alexa-tracking

Masuki Era Industri 4.0, Wapres Yakin Manusia Tetap Miliki Andil

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1bf7acdc06bd946c8b457b/masuki-era-industri-40-wapres-yakin-manusia-tetap-miliki-andil
Masuki Era Industri 4.0, Wapres Yakin Manusia Tetap Miliki Andil
Masuki Era Industri 4.0, Wapres Yakin Manusia Tetap Miliki Andil

JPP, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla meyakini bahwa dalam memasuki era industri 4.0, sumber daya manusia masih memiliki andil besar dalam menjalankannya. Menurutnya, tidak semua aktivitas dapat dikerjakan dengan teknologi atau dengan tenaga robotik, karena masih terdapat peran manusia dalam menjalankan industri tersebut.

“Peranan manusia, peranan pekerja, peranan inovatif tetap menjadi inti dan memiliki andil dari semua itu. Jika pekerja tidak ada, siapa yang berpenghasilan? Apabila tak ada yang berpenghasilan, siapa yang membeli barang yang dihasilkan oleh robot?” jelasnya saat memberikan arahan dalam acara Program Penguatan Kapasitas Pemimpin Indonesia di Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Oleh karena itu, dirinya menekankan pentingnya perubahan sikap dan pengetahuan manusia dalam mengimplementasikan teknologi agar dapat menyambut industri 4.0.

Menurut Wapres, peranan manusia, pekerja, dan inovasi merupakan inti kemajuan industri di mana hal tersebut harus dapat digabungkan untuk menjadikan suatu sikap atau menjadi ciri kebangsaan serta dalam memajukan bangsa Indonesia.

Disampaikan jika saat ini banyak negara telah melakukan perubahan dalam menghadapi revolusi industri, seperti Singapura dan Cina misalnya, yang kini lebih banyak menggunakan teknologi lebih tinggi.

Wapres menerangkan, Singapura sebelumnya hanya menjadi tempat belajar. Namun, kini Singapura menjadi tempat mengembangkan riset untuk mencapai sistem nasional dalam memenuhi kebutuhan bangsanya.

“Negara yang memiliki teknologi tinggi bisa memenangi persaingan dalam dunia global karena dapat menghasilkan produk yang lebih baik, murah, dan cepat, tapi kembali lagi yang dipertanyakan siapa yang akan menjadi konsumen dan mendapat pendapatannya jika semua industri menggunakan automation atau robot?” ujarnya.

Maka itu, Wapres pun mengingatkan para menterinya serta pemerintah daerah untuk menyadari perubahan di masyarakat di tengah Revolusi Industri 4.0 yang digagas pemerintah. (prb)


Sumber : https://jpp.go.id/ekonomi/industri/3...p-miliki-andil

---

Kumpulan Berita Terkait EKONOMI :

- Masuki Era Industri 4.0, Wapres Yakin Manusia Tetap Miliki Andil Santripreneur Dongkrak Nilai Jual dan Produksi Kopi Ponpes Al Ittifaq

- Masuki Era Industri 4.0, Wapres Yakin Manusia Tetap Miliki Andil Kemenperin Lindungi Industri Keramik dari Serbuan Impor

- Masuki Era Industri 4.0, Wapres Yakin Manusia Tetap Miliki Andil Gapensi Minta Pemerintah Tingkatkan Limit Proyek Daerah

masih lah, yang bakal paling dicari orang2 kopetent dalam bidang robotik, AI, dll

sudah dan bakal lebih banyak pekerjaan manusia yang bakal digantikan teknologi.
tapi namanya kebanyakan bisnis mah liat biaya dan efisiensinya dulu.
kalo pake robot gak sebanding dengan pake buruh murah, mungkin masih banyak yang pake buruh.

tapi bukan cuma buruh yang terancam.
pekerjaan kerah putih juga banyak yang udah terancam.
paling banyak di dunia ekonomi dan bisnis tuh.
apalagi teknologi block chain juga bakal banyak nendang para "middle man" dalam transaksi.