alexa-tracking

Bukan Thanos, Ini Dia Musuh Terbesar Bumi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1a7d5ea2c06e70128b4567/bukan-thanos-ini-dia-musuh-terbesar-bumi
Bukan Thanos, Ini Dia Musuh Terbesar Bumi
Bukan Thanos, Ini Dia Musuh Terbesar Bumi

Haloo Agan Sista yang  keren-keren, tahu ngga ternyata tanggal 5 Juni kemarin kita tuh memperingati hari penting loh.

Tahu hari apa?

Bukan Thanos, Ini Dia Musuh Terbesar Bumi

Yep,Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Enviroment Day.

Pada tahun 1972, PBB menetapkan tanggal 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia, dan hari ini telah berkembang menjadi salah satu momen paling penting di dunia untuk para pecinta lingkungan. Hari Lingkungan Hidup Sedunia menjadi momentum yang mendorong semua orang untuk melindungi dan merawat serta melestarikan kehidupan yang ada di bumi kita yang tercinta ini Gan.

Tema besar Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini adalah Beat Plastic Pollution. Nah, terkait dengan tema tersebut, kita semua kembali diingatkan nih Gan Sist akan kebiasaan kita yang ngga bisa lepas dari plastik, padahal plastik udah menjadi musuh terbesar bumi.

Mengapa Plastik Menjadi Musuh Terbesar Bumi?

Berdasarkan data dari UN Enviroment tercatat ada sebanyak 13 juta ton sampah plastik yang dibuang ke lautan kita setiap tahunnya. Dan naasnya, sampah plastik ini telah meracuni, mencekik serta membunuh burung laut, ikan dan kehidupan laut lainnya. 

Spoiler for Pulau Sampah Di Carribean:


Menyadur dari BBC, ada sekitar 100.000 hewan yang terbunuh setiap tahunnya oleh plastik. Plastik tidak hanya membunuh burung dan hewan laut, tapi juga mengotori lingkungan kita Gan Sist. Plastik tidak akan pernah hancur dan terurai, plastik hanya terpecah menjadi serpihan kecil, dan berubah menjadi mikroplastik, atau bisa dibilang seperti potongan kecil plastik. Dan ini justru lebih berbahaya Gan Sist, karena dapat dikonsumsi oleh ikan dan makhluk laut lainnya. Mikroplastik akhirnya masuk ke dalam rantai makanan, yang pada akhirnya menjadi ancaman bagi kita yang mengkonsumsi ikan laut. Duh!

Mengapa Plastik Tidak Dapat Terurai?

Plastik adalah bahan sintetis buatan manusia, yang diproduksi dari rantai molekul berulang yang disebut sebagai polimer. Ini yang bikin plastik jadi tahan lama, ringan dan pastinya murah Gan Sist.

Di samping manfaatnya yang banyak, plastik juga menciptakan banyak masalah untuk kehidupan kita. Plastik sering berasal dari bahan bakar fosil seperti minyak dan gas alam. Ada sekitar empat persen dari minyak bumi di dunia digunakan untuk membuat plastik dan empat persen lainnya digunakan untuk memproduksi plastik. Nah ini juga yang menimbulkan gas rumah kaca secara global dan perubahan iklim.

Berikut ini beberapa fakta terkait plastik yang Agan Sista harus tahu :

Lebih dari 300 juta ton plastik diproduksi setiap tahun di seluruh dunia

Ada 5 trilyun kantong plastik digunakan setiap tahunnya, artinya ada sekitar 160.000 plastik yang digunakan per detiknya. 

Ada 480 miliar botol minum plastik terjual di seluruh dunia pada tahun 2016 dan akan meningkat menjadi 583 miliar pada tahun 2021. 

Spoiler for perbandingannya:

Ada satu juta botol plastik dijual setiap menit dan 20.000 botol plastik diproduksi setiap detik

Pada tahun 2050, diperkirakan berdasarkan beratnya, akan ditemukan lebih banyak plastik daripada ikan di laut. Ini berdasarkan riset dari Ellen MacArthur Foundation.

Nah, tuh kan Gan, sangat jelas bahwa polusi plastik adalah salah satu masalah lingkungan paling mendesak di dunia dan harus segera kita tangani bersama. 

Tapi pertanyaannya adalah, gimana sih caranya mengurangi polusi plastik?

Bukan Thanos, Ini Dia Musuh Terbesar Bumi

Spoiler for bocoran:

image-url-apps
Kemarin pemerintah bikin kebijakan pembatasan kantong plastik juga cuman anget2 tai ayam..

Meski pro kontra, kayaknya perlu di pikirkan gmn pembatasan kantong plastik yg efektif dan bisa di terima semua kalangan..

Demi masa depan bumi..


*tumben komen bener..
image-url-apps
plastik butuh waktu lama untuk terurai, harusnya dibikinin iklan lg buat green lifestyle biar pd sadar, kaya wktu itu prnh ada iklan dramatis tentang org yg ngbuang sampah plastik smbrgan.

Btw, aktif banget nih ngetritnya sist emoticon-Malu
KASKUS Ads
image-url-apps
itu karena kebiasaan sepele buang plastik bungkus jajan, tiap orang sekali, dilakukan oleh jutaan orang.
image-url-apps
bumi dapat menyembuhkan dirinya, kalau alam sudah rusak tinggal meletuslah gunung berapi, peradaban punah, dan muncul spesies baru...
image-url-apps
judulnya kok bikin ane ngakak emoticon-Leh Uga
btw miris memang, jangankan jauh2 liat luar negri, di negri sendiripun begitu emoticon-Berduka (S)
pengalaman ane berkunjung ke salah satu pantai di jogja, sekitar 3 tahun lalu ane kesana pantainya asri banget sampah bisa dibilang ngga ada, sepi pasirnya juga bersih. 2 tahun setelahnya ane balik lagi ke lokasi yang sama miris ane liatnya, sampah dimana2, ada kontainer sampah dgn isi sampah menggunung dibiarin aja emoticon-Berduka (S) dan ane gelar lapak ga nyaman banget, bau sampahnya emoticon-Frown
ane gatau harus nyalahin siapa dalam hal ini, tapi yang jelas kesadaran manusia itu PENTING! emoticon-Berduka (S)
image-url-apps
hukuman ga ada yang bikin jera..
image-url-apps
Quote:


siklusnya memang seperti itu dr dulu
emoticon-nulisah
image-url-apps
Quote:


dimana tuh Gan? indrayanti bukan?
image-url-apps
Quote:


Ngerii sekaliii
image-url-apps
rusak sudah bumi kita
image-url-apps
Lebih baik kita ganti saja plastik dengan barang yang lebih ramah lingkungan emoticon-Betty
Sempet denger juga gan, ada ulat yang bisa makan plastik emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


iya tuh, gmn ya kabarnya? ngga dikembangin apa yah?
image-url-apps
Quote:


Udah jadi kupu kupu gan emoticon-Traveller
image-url-apps
Quote:


emoticon-Hammer2
yakaliiiii.... Kagak dikembangin Om?
emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


plastik sanggup mengalahkan Thanos Gan...
image-url-apps
Quote:

Betul, belum lagi sekarang apa2 pakai bungkus plastik.
Kalo dulu pakai daun pisang tuh...

Quote:

Kok ane ngeriii ya Om...
emoticon-ceyem

Quote:

emoticon-Malu tp memang lebih berbahaya plastik drpd si Thanos Om..
Emang ada benarnya, yg merusak bumi itu adl manusia ya Om..
thanos bukannya udah menguasai bumi gan emoticon-Leh Uga
Quote:


whehehe
belum Gan
kan si Furry lg ngontact Kapten marvelemoticon-Belum Tidur
image-url-apps
Bukan Thanos, Ini Dia Musuh Terbesar Bumi