alexa-tracking

Keren! Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1ab68dde2cf24c5f8b4568/keren-indonesia-jadi-anggota-tidak-tetap-dewan-keamanan-pbb
Keren! Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB
Keren! Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB

Jakarta, IDN Times - Setelah melalui perjuangan yang panjang sejak tahun 2016 lalu, Indonesia akhirnya berhasil terpilih sebagai satu dari lima negara tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Melalui proses voting yang begitu ketat di Majelis Umum PBB, Indonesia berhasil meraih 144 suara dari negara anggota PBB. 

Indonesia berhasil menyisihkan Maladewa yang menjadi pesaing terdekatnya dengan 46 suara. 

Lalu, apa makna masuknya Indonesia ke dalam jajaran elit negara tidak tetap Dewan Keamanan PBB ini?


1. Indonesia meraih 144 suara di Majelis Umum
Dalam proses voting yang digelar di markas umum PBB di New York pada Jumat siang waktu setempat (8/6), Indonesia berhasil meraih 144 suara, artinya dua pertiga suara dari negara anggota tidak tetap PBB sudah berhasil dikuasai.

Indonesia berhasil mengalahkan Maladewa yang selama ini menjadi saingan terdekat. Maladewa hanya meraih 46 suara. Selain Indonesia, ada pula empat negara lain yang terpilih menjadi negara anggota tidak tetap. Mereka adalah Afrika Selatan (183 suara), Republik Dominika (184 suara), Jerman (184 suara) dan Belgia (181 suara).

Melihat hasil ini, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan tim Indonesia yang berada di Majelis Umum PBB New York langsung bersorak dan mengucap rasa syukur. Retno mengatakan ini merupakan amanah masyarakat internasional bagi Indonesia.

"Dalam dua hari terakhir menjelang pemilihan, tim kampanye pencalonan Indonesia telah melakukan pertemuan dengan hampir semua anggota PBB," ujar Retno melalui video teleconference dengan media di Jakarta pada malam ini.


2. Indonesia berjanji akan berkontribusi di bidang perdamaian
Keren! Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB
Retno mengatakan dengan terpilihnya Indonesia sebagai satu dari lima negara anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB bermakna rekam jejak dan diplomasi Indonesia di dunia telah diakui oleh masyarakat internasional.

"Indonesia akan berperan aktif di Dewan Keamanan PBB. Sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, Indonesia memiliki empat fokus, salah satunya menyangkut penciptaan stabilitas, keamanan dan perdamaian," ujar Menlu perempuan pertama di Indonesia itu.


3. Indonesia bisa ikut memengaruhi kebijakan di forum PBB
Keren! Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB
Publik luas mempertanyakan apa makna Indonesia masuk ke dalam jajaran elit Dewan Keamanan Tidak Tetap PBB? Juru bicara Kemenlu, Arrmanatha Nasir, membenarkan sebagai anggota tidak tetap DK PBB, Indonesia memang gak punya hak veto. Tapi, Indonesia bisa ikut memberikan pandangan dan ide untuk menjaga keamanan serta stabilitas global.

"Apabila diperlukan pandangan untuk mengambil langkah-langkah tertentu mengenai suatu permasalahan terkait keamanan di berbagai negara, maka suara Indonesia bisa lebih didengar," ujar Arrmanatha menjawab pertanyaan IDN Times pada akhir Januari lalu.

Hal itu dinilai positif, karena toh Indonesia tetap bisa memainkan peranan yang lebih seandainya meraih kursi tersebut. Indonesia bisa memanfaatkan secara maksimal peranan PBB untuk kepentingan perdamaian di dunia. Apalagi Indonesia sudah mewujudkannya dengan menjadi salah satu negara dengan kontributor besar pasukan operasi perdamaian di dunia.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Keren! Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB WNI Dilarang ke Israel, Apa yang Seharusnya Dilakukan Pemerintah?

- Keren! Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB Indonesia Mengecam Keras Langkah Ngotot AS yang Buka Kedutaan di Yerusalem

- Keren! Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB 5 Tip Bagaimana Jadi Diplomat Zaman Now Ala Presiden Jokowi

yaelah jgn sampai cuma jadi simbolis sama ajang keren2 doang emoticon-Blue Guy Bata (L)
image-url-apps
semoga menjadi hal bagus untuk negara kita
KASKUS Ads
image-url-apps
emang untungnya apa sih??, kok kliatannya bangga bener??emoticon-Bingung
×