alexa-tracking

World Ocean Day 2018, Yuk Kita Jaga Kelestarian Laut dari Polusi Plastik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b19e7d456e6afe13b8b4578/world-ocean-day-2018-yuk-kita-jaga-kelestarian-laut-dari-polusi-plastik
World Ocean Day 2018, Yuk Kita Jaga Kelestarian Laut dari Polusi Plastik
World Ocean Day 2018, Yuk Kita Jaga Kelestarian Laut dari Polusi Plastik

World Ocean Day atau yang sering di-sebut dengan Peringatan Hari Laut Sedunia adalah sebuah peringatan yang jatuh pada tanggal 8 Juni dan secara resmi diperingati setiap tahunnya sejak 2008. Peringatan ini diajukan pertama kali pada tahun 1992 oleh Pemerintah Kanada pada Earth Summit di Rio de Janeiro, Brazil.

Peringatan ini merupakan sebuah kesepakatan global untuk mengingatkan semua penduduk bumi akan kesadaran menjaga kebersihan dan keutuhan semua lautan yang ada di bumi. Mengingat saat ini laut juga menjadi salah satu bagian bumi yang kerap menjadi sasaran polutan/polutan dan sampah-sampah yang sudah tak terhitung lagi jumlahnya.


1. Tahun ini World Ocean Day mengangkat tema tentang menjaga kelestarian laut dari polusi sampah plastik
World Ocean Day 2018, Yuk Kita Jaga Kelestarian Laut dari Polusi Plastik
Plastik menjadi salah satu masalah paling besar saat ini. Bukan berakibat pada pencemaran airnya saja, tapi polusi ini juga telah menjadi penyebab banyaknya makhluk hidup menjadi korban.

Sudah tak terhitung lagi berapa jumlah ikan dan makhluk yang hidup di dalam laut lainnya mati karena menelan dan terperangkap dengan polutan yang satu ini.

Itulah sebabnya tahun ini, peringatan hari laut sedunia mengambil tema: cegah polusi plastik dan temukan solusi untuk laut yang lebih baik.


2. Mengapa laut kita harus dijaga?
World Ocean Day 2018, Yuk Kita Jaga Kelestarian Laut dari Polusi Plastik
Luas seluruh lautan hampir 2/3 dari luas permukaan bumi. Laut menjadi tempat hidup bagi jutaan spesies-spesies lain, mulai dari yang berukuran besar hingga yang berukuran mikro. Bukan hanya itu, laut juga turut membantu kehidupan manusia.

Contoh kecilnya saja garam yang kita gunakan setiap hari, hingga ikan yang setiap hari kita jadikan lauk saat kita makan. Jika ekosistem laut terganggu akibat polusi terus-menerus, maka semua spesies yang ada di lautan akan terganggu, dan akan berdampak serius juga kepada kita manusia.

Menurut penelusuran National Geographic, sekitar 99 persen sampah plastik mikroskopik hilang karena dimakan oleh ikan/spesies lautan lainnya. Bukan hanya memakan, sudah tidak terhitung lagi berapa jumlah spesies yang mati karena terperangkap oleh polutan ini.

World Ocean Day 2018, Yuk Kita Jaga Kelestarian Laut dari Polusi Plastik
Seperti gambar di atas. Apakah kamu tega melihat anjing laut yang terperangkap jala plastik itu?


3. Mulai dari diri sendiri, ayo kita menjaga kebersihan laut dari sampah plastik
World Ocean Day 2018, Yuk Kita Jaga Kelestarian Laut dari Polusi Plastik
Ada beberapa hal kecil dan sederhana yang bisa kita lakukan untuk mendukung aksi ini sekaligus ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan dan keutuhan lautan kita. Misalnya adalah plan a mini clean up.

Aksi sederhananya cukup pergi ke pantai, sungai atau spot-spot alam lainnya dan bersihkan sampah yang kamu temui. Kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk pergi bersama, sambil menghabiskan waktu bersama. Kegiatan-kegiatan seperti ini bisa menghilangkan stres dan secara tidak langsung kita sudah ikut menjaga kebersihan laut.

Dan paling sederhananya, sebisa mungkin kita mengurangi penggunaan bahan-bahan sekali pakai berbahan dasar plastik, seperti kantong atau botol air mineral. Budayakan juga untuk membuang sampah pada tempatnya.

Semoga dengan adanya peringatan ini akan ada lebih banyak orang dan pihak yang semakin sadar betapa pentingnya menjaga kebersihan dan keutuhan seluruh lautan yang ada di muka bumi.

Selamat memperingati Hari Laut Sedunia! Kamu bisa cek www.worldoceansday.org untuk melihat kondisi lautan saat ini, dan cara untuk berpartisipasi dengan peringatan ini!


Sumber : https://www.idntimes.com/science/exp...mpaign=network

---

Baca Juga :

- World Ocean Day 2018, Yuk Kita Jaga Kelestarian Laut dari Polusi Plastik Miris! Jumlah Limbah Plastik di Samudera Pasifik Terus Meningkat

- World Ocean Day 2018, Yuk Kita Jaga Kelestarian Laut dari Polusi Plastik Yuk, Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Sayangi Bumi dari Global Warming

- World Ocean Day 2018, Yuk Kita Jaga Kelestarian Laut dari Polusi Plastik Yuk Kenali, 8 Laut Terindah Ini Cuma Ada di Indonesia Lho