck, Kapal Perang Nazi yang Menggetarkan Nyali Pasukan Inggris
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1c8ad0de2cf271568b457c/bismarck-kapal-perang-nazi-yang-menggetarkan-nyali-pasukan-inggris

Bismarck, Kapal Perang Nazi yang Menggetarkan Nyali Pasukan Inggris

Bismarck, Kapal Perang Nazi yang Menggetarkan Nyali Pasukan Inggris

Sebagai kapal perang paling besar di dunia pada zamannya, hadirnya kapal perang NaziJerman, Bismarck, ke gelanggang pertempuran sontak menimbulkan kegemparan di kalangan Sekutu, khususnya Inggris.

Sebetulnya kemunculan Bismarck memang sudah dapat diduga karena kapal perangraksasa yang dibangun sejak tahun 1936 ini diperkirakan rampung sekitar 3 tahun kemudian.

Bismarck tepatnya diluncurkan tanggal 24 Agustus 1940, pada saat PD II sedang berkecamuk dengan hebat-hebatnya dan Nazi Jerman sediri banyak sekali meraih kemenangan di medan tempur Eropa.

Pasukan Inggris yang baru saja digasak mundur Nazi di wilayah Yunani langsung mempersiapkan armadanya secara besar-besaran guna mencari dan menghadang Bismarck.

Semua armada Inggris yang berpangkalan di Scapa Flow dikerahkan dengan target menemukam Bismarck secepatnya.

Bismarck saat itu dikawal oleh kapal perang yang juga merupakan saudara tuanya, Prinz Eugen.

Bismarck, Kapal Perang Nazi yang Menggetarkan Nyali Pasukan Inggris

Lautan Atlantik segera dipenuhi oleh kapal-kapal perang Inggris ukuran besar kecil seperti HMS Hood, Prince of Wales, Norfolk, Suffolk, Birmingham, Manchester, King George V, dan kapal induk Victorious.

Setelah pencarian yang melelahkan selama tiga hari posisi Bismarck dan Prinz Eugen berhasil ditemukan oleh armada Inggris.

Pertempuran laut yang seru pun berkobar. Kapal perang Inggris yang berhasil mencegat Bismarck dan Prinz Eugen antara lain, Suffolk, Norfolk, Hood, dan Prince of Wales.

Namun karena yang bisa menandingi Bismarck dan Prinz Eugen hanya Hood serta Prince of Wales, baik Suffolk maupun Norfolk hanya menonton.

Tembak-menembak antara empat kapal raksasa yang tengah bertarung berlangsung sengit.

Tapi karena kapal perang Inggris kalah kuat dan sialnya lagi juga salah strategi, Hood yang dihujani tembakan meriam dari Bismarck dan Prinz Eugen meledak terbakar, patah jadi dua, kemudian tenggelam bersama ribuan pelautnya.

Prince of Wales dan dua kapal perang lainnya memilih mundur dari pertempuran, sedangkan Bismarck dan Prinz Eugen meneruskan perjalanannya.

Bismarck sendiri hanya mengalami kerusakan ringan dan Prinz Eugen tanpa kerusakan apapun.

Bismarck, Kapal Perang Nazi yang Menggetarkan Nyali Pasukan Inggris

Tapi kerusakan ringan yang dialami Bismarck sekalipun ringan cukup vital karena tangki bahan bakarnya bocor dan meninggalkan jejak berupa alur panjang di atas lautan Atlantik.

Jejak itu dengan cepat ditemukan pesawat pengintai Inggris dan rencana balas dendam untuk menghancurkan Bismarck pun dirancang lagi.

Upaya untuk menemukan kembali Bismarck ternyata cukup mudah, pesawat-pesawat pembom torpedo pun segera diluncurkan dari kapal induk Ark Royal.
Tapi dari 15 torpedo yang dijatuhkan hanya satu yang berhasil mengenai sasaran.

Sebaliknya meriam penangkis udara Bismarck berhasil merontohkan satu pesawat pembom.

Namun, torpedo yang berhasil mengenai Bismarck ternyata merusakkan kemudi kapalnya sehingga arah pergerakan Bismarck menjadi tak terkendali dan hanya berputar-putar saja.

Bismarck, Kapal Perang Nazi yang Menggetarkan Nyali Pasukan Inggris

Melihat kondisi musuhnya sudah makin lemah dan tidak bisa berlayar sesuai jalur, kapal-kapal perang Inggris dan pesawat-pesawat pembomnya segera datang mengeroyok Bismarck.

Setelah puluhan torpedo dan bom dilepaskan oleh kapal perang dan pesawat Inggris hingga stoknya habis, Bismarck akhirnya berhasil ditenggelamkan ke dalam laut.

Meskipun demikian, ketika dilakukan penyelidikan setelah PD II usai, mesin-mesin Bismarck yang sudah dihujani ribuan ton bom dan tenggelam itu ternyata masih tetap bagus.


sumber
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Wow Bismarck dari nama Otto Von Bismarck
rip yamato dan musashi

ngomongin kapal perang pd2 cuman kepikiran itu emoticon-Frown
keren ya kapalnya
kapal perang raksasa sasaran yg mudah terlihat dan ga bisa gerak cepat. sekarang negara" bikin kapal perang raksasa sebagai pangkalan pesawat tempur atau military aircraft lainnya. jadinya aircraft carrier atau kapal induk. sedangkan kapal perang yg khusus battlefield lebih kecil. mungkin itu sebabnya sekarang ada istilah warship, ada battleship (pendapat pribadi)

CMIIW
emoticon-Hammer2
Quote:

Penggunaan mislie anti kapal yg ampuh spt exocet, yakhont maupun penangkis rudal/bom otomatis spt CIWS ikut merevolusi ukuran kapal perang .
Sehingga tidak lagi memerlukan meriam kaliber besar dalam jumlah bejibun dan proteksi baja yg sebanyak kapal2 PD2.
Cmiiw

Kapal yg mengerikan
Padahal inggris itu AL nya paling disegani
kalo jepang yamato ya
edun bismarck oo cma dkawal seorang aja
Quote:


Mungkin lg stealth mode
Bismarck itu perdana menteri jerman yg cerdas dalam hubungan diplomasi dgn negara lain. Kerenemoticon-Salam Kenal
wajar kalah kena keroyok sih emoticon-Big Grin
Quote:


Yap, nama kaisar Austria Honggaria..
Kebayang kalo jerman bersekutu sama ussr inggris amerika apa rasa dunia sekarang emoticon-Ngakak
Woh edun paling gede dimasanya emoticon-Matabelo

Btw, sepi banget emoticon-Ngacir
Sebenernya sebelum Bismarck jadi, Inggris juga udah gentar sama kapal penjelajah tempur Scharnhorst dan Gneisenau di bawah komando Gunther Lutjens, ketika Bismarck keluar dari sarang makin ketar ketir lah pihak sekutu.

Pengeroyokan Bismarck juga merupakan pertempuran pertama tembakan meriam dipandu radar, dan pertama kali juga pesawat terbang memberi ancaman yang berarti ke kapal perang.

Sebenernya sampai akhir pun mesin Bismarck masih utuh (kesaksian admiral Jerman), cuma karena kemudinya kena torpedo jadilah Bismarck menemui ajalnya. Epic battle.
Diubah oleh dcantripe
Kerusakan ringan pertama membuat jejaknya gampang dilacak.
Kerusakan ringan kedua merusak kemudinya.
Emang sial kapal raksasa yang satu ini.
Bismarck, Kapal Perang Nazi yang Menggetarkan Nyali Pasukan Inggris

ini kapal segede kastil kali ya.... Jerman emang gila... emoticon-thumbsup
Diubah oleh Yohbk
saingan yamato ini gan
Bismarck Battleship ......

Bismarck, Kapal Perang Nazi yang Menggetarkan Nyali Pasukan Inggris

Quote:


bismark ini seperti tiger tank, tingkat ancamannya lebih banyak jadi bogeyman daripada kenyataan. lalu dipopulerkan oleh kedinasan mereka sendiri untuk menguatkan jasa, usaha mereka dalam perang. lawan yang menyeramkan tentu jadi cerita yang lebih bagus daripada ancaman yang sebenarnya gak seberapa dengan komando (hitler) yang gak jelas plus suicidal.

diketahui satu battleship, super sekalipun tanpa pengawalan yang cukup dan juga logistik yang cukup tidak akan mampu berbuat banyak terhadap lawan apalagi yang sekuat inggris, bahkan terhadap target empuk macam kota-kota inggris sekalipun. case study pemboman battleship amerika, iowa class terhadap target darat di perang korea. bahkan tanpa ancaman dan kebebasan mutlak, meriam kaliber besar tersebut walau sangat efektif terhadap bombardir lawan tetapi tetap tidak mampu meratakan infrastruktur lawan seorang diri.

fungsinya lebih kepada keberadaan bantuan tembak artilery jarak jauh, namun bukan sebagai penghancur kota atau armada. karena itu ancaman dari bismark dan flotilla kecilnya, walaupun dilepas oleh inggris tidaklah teramat besar. mengganggu ya, merugikan jelas, tetapi tidak sampai begitu mengancam sekali seperti dikisahkan dalam berbagai film dan narasi cerita bahkan dokumenter.

disinyalir kemungkinan battlegroup kecil yang sangat kekurangan di sana sini dengan misi suicidalnya akan hancur sendiri secara perlahan oleh grup-grup pertahanan inggris baik darat udara dan juga tentunya laut, tanpa inggris harus melakukan perburuan besar-besaran.
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di