alexa-tracking

Longbowman Dan Perannya Dalam Perang 100 Tahun

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1aab94642eb6d8578b4569/longbowman-dan-perannya-dalam-perang-100-tahun
Longbowman Dan Perannya Dalam Perang 100 Tahun
Longbowman Dan Perannya Dalam Perang 100 Tahun

Longbow adalah jenis busur besar yang kira-kira hampir seukuran dengan penggunanya. Senjata ini sangat populer di abad pertengahan Inggris dan amat berperan dalam perang 100 tahun antara Inggris dan Perancis.

Spoiler for Asal mula Longbow digunakan Inggris:


Spoiler for Battle Of Crécy:


Spoiler for Battle of Poitiers:


Spoiler for Battle of Agincourt:



Sumber
Sumber
Sumber
tentara khas nya inggris di age of empire 3 nih...

ane denger mantan long bowman tulang rusuknya pada bengkok, karena sering berada di postur memanah yg tidak lazim dg panjang busur yg tidak lazim pula... bener gak teh es? emoticon-Bingung (S)
Quote:


setau gw emang begitu. ampe bengkok tulang nya saking kelamaan dipake
Quote:


biasanya tulang lengannya yang menjadi besar karena sedari kecil sudah terbiasa berlatih dengan busur yang berat.

longbowmen itu tidak bisa hari ini latihan tahun depan sudah bisa. tidak bisa gtu, yang mampu menggunakan rata-rata harus berlatih beberapa tahun sampai tubuhnya bisa kuat menariknya tali busurnya secara natural.

jadi butuh perkembangan otot dan kekuatan tulang yang cukup agar mampu menggunakannya secara maksimal. karena itu tulang belulang longbowmen biasanya diketahui dengan tulang lengan yang tidak akur kiri dan kanan.

uniknya hal ini membuat para longbowmennya yang terlihat paling kuat berotot diseantero pasukan, lebih kekar dibandingkan dengan pasukan medieval lainnya. emoticon-Big Grin
Quote:


ud dijawab ama om ross ya, tapi memang longbowman tulang nya jadi rada aneh, ga seimbang antar kiri dan kanan, tapi badannya yang paling kekar emoticon-Big Grin
Quote:


maksud ane bukan tulang rusuk, tapi tulang belakang...
ya gitu lah gan... ane jadi ke inget maen game age of empire 3 kalo inget pasulan enih emoticon-Embarrassment
Longbowman ini emang ciri khas Inggris banget ya. Tapi kayanya senjata ini lebih cocok dipake buat jarak yg relatif jauh. Kalo jarak dekat kayanya kurang efektif, lebih mending crossbow
Quote:


Iya longbow tidak dibuat utk tujuan presisi dan akurasi tapi karena range yg lebih jauh dan power.
Tapi utk makai tuh busur butuh tenaga ekstra dan stamina yg bagus .

Ane pernah denger di salah satu bagian perang 100 tahun Prancis yg banyak banyak mengandalkan crossbowman dari Milan kalah telak karena sebelum sampai jangkauan tembak udah disapu sama Longbowman Inggris.
Quote:


di trit ini dituliskan demikian, musuh belum sempat sampe hidung ud rubuh duluan di hujani oleh longbowman, dan fatalnya diulangin sampe 3 kali berturut-turut dengan cara yang sama. Yang paling fatal agincourt, musuh dalam jumlah besar terjebak dilumpur dan di tembakin secara membabi buta, padahal saat itu tentara inggris sedang dalam keadaan yang kusut.
Archer, sakit tapi lembek

-moba logic
mending hadapin longbowmen pake formasi combo Phalanx + Testudo, dan kita liat, apa mereka masih berani manah kalo sudah masuk dlm pertempuran jarak deket (dengan catatan longbowmen tidak berada di daratan yg lebih tinggi dan arena pertempuran tidak ada jebakannya).
emoticon-Cool
Quote:


kalo begitu biasanya ada onager buat cadangan emoticon-Big Grin

btt sayangnya pohon yew yang dipakai untuk membuat longbow udah langka emoticon-Berduka (S):
Quote:


phalanx tetap akan abis klo dihujani ama longbowman kalo testudo terlalu lelet gerak majunya, bakal dibongkar duluan ama gebrakan kavalery, cara paling efektif justru babat pake kavalery ringan melalui serangan melambung atau motong dari garis belakang, bukan frontal ya.
Quote:


Jadi nya kayak atlit pancho dong, tangan nya besar dan berorot sebelah. Pernah dengar, berat nya tarik longbow itu sama kayak angkut 2 sak semen (90 lb)dengan tiga jari, benar ga ??? Dan lagi tiap longbowmen itu dimodali berapa anak panah dalam satu quiver ?? Kalo habis itu, gimana cara bagi nya dalam medan tempur ?? Apa ada unit pelengkap layak nya squire untuk knight ?? Kemudian di artikel, RoF nya 10 sampai belasan, katakan lah 10 panah / menit, kalo satu quiver 30 berarti cuman mampu 3 menit buat perang ??? Dan lagi normal nya buat seorang longbow itu sanggup nembak tanpa henti hingga lelah utk istirahat brapa anak panah ???
Sory banyak nanya, karna slain poland winged hussar dan mongol cav, ini pasukan y bikin prestasi brutal
emoticon-Cendol Gan
Quote:


Mengingat chainmail, ringmail, gambeson, scale armor, dan leather armor tembus, itu perisai triplek kayak nya lebih mudah.

Ingat jarak jangkau nya hingga 300 meter alias 3 kali lapangan bola. War wagon ala cossack paling mending drpd y lain, utk ngimbangin. Karna tu longbowmen dikawal sama billmen dan heavy cavalary.
Quote:


diotak w malah mengatakan jangan maju duluan, tunggu mereka yang maju dulu baru sergap dari samping, dlm perang2 ini prancis sangat terburu2 perangnya
Quote:


Susah juga om, pertama perancis unggul jumlah (moral naik, semangat menggebu gebu). Kedua udah berhari hari kejar, ada perasaan kesal. Ketiga hujan lebat y buat lahan becek. Keempat perancis gatau logistik Inggris di ambang batas. Kelima, mereka duluan diganggu Inggris dg panah saat di camp. Keunggulan jarak longbow ini berhasil di optimal kan dengan baik. Saat itu bagus perancis tggu sampe logistik Inggris abis total
Quote:


iya prancis entah kenapa loyo bgt. untunglah ditengah perang muncul keajaiban dari the maid joan of arc
Quote:


bantu up, ikut penasaran